Cara Pasang Booster TV yang Mudah dan Aman

Untuk menguatkan sinyal yang ditangkap oleh televisi, Anda membutuhkan bantuan dari booster. Oleh karena itu, bagi yang belum tahu, sebaiknya mempelajari cara pasang booster tv yang baik dan benar.

Pasalnya, pemasangan booster ini bukanlah hal yang sepele, apalagi untuk orang yang awam soal elektronika. Apabila sampai terjadi kesalahan, maka bisa saja booster tidak dapat berfungsi secara maksimal.

Nah, oleh karena itu, sebelum mencoba memasangnya, sebaiknya Anda mencari tutorial pemasangannya dulu. Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang cara pemasangan booster tv di rumah.

Tentang Booster TV

Cara Pasang Booster TV yang Mudah

Dalam perangkat pertelevisian, peranan booster tv ini sangat umum digunakan oleh banyak orang. Lantas, sebenarnya apakah booster tv itu? Dan mengapa tv harus dipasangi booster tersebut?

Alasan utama dari penggunaan booster ini tidak lain untuk membuat antena lebih baik dalam menangkap sinyal. Alhasil, siaran televisi yang tadinya banyak semutnya dan sering hilang dapat ditampilkan secara jernih dengan menggunakan booster.

Pada proses pemasangan booster, kabel antena menjadi perantara sinyal yang menuju ke arah televisi. Kualitas dari booster juga berbeda-beda dan cukup memengaruhi hasil penguatan sinyal yang didapatkan.

Artinya, semakin baik booster yang digunakan, maka kualitas gambar siaran tv juga akan semakin baik. Berdasarkan hal tersebut, tentu tidak heran jika keberadaan booster ini punya peranan penting pada kualitas siaran tv.

Oleh karena itu, apabila Anda mempunyai masalah pada penangkapan sinyal antena, maka bisa mencoba untuk menambahkan booster ini. Pemasangan dari booster tersebut juga tidak terlalu rumit sehingga bisa dilakukan oleh semua orang.

Kelebihan Dan Fungsi Booster TV

Pada umumnya, orang-orang menggunakan booster tv ini saat antena di rumahnya tidak dapat menangkap sinyal dengan baik. Untuk itu, bagi yang tinggal di daerah jauh dari kota, keberadaan booster ini sangat penting.

Baca Juga:  Tips Nyaman Nonton Mola TV di Smart TV LG

Nah, untuk mengenal lebih jauh tentang booster tv, berikut akan dijelaskan berbagai macam fungsinya.

1. Booster TV Aman dan Instalasi Mudah

Pemasangan booster tv ada yang dilakukan di luar dan juga secara indoor. Untuk bagian pemasangan indoor sebenarnya tidak kalah baik dalam menangkap sinyal dan bahkan cara memasangnya juga lebih mudah.

Selain itu, untuk booster indoor juga akan lebih aman karena tidak berpotensi terkena sambaran petir yang bisa menyebabkan kerusakan instalasi listrik. Jadi, bisa dikatakan memasang booster di dalam rumah lebih disarankan atas alasan keamanan.

2. Menjadikan Gambar Siaran TV Lebih Bagus

Selain pemasangan mudah dan aman, menggunakan booster tv ini tentu fungsi utamanya adalah meningkatkan kualitas siaran TV. Hal itu karena memang booster ini berguna sebagai penguat sinyal terutama di daerah terpencil.

3. Mudah Dibersihkan

Khusus untuk pemasangan booster di dalam rumah, proses perawatan dan membersihkannya dapat lebih mudah. Selain itu, karena posisinya yang ada di dalam, maka alat booster dapat menjadi lebih awet karena terlindung dari panas dan juga hujan.

Persiapan Dalam Pemasangan Booster TV

Sebelum memasang booster tv, terdapat beberapa persiapan yang harus dilakukan. Hal tersebut penting sekali agar pada saat dipasang booster dan antena televisi dapat secara maksimal dalam menguatkan sinyal siaran tv.

Paling tidak, hal yang perlu dipersiapkan dalam langkah ini adalah antena dan booster tv itu sendiri. Untuk lebih lengkap lagi tentang persiapan tersebut, Anda bisa simak pembahasannya sebagai berikut.

1. Siapkan Kabel Antena Berkualitas

Persiapan pertama yang perlu Anda lakukan dalam memasang booster di tv adalah menyiapkan kabel antena. Kabel antena yang digunakan sebaiknya dipilih yang telah terpercaya dan mempunyai kualitas yang baik.

