Ukuran TV 55 Inch Berapa Cm? Berikut Ulasannya Lengkap

Mengetahui ukuran layar TV 55 inch berapa cm cukup penting bagi Anda yang hendak membelinya. Hal tersebut karena mengetahui tentang ukuran tersebut dalam cm, tempat TV bisa dipersiapkan dengan baik.

TV berukuran 55 inch memang belakangan ini banyak dijadikan sebagai pilihan banyak orang. TV dengan ukuran tersebut dirasa sangat pas dan cocok untuk dinikmati di rumah sebