1 Ton Berapa Kg? Inilah Jawabannya

Dalam perhitungan sederhana seperti 1 ton berapa kg rupanya masih cukup banyak yang belum memahaminya. Padahal, hal seperti itu sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari terutama untuk menyatakan berat suatu benda.

Ketidaktahuan akan perhitungan tersebut tentu nantinya dapat membuat seseorang tidak akurat dalam menghitung. Seperti pada saat membeli produk dalam satuan berat ton namun setelah dibeli ternyata tidak sesuai harapan.

Tentunya, hal semacam itu tidak akan terjadi ketika Anda memahami skala berat dalam ton dan kg. Nah, supaya tidak mengalami kesalahan hitung, Anda dapat simak penjelasannya di bawah ini.

Mengenal Satuan Berat Ton dan Kg

kg ke tons

Sebelum membahas konversi 1 ton berapa kilo, akan lebih baik jika Anda mengenal kedua macam satuan berat tersebut terlebih dahulu. Perlu diketahui, kedua satuan tersebut merupakan ukuran resmi dalam Sistem Satuan Internasional.

Berdasarkan pernyataan tersebut, baik ton maupun kg sudah digunakan secara menyeluruh ke berbagai belahan negara di dunia, termasuk Indonesia. Melihat fakta tersebut, tentu sudah seharusnya bagi orang di dunia untuk mengetahui seperti apa konversi pengukuran beratnya.

Terlebih lagi kilo gram merupakan berat yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia dalam berbagai kegiatan sehari-hari. Berbagai bahan dan benda seperti gula, beras, buah, sayur, daging, dan lain sebagainya menggunakan kilo gram sebagai satuannya.

Sementara untuk ton, biasanya digunakan untuk menyatakan ukuran benda dengan skala besar seperti mesin pabrik, kendaraan, transportasi, dan berbagai benda berat lainnya. Hal yang menarik, di beberapa negara terdapat ukuran khusus dalam menyatakan angka yang hampir menyentuh 1 ton.

Sebagai contoh, di negara Amerika Serikat terdapat istilah short ton, sementara di Inggris raya terdapat log ton. Meskipun keduanya mempunyai kata ton, tetapi saat dilakukan konversi ke kg, angka yang dihasilkan tidaklah sama.

Baca Juga:  Amplitudo: Pengertian, Rumus, Jenis, dan Metode Kuantifikasi

1 Ton Berapa Kg?

1 ton berapa kg

Setelah mengetahui tentang pengukuran berat dalam kg dan ton, tentunya Anda penasaran tentang 1 ton berapa Kg dalam satuan internasional. Terkait pertanyaan tersebut, jawabannya adalah 1 ton ada 1000 kg.

Ingatlah baik-baik konversi tersebut supaya nanti dapat memudahkan Anda saat menentukan suatu ukuran berat benda. Selain itu, bisa juga Anda mengingat beberapa daftar konversi lainnya supaya lebih mudah dalam penerapannya.

Secara umum, terdapat rumus untuk dapat mengetahui berapa konversi ton ke kg. Rumus tersebut bisa dituliskan secara sederhana seperti berikut:

Rumus = Tons x 1000 = Kg

Berdasarkan rumus tersebut, Anda dapat membuat tabel perhitungan kedua berat tersebut. Kurang lebih berikut adalah tabel yang bisa didapatkan:

  • 1 tons = 1000 kilogram
  • 2 tons = 2000 kilogram
  • 3 tons = 3000 kilogram
  • 4 tons = 4000 kilogram
  • 5 tons = 5000 kilogram
  • 6 tons = 6000 kilogram
  • 7 tons = 7000 kilogram
  • 8 tons = 8000 kilogram
  • 9 tons = 9000 kilogram
  • 10 tons = 10000 kilogram

Dari daftar di atas, Anda dapat menerapkan perhitungannya untuk angka lebih besar lagi. Cukup ingat saja rumus untuk konversi tons ke dalam kilogram, maka Anda sudah bisa mengonversinya dengan benar.

Sementara untuk menghitung sebaliknya, Anda tinggal membagi berat kilogram dengan 1000 untuk mendapatkan dalam ukuran tons. Sebagai contoh, terdapat ukuran 1500 kg dan akan diubah menjadi satuan tons. Pengukurannya adalah sebagai berikut:

1500 kg = 1500 : 1000 = 1,5 tons

Berdasarkan informasi tersebut, 1500 kilogram jika diubah ke tons akan menjadi 1,5. Cara yang sama dapat dilakukan untuk mengonversi satuan kilogram menjadi ton.

Satuan Berat Lainnya yang Umum Digunakan

Selain mengetahui satu ton berapa kilo, Anda juga perlu mengetahui konversi satuan lainnya yang umum digunakan. Berikut adalah daftar-daftarnya:

  • 1 ton = 10 kuintal
  • 1 kuintal = 100 kg
  • 1 kuintal = 0,1 ton
  • 1 kilogram = 2 pon
  • 1 kilogram = 10 ons
  • 1 kilogram = 0,001 ton
  • 1 kilogram = 0,01 kuintal
  • 1 pon = 500 gram
  • 1 pon = 0,5 kg
  • 1 ons = 100 gram
  • 1 ons = 0,1 kg
Baca Juga:  Konsumsi Listrik Setrika Berapa Watt? Ini Jawabannya!

Contoh Soal Mengonversi Ton ke Kilogram

Contoh Soal Mengonversi Ton ke Kilogram

Bagaimana? Tidak sulit bukan untuk mendapatkan hasil konversi berat tons ke kg? Anda bisa menghafalkan hal tersebut dengan mudah asalkan sudah mengetahui dasar-dasarnya seperti yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya.

Namun, untuk dapat memantapkan tentang konversi tersebut, akan lebih baik jika Anda mencoba untuk memahaminya lewat contoh. Dengan begitu, Anda dapat langsung menerapkan ilmu tersebut untuk menyelesaikan suatu kasus dan persoalan.

Berikut adalah contoh soalnya:

1. Contoh Soal 1

Ardi sedang pergi ke pasar induk untuk mencari bahan sembako beras dalam jumlah sangat besar. Pada catatan pesanannya, Ardi harus membeli beras tersebut sebanyak 2 ton. Akan tetapi, berat tersebut nanti harus dibagi ke dalam 20 buah karung dengan satuannya kg.

Pertanyaannya, berapa kilogram beras yang harus dimasukkan ke dalam setiap karung tersebut?

Jawaban:

Dalam menjawab pertanyaan di atas, perhitungan dapat dimulai dengan melakukan konversi berat berasnya menjadi kilogram. Dari soal tersebut diketahui ardi membeli 2 ton beras sehingga jika dijadikan ke kg akan menjadi:

1 ton = 1.000 kilogram, maka untuk 2 ton = 2 x 1000 = 2000 kg

Setelah mengubahnya dalam ukuran berat kilogram, tugas Ardi adalah memastikan berapa berat beras yang harus dimasukkan ke karungnya. Berdasarkan hal tersebut, artinya Ardi akan membagi 2000 kg beras tersebut ke dalam 20 buah karung.

Jadi, kasus tersebut dapat dituliskan sebagai berikut:

Total berat beras = 2000 kg

Jumlah karung = 20 karung

Dari informasi tersebut diperoleh:

2000 : 20 = 100 kilogram

Kesimpulan dari perhitungan di atas adalah Ardi harus membagi berasnya ke dalam 20 karung dengan berat 100 kilogram masing-masing.

2. Contoh Soal 2

Sebuah truk pasir membawa pasir seberat 6500 kg. Pertanyaannya, berapakah beban dari truk pasir tersebut jika dikonversi dalam satuan tons?

Baca Juga:  Sistem Bilangan Oktal: Pengertian dan Cara Konversi Bilangan Oktal

Jawaban:

Telah diketahui bersama bahwa 1 kilogram = 1 : 1000 = 0.001 tons, maka soal di atas dapat ditulis sebagai berikut:

6500 kilogram = 6500 : 1000 = 6,5 tons

Berdasarkan perhitungan di atas, dapat diketahui bahwa berat pasir yang terdapat pada truk tersebut sama dengan 6,5 tons.

Melihat dari soal dan penyelesaian contoh-contoh di atas, pastinya kini Anda sudah tidak kesulitan lagi dalam mencari konversi dari kilogram ke ton ataupun sebaliknya. Pastikan semua rumus konversinya dihafalkan, maka Anda bisa mengubah satuannya dengan mudah.

Selain menggunakan satuan tons, untuk menyatakan berat lebih ringan dari 1000 kg biasanya juga digunakan kuintal. 1 kuintal sendiri sama dengan 100 kilogram. Berat tersebut umumnya digunakan pada pengukuran beras atau buah-buahan di pasar.

Demikianlah tadi ulasan lengkap tentang 1 ton berapa kg dan juga contoh soalnya. Dari penjelasan tersebut telah diketahui secara jelas bahwa 1 ton itu adalah 1000 kg.

Selain itu, diberikan juga contoh-contoh sederhana beserta penyelesaiannya supaya lebih mudah dalam memahaminya. Dengan adanya penjelasan tersebut semoga Anda sudah tidak bingung lagi dalam mengonversi berbagai macam satuan berat.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment