Daftar Alat Komunikasi Tradisional dan Modern Lengkap dan Fungsinya

Keberadaan dari alat komunikasi tradisional dan modern menjadi informasi yang cukup penting untuk diketahui oleh setiap orang. Hal tersebut dapat dijadikan sebagai penambah wawasan sekaligus mengetahui bahwa alat komunikasi sudah ada sejak jaman dahulu.

Dengan hadirnya perkembangan jaman, maka berbagai macam alat komunikasi pun juga ikut mengalami perkembangan. Mulai dari alat komunikasi tradisional dimana dapat menggunakan cara konvensional untuk mengoperasikannya ataupun alat komunikasi berteknologi modern yang dapat digunakan tanpa adanya batasan.

Apabila Anda ingin memahami lebih lanjut mengenai alat alat komunikasi tersebut, maka sebaiknya dapat segera menyimak penjelasan dibawah ini. Tentunya juga dapat membantu seseorang untuk membedakan antara alat komunikasi tradisional dengan modern.

Alat Komunikasi Tradisional dan Modern: Pengertian

Alat Komunikasi Tradisional dan Contohnya

Sebelum Anda mengetahui apa sajakah daftar alat komunikasi tradisional dan modern, maka wajib memahami pengertian dari alat komunikasi terlebih dahulu. Jadi alat komunikasi merupakan sebuah media atau alat yang digunakan buat menyebarkan atau menyampaikan informasi.

Informasi tersebut dapat disebarkan ke satu orang atau banyak orang sekaligus. Bukan hanya berfungsi buat menyampaikan informasi saja, tetapi keberadaannya juga dapat berperan sebagai penghasil informasi bagi masyarakat.

Seperti sudah diketahui bahwa komunikasi merupakan sebuah proses yang dilakukan oleh seseorang hingga beberapa kelompok orang dimana sudah tidak bisa dipisahkan. Proses komunikasi inipun dapat dilakukan secara langsung ataupun tidak langsung.

Apabila komunikasi dilakukan secara tidak langsung maka akan membutuhkan alat bantu untuk berkomunikasi. Adapun alat komunikasi yang digunakan oleh masyarakat dibedakan menjadi dua yakni tradisional dan modern.

Jenis alat alat komunikasi tersebut tentu mempunyai karakteristik dan kelebihan tersendiri. Maka dari itu, wajib bagi masyarakat agar mengetahui apa sajakah jenis alat komunikasi yang tersedia baik modern ataupun tradisional.

Baca Juga:  10 Cara Menghindari Bahaya Tersengat Listrik

Alat Komunikasi Tradisional dan Contohnya

Alat Komunikasi Tradisional dan Modern Pengertian

Adapun alat komunikasi tradisional merupakan sebuah alat komunikasi yang tidak menggunakan listrik ataupun jaringan internet. Tidak heran apabila banyak orang menyebutnya sebagai alat komunikasi zaman dahulu.

Jenis alat tersebut biasanya akan mengandalkan suara, tenaga makhluk hidup ataupun tulisan sebagai perantaranya. Cara kerjanya juga lebih sederhana dibandingkan dengan alat komunikasi modern yang ada sekarang. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa contoh dari alat komunikasi tradisional.

Kentongan

Kentongan masuk ke dalam macam macam alat komunikasi tradisional pertama dimana masih banyak digunakan hingga sekarang. Suara yang dikeluarkan dari kentongan cukup khas sehingga sangat mudah untuk dikenali oleh masyarakat.

Pada zaman dulu, keberadaan dari alat komunikasi berupa kentongan ini digunakan sebagai pertanda akan adanya kejadian bahaya seperti maling, orang meninggal dunia ataupun apabila terjadi bencana alam.

Lonceng

alat komunikasi kuno satu ini mempunyai kemiripan dengan kentongan tetapi bedanya terbuat dari bahan logam sehingga menghadirkan suara lebih nyaring. Pada jaman dahulu, lonceng juga sering digunakan untuk menyampaikan suatu kejadian ataupun hal yang harus dilakukan oleh masyarakat.

Tidak hanya itu saja, namun keberadaannya juga sering difungsikan untuk mengumpulkan orang dalam kegiatan ibadah atau menjadi sinyal bahaya. Tetapi sekarang, lonceng sudah jarang digunakan lagi.

Teropong Kaleng

Kendati keberadaan teropong kaleng identik dengan mainan anak anak, tetapi siapa sangka pada zaman dahulu menjadi sebuah alat komunikasi tradisional lho. Bahkan keberadaannya bisa menunjang kegiatan komunikasi yang sederhana.

Cara kerjanya juga cukup sederhana dimana menggunakan kaleng untuk isolator suara dan tali sebagai perambat suara dari dua orang. Agar suara dapat terdengar oleh kedua belah pihak, maka syarat utamanya tali harus kencang dan tidak boleh longgar.

Baca Juga:  E-government: Pengertian, Tujuan, Jenis Serta Kelebihannya

Bedug

Contoh alat komunikasi kuno dan fungsinya selanjutnya adalah bedug dimana terbuat dari bahan tabung kayu dengan kulit kamping. Kulit kamping merupakan permukaan yang dipukul dengan menggunakan tongkat agar bisa menghasilkan suara.

Di Indonesia, penggunaan dari bedug biasanya hanya digunakan sebagai panggilan untuk sholat sebelum adzan. Bukan hanya digunakan di Indonesia saja, tetapi alat komunikasi tersebut juga digunakan di negara Jepang.

Surat

Sebelum kehadiran email seperti sekarang, surat menjadi salah satu alat komunikasi tradisional yang paling terkenal pada zaman dahulu. Bahkan keberadaannya dianggap sebagai media komunikasi terbaik untuk menyampaikan kabar ataupun informasi terbaru.

Sayangnya keberadaan kegiatan surat menyurat semakin banyak ditinggalkan oleh masyarakat karena adanya perkembangan teknologi. Bukan hanya itu saja, pengiriman surat juga dianggap kurang efektif karena membutuhkan waktu cukup lama agar bisa diterima oleh penerima.

Burung Merpati

Jika Anda berpikir bahwa burung merpati bertugas sebagai pengantar surat hanya ada di film saja, maka anggapan tersebut salah. Sebab ternyata burung merpati menjadi hewan yang berfungsi sebagai media berkomunikasi juga.

Terlebih lagi burung merpati juga tergolong sebagai hewan cerdas apabila dilatih dengan tepat. Cara memanfaatkan burung merpati sangat sederhana yakni pesan akan digulung dan diletakkan di tempat khusus pada kaki, burung kemudian akan terbang sesuai dengan arah yang sudah diajarkan.

Alat Komunikasi Modern

Pada pembahasan alat komunikasi zaman dahulu dan sekarang, maka berikutnya akan membahas seputar alat komunikasi modern. Untuk jenis alat komunikasi modern biasanya sudah menggunakan jaringan sinyal dan listrik.

Kelebihannya adalah Anda bisa menyampaikan informasi dengan cepat bahkan juga mampu menampilkan wujud pengirim secara nyata. Nah apa sajakah jenis jenis alat komunikasi modern tersebut? Silahkan simak penjelasannya dibawah ini.

Baca Juga:  Trafo Step Up: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Rumus dan Cirinya

Telefon Kabel

Pada awal perkembangan teknologi, keberadaan telefon kabel menjadi alat komunikasi modern dimana paling populer dan banyak peminat. Sesuai dengan namanya, alat komunikasi tersebut akan menggunakan jaringan kabel untuk menghubungkan satu pengguna dengan pengguna lainnya.

Dengan begitu maka proses penyebaran informasi dari jaringan telefon jauh lebih cepat dan efektif. Tetapi sayangnya, umur dari telefon kabel biasanya tidak panjang sehingga Anda mungkin harus melakukan pembelian unit baru.

Smartphone

Kalau Anda diminta untuk sebutkan alat komunikasi modern, maka smartphone pastinya sudah tidak asing lagi. Sebab smartphone sudah menjadi alat komunikasi yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan masyarakat di era modern seperti sekarang.

Keberadaannya sudah tidak menggunakan kabel alias wireless sehingga bisa dibawa kemana mana untuk berkomunikasi. Dengan adanya smartphone juga mengubah kebiasaan masyarakat dalam melakukan kegiatan komunikasi.

Email

Macam macam alat komunikasi modern berikutnya adalah email dimana menjadi pengganti surat tradisional. Sekarang sudah ada beberapa penyedia layanan email diantaranya adalah Google, Yahoo dan masih banyak lagi.

Faksimili

Faksimili juga termasuk alat komunikasi modern yang pernah populer sebelum kemunculan internet di dunia. Keberadaan faksimili bisa mengirimkan sebuah pesan dengan bentuk berupa tulisan dan biasanya cocok digunakan untuk pekerja kantoran.

Selain dilakukan secara langsung, komunikasi ternyata dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan sejumlah alat komunikasi. Dengan hadirnya alat tersebut maka akan membuat proses komunikasi bisa menyebar dengan cepat.

Secara umum, alat komunikasi dibedakan menjadi dua yakni tradisional dan modern. Ada beberapa daftar alat komunikasi tradisional dan modern di atas dimana mempunyai karakteristik dan fungsi berbeda beda.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment