Frekuensi Televisi Digital Palembang, Cek Disini

Seperti sudah diketahui bahwa pemerintah Indonesia telah meminta masyarakat beralih ke Televisi Digital sejak akhir tahun 2022 kemarin. Keberadaannya inilah telah menggantikan peran dari tv analog dimana sudah menemani masyarakat Indonesia selama kurang lebih 60 tahun lho.

Dengan menggunakan televisi digital inilah nantinya masyarakat akan mendapatkan sejumlah keuntungan dan manfaatnya. Nah keuntungan paling terlihat adalah Anda dapat menikmati adanya tayangan dengan kualitas jernih sekaligus bagus sehingga dijamin akan puas nantinya.

Bagi Anda yang ingin menikmati tayangan tv digital tersebut maka tidak perlu membeli televisi digital terlebih dahulu. Sebab Anda tetap bisa menggunakan tv analog melalui cara menghubungkannya ke set top box atau STB tersebut.

Untuk harga STB sendiri memang sangat bervariasi mulai dari 100 ribuan hingga 400 ribuan. Tentunya semakin mahal harganya, kualitas harga yang ditawarkan juga akan semakin bagus nantinya.

Kelebihan Pindah ke TV Digital Dibandingkan Analog

Kelebihan Pindah ke TV Digital Dibandingkan Dengan Analog

Saat ini siaran dari tv analog memang sudah dinonaktifkan secara keseluruhan di Indonesia. Nah agar Anda tetap tidak ketinggalan berbagai tayangan atau acara favorit di televisi, maka dapat bermigrasi ke televisi digital terlebih dahulu.

Dengan menggunakan tayangan digital inilah nantinya Anda akan mendapatkan sejumlah keuntungan menarik didalamnya diantaranya adalah.

Dapat Menikmati Tayangan Berkualitas Tinggi

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa dengan menggunakan tv inilah ternyata akan memanjakan para pengguna dengan tayangan berkualitas tinggi. Jangan khawatir dengan gangguan berupa efek semut pada tv Anda di rumah.

Sebab dengan hadirnya teknologi inilah dapat menghasilkan gambar dengan kualitas yang tinggi, suara jernih dan bahkan dilengkapi dengan teknologi canggih didalamnya.

Adanya Banyak Channel

Pada televisi analog, Anda mungkin sering mengeluhkan akan adanya channel yang sangat terbatas sehingga membuat Anda menonton tayangan itu-itu saja. Namun hal tersebut tidak akan pernah dirasakan pada tv dengan teknologi digital.

Baca Juga:  Skema Trafo Step Up dan Step Down Secara Lengkap

Sebab didalamnya sudah dibekali dengan adanya banyak channel atau saluran tv jauh lebih banyak. Tentunya juga kualitas gambarnya tidak berkurang walaupun Anda menonton channel tidak seperti biasanya.

Tahan Terhadap Adanya Cuaca Buruk

Sebagai pengguna tv analog, Anda pastinya sering mengeluhkan bahwa siaran menjadi jelek bahkan pecah-pecah bukan? nah keuntungan dengan menggunakan tv digital ini adalah tahan terhadap berbagai cuaca buruk.

Terlebih lagi jangkauan dari penggunaan siaran digital inilah jauh lebih luas dan bahkan sampai ke daerah pelosok sekalipun.

Konten yang Jauh Lebih Berkualitas

Dengan menggunakan tayangan digital inilah, akan memungkinkan Anda menemukan banyak stasiun TV baru bermunculan. Dan mungkin dengan banyaknya channel itulah, pengguna juga akan menemukan adanya tayangan berkualitas tinggi dimana dapat dijadikan sebagai sarana edukasi juga.

Frekuensi TV Digital di Palembang

Frekuensi TV Digital di Palembang

Sudah tahu bukan bahwa keberadaan dari televisi digital inilah ternyata mempunyai peran yang cukup penting. Bagi Anda yang tinggal di Kawasan Palembang ataupun sekitarnya, penting agar mengetahui siaran tv digital di Palembang dahulu.

Terutama mengetahui daftar frekuensi dari tayangannya tersebut. Dengan mengetahuinya inilah akan membantu pengguna yang kesulitan dalam mencari sinyal. Nah untuk lebih jelasnya maka dapat menyimak frekuensi kanal dibawah ini.

Kanal 25 UHF

Pertama adalah kanal 25 UHF ini atau 506 MHz dimana akan menampilkan beberapa channel seperti SCTV, Indosiar, Mentari, Metro, iNews, Moji hingga Kompas.

29 UHF atau 538 MHz

Untuk frekuensi inilah dapat menampilkan sejumlah channel diantaranya adalah TVRI, RTV, RCTI, JPM hingga BTV

35 UHF atau 586 MHZ

Merupakan frekuensi yang dapat menampilkan sejumlah channel seperti CNN Indonesia, CNBC Indonesia, Trans7, Trans TV, MNCTV, GTV, TV One, hingga ANTV.

Baca Juga:  Cara Mendapatkan Siaran TV Digital Dengan Antena Biasa

31 UHF atau 554 Mhz

Berikutnya adalah TVRI Nasional, TVRI Kalimantan Selatan, TVRI Sport HD, TVRI Kanal , Rajawali serta inspira TV.

33 UHF atau 570 Mhz

Pilihan frekuensi terakhir adalah 33 UHF atau 570 Mhz ini yang dapat menampilkan beberapa channel seperti SCTV, Indosiar, Mentari sekaligus O Channel.

Cara Mengetahui Sinyal TV Digital dengan Mudah

Cara Mengetahui Sinyal TV Digital Dengan Mudah

Setelah mengetahui frekuensi tv digital Palembang diatas, Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara mencari tv sinyal ini. Terlebih lagi tampilan dari televisi nantinya tidak dapat dipisahkan dengan namanya sinyal dan apabila sinyalnya jelek tentu akan berpengaruh terhadap kualitas dari tayangannya nanti.

Nah agar televisi inilah dapat berfungsi dengan baik maka Anda membutuhkan antena khusus sebagai penangkap sinyal nantinya. Selain itu, pastinya juga melakukan pengecekan sinyal sekaligus jangkauannya juga.

Jangan khawatir karena sekarang sudah ada Aplikasi pencari sinyal tv digital yang dapat digunakan dengan mudah dan praktis. Pihak dari Kominfo sendiri sudah menyiapkan aplikasi pengecek sinyal yakni SinyalTV Digital dimana dapat diunduh secara gratis oleh para pengguna.

Sesuai dengan namanya, aplikasi inilah dapat digunakan untuk mengecek dan mencari jangkauan dari sinyal pada tayangan digital tersebut. Bahkan didalamnya juga menawarkan sejumlah fitur menarik untuk para penggunanya seperti ketersediaan channel, kekuatan sinyal bahkan adanya informasi pemancar terdekat.

Apabila Anda ingin menggunakannya, maka simak beberapa cara penggunaan dari SinyalTVDigital dibawah ini:

  • Silahkan download aplikasi sinyalTVDigital pada perangkat terlebih dahulu
  • Buka aplikasi apabila sudah berhasil terpasang
  • Izinkan untuk mendapatkan akses lokasi pada perangkat dan tab tombol ge started untuk pertama kalinya
  • Secara langsung aplikasi akan langsung melakukan pemindaian terhadap lokasi
  • Tab pada scope untuk melakukan scan ulang dan tomol transmitter untuk mengetahui saluran yang menjangkau lokasi
  • Apabila ingin melihat informasi berkaitan dengan jangkau dan kekuatan sinyal, maka dapat memilih opsi see mux detail
  • Terdapat juga fitur berupa gallery yang dapat memberikan informasi terkait dengan daftar saluran di wilayah tadi.
Baca Juga:  Cara Menghitung Rangkaian Resistor Paralel dan Seri

Cara Mengatasi Tidak Ada Sinyal Pada TV Teknologi Digital

Walaupun memang teknologi ini akan berikan banyak kentungan bagi pengguna, tetapi terdapat masalah dimana sering terjadi yakni ketika tidak ada sinyal. Untuk mengatasi masalah inipun sangat mudah dan Anda bisa memperhatikan tips berikut ini.

Pastikan Kabel Antena Sudah Terpasang Dengan Benar

Cara mengatasi tidak adanya sinyal pertama adalah dengan memastikan bahwa kabel antena telah terpasang dengan benar di bagian port. Selain itu, pengguna juga harus memastikan bahwa kabel tidak mengalami kerusakan sekaligus port di tv tidak ada kotoran.

Sesuaikan Arah Antena dan Hindari Menaruh di Lokasi Dengan Banyak Penghalang

Selain memastikan bahwa kabel antena telah terpasang dengan benar, Anda juga perlu memastikan bahwa arah dari antenanya juga sudah tepat. Selain itu, ada baiknya hindari menaruhnya di lokasi dengan jumlah penghalang banyak.

Jangan Lupa Cek Kekuatan Sinyal

Terakhir, Anda juga tidak boleh lupa agar mengecek kekuatan sinyal terlebih dahulu di lokasi bersangkutan. Untuk mengeceknya itulah, Anda dapat memanfaatkan keberadaan dari aplikasi yang sudah kami sampaikan diatas.

Penggunaan dari televisi berteknologi digital sendiri akan memberikan banyak keuntungan bagi para pengguna. Untuk yang tinggal di Palembang, pastikan mengetahui frekuensi Televisi Digital terlebih dahulu untuk mencari tayangan.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment