Cara Kerja Kulkas 2 Pintu dan Komponen Utama Didalamnya

Kalau berbicara mengenai cara kerja kulkas 2 pintu sebenarnya tidak berbeda jauh dengan kulkas satu pintu saja. Kendati demikian, tetap terdapat perbedaan yang bisa Anda temukan dari kulkas pintu dua dan satu yang perlu diketahui.

Seperti sudah diketahui bahwa pendingin kulkas sendiri sangat penting baik untuk kebutuhan menyimpan makanan pribadi ataupun kebutuhan dari bisnis. Sebab dengan hadirnya alat inilah dapat memberikan Anda kemudahan dalam menyimpan makanan agar tetap awet sekaligus tahan lama nantinya.

Saat ini, lemari pendingin tersebut dibedakan menjadi dua jenis yakni satu dan dua pintu. Kulkas 2 pintu sendiri menjadi pilihan bagi banyak orang, terutama kalau Anda sering menyimpan makanan dengan jumlah banyak ataupun ingin menikmati fitur lebih lengkap dibandingkan satu pintu.

Bagaimana Cara Kerja Kulkas 2 Pintu, Cek Berikut Ini

Bagaimana Cara Kerja Kulkas 2 Pintu, Cek Berikut Ini

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa cara kerja kulkas 2 pintu sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pendingin biasanya. Tetapi memang terdapat sedikit perbedaan seperti pada kulkas 2 pintu terdapat sistem defrost yang mampu mencegah timbulnya bunga es.

Agar nantinya Anda diberikan kemudahan dalam proses perawatan lemari pendingin ini di rumah, maka wajib agar memahami bagaimana cara kerjanya dahulu. Selain itu juga akan membantu Anda untuk mengetahui kerusakan yang terjadi didalamnya.

Adapun cara kerja kulkas pintu 2 sendiri adalah dengan cara mengusung hukum termodinamika, yakni ketika udara panas selalu bergerak menuju ke udara dengan suhu lebih rendah atau dingin. Tetapi hukum termodinamika tersebut terbalik.

Yakni proses pemindahan dari panas di ruangan pendingin ke bagian luar dilakukan oleh komponen bernama evaporator. Alat inilah memiliki fungsi untuk menyerap panas pada benda-benda yang Anda taruh didalam pendingin.

Untuk kemudian, panas yang sudah diserap itulah akan mendinginkan makanan sekaligus minuman di dalamnya. Tetapi komponen evaporator juga bekerja dengan komponen lainnya terutama cairan pendingin refrigerant atau freon yang mampu menyerap energi panas di bagian dalam kulkas.

Baca Juga:  Diagram Kulkas 2 Pintu dan Komponen Didalamnya

Agar nantinya kulkas dapat bekerja dengan baik itulah, maka sistem komponen yang terdapat didalamnya harus bisa mengembalikan zat pendingin dalam bentuk gas ke cairnya. Karena itulah gas juga perlu dikompresi ke tekanan dan suhu lebih tinggi.

Agar nantinya proses pendinginan gas dapat bekerja dengan baik maka akan dibantu juga dengan adanya kipas kulkas 2 pintu.

Komponen Penting Yang Terdapat Didalam Kulkas Pintu 2

Komponen Penting Yang Terdapat Didalam Kulkas Pintu 2

Jika sebelumnya Anda sudah mengetahui bagaimana cara kerja dari pendingin dengan dua pintu di atas, maka ulasan berikutnya adalah berkaitan dengan bagian bagian kulkas dua pintu. Setiap bagian inilah ternyata mempunyai fungsi berbeda-beda yang perlu diketahui.

Berikut ini beberapa komponen penting yang perlu diketahui untuk membantu Anda memahami konsep pendingin serta bisa mengatasi berbagai macam masalah nantinya.

Kompresor

Kompresor kulkas 2 pintu menjadi bagian cukup penting dari sistem pendingin ini dan jika diibaratkan seperti jantung manusia. Sebab fungsinya adalah untuk mengedarkan refrigerant atau freon ke semua sistem dan menambahkan tekanan pada warm part di dalam sirkuitnya.

Dalam proses inilah nantinya akan membuat refrigerant menjadi lebih panas serta dapat menyerap panas yang terdapat didalam kulkas.

Thermostat

Selain ada kompresor kulkas sharp 2 pintu atau dari brand lainnya, Anda akan menemukan thermostat ini. Dimana menjadi bagian dari sistem kelistrikan yang terdapat pada lemari pendingin tersebut.

Fungsinya sendiri adalah untuk membantu Anda menentukan suhu pada kulkas. Biasanya terdapat skala suhu juga yang bisa dipilih oleh para pengguna. Semakin tinggi angkanya, tentu suhu didalamnya semakin dingin.

Heater

Bagian dari heater inilah yang paling membedakan antara kulkas 1 dan dua pintu. Adapun fungsinya adalah dapat mencegah terbentuknya bunga es didalam kulkas secara otomatis sehingga lebih efektif.

Baca Juga:  Karakter Kapasitor Milar dan Penerapannya

Apabila heater ini mengalami kerusakan maka akan membuat kulkas tidak terasa dingin sehingga membuat makanan atau minuman di dalamnya menjadi cepat busuk atau basi nantinya.

Evaporator

Evaporator kulkas 2 pintu inilah menjadi komponen dalam sistem pendingin kulkas dimana nantinya akan membuat barang-barang yang terdapat di dalam lemari es jadi lebih dingin. Untuk cara kerjanya adalah zat pendingin akan diubah kembali daric air ke gas melalui proses penguapan.

Gas Freon

Disebut dengan refrigerant juga, keberadaan dari gas inilah juga mempunyai peranan cukup penting dalam sistem pendingin. Didalam kondensor, gas freon yang mempunyai tekanan tinggi dan panas akan dingin oleh udara yang berasal dari luar.

Suhu itulah nantinya akan diturunkan hingga menjadi titik-titik air. Bentuknya juga akan berubah menjadi cair tetapi tetap terdapat tekanan yang tinggi.

Katup Ekspansi

Sedangkan katup ekspansi pada komponen kulkas 2 pintu sendiri mempunyai tugas untuk menurunkan suhu sekaligus tekanan pada freon. Kalau dilihat lebih mendalam, sistem inilah juga sama seperti yang terdapat pada pendingin udara AC.

Kondensor

Adapun komponen kondensor kulkas 2 pintu juga masih berhubungan dengan sistem pendinginnya. Fungsinya adalah mengubah gas freon agar menjadi cair sehingga nantinya dapat membuat suhu menjadi lebih dingin.

Cara Instalasi Kulkas 2 Pintu

Cara Instalasi Kulkas 2 Pintu

Setelah Anda memahami bagaimana komponen yang terdapat pada kulkas ini, maka juga perlu mengetahui bagaimana cara instalasinya dengan tepat. Apapun merk dan tipe kulkas di rumah, memperhatikan bagaimana pemasangannya secara tepat wajib diketahui.

Tentukan Penempatan Lokasi Kulkas

Hal paling penting yang perlu diperhatikan adalah lokasi dari kulkas tersebut akan ditempatkan tersebut. Kami sarankan agar menaruh kulkas di tempat yang tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung serta permukaannya rata.

Baca Juga:  PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap)  

Sejajarkan Posisi dari Pendingin

Agar nantinya alat elektronik ini dapat bekerja dengan efektif, maka Anda juga perlu mensejajarkan posisinya terlebih dahulu. Biasanya bagian depan dari pendingin ini jauh lebih tinggi dibandingkan belakangnya

Memasang Pegangan Pintu

Jangan lupa juga agar memasang apakah bagian pegangan dari kulkas inilah sudah diinstal dengan baik atau benar. Proses penginstallannya sendiri dapat dilakukan dengan cara menarik ke atas dan kebawah nantinya.

Kelebihan yang Ditawarkan

Tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaan dari lemari pendingin inilah ternyata mempunyai sejumlah kelebihan yang ditawarkan didalamnya. Inilah menjadi alasan kenapa sebagian besar dari pengguna lebih suka memilih kulkas jenis tersebut dibandingkan pintu saja.

Kelebihan tersebut misalnya adalah kapasitas yang ditawarkan jauh lebih besar sehingga akan memungkinkan pengguna dapat menyimpan makanan sekaligus minuman lebih banyak. Bahkan makanan dengan ukuran besar dapat dimuat dengan mudah.

Selain itu, juga pengguna tidak akan menemukan bunga es didalamnya. Itu disebabkan karena didalam telah dibekali oleh komponen defrost yang berfungsi mencairkan bunga es di dalam freezer.

Bahkan dengan menggunakan pendingin tersebut maka akan membuat pengguna lebih hemat dan efisien dari penggunaan listrik.

Kulkas menjadi alat elektronik yang wajib dimiliki di rumah Anda karena dapat berfungsi menyimpan makanan. Dengan mengetahui cara kerja kulkas 2 pintu itulah dapat membantu pengguna dalam proses perawatan sekaligus perbaikan.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment