Apa Fungsi Lampu Jauh Pada Mobil?

MADENGINER.COM – Hampir semua kendaraan termasuk mobil saat ini dilengkapi dengan lampu dekat dan lampu jauh. Tapi, apa fungsi lampu jauh pada mobil dan bagaimana cara menggunakannya?

Biasanya, pengguna mobil menyalakan lampu jauh saat malam hari. Pada intinya, saat keadaan gelap yang mengharuskan adanya penerangan ekstra.

Lampu jauh memang sangat bermanfaat untuk meningkatkan jarak pandang dan juga memantau kondisi jalan dengan lebih akurat.

Namun seringkali beberapa orang menganggap bahwa penggunaan lampu jauh terkadang membahayakan. Itu dikarenakan posisi sorotan lampu sejajar dengan posisi lampu mobil.

Sehingga, lampu akan menyorot langsung pengendara yang ada di depannya terutama dari arah yang berlawanan.

Jika dianggap membahayakan tapi bermanfaat, lantas apa fungsi lampu jauh pada mobil? Sebaiknya simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Fungsi Lampu Jauh Pada Mobil

Apa fungsi lampu jauh pada mobil?
Tuas Lampu Jauh

Lampu pada kendaraan mobil ada beberapa jenis dan salah satunya adalah lampu jauh. Jenis ini memiliki beberapa fungsi utama, apa saja fungsinya? Berikut adalah fungsi lampu jauh pada mobil:

1. Menerangi Jalan Gelap Gulita

Ketika berkendara di jalan yang gelap seperti di wilayah pegunungan atau hutan, biasanya pengendara membutuhkan pencahayaan ekstra. 

Apalagi jika pencahayaan dari lampu jalan sangat kurang. Maka lampu jauh pada mobil bisa sangat berguna untuk meningkatkan jarak pandang.

Saat lampu jauh dinyalakan, pengendara juga bisa melihat ada medan seperti apa yang akan dilalui. Jadi, lampu ini sangat bermanfaat untuk jalanan yang gelap.

2. Memberikan Akurasi Tambahan di Jalan Berkabut

Kondisi jalanan berkabut tidak hanya terjadi pada malam hari, namun bisa terjadi juga pada pagi, siang, atau sore hari.

Jalan berkabut membuat jarak pandang pengendara semakin pendek. Tentunya hal ini sangat membahayakan karena tidak terlihat ada apa di sekitar jalanan.

Baca Juga:  Cara Menghilangkan Jamur Pada Kaca Mobil yang Ampuh

Dengan kondisi yang seperti itu, high beam atau lampu jauh pada mobil dapat meningkatkan jarak pandang pengendara.

Setidaknya, akan terlihat apakah ada pohon, binatang, tikungan, atau jalan rusak yang ada di depannya. 

Tapi saat ini, banyak produsen mobil yang sudah menyertakan lampu kabut alias fog lamp sebagai lampu tambahan.

3. Isyarat Menyalip Mobil Depan

Karena posisi sorotan lampu jauh dengan lampu dim sama, jadi lampu jauh bisa menjadi isyarat untuk menyalip mobil depan.

Caranya adalah dengan mengedipkan lampu dim sebanyak 2 atau 3 kali untuk memberi kode pada mobil di depan kalian.

Selain untuk mobil depan, kode tersebut juga ditujukan pada kendaraan yang berlawanan arah untuk melambatkan kecepatan karena kalian akan menyalip.

Dengan begitu, resiko kecelakaan berlawanan arah bisa terhindari akibat adanya lampu jauh ini.

4. Kode Berbelok Pada Tikungan Tajam

Selain beberapa fungsi di atas, lampu jauh juga jadi isyarat untuk memberitahu mobil yang berlawanan arah, bahwa ada mobil yang akan berbelok di tikungan tersebut.

Karena tikungan tajam memiliki blind spot yang tidak bisa terlihat jelas oleh mobil kita dan mobil lain, jadi lampu jauh jadi salah satu penanda bahwa akan ada mobil yang melintas.

Maka dari itu, lampu jauh sangat berguna pada keadaan tersebut. Apalagi, jika tikungan tajam tersebut tidak dilengkapi dengan kaca cembung di tikungan jalan.

Baca Juga: Apa Itu Odometer Dan Fungsinya?

Kesalahan dan Etika Pada Penggunaan Lampu Jauh

Lampu Jauh Mobil
Etika Penggunaan Lampu Jauh

Inilah beberapa kesalahan yang banyak dilakukan dalam menggunakan lampu jauh. Lantas, bagaimana etika penggunaan lampu jauh di jalan raya?

1. Menggunakan Lampu Jauh Terus Menerus Pada Jalanan Padat Lalu Lintas

Hal pertama yang perlu dihindari adalah menggunakan lampu jauh secara terus menerus di jalan padat lalu lintas.

Baca Juga:  Bagiaman Warna Pelek Motor Beat yang Bagus? Ini 11 Pilihannya!

Dilansir dari laman Kompas Otomotif, menurut Divisi Humas Polri di jalan yang padat lalu lintas kita hanya perlu menyalakan lampu dekat saja.

Karena, di jalan padat lalu lintas biasanya memiliki penerangan yang cukup baik, dan penggunaan lampu jauh tidak begitu diperlukan.

Selain bisa mengganggu pandangan kendaraan lain, penggunaan lampu jauh secara terus menerus bisa menyebabkan kecelakaan karena pandangan yang terganggu.

Jika sedang sial, bisa-bisa kecelakaan tersebut berakibat pada mobil Anda yang juga ikut masuk ke dalam kecelakaan.

Jadi, hindari menggunakan lampu jauh pada jalan padat lalu lintas, ya! Hanya gunakan lampu jauh untuk memberikan kode atau isyarat pada pengendara lain.

2. Gunakan Lampu Jauh Ketika di Jalan Sepi

Waktu yang tepat untuk menggunakan lampu jauh adalah ketika mobil berada di jalanan sepi. Perlu diingat, bahwa beberapa wilayah di Indonesia tidak memiliki penerangan yang cukup.

Misalnya di hutan, pegunungan, wilayah pesisir, atau pedesaan lainnya. Wilayah tersebut juga cukup sepi sehingga penggunaan lampu jauh tidak akan mengganggu pengendara lain.

Lampu jauh tersebut juga bisa meningkatkan akurasi pengelihatan kondisi jalan. Selain itu, lampu jauh juga bisa jadi isyarat kepada pengendara lain bahwa ada mobil yang sedang melintas.

3. Jangan Sengaja Menyorot Mobil atau Kendaraan di Depan

Ketika kesal di jalan akibat disalip atau hampir terserempet, jangan sengaja menyorot kendaraan tersebut dengan lampu jauh. 

Cukup gunakan lampu dim untuk mengedipkan sesekali. Karena, penggunaan lampu jauh yang disorot ke depan bisa jadi mengganggu pengendara lain yang bukan target Anda.

Baca Juga: 5 Cara Memperbaiki Setir Mobil Yang Berat

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar fungsi lampu jauh pada mobil. Semoga informasi tersebut dapat berguna dan sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya.

Baca Juga:  Fungsi Choke Pada Motor, Diperlukan Pada Saat Apa?
Bagikan Postingan:

Leave a Comment