Berapa Watt Kompor Listrik, Tips dan Kelebihan Penggunaannya

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakannya, memahami berapa watt kompor listrik memang sangat penting. Seperti sudah diketahui bahwa beberapa waktu lalu, pemerintah memang gencar dalam mempromosikan wacana pemindahan kompor LPG ke listrik di masyarakat.

Nah salah satu alasan kenapa pihak pemerintah sendiri meminta masyarakat agar beralih ke kompor listrik adalah karena energi yang digunakan dapat diproduksi sendiri. Hal tersebut berbanding terbalik ketika menggunakan kompor LPG dimana energi biasanya akan diimpor.

Dengan menggunakan jenis energi inilah ternyata akan memberikan banyak keuntungan dibandingkan dengan pemanas konvensional. Tetapi apakah Anda sudah mengetahui mengenai berapa watt kompor listrik tersebut? Untuk menjawabnya, maka Anda dapat menyimak penjelasannya berikut.

Apa itu Kompor Listrik

Apa Itu Kompor Listrik

Perlu diketahui bahwa keberadaan dari jenis pemanas satu ini ternyata semakin banyak diminati oleh masyarakat, terutama bagi mereka yang tinggal di apartemen ataupun mempunyai area dapur dengan luas terbatas.

Keberadaan dari teknologi pemanas berbasis listrik inilah diperkirakan sudah ada sejak abad ke-19 lalu dan hingga sekarang. Walaupun penemu dari kompor ini masih menjadi perdebatan bagi sebagian besar orang, tetapi banyak orang meyakini bahwa Lloyd Groff Copeman adalah sosok penemu kompor ini pertama kali.

Sesuai dengan namanya, kompor ini dapat menghasilkan api melalui sumber energi dari listrik yang dimiliki oleh pemiliknya. Saat ini, bentuk dari alatnya jauh lebih sederhana sekaligus tidak akan menghabiskan banyak tempat.

Selain itu, biasanya tipe pemanas tersebut akan memanfaatkan desain taman yang digunakan mengalirkan listrik melalui kumparan logam dibawah keramik. Listrik itulah nantinya akan membuat permukaan menjadi panas sehingga alat sudah dapat digunakan oleh pemiliknya.

Berapa Watt Kompor Listrik? Cek Berikut

Berapa Watt Kompor Listrik Cek Berikut

Setelah memahami pengertian dari kompor listrik diatas, sebelum memutuskan menginstallnya di dapur, Anda perlu mengetahui kompor listrik berapa watt terlebih dahulu. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena jenis kompor tersebut biasanya akan membutuhkan daya lebih besar.

Baca Juga:  Cara Mengukur Kapasitor Mesin Cuci dengan Mudah

Karena alasan inilah tidak sedikit dari masyarakat masih tidak mau untuk beralih ke kompor listrik dan masih pada tipe konvensional. Sebenarnya sebelum Anda membuat keputusan sendiri, maka wajib untuk mengetahuinya berapa watt-nya dengan tepat.

Secara umum, jenis pemanas satu ini akan membutuhkan daya sekitar 800-1400 watt untuk setiap unitnya. Walaupun demikian, banyak orang mengatakan bahwa rata-rata dari pemanas tersebut akan membutuhkan daya sebesar 1000-1200 watt.

Dengan adanya kebutuhan daya listrik yang ada di atas itulah, maka masyarakat membutuhkan daya mulai dari 2.200 VA hingga 3300 VA ke atas. Walaupun demikian, seiring dengan berjalannya waktu ternyata sudah banyak produk dengan watt lebih rendah mulai dari 100, 600 ataupun 1000watt saja.

Adapun jumlah daya tersebut ternyata hampir sama dengan sebuah panci listrik. Panci Listrik Berapa Watt? Jumlah watt tersebut biasanya sangat beragam dan tergantung dengan jenis pancinya tetapi secara umum mulai dari 100 watt.

Berapa Watt Kompor Listrik dari Pemerintah

Berapa Watt Kompor Listrik dari Pemerintah

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa anjuran untuk beralih ke kompor listrik dari LPG memang dilakukan oleh pemerintah bersama dengan pihak PLN Indonesia. Jadi karena itulah muncul pertanyaan kompor listrik pemerintah berapa watt?

Nah pemerintah bersama pihak PLN sendiri akan memberikan subsidi kompor dengan energi tersebut dengan daya 1000watt untuk setiap tungkunya. Adapun jumlah daya itu sendiri ternyata untuk para pengguna 450VA dan 900 VA.

Kendati nantinya akan disediakan jalur kabel khusus untuk kegiatan masak-memasak dari pihak pemerintah, tetapi daya listrik KPM sendiri tidak akan mengalami perubahan. Selain itu, pihak PLN juga memastikan bahwa tidak terdapat pengalihan daya listrik dari 450 ke 900 VA.

Baca Juga:  Cara Menghitung Penjumlahan dan Pengurangan Sistem Bilangan Biner, Desimal, Oktal, dan Heksadesimal

Dengan adanya program dari pemerintah inilah, maka diharapkan akan memberikan dampak positif kepada masyarakat. Terutama untuk mengurangi penggunaan pemanas LPG dimana energinya diimpor, dengan begitu akan mengurangi pengeluaran dari pihak pemerintah.

Cara Menggunakan Kompor Listrik Agar Hemat

Cara Menggunakan Kompor Listrik Agar Hemat

Setelah memahami informasi seputar kompor listrik brp watt diatas? masyarakat juga perlu memahami bagaimana cara menggunakan jenis pemanas satu ini agar hemat. Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa jenis pemanas inilah akan membutuhkan daya cukup besar.

Apabila Anda tidak bijak dalam menggunakan pemanas tersebut tentu akan membuat tagihan listrik bulanan akan semakin membengkak. Nah, karena itulah sebelum memutuskan menggunakannya, maka simak beberapa cara hemat energi dibawah.

Mengetahui Daya Listrik

Sebelum menginstall kompor ini di dapur, maka wajib mengetahui berapa daya listrik yang terdapat di rumah. Cek apakah daya tersebut mampu untuk menopang jenis pemanas satu ini ataukah tidak.

Perlu diketahui bahwa biasanya pemanas diatas akan membutuhkan tegangan mulai dari 300-500 watt, tetapi ada juga yang lebih besar yakni 700-2000 watt. Semakin kecil jumlah watt, membuat waktu memasak semakin lama juga.

Menggunakan Peralatan Memasang Yang Tepat

Di samping itu, Anda juga harus memperhatikan penggunaan dari peralatan memasak yang akan digunakan. Tidak semua peralatan untuk memasak ternyata memiliki fungsi optimal ketika digunakan diatas jenis pemanas ini.

Hanya peralatan memasak yang terbuat dari bahan besi, stainless steel dan baja saja yang dapat berfungsi dengan baik. Jangan lupa agar ukuran dari peralatan masak harus diperhatikan dengan baik juga.

Cek Suhu Saat Memasak

Jangan lupa juga agar mengatur suhu kompor ketika akan digunakan untuk proses memasak. Perlu diketahui bahwa setiap jenis suhu ternyata hanya cocok untuk jenis makanan tertentu saja lho.

Baca Juga:  Cara Deep Cleaning Printer dengan Mudah Tanpa Ribet

Apabila Anda ingin menaikkan suhu, maka silahkan naikkan suhu secara perlahan setelah 15 menit kemudian.

Bersihkan Secara Rutin

Agar kompor tersebut bisa awet dan tahan lama, Anda sebaiknya juga harus membersihkannya secara berkala. Hal tersebut karena panas pada kompor dapat diserap oleh sisa makanan atau kotoran yang terdapat di permukaannya lho.

Kelebihan Menggunakannya

Walaupun Anda mungkin sudah menemukan adanya skema pemanas induksi 1000 watt, tetapi keberadaan dari jenis kompor inilah ternyata dijadikan sebagai pilihan bagi sebagian besar orang lho. Hal tersebut tidak lepas dari sejumlah kelebihan di dalamnya diantaranya adalah:

Para pengguna akan lebih hemat pengeluaran bahkan mencapai Rp8000 per kilogram untuk setiap elpiji loh. Itu karena nantinya sumber panas dari kompor ternyata berasal dari listrik yang ada di rumah setiap para penggunanya.

Selain itu, dengan menggunakan alat inilah Anda juga tidak perlu takut akan adanya kebocoran selang ataupun tabung LPG dimana dapat memicu ledakan. Sebab penggunaannya tidak akan membutuhkan selang sekaligus LPG yang sangat berisiko.

Kelebihan lainnya adalah tersedianya fitur untuk mengatur suhu dari pemanas sehingga dapat disesuaikan dengan jenis masakan yang akan dimasak. Bahkan pengguna juga akan merasakan pengalaman dalam memasak jauh lebih cepat dan menyenangkan.

Pemerintah sendiri memang sudah mulai menganjurkan masyarakat untuk menggunakan pemanas listrik ini karena sejumlah kelebihan didalamnya. Sebelum itu, pastikan Anda harus mengetahui berapa watt kompor listrik sebagai bahan pertimbangan.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment