Cara Memasang Antena TV Indoor yang Benar

Antena adalah salah satu komponen penting agar TV Anda dapat menampilkan siaran. Untuk pemasangannya, Anda bisa memilih untuk menggunakan cara pasang antena TV indoor ataupun pemasangan secara outdoor.

Penempatan dan pemasangan dari antena TV tersebut tentu berpengaruh terhadap kualitas gambar siaran TV. Terlebih lagi jika Anda berencana untuk menggunakan antena TV secara indoor di dalam ruangan.

Lalu, bagaimanakah cara untuk memasang antena TV indoor agar dapat memperoleh kualitas yang bagus? Untuk mengetahui tentang cara beserta dengan langkah-langkahnya, langsung saja ikuti penjelasan berikut.

Keunggulan dan Kelemahan Memasang Antena TV Indoor

antena tv indoor

Telah diketahui bahwa terdapat dua pilihan cara memasang antena TV yang bisa Anda pilih, yaitu pasang indoor ataupun outdoor. Kedua cara pemasangan tersebut tentu mempunyai keunggulan serta kelemahannya masing-masing.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menggunakan cara pasang antena indoor, lebih baik pertimbangkan terlebih dahulu tentang kelebihan dan kelemahannya. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini adalah penjelasan tentang keunggulan serta kelemahan saat memasang penangkap sinyal TV secara indoor.

1. Kelebihan

Secara umum, terdapat cukup banyak keunggulan pada saat Anda memilih cara pemasangan antena TV secara indoor. Lalu, apa sajakah kelebihan dari pemasangan indoor ini? Untuk mengetahuinya, simaklah pada penjelasan berikut ini.

  • Pemasangan bisa dilakukan lebih praktis dan cepat
  • Potensi terjadinya korsleting listrik karena kondisi cuaca buruk menjadi lebih kecil
  • Penerimaan sinyal pemasangan indoor dinilai lebih stabil. Hal tersebut dapat membuat siaran televisi tidak akan mengalami banyak gangguan meski di luar sedang terjadi cuaca ekstrem.
  • Pengaturan posisi lebih mudah dilakukan karena diletakkan di dalam ruangan.
  • Penempatan secara indoor dirasa fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan ruang
  • Proses perawatan dan pembersihan lebih mudah sehingga dapat menjaga kualitas siaran dari televisi dalam jangka waktu panjang
Baca Juga:  Cara Memasang Antena TV Digital, Jangan Sampai Sembarang!

Melihat banyaknya keunggulan dari memasang indoor, tidak mengherankan apabila banyak orang lebih memilih cara pasang antena tv digital indoor. Namun, tentu tidak semua lokasi pas dan cocok untuk pemasangan dengan cara indoor ini.

Banyak faktor yang memengaruhi kualitas sinyal pada saat pemasangan penangkap siaran TV secara indoor. Oleh karena itu, sebaiknya sesuaikan pemasangan dan posisi dari perangkat tersebut sesuai dengan kondisi dari tempat tinggal Anda.

2. Kelemahan

Terlepas dari semua kelebihan dan keunggulan pemasangan di dalam ruang, tentu ada juga kelemahan dari cara memasang antena televisi indoor ini. Salah satu kelemahan utamanya adalah cara tersebut kurang tepat digunakan pada daerah terpencil, pantai, atau tempat susah sinyal lainnya.

Dengan melihat keunggulan serta kelemahan tersebut, tentu Anda dapat mengira-ira apakah memasang secara indoor cocok untuk digunakan atau tidak. Oleh karena itu, agar tidak terjadi kesalahan dalam pembelian dan proses pemasangan, Anda harus perhatikan hal ini dengan baik.

Tips Dan Cara Pasang Antena TV Indoor Secara Tepat

Cara Memasang Antena TV Indoor yang Benar

Pada saat Anda telah memahami tentang keunggulan dan kelemahan pada pembahasan sebelumnya, selanjutnya akan dijelaskan juga tentang cara pemasangannya. Seperti halnya pemasangan untuk outdoor, saat memasang secara indoor harus dilakukan dengan tepat.

Terdapat beberapa cara khusus agar siaran TV bisa menghasilkan gambar yang berkualitas dan juga jernih meski penangkap gelombang siaran ada di dalam rumah. Berikut ini adalah beberapa tips untuk membuat siaran tetap bagus meski alat penangkap sinyalnya indoor.

1. Pilih Produk atau Merek yang Berkualitas

Tips pertama untuk cara pasang antena TV indoor digital adalah dengan memilih produk antena yang berkualitas. Hal ini sangat penting dilakukan apabila Anda menginginkan kualitas menangkap sinyal yang bagus untuk TV.

Anda bisa mencari referensi merek antena apa saja yang selama ini menjadi rekomendasi untuk digunakan dalam ruangan. Sebagai saran, Anda bisa mencoba untuk memilih antena yang termasuk ke jenis YAGI.

Baca Juga:  Cara Setting STB Matrix Apple untuk Menikmati Siaran Favoritmu

Pada jenis YAGI terdapat elemen konduktor yang dapat menerima sinyal atau gelombang RF TV. Untuk mendapatkan jenis atau tipe tersebut, Anda bisa mencoba menanyakan kepada penjual agar tidak salah pilih pada saat hendak membelinya.

2. Atur Posisi Arah Dengan Tepat

Berikutnya, agar sinyal yang didapatkan kualitasnya maksimal, cara pasang antena TV harus memilih lokasi yang pas. Untuk mencari posisi yang pas tersebut bisa dilakukan beberapa pergeseran posisi dengan memutar arah kepala ke arah yang tepat.

Carilah posisi yang bisa menghasilkan kekuatan sinyal yang paling bagus. Sebagai saran, sinyal antena yang kuat biasanya didapatkan dengan mengarahkan antena ke posisi pemancar TV yang terdapat di daerah Anda.

Untuk mengetahui lokasi pemancar TV di daerah, Anda bisa mencari tahu dari internet. Selain itu, bisa juga menggunakan bantuan dari aplikasi TV digital yang bisa untuk diunduh melalui platform aplikasi Google Play Store.

3. Tempatkan Di Posisi Tinggi

Tips berikutnya untuk cara pasang antena TV secara indoor adalah dengan menempatkan posisi penangkap sinyal ke tempat tinggi. Hal itu karena pada umumnya, orang memilih menempatkan pada posisi rendah agar mudah saat pengaturannya.

Tentunya hal tersebut tidak sepenuhnya benar dan bahkan lebih baik untuk menempatkan alat penangkap gelombang siaran pada posisi yang tinggi. Umumnya, pemasangan secara indoor ini dapat diletakkan pada bagian atas plafon rumah.

Selain tidak mengganggu pemandangan di ruangan, posisi tersebut juga dapat menerima pancaran sinyal TV dengan lebih baik. Area plafon rumah juga tetap mudah dijangkau sehingga proses perawatan dan pengaturannya bisa dilakukan dengan mudah.

4. Taruh Di Dekat Jendela

Menaruh antena TV dalam rumah di dekat jendela juga menjadi salah satu cara agar Anda bisa mendapatkan pancaran sinyal siaran TV yang kualitasnya baik. Pasalnya, hal itu dapat membuat rambatan gelombang siaran lebih mudah untuk sampai ke antena TV.

Baca Juga:  Mengenal Flyback dan Persamaan Flyback TV Lengkap

Alhasil, gelombang sinyal RF yang diberikan dari pemancar TV bisa ditangkap dengan lebih mudah karena tidak mendapatkan banyak hambatan. Pemasangan di dekat jendela ini tentu lebih baik jika dibandingkan dipasang di dekat dinding.

Pasalnya, jendela memiliki ketebalan yang lebih tipis dibandingkan tembok rumah. Nah, agar hasil penangkapan sinyal lebih maksimal, Anda bisa pasang antena dalam rumah di jendela yang tidak terhalang oleh bangunan atau pepohonan luar.

5. Manfaatkan Booster TV

Apabila memang kualitas sinyal indoor dirasa kurang maksimal, maka Anda bisa menambahkan booster pada TV. Booster sendiri merupakan alat untuk membuat sinyal TV menjadi lebih kuat atau biasa disebut dengan penguat sinyal.

Dengan adanya booster tersebut, sinyal lemah dari pemancar dapat di boost sehingga TV bisa mendapatkan sinyal lebih baik. Pada umumnya, booster untuk TV tersebut adalah booster penguat sinyal TV UHF.

Anda dapat memperoleh booster TV tersebut di toko-toko elektronik terdekat. Selain itu, bisa juga membeli barang tersebut secara online dengan harga lebih terjangkau dibanding saat Anda beli langsung dari toko.

Kurang lebih itulah beberapa tips yang dapat digunakan untuk cara pasang antena TV Anda secara indoor. Dengan menggunakan tips yang disebutkan di atas, pastinya sinyal yang didapatkan tetap maksimal meski antena dipasang di dalam ruangan.

Begitu tadi berbagai ulasan tentang cara pasang antena TV indoor beserta dengan keunggulan dan kelemahannya. Dengan melihat ulasan tersebut, kini diharapkan Anda bisa memasang antena TV di dalam ruangan dengan optimal.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment