Ukuran TV 50 Inch Berapa CM, Cek Jawabannya Berikut Ini

Apakah Anda sudah tahu ukuran tv 50 inch berapa cm? jika belum maka wajib untuk mengetahui penjelasan dalam artikel satu ini. Sebab nantinya dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam membeli televisi yang tepat.

Seperti sudah diketahui bahwa televisi atau TV menjadi barang elektronik dimana kehadirannya wajib ada di dalam rumah. Sebab dengan hadirnya benda tersebut, Anda dapat memperoleh hiburan ataupun informasi terbaru dari berbagai daerah atau luar negeri.

Nah mengetahui ukuran dari televisi itulah sangat penting termasuk juga dengan panjang dan lebar tv 50 inch dalam cm. Pasalnya tidak sedikit dari masyarakat yang belum memahami ukuran inci sehingga kesulitan dalam memilih tv dimana tepat untuk ruangan.

Ukuran TV 50 Inch Berapa CM, Cek Berikut

Dimensi TV 50 Inch 43

Perlu diketahui bahwa sebagian besar dari produsen televisi ternyata memanfaatkan satuan inci untuk sebuah televisi. Anda mungkin akan mengira bahwa ukuran tv 50 inch akan dihitung berdasarkan dari lebarnya bukan?

Ternyata pendapat tersebut sebenarnya sangat berbanding terbalik, dimana ukuran dari sebuah televisi sebenarnya akan dihitung berdasarkan dengan panjang diagonal dari layar televisinya. Oleh sebab itulah apabila Anda mendapatkan pertanyaan tv 50 inch berapa cm, maka silahkan hitung panjang dari diagonalnya.

Adapun cara melakukan perhitungannya ternyata sangat mudah dimana 1 inch = 2,54cm sehingga dapat diperoleh 50 x 2,54 = 127cm. Dengan begitu maka jawaban dari berapa cm ukuran dari televisi 50 inci adalah sebesar 127 cm tersebut.

Dimensi Untuk Layar TV 50 Inci

Jika sebelumnya, Anda sudah memahami ukuran diagonal dari televisi diatas, maka berikutnya adalah terkait dengan dimensi TV 50 Inch. Terlebih lagi setiap produk biasanya mempunyai dimensi berbeda-beda sehingga akan berpengaruh terhadap tempat penyimpanan.

Baca Juga:  7 Komponen Dasar Elektronika yang Perlu diketahui Bagi Pemula

Adapun perbedaan dimensi tersebut biasanya akan ditentukan dengan aspek rasio dengan ukuran tertentu. Secara umum, rasio aspek yang digunakan untuk lebar dan tinggi dari sebuah televisi adalah 16:9 dimana mempunyai penjelasan berikut

  • panjang tv 50 inch : 110,7cm
  • Lebar tv 50 inch: 62,3 cm

Selain menggunakan aspek rasio 16:9 dimana sering ditemukan pada televisi LED atau LCD, ternyata Anda juga wajib memahami dimensi dari TV 50 inch yang menggunakan rasio aspek sebesar 4:3 dimana biasanya digunakan pada televisi tabung.

Kendati televisi tabung menjadi televisi yang sudah hadir sejak lama serta mempunyai desain cukup jadul, tetapi masih banyak diminati oleh sebagian besar pengguna. Lantas berapakah ukuran dari tv tabung 50 inch tersebut?

Adapun tv yang menggunakan aspek rasio ini mempunyai lebar sebesar 101.6 cm dan tingginya 76.2 cm. Tetapi saat ini memang sudah jarang masyarakat yang menggunakan benda dengan rasio satu ini di Indonesia karena ukuran bingkainya biasanya cukup lebar.

Berapa Harga TV Dengan Ukuran 50 Inch

Ukuran tv 50 inch dalam cm memang menjadi informasi yang sangat penting diketahui oleh masyarakat agar dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan nantinya. Seperti sudah diketahui bahwa ukuran dari tv inilah dijadikan sebagai pilihan sebagian besar masyarakat karena dianggap tidak terlalu besar dan kecil.

Adapun harga dari benda dengan dimensi tersebut juga berbeda-beda dan biasanya akan tergantung pada merk sekaligus kualitas yang dihadirkan. Semakin lengkap fitur didalamnya, tentu menawarkan harga jual jauh lebih tinggi nantinya.

Kita ambil contoh saja tv 50 inch tipe LED dengan rasio aspek 16:9 biasanya mempunyai harga mulai dari 4 jutaan. Harga inilah jauh lebih tinggi dibandingkan dengan TV jenis tabung yang jauh lebih murah.

Tips Memilih TV 50 inch LED yang Bagus

Tips Memilih TV 50 inch LED Yang Bagus

Dengan mengetahui panjang tv led 50 inch berapa cm itulah, maka dapat memberikan kemudahan untuk disesuaikan dengan ruangan di rumah Anda. Kendati demikian, tidak sedikit dari masyarakat yang masih bingung dalam pemilihan benda elektronik satu ini.

Terutama untuk jenis televisi LED dengan ukuran 50 inci seperti sudah disinggung sebelumnya. Nah daripada bingung, maka silahkan simak beberapa tips berikut.

Pastikan Sesuai Dengan budget

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa harga dari televisi berukuran ini sangat beragam dan tergantung oleh merk sekaligus fitur didalamnya. Nah kami sarankan agar memilih unit dimana disesuaikan dengan budget yang dimiliki dahulu.

Jangan sampai Anda membeli unit dengan spesifikasi tinggi dan harga yang tidak sesuai dengan isi kantong. Sebab kondisi seperti itu justru hanya akan memberikan kerugian kepada para penggunanya nanti.

Mengetahui Resolusi Layar

Berbeda dengan tv tabung, untuk jenis televisi LED inilah biasanya mempunyai tampilan gambar jauh lebih tajam sekaligus bagus. Tersedia beberapa pilihan resolusi yang dapat dipilih oleh pengguna mulai dari 720p, 1080P, 4K bahkan 8k sekaligus lho.

Semakin tinggi resolusinya, tentu akan menghadirkan gambar dengan kualitas bagus. Tetapi Anda juga harus ingat bahwa itu juga akan berpengaruh terhadap pengeluaran untuk membeli televisi tersebut.

Miliki Juga Sambungan HDMI

Dibandingkan dengan tv tabung, tv digital ternyata mempunyai fitur jauh lebih lengkap bahkan dapat disambungkan ke laptop, tablet, game konsol ataupun DVD player. Itulah mengapa jika Anda ingin membeli unit tersebut, maka pastikan juga menyediakan adanya sambungan HDMI terlebih dahulu.

Mengecek Fitur yang Ada Didalamnya

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa tv LED inilah mempunyai fitur jauh lebih lengkap dan banyak dibandingkan dengan TV tabung. Disinilah pentingnya agar Ada juga megecek fitur apa sajakah yang ditawarkan didalamnya termasuk adanya sambungan Bluetooth ataupun Wi-Fi

Baca Juga:  Pengertian dan Fungsi Cara Kerja Photodioda Dalam Elektronika

Cara Melakukan Perawatan pada TV LED

Cara Melakukan Perawatan pada TV LED

Walaupun Anda sudah memahami ukuran televisi 50 inch berapa cm, tetapi juga perlu mengetahui bagaimana cara melakukan perawatannya dengan baik. Terlebih lagi harga dari tv LED sendiri cukup mahal sehingga benar-benar harus diperhatikan dengan baik.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan apabila ingin melakukan perawatan pada produk satu ini.

Manfaatkan Stabilizer

Listrik di rumah tidak stabil sehingga sering mati sendiri terutama ketika digunakan untuk menonton TV? Jangan khawatir karena Anda dapat memasang stabilizer atau lebih dikenal dengan stavol ini.

Penggunaan dari alat inilah secara tidak langsung juga dapat melindungi komponen televisi yang ada di dalamnya.

Perhatikan Tempat Untuk Meletakkan TV

Disamping itu, sebaiknya Anda juga perlu memperhatikan tempat untuk menaruh televisi tersebut. Sebaiknya jangan pernah letakkan benda ini didalam ruangan lembab sekaligus berdebu sebab akan merusak komponen yang ada didalamnya juga.

Atur Kecerahan Dengan Tepat

Sebagian besar dari pengguna televisi jenis ini suka untuk mengatur kecerahan sekaligus kontras secara manual. Saran dari kami adalah sebaiknya Anda harus mengatur kecerahan tersebut dengan tepat dan cukup.

Dari sekian banyaknya ukuran dari televisi maka ukuran 50 in inilah menjadi pilihan karena tidak terlalu besar atau kecil. Dengan memahami ukuran tv 50 inch berapa cm, maka dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk pengguna.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment