Cara Mencari Channel TV Digital dengan Mudah

Perubahan siaran TV analog ke digital ternyata masih membuat banyak orang merasa kesulitan. Hal itu terlihat dari banyaknya orang yang belum mengetahui cara mencari channel TV digital.

Sebenarnya, masalah seperti itu tentu merupakan hal yang wajar mengingat masih dalam masa peralihan. Namun, agar tetap dapat menikmati siaran TV, Anda harus cepat mencari tahu bagaimana caranya.

Lalu, seperti apakah cara yang bisa dilakukan untuk mencari siaran channel digital tersebut? Bagi Anda yang masih kesulitan melakukannya, langsung saja ikuti penjelasan caranya secara lengkap berikut ini.

Mengapa Harus Berpindah Ke Siaran Digital?

Cara Mencari Channel TV Digital dengan Mudah

Sebagian besar masyarakat mungkin saat ini masih bertanya-tanya mengapa siaran digital yang sudah biasa dinikmati harus berganti ke digital. Bukankah hal seperti itu malah akan terasa menyulitkan dan membingungkan masyarakat?

Dikutip dari penjelasan resmi pihak Kominfo, migrasi siaran digital ini dilakukan agar masyarakat dapat memperoleh kualitas siaran TV yang lebih baik. Terdapat berbagai macam kelebihan yang terdapat pada siaran digital dibanding analog.

Pada siaran digital, digunakan sistem kompresi dan juga modulasi sinyal digital yang membuat gambar siaran jadi jelas dan mempunyai suara lebih jernih. Dengan kualitas tersebut tentu diharapkan aktivitas menonton TV di rumah akan terasa lebih nyaman.

Perlu diketahui, untuk berpindah ke siaran TV digital ini tidak diperlukan biaya bulanan. Selain itu, pada siaran digital diketahui memiliki berbagai macam pilihan siaran atau channel dibandingkan dengan TV analog biasanya.

Berdasarkan alasan tersebut, tentu sudah seharusnya peralihan siaran digital ini segera diwujudkan. Dengan begitu, masyarakat dapat menikmati siaran TV yang mempunyai kualitas gambar dan suara lebih jernih.

Persyaratan Mendapatkan Siaran Digital

Untuk mendapatkan siaran digital di TV terdapat berbagai macam hal yang harus dipersiapkan, terutama jika TV Anda belum digital. Nah, berikut ini adalah hal-hal penting yang perlu diperhatikan untuk dapat memperoleh siaran TV digital.

Baca Juga:  Cara Membuat Bass Empuk dan Penyebab Bass Kurang Nendang

1. Pastikan Sinyal Siaran Digital Sudah Ada

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum bisa menikmati siaran digital adalah pastikan bahwa lokasi Anda sudah mendapatkan sinyal digital. Seperti diketahui, proses peralihan ke TV digital ini dilakukan secara bertahap dari satu daerah ke daerah lainnya.

Jadi, agar bisa mendapatkan siaran digital tentu daerah Anda harus sudah terdapat sinyal digital tersebut. Anda bisa cek dan cari tahu informasi tentang hal tersebut melalui jejaring internet untuk memastikannya.

2. TV Sudah Mendukung Melakukan Siaran Digital

Setelah memastikan bahwa sinyal digital sudah ada, berikutnya pastikan perangkat TV yang dimiliki sudah bisa menangkap sinyal digital. Pasalnya, sebagus apapun TV yang digunakan jika belum support TV digital maka tidak akan bisa menangkap siaran.

Untuk mengetahui apakah TV sudah digital atau belum, Anda bisa cek pada bagian spesifikasi. Selain itu, bisa juga cek langsung di situs milik Kominfo untuk melihat apakah TV yang digunakan sudah support digital.

Apabila memang perangkat TV di rumah masih belum support, maka Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, TV masih dapat menangkap siaran digital dengan menggunakan bantuan alat bernama Set Top Box.

Jadi, Anda tinggal membeli saja alat Set Top Box tersebut dan pasang ke TV. Setelah itu, siaran digital tetap dapat ditangkap menggunakan perangkat TV serta antena yang biasa dipakai untuk menonton siaran analog.

Cara Mencari Channel TV Digital

Secara keseluruhan, cara mencari channel Indosiar di TV digital ataupun channel lainnya tidaklah sulit dilakukan. Bahkan, bisa dibilang caranya tidak jauh berbeda dengan saat Anda mencari channel TV pada siaran analog.

Perbedaannya, untuk mencari channel TV digital remote yang digunakan adalah remote STB. Untuk lebih jelas lagi tentang pencarian channel tersebut, Anda dapat melihat pada penjelasan langkah-langkah berikut ini.

Baca Juga:  Cara Memasang Antena TV Digital, Jangan Sampai Sembarang!

1. Pasang Set Top Box (STB)

Langkah pertama, Anda dapat membeli dan memasang Set Top Box ke TV. Pasangkan semua port yang dibutuhkan agar TV dapat tersambung dengan alat Set Top Box DVB-T2 yang sudah Anda beli sebelumnya.

2. Masuk Ke Menu TV Digital

Jika alat STB sudah terpasang dengan baik, maka berikutnya Anda dapat memindahkan siaran TV ke menu digital. Caranya cukup mengubah layar TV menjadi AV atau HDMI sesuai dengan port yang digunakan dalam menyambungkan STB.

3. Masuk Pengaturan

Langkah berikutnya, Anda dapat mempersiapkan remote STB dan pilihlah menu pengaturan TV digital. Setelah itu, carilah menu programs yang terdapat pada bagian pengaturan saluran TV digital di Set Top Box.

4. Cari Channel TV Digital

Pada bagian menu programs tersebut, Anda bisa memilih menu pencarian sinyal. Umumnya, terdapat dua macam pilihan pencarian yaitu, pencarian secara otomatis, dan juga pencarian siaran secara manual.

Untuk Anda yang ingin cara pencarian yang lebih mudah maka dapat memilih fitur pencarian channel secara otomatis. Lakukan pencarian siaran tersebut dengan memilih auto tuning di bagian programs.

Pilihlah pencarian dengan antena jika Anda menggunakan penangkap sinyal. Akan tetapi, jika tidak ada antena, bisa pilih pencarian melalui kabel atau STB dan segera mulai pencarian siarannya.

5. Tunggu Proses Pencarian Channel Digital

Terakhir, Anda dapat menunggu proses pencarian channel tersebut sampai selesai. Umumnya, pencarian ini memakan waktu yang tidak terlalu lama, yaitu sekitar 5 sampai dengan 10 menit saja.

Setelah pencarian selesai, maka secara otomatis akan ditampilkan langsung siaran digital-nya. Apabila sudah seperti itu, maka Anda telah dapat menikmati berbagai macam channel yang terdapat di siaran digital.

Kurang lebih seperti itu cara mendapatkan banyak channel TV digital menggunakan pencarian otomatis. Anda juga dapat memilih pencarian manual untuk mendapatkan hasil pencarian yang sesuai dengan lokasi.

Baca Juga:  Kode Remote TV Wansonic Lengkap dan Cara Pengaturannya

Untuk melakukan pencarian manual ini Anda diharuskan untuk memasukkan kode pos ataupun kode pemancar. Dengan begitu, hasil pencarian channel TV digital yang didapatkan dapat menjadi lebih spesifik.

Keunggulan Siaran TV Digital

Telah dijelaskan di bagian awal tadi bahwa siaran digital ini menawarkan berbagai macam keunggulan dibandingkan TV analog. Untuk melihat apa saja keunggulan dari siaran digital ini, Anda bisa menyimak pada informasi berikut.

1. Channel TV Beragam

Keunggulan pertama dari siaran digital ini adalah channel yang didapatkan sangatlah beragam. Terdapat berbagai macam channel tambahan yang tentunya tidak bisa Anda nikmati saat melihatnya di siaran TV analog.

Banyaknya pilihan channel tersebut tentu membuat penonton TV Digital tidak cepat bosan. Penambahan channel tersebut juga akan terus bertambah seiring dengan adanya peningkatan keragaman yang ada di TV digital.

2. Kualitas Siaran Jernih dan Jelas

Keunggulan yang dapat jelas terlihat dari TV digital ini dibanding analog adalah dari kualitas siarannya. Pada siaran digital, siaran yang ditampilkan mempunyai gambar dan juga audio yang lebih jernih.

Hal tersebut tentu membuat pengalaman menonton TV menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. Bahkan, pada beberapa channel unggulan sudah menggunakan kualitas gambar HD pada siaran channelnya.

3. Gratis

Dalam menikmati kualitas siaran TV dengan gambar dan suara yang lebih jernih ini, tidak diperlukan untuk membayar biaya langganan seperti halnya TV kabel. Dengan kata lain, Anda hanya memerlukan alat STB saja untuk dapat menikmati siaran TV Digital.

Itulah tadi penjelasan tentang cara mencari channel TV digital yang bisa dilakukan. Semoga informasi tersebut dapat membantu Anda yang masih kesulitan beradaptasi dengan peralihan TV analog ke TV digital.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment