1 Inch Berapa CM? Ini Jawabannya dan Daftar Konversinya!

Masih belum tahu 1 inch berapa CM? Jika demikian, maka Anda perlu untuk mengetahui penjelasannya di bawah ini terlebih dahulu. Inch sendiri merupakan salah satu satuan pengukuran yang biasanya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Satuan inch sendiri biasanya digunakan di dalam ukuran TV, ponsel ataupun laptop. Karena masyarakat terbiasa menggunakan satuan sentimeter (cm), maka Anda harus mengubah terlebih dahulu ukuran inch ke cm.

Untuk mengubahnya sendiri sebenarnya sangat mudah, tetapi tidak sedikit dari masyarakat mungkin masih bingung dalam melakukannya. Maka dari itu, Anda perlu menyimak penjelasan yang ada di bawah ini terlebih dahulu.

Pengertian Inch

Pengertian Inch

Sebelum mengetahui ukuran 1 inch berapa cm, maka terlebih dahulu harus mengetahui pengertian dari Inch. Sebab tidak sedikit dari Anda mungkin masih belum mengetahui lebih lanjut mengenai jenis satuan tersebut.

Inch atau inci adalah satuan ukuran yang digunakan di dalam sistem pengukuran Amerika atau Kerajaan Inggris. Satuan tersebut berasal dari bahasa Inggris kuno yakni ince atau ynce, tetapi agar lebih mudah diubah menjadi inch.

Adapun lambang inch adalah petik dua (“), sedangkan untuk simbol standar internasionalnya in. Satuan tersebut biasanya digunakan di Inggris, As dan Kanada sebagai satuan standar pengukuran panjang dari suatu benda.

Bukan hanya di kawasan itu saja, tetapi di Jepang satuan tersebut sering digunakan untuk komponen elektronik terutama layar tampilan. Sedangkan sebagian besar benua Eropa, menggunakan inci secara informal sebagai ukuran tampilan layar.

Pengertian CM

Pengertian CM

Selain memahami pengertian dari Inch, Anda juga harus memahami pengertian dari sentimeter (cm) yang merupakan satuan panjang di dalam sistem satuan internasional (SI). Satu sentimeter sendiri didasarkan pada satuan meteran SI.

Baca Juga:  Pengertian Rumus Slovin: Rumus, Syarat Menghitung dan Kelebihannya

Seperti sudah dijelaskan bahwa centi sama dengan seperseratus meter. 1 cm sendiri bisa diibaratkan sekitar lebar kuku dari orang dewasa. Sedangkan satuan ini juga tetap menjadi satuan panjang standar di dunia.

Ukuran tersebut sudah banyak digunakan di dunia untuk berbagai kebutuhan seperti melakukan pemeriksaan pada hal yang lebih besar daripada milimeter, tetapi lebih kecil daripada meter. Misalnya saja adalah digunakan untuk mengukur tinggi badan.

Antara inci dan cm sendiri memang berbeda karena inci merupakan sistem manajemen dari kekaisaran, sedangkan sentimeter merupakan bagian dari sistem metrik. Inci lebih banyak digunakan di AS dan Inggris, sementara sentimeter digunakan di daratan eropa.

1 Inch Berapa CM? Ini Jawabannya

1 Inch Berapa Cm Ini Jawabannya

Sampai disini, Anda mungkin masih bertanya 1  inch berapa cm? Jadi jawabannya adalah 2,54 cm. Adapun hubungan antara inci dan cm merupakan satu inci sama dengan 2,54 cm di dalam sebuah sistem metrik. Ini juga sebaliknya dalam sentimeter sama dengan jarak di dalam inci kali 2,54 cm.

Selain 1 inch berapa centimeter, Anda harus memahami bahwa 1 cm adalah sekitar 0,39370787 inci. Dilihat dari hubungan diatas, maka sudah bisa dipastikan bahwa ukuran satu inci lebih besar dibandingkan dengan satu cm.

Keberadaan dari 1 inch sebenarnya juga masih bisa dikonversikan ke dalam beberapa jenis satuan lainnya seperti meter, milimeter hingga kilometer. Bahkan satuan tersebut juga dapat dikonversikan ke dalam ukuran kaki hingga yard yang sering digunakan oleh orang di luar negeri.

Rumus Konversi 1 Inch Dalam CM

Di dalam kehidupan, Anda mungkin akan merasa kesulitan untuk mengetahui dengan cepat perubahan inci ke satuan lainnya seperti CM. Disinilah pentingnya agar memahami bagaimana penggunaan rumus dari 1 inch cm tersebut.

Baca Juga:  Pengertian Observasi, Jenis, Tahap, dan Langkah Langkah

Adapun hal paling utama yang perlu diingat adalah konversi awal seperti sudah kami sebutkan di atas yakni 1 inch sama dengan 2,54 cm. Sehingga untuk melakukan konversinya, dibutuhkan sebuah rumus dasar yakni b=a x 2,54.

Keterangan:

A : merupakan satuan panjang di dalam inci

B : merupakan satuan dalam cm

Contoh Soal Hitungan

Untuk memahami konversi inch ke cm, maka Anda membutuhkan contoh soalnya terlebih dahulu. Dengan contoh soal di bawah inilah, akan membantu seseorang agar dapat memahaminya lebih baik dibandingkan hanya sebuah teori.

Contoh soal: Anda membeli sebuah ponsel dengan layar sebesar 6 inci. Karena tidak terbiasa dengan ukuran tersebut, maka Anda ingin mengetahui ukuran di dalam satuan cm

Jawaban:

B= 6 x 2,54 =15,24 cm. Jadi jawabannya adalah ukuran dari ponsel  6 inci adalah sebesar 15,24. Apabila ingin melakukan konversi sebaliknya, maka dapat membaginya dengan angka 2,54 cm seperti sudah dijelaskan pada poin sebelumnya.

Tabel Konversi Inci ke CM

Agar lebih memahami ukuran selain i inc cm, maka terdapat sejumlah konversi lainnya yang perlu diketahui dengan baik. Tabel di bawah ini dapat Anda jadikan sebagai bahan referensi apabila ingin mengetahui beberapa ukuran inch dalam cm.

Ukuran Inch Sentimeter (CM)
1 inch 2.54 cm
2 inch 5.08 cm
3 inch 7.62 cm
4 inch 10.16 cm
5 inch 12.7 cm
6 inch 15.24 cm
7 inch 17.78 cm
8 inch 20.32 cm
9 inch 22.86cm
10 inch 25.4 cm
11 inch 27.94 cm
12 inch 30.48 cm
13 inch 33.02 cm
14 inch 35.56 cm
15 inch 38.1 cm
20 inch 50.8 cm
25 inch 63.5 cm
30 inch 76.2 cm
35 inch 88.9 cm
40 inch 101.6 cm
45 inch 114.3 cm
50 inch 127 cm
60 inch 152.4 cm
100 inch 254 cm
Baca Juga:  Pneumatic: Pengertian, Prinsip Kerja, Fungsi, Hingga Cara Merawatnya

Tabel Konversi Satuan Panjang Lain ke Inci

Selain konversi inch ke cm di atas, kami juga masih mempunyai contoh konversi lainnya yang perlu diketahui yakni satuan panjang lainnya ke Inci. Informasi inipun juga penting buat diketahui terutama kalau Anda melakukan perhitungan dari satuan panjang lainnya.

Satuan Nilai Dalam Inci
1 mm 0,03937 inch
1 cm 0,39370 inch
1 m 39,37008 inch
1 km 39270,07874 inch
1 kaki 12 inch
1 yard 36 inch
1 mil 0,001 inch
1 mikron 0,00003937
1 nanometer 0,00000003937 inch

Manfaat dan Fungsi Konversi Satuan

Keberadaan dari konversi satuan di atas ternyata sangat penting karena menawarkan sejumlah manfaat ataupun fungsi. Terdapat sejumlah fungsi yang dihadirkan dari konversi satuan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Sebagai persamaan di dalam massa, panjang, gaya dan lainnya
  • Memberikan kemudahan di dalam mengurangi, menjumlahkan, membagikan ataupun mengalikan sebuah satuan

Pada dasarnya, keberadaan konversi tersebut tidak akan mengubah nilai dari besaran tertentu, hanya saja akan mengubah satuannya saja. Dengan adanya cara tersebut, akan membantu seseorang di dalam menyetarakan suatu nilai satuan ke satuan lainnya.

Inch atau in adalah salah satu satuan yang banyak digunakan di dunia terutama untuk sebuah layar. Misalnya saja adalah ukuran televisi, HP, laptop ataupun tablet sehingga terbilang menjadi ukuran penting.

Tetapi karena sebagian besar masyarakat Indonesia tidak terbiasa dengan satuan tersebut, maka membuat banyak orang ingin mengubah ke cm. Sudah tahu bukan 1 inch berapa CM? Ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment