Cara Pasang MCB 2 Jalur, Penting Untuk Instalasi Listrik di Rumah!

Memahami bagaimana cara pasang MCB 2 jalur perlu untuk diketahui terutama kalau Anda ingin memasangnya sendiri. Bagi yang ingin memasangnya sendiri di rumah, maka memperhatikan keamanan serta prosedur pemasangannya perlu dilakukan.

Adapun fungsi utama dari MCB adalah sebagai pelindung rangkaian listrik apabila terjadi kelebihan arus alias overcurrents. Tidak hanya sebagai pelindung yang mampu bekerja secara otomatis sekaligus manual saja, tetapi juga dapat berfungsi untuk membagi arus menjadi 2 jalur sekaligus.

Apabila Anda baru pertama kali akan melakukan pemasangan, maka sebaiknya perlu untuk memperhatikan cara pasang MCB.

Apa itu MCB Listrik?

Apa itu MCB Listrik

Sebelum memahami bagaimana instalasi MCB 2 phase, maka penting agar memahami terlebih dahulu pengertian dari MCB tersebut. Seperti sudah diketahui bahwa MCB listrik merupakan bagian dari circuit breaker.

Fungsi utamanya adalah sebagai pemutus arus di sebuah rangkaian yang didalamnya terdapat beban listrik sudah melebihi kemampuannya. Sebagai contohnya adalah pada saat terjadinya korsleting.

MCB (mini circuit breaker) mempunyai kapasitas rating arus lebih kecil yakni hingga 63 Amps. Jumlah tersebut tentu lebih kecil apabila dibandingkan dengan molded case circuit breaker atau MCCB. Dengan begitu, MCB listrik sendiri lebih cocok apabila digunakan untuk alat berating kecil.

Pada alat tersebut juga terdapat sejumlah bagian penting yang terdapat di dalamnya diantaranya adalah:

  • Terminal mempunyai fungsi sebagai penghubung antara MCB dengan kabel listrik
  • Nameplate memberikan informasi mengenai spesifikasi MCB
  • Pengunci berfungsi untuk mengunci MCB pada dudukan sehingga tidak sampai goyang atau terlepas
  • Tugas memiliki fungsi sebagai saklar yang digunakan untuk mengalirkan arus listrik. Apabila tuas tersebut dalam posisi ON dan terjadi beban berlebihan, maka tuas tersebut akan turun menjadi OFF secara otomatis.
Baca Juga:  Pengertian Photodiode: Jenis, Fungsi, Prinsip Kerja Serta Aplikasinya

Cara Pasang MCB 2 Jalur Lengkap

Cara Pasang MCB 2 Jalur Lengkap

Jika Anda ingin melakukan pemasangan sendiri, maka pastikan mengetahui cara pasang MCB 2 jalur terlebih dahulu. MCB 2 Jalur alis double pole miniature circuit breaker merupakan jenis MCB yang mempunyai dua terminal. Setiap terminal itulah akan terhubung ke jalur lsitrik berbeda.

Penggunaan dari MCB 2 jalur sendiri biasanya berguna untuk memutus aliran listrik yang berasal dari dua jalur sekaligus. Biasanya lebih sering digunakan untuk memberikan kontrol pada peralatan listrik dimana membutuhkan daya lebih besar.

Sampai disini, apakah Anda sudah siap untuk memasangnya sendiri? Jika demikian maka berikut ini kami berikan panduan cara pasang mcb dengan baik.

Silahkan Pelajari Instalasi Gambar Berikut

Sama seperti dengan cara pasang MCB 1 jalur, maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mempelajari dahulu gambar skema instalasi MCB 2 jalur di atas. Anda bisa langsung mengikuti bagaimana contoh instalasi MCB diatas.

Skema diatas ternyata juga dinilai cukup aman oleh seorang teknisi listrik. Sebab jumlah total pada MCB tidak melebihi dari MCB induk.

Persiapan Alat dan Bahan

Setelah memahami contoh instalasi pemasangan MCB 2 jalur diatas, maka tahap berikutnya adalah pemasangan alat dan bahan. Terdapat sejumlah alat sekaligus material yang perlu disiapkan dahulu diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Tang potong
  • Tang kombinasi
  • MCB 6 Ampere dengan kode C6
  • MCB 4 Ampere dengan kode C4
  • Jenis kabel listrik NYA 1 x 2,5 mm (merah)
  • Kabel Listrik NYA 1x 2,5 mm (biru)
  • Cuter pisau
  • Obeng +/-

Sebagai informasi tambahan, kabel merah digunakan sebagai kabel phase dan kabel biru adalah untuk kabel netral.

Proses Perakitan MCB 2 Jalur

Masuk ke tahap cara pasang MCB listrik 2 jalur dimana dapat mengikuti ilustrasi yang terdapat pada gambar di atas. Sebelum memutuskan untuk memulai pekerjaan, maka lebih baik memutus sumber listrik sebagai keamanan.

Baca Juga:  Mode Fan Pada AC yang Jarang Diketahui

Setelah itu, Anda bisa mengikuti panduan berikut ini untuk merakit komponen dalam instalasi listrik ini.

  • Silahkan membuat jumper kabel MCB phase (merah) untuk membuat MCB Baru yakni 6A dan 4A.
  • Potong kabel NYA 1 X2.5 mm menjadi sekitar cm, kemudian dapat mengupas pada kedua ujungnya sekitar 0,5 cm
  • Silahkan hubungkan pada kedua MCB dari posisi bawah seperti tertera pada gambar

Menghubungkan Kabel

Setelah MCB 6A dan 4A tersebut terhubung, maka cara pasang mcb berikutnya adalah menyambungkan kabel phase warna merah dari output MCB utama. Pastikan bahwa membuat sambungan kabelnya dengan baik untuk mencegah terjadinya korsleting.

Menyambungkan ke Instalasi Listrik di Rumah

Proses berikutnya adalah menyambungkan kabel phase merah dari dalam instalasi listrik di rumah dengan kabel yang berasal dari bagian output MCB baru 6A dan 4A.

Proses Menyambungkan Kabel Netral

Selanjutnya pada proses terakhir, Anda dapat langsung menyambungkan kabel netral berwarna biru secara langsung ke beban instalasi listrik di dalam rumah. Jangan pernah melakukan modifikasi ataupun memperbaiki instalasi listrik apabila Anda tidak paham betul bagaimana caranya.

Adapun cara pasang mcb 2 jalur 900 watt tidak jauh berbeda dengan tahapan di atas. Sehingga Anda bisa menggunakan cara diatas, asalkan bahan dan alat sudah disiapkan dengan baik.

Fungsi MCB Listrik

Fungsi MCB Listrik

Sesudah memahami bagaimana cara pasang instalasi listrik 2 kabel di atas, maka berikutnya adalah mengetahui fungsi elemen ini dalam dunia kelistrikan. Sebagai informasi tambahan bahwa MCB yang dapat dipasang dalam instalasi listrik rumah berbeda untuk setiap rumah.

Tentunya untuk menentukan penggunaan dari MCB tersebut sebaiknya harus disesuaikan dengan daya listrik dan sejumlah peralatan yang digunakan di rumah. Dan MCB 2 jalur inilah sangat direkomendasikan untuk sejumlah peralatan dimana membutuhkan daya besar.

Baca Juga:  Penyebab dan Cara Mencegah Bunga Es di Kulkas 1 Pintu

Karena menjadi salah satu komponen penting di dalam instalasi listrik, maka berikut ini sejumlah fungsi penting dari komponen MCB yang perlu diketahui:

Untuk Memutus Arus

Fungsi paling utama dari MCB adalah untuk memutus arus secara manual dengan menggunakan tuas yang tersedia. Terlebih lagi kalau Anda ingin melakukan perbaikan perangkat elektronik, maka sangat berbahaya jika kondisi listrik masih menyala.

Karena setiap MCB sendiri dirancang secara spesifik agar bisa memutus listrik di area tertentu, maka sangat penting agar memahami jalur instalasi listrik di area tertentu.

Sebagai Pengaman Ketika Terjadi Korsleting

Korsleting merupakan salah satu pemicu kebakaran dimana tidak boleh dianggap remeh begitu saja. Disinilah MCB berperan sebagai pengaman apabila terjadi korsleting karena dapat memutus arus listrik secara otomatis sehingga tidak mengeluarkan percikan api.

Dapat Menghindari Terjadinya Overload

Overload dapat terjadi ketika penggunaan listrik telah melebihi kapasitas daya dimana sudah ditentukan. Untungnya dengan hadirnya alat MCB maka dapat memutus arus secara otomatis apabila terjadi overload.

Dalam instalasi listrik di rumah atau gedung, keberadaan dari MCB mempunyai peran yang cukup penting. Sebab dapat berfungsi sebagai pemutus arus ataupun sistem keamanan ketika terjadi korsleting.

Pemasangan MCB sendiri sebaiknya harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Apabila Anda membutuhkan daya besar, maka cara pasang MCB 2 Jalur wajib dipelajari dengan baik.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment