10 Perangkat Output Komputer dan Fungsinya

MADENGINER.COM – Tahukah Anda apa saja yang termasuk ke dalam perangkat output komputer dan fungsinya? Artikel ini akan membahas hal tersebut jadi pastikan simak sampai habis, ya!

Komputer merupakan alat yang terdiri dari suatu sistem. Untuk bisa bekerja dengan baik, sebuah komputer memerlukan perangkat output dan input. 

Perangkat output atau keluaran adalah alat yang befungsi untuk menunjukkan hasil pengolahan data dari komputer melalui berbagai informasi seperti gambar, suara, teks, dan video.

Sedangkan perangkat input berfungsi untuk memasukkan data ke dalam sistem komputer lewat ketikan, suara, dan gambar.

Untuk memahami peran dari perangkat output dan input sepenuhnya, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu cara kerja komputer itu sendiri.

Cara Kerja Perangkat Komputer

Saat ini, komputer merupakan alat yang digunakan dalam kegiatan sehari-hari, baik untuk mencari informasi, mengirim pesan, melakukan ujian, menyimpan data tertentu, dan sebagai media pengolahan data.

Pada dasarnya, komputer memerlukan lima hal ini untuk bekerja, yaitu perangkat input, perangkat output, memori, software, dan CPU.

Pertama, perangkat input akan menerima informasi atau input yang diberikan oleh pengguna komputer. Kemudian input akan diterima oleh memori atau yang dalam bahasa perangkat komputer disebut sebagai RAM atau Random Access Memory

Setelah itu, RAM akan mengirimkan data kepada CPU untuk diproses. CPU ibarat otak dari sebuah komputer karena perangkat tersebut berfungsi untuk mengolah data.

Kemudian data yang telah diproses akan tersimpan kembali di dalam memori yang dapat kita lihat melalui perangkat output komputer.

Jadi, pada intinya perangkat output merupakan alat yang digunakan untuk melihat keluaran data yang dihasilkan dari komponen-komponen lainnya. Agar lebih jelas, berikut adalah beberapa perangkat output yang mungkin pernah Anda gunakan.

Baca Juga:  Logam yang Dapat Mencegah Korosi pada Bumper Mobil Adalah?

Baca Juga: Konsumsi Listrik TV Berapa Watt? Segini Rata-Ratanya!

Macam-Macam Perangkat Output Komputer

Inilah macam-macam perangkat output komputer beserta fungsinya, simak!

1. Monitor

Creative creator doing portrait retouch using color grade late at night in professional editing office

Pertama adalah monitor atau layar yang berfungsi menampilkan output data yang berfupa gambar, teks, dan sebagainya yang berupa visual. Biasanya, monitor wajib ada di setiap perangkat komputer.

Ada beberapa jenis layar dari monitor, seperti TFT, IPS, dan OLED begitu juga dengan resolusinya. Semakin tinggi resolusi maka akan semakin tajam gambar yang dihasilkan. 

2. Printer

Printer adalah salah satu perangkat output komputer

Selanjutnya adalah printer. Perangkat ini berfungsi untuk mengubah dokumen digital dan dicetak menjadi dokumen hard copy. Media yang digunakan adalah kertas dan tinta. 

Biasanya, printer memiliki 4 warna utama yang jika dikombinasikan dapat mengeluarkan berbagai macam warna yang lebih akurat. Di zaman modern ini kebanyakan printer juga dilengkapi dengan fotokopi dan koneksi tanpa kabel.

3. Proyektor

Free Woman in White Long Sleeve Shirt Standing in Front of White Projector Screen Stock Photo

Proyektor memiliki fungsi yang mirip seperti monitor, yaitu untuk menampilkan output berupa gambar, video, dan visual lainnya. Yang membedakan proyektor dan monitor adalah cara kerjanya.

Seperti namanya proyektor akan memproyeksikan gambar ke dinding atau bidang datar. Umumnya, proyektor juga memiliki berbagai macam resolusi yang dapat dipilih dan lebih besar daripada monitor.

Sehingga, proyektor banyak digunakan sebagai media untuk presentasi, belajar, dan menonton film.

4. Speaker

black and brown bookshelf speaker on black surface

Selanjutnya adalah speaker yang berfungsi untuk mengeluarkan output audio atau suara dari komputer. Speaker akan mengeluarkan suara yang bahkan dari jarak yang jauh pun bisa terdengar.

Tidak jarang speaker disebut juga sebagai pengeras suara. Perangkat ini biasanya digunakan untuk menonton video karena suara dari komputer bisa didengar oleh banyak orang sekaligus.

Baca Juga:  Apa Saja Yang Membuat Kulkas Cepat Rusak? Ini Jawabannya!

Baca Juga: Pengertian Optocoupler: Jenis, Prinsip Kerja Serta Aplikasinya

5. Headphone

gray and brown corded headphones

Headphone atau earphone adalah alat yang hampir sama seperti speaker, yaitu untuk menghasilkan output audio atau suara dari komputer. Bedanya, perangkat ini mengeluarkan output langsung ke telinga satu orang.

Jadi, headphone harus digunakan dari jarak dekat atau ditempelkan ke telinga. Sangat cocok bagi Anda yang menggunakan komputer sendiri dan tidak ingin suara yang dihasilkan terdengar oleh orang lain.

6. Soundcard

Soundcard merupakan salah satu perangkat output komputer yang meneruskan hasil suara.

Soundcard merupakan perangkat yang tergolong ekstensi dari sebuah input dan output data suara. Perangkat ini berfungsi untuk mengontrol sinyal suara agar bisa didengar lewat speaker atau headphone.

Tidak wajib untuk memiliki soundcard pada komputer, namun akan sangat berfungsi jika Anda adalah pembuat musik atau film agar dapat memaksimalkan pengalaman mendengarnya.

7. VGA atau Video Card

A video card with three fans is hardly a powerful cooling system

VGA juga merupakan perangkat ekstensi dari komputer. Perangkat ini berfungsi untuk memproses kembali data visual sebelum diteruskan ke monitor agar lebih jelas lagi. 

Biasanya, perangkat ini disertakan ke dalam CPU agar pengalaman bermain game atau mengedit video bisa lebih maksimal dengan grafis yang lebih baik.

8. Amplifier

Free Turned on Audio Mixing Console Stock Photo

Fungsi dari amplifier mirip seperti soundcard. Namun, amplifier umumnya digunakan oleh para pembuat musik atau orang yang berurusan dengan audio. Fungsi dari amplifier ini sendiri adalah untuk memperkuat sinyal output pada suara.

Selain memperkuat sinyal, amplifier juga dapat memberikan efek-efek suara tertentu yang diinginkan. Misalnya ingin suara bass atau gain yang lebih kencang dari suatu audio.

9. Flat Panel Display

Contoh perangkat output komputer yaitu FPD

Flat panel display adalah perangkat yang berfungsi mirip dengan monitor, yaitu untuk menampilkan output visual dari komputer. Bedanya, FPD punya layar sentuh yang interaktif jadi ini merupakan perangkat output sekaligus input.

Baca Juga:  Spesifikasi Kelebihan Nokia G21 Secara Lengkap

Perangkat ini bisa digunakan sebagai kombinasi monitor dan papan tulis, di mana flat panel display mulai digunakan pada berbagai bidang industri seperti pendidikan.

10. Braille Reader

What is a Braille Reader?

Braille reader ibarat sebuah monitor untuk tunanetra. Karena beberapa orang dilahirkan tidak bisa melihat sebuah gambar atau video, jadi braille reader befungsi untuk mengubah tulisan biasa menjadi huruf braille melalui pin-pin yang dikeluarkan oleh perangkat ini.

Baca Juga: Rangkaian Lampu TL LED & Neon: Bagian Serta Jenis Rangkaiannya

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar perangkat output komputer dan fungsinya. Kesimpulan yang dapat kita ambil adalah perangkat output merupakan alat yang berfungsi untuk memungkinkan pengguna melihat dan mendengar informasi dari data yang diproses oleh komputer.

Jika Anda tahu mengenai perangkat output lainnya, silahkan ketik komentar pada kolom di bawah ini. Semoga dapat membantu dan sampai jumpa di artikel-artikel lainnya!

Bagikan Postingan:

Leave a Comment