Hal itu karena kualitas dari kabel antena yang digunakan sangat berpengaruh juga pada hasil siaran tv. Apabila yang digunakan produk kabel antena berkualitas, maka gambar pada siaran tv dapat ditampilkan dengan jernih dan bersih.

Baca Juga:  Cara Memilih Jasa Pasang Antena TV Digital

Untuk memilih kabel antena tersebut, Anda bisa perhatikan hal berikut ini.

  • Pertama, pilih kabel dengan deret yang panjang. Hal ini penting sekali agar kekuatan menangkap sinyal bisa kuat dan lebih mudah.
  • Kedua, pilihlah kabel Coaxial 75 Ohm. Hal tersebut karena kabel Coaxial tersebut punya loses berdaya kecil.

Perhatikanlah kedua hal di atas agar Anda bisa mendapatkan kabel antena yang tepat. Dengan begitu, diharapkan setelah pemasangan booster, antena dapat menangkap sinyal dengan lebih baik.

2. Pilih Booster TV Berkualitas

Persiapan yang kedua dalam memasang booster adalah menyediakan booster itu sendiri. Namun, booster yang digunakan untuk tv usahakan dipilih yang memang telah mempunyai kualitas terpercaya.

Hal itu karena seperti yang dikatakan di awal bahwa kualitas booster ini juga menentukan hasil penangkapan kualitas sinyal. Anda bisa pilih merek-merek booster yang sudah ternama untuk mendapatkan jaminan kualitas.

3. Skema Pemasangan

Berikutnya, Anda juga dapat persiapkan skema booster tv uhf sesuai dengan yang dibutuhkan. Skema tersebut cukup penting karena bisa memudahkan dalam proses pemasangan kabel antena ke booster tv sehingga hasilnya bisa rapi dan aman.

Carilah skema pemasangan yang sesuai dengan merek pada tv dan juga booster yang digunakan. Perhatikan secara saksama pada skema tersebut agar tidak terjadi kesalahan saat proses pemasangan kabel antena dan booster tv.

Cara Memasang Booster TV dan Kabel Antena

Setelah mempersiapkan semua hal yang dibutuhkan, selanjutnya Anda sudah dapat memulai proses memasang booster. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat menyimak cara pemasangan booster antena tv di bawah ini.

1. Pasang Port ke Booster

Pada umumnya, booster mempunyai dua buah port yang nantinya akan dihubungkan ke kabel. Untuk port yang pertama, merupakan jalur yang akan menuju ke bagian televisi.

Baca Juga:  Kenapa AC Mati Sendiri? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sementara pada port yang kedua, merupakan jalur untuk menuju antena tv. Selain dua port tersebut, masih ada juga tiga port lainnya, yakni antena UHF, antena VHF, dan juga booster bawah.

Khusus pada cara memasang antena tv UHF dan VHF, diperlukan penggunaan komponen tambahan. Komponen tersebut antara lain adalah kabel Coaxial, amplifier, FM rejection filters, diplexer, serta power supply.

Berikut ini adalah penjelasan dari komponen tersebut.

  • Kabel coaxial. Kabel yang menjadi jalur lead in antara antena dengan televisi
  • Fungsinya menggabungkan dua sinyal antena VHF dan UHF ke dalam satu output kabel.
  • Mempermudah antena tv dalam menangkap gelombang sinyal
  • FM Rejection filters. Menjadi filter sinyal FM dari adanya intervensi sinyal tv
  • Power supply. Alat sumber energi amplifier yang dihubungkan ke kabel coaxial

Kurang lebih seperti itu beberapa komponen dan port yang terdapat pada booster tv. Dengan memahami komponen tersebut, cara pemasangan booster tv diharapkan bisa menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

2. Sambungkan Komponen ke Kabel

Setelah port pada booster sudah didapatkan, maka Anda dapat melakukan penyambungan. Pada cara memasang kabel antena tv ke booster ini akan disambungkan tiga komponen yakni antena tv, booster tv, dan juga tv menggunakan kabel antena.

Untuk cara pasang booster antena tv tersebut, bisa disesuaikan dengan skema pemasangan yang Anda dapatkan. Pemasangan ini bisa dilakukan hanya dengan skema sederhana saja asalkan tidak terdapat jalur kabel yang dirasa bisa membahayakan atau mengganggu.

Itulah berbagai ulasan tentang cara pasang booster tv dan hal terkait lainnya. Semoga informasi yang disampaikan tersebut dapat bermanfaat terutama untuk Anda yang akan memasang booster sendiri.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment