5 Cara Cek Tagihan Listrik Online, Lewat Telepon, SMS, dan APK

Listrik yang digunakan sehari-hari tidak diperoleh secara gratis. Setiap rumah yang sudah memiliki listrik wajib untuk membayar iurannya secara rutin setiap bulan atau setiap tokennya habis. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara cek tagihan listrik sebelum membayar.

Di Indonesia, kebutuhan listrik akan dipenuhi oleh Perusahan Listrik Negara (PLN). Masyarakat bisa mengajukan pemasangan listrik jika di daerahnya sudah masuk dalam jangkauan PLN. Saat ini, pengajuan tersebut bisa dilakukan secara offline yaitu datang ke kantor maupun online (daring).

Setelah rumah memiliki aliran listrik, selanjutnya Anda harus memenuhi kewajiban untuk membayar tagihannya setiap bulan. Namun, tagihan ini hanya berlaku bagi listrik pascabayar. Jika rumah Anda menggunakan sistem token, maka tidak perlu membayar tagihan tapi hanya mengisi token sendiri.

Cara Cek Tagihan Listrik

Tagihan listrik merupakan sejumlah biaya yang harus dibayar oleh pengguna setelah menggunakan listrik selama satu bulan atau periode tertentu. Anda dianjurkan untuk melakukan pengecekan secara pribadi untuk menghindari pembengkakan biaya dan menyiapkan dana untuk pembayaran.

Secara umum, terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengecek tagihan listrik. Mulai dari berkunjung ke kantor PLN terdekat, menggunakan aplikasi online, email, telepon, hingga SMS ke call center PLN. Jadi, pengguna bisa memiliki cara pengecekan sesuai dengan keinginan masing-masing.

1. Cek Tagihan Listrik dengan Telepon

Cek Tagihan Listrik dengan Telepon

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengecek jumlah tagihan listrik yang akan dibayar adalah melalui panggilan telepon. Cara ini cukup mudah dan tergolong sama dengan layanan di berbagai perusahaan lain saat ini mengajukan pertanyaan atau complain yaitu menghubungi CS.

CS atau customer service merupakan orang yang bertugas untuk menerima pengaduan atau informasi dari pelanggan terkait dengan pelayanan PLN. Inilah yang harus Anda hubungi saat ingin mengetahui besarnya tagihan listrik dengan mengikuti beberapa langkah berikut.

  • Hubungi call center PLN pada nomor 123
  • Cantumkan kode area saat menelepon. Misalnya, warga Jakarta bisa menggunakan (021)-123
  • Sampaikan pertanyaan tentang tagihan listrik kepada CS
  • Ikuti petunjuk yang disampaikan dan Anda bisa segera mengetahui besar tagihannya
Baca Juga:  Cara Menghitung Rangkaian Resistor Campuran yang Benar

Kode area saat menelepon CS bisa diperoleh dengan mencarinya secara langsung di internet. Jangan khawatir, layanan call center PLN bisa dihubungi kapanpun karena tersedia selama 24 jam. Oleh karena itu, kapanpun Anda merasa butuh untuk bertanya bisa langsung menghubunginya.

Akan tetapi, menelepon ke PLN akan dikenakan biaya tergantung jenis provider yang digunakan. Biaya telepon akan berlaku normal sehingga semakin lama Anda berkomunikasi, biayanya juga akan semakin banyak. Jika ingin menghemat, carilah provider yang memberlakukan biaya telepon yang murah.

2. Cek Tagihan Listrik dengan SMS

Cek Tagihan Listrik dengan SMS

Jika merasa tidak bisa menelepon karena menghabiskan banyak pulsa, maka pengguna bisa mengirim SMS. PLN juga memberikan pelayanan melalui pesan singkat yang dikirim oleh setiap pelanggannya. Untuk mendapatkan informasi tagihan listrik dalam satu bulan, gunakan cara berikut.

  • Buka aplikasi SMS
  • Ketik format:

REK (spasi) No.ID Pelanggan

Misalnya, REK 5605308XXX

  • Kirim ke 8123

Untuk setiap SMS yang dikirim akan terkena biaya Rp500, belum termasuk PPN sebesar 10%. Jadi, pastikan Anda memiliki pulsa yang cukup untuk mengirim minimal 2 kali pesan ke PLN. Akan tetapi, pelanggan juga bisa mendapatkan informasi tagihan listrik secara rutin dengan berlangganan.

Format SMS Berlangganan:

PLN (spasi) No.ID Pelanggan kirim ke 8123

Dengan berlangganan, Anda tidak perlu bertanya terus menerus setiap bulannya. Pihak PLN akan menginformasikan secara rutin setiap bulan terkait jumlah tagihan listrik yang harus dibayar. Nah, jika sudah berlangganan, namun ingin berhenti, bisa menggunakan format berikut.

PLN (spasi) OFF (spasi) No.ID Pelanggan kirim ke 8123

3. Cek Tagihan Listrik dengan Email

Cek Tagihan Listrik dengan Email

Bagi yang tidak ingin menghabiskan pulsa, bisa memanfaatkan platform email. Aplikasi pesan online ini bisa memberikan informasi tagihan listrik dari PLN. Akan tetapi, pelanggan terlebih dahulu harus terdaftar di e-billing yang bisa dilakukan melalui website resmi perusahaan.

Baca Juga:  Fungsi Thermostat Kulkas dan Cara Kerjanya Lengkap

Terdapat beberapa perubahan yang terjadi pada situs resmi PLN. Oleh karena itu, Anda bisa menghubungi pihak PLN dengan mengirim email ke [email protected] atau cara yang lebih mudah dengan membuka media sosial PLN seperti Twitter (@pln_123) dan Facebook (PLN 123).

4. Cek Tagihan Listrik dengan Aplikasi

Cek Tagihan Listrik dengan Aplikasi

Perusahaan Listrik Negara atau PLN memiliki aplikasi tersendiri untuk memudahkan pelayanan setiap pelanggannya. Aplikasi tersebut dikenal dengan PLN Mobile yang bisa diunduh oleh pengguna smartphone Android maupun iPhone.

PLN Mobile dapat digunakan untuk mengecek riwayat penggunaan kwh listrik, info lokasi pembayaran melalui banking, transaksi token listrik, tagihan listrik, info status listrik, hingga sebagai media pengaduan keluhan. Nah, untuk mengetahui besar tagihan listrik, Anda bisa melakukan cara berikut.

  • Unduh dan buka aplikasi PLN Mobile di Play Store maupun App Store
  • Pilih menu “Informasi”
  • Klik “Informasi Tagihan dan Token Listrik”
  • Masukkan “No. ID Pelanggan” atau “Nomor Meteran Listrik”
  • Klik “Cari”
  • Informasi terkait besarnya tagihan listrik Anda akan muncul di layar

Mengecek tagihan listrik dengan aplikasi menjadi hal yang paling banyak dipilih para pelanggan. Hal ini disebabkan karena hasilnya bisa diperoleh dengan cepat tanpa pungutan biaya apapun selama perangkat Anda terhubung dengan jaringan internet.

Berbeda dengan email dan SMS yang harus menunggu respon dari customer service PLN terlebih dahulu. Meskipun pelayanannya 24 jam, namun terkadang jumlah pesan yang masuk cukup banyak sehingga CS membutuhkan waktu yang lebih lama untuk membalasnya.

5. Datang ke Kantor PLN Terdekat

Datang ke Kantor PLN Terdekat

Pelanggan yang menggunakan sistem pascabayar listrik bisa menggunakan cara terakhir untuk mengetahui besar tagihannya yaitu dengan berkunjung ke kantor PLN secara langsung. Dalam hal ini, Anda harus meluangkan waktu yang cukup untuk datang ke kantor PLN terdekat.

Baca Juga:  Satuan Daya dalam Listrik, Konversi, Rumus & Contoh Soalnya

Pastikan berkunjung di hari kerja dan pada pagi hari agar tidak mendapatkan nomor antrian yang panjang. Pelanggan juga wajib mengetahui nomor meteran listrik serta membawa kartu identitas. Setelah tiba, Anda wajib menunggu hingga mendapat giliran untuk maju ke bagian CS.

Sampaikan tujuan yaitu untuk mengetahui tagihan listrik yang akan dibayar bulan ini. Setelah mendapatkan informasi, Anda bisa langsung membayarnya agar tidak kesulitan lagi pada akhir bulan. Selain itu, jika ingin menyampaikan keluhan terkait listrik bisa disampaikan langsung pada CS.

Kelebihan Membayar Tagihan Listrik Secara Online

Kelebihan Membayar Tagihan Listrik Secara Online

Seperti yang diketahui bahwa terdapat banyak cara yang bisa dipilih untuk mengetahui jumlah tagihan listrik. Akan tetapi, sebagian besar pelanggan kini lebih memilih untuk melakukannya secara online. Selain menghemat biaya, Anda juga bisa menghemat waktu karena prosesnya lebih cepat.

Membayar secara online juga bisa dilakukan dimana saja tanpa terikat tempat maupun waktu. Bahkan, jika ingin menyampaikan suatu keluhan juga tetap bisa diajukan melalui aplikasi maupun platform lainnya.

Itu 5 cara cek tagihan listrik yang bisa digunakan oleh setiap pelanggan. Jika memiliki waktu yang cukup, Anda bisa berkunjung langsung ke kantor PLN terdekat. Akan tetapi, jika ingin lebih cepat, mudah, dan murah, bisa menggunakan aplikasi PLN Mobile, email, SMS, atau panggilan telepon.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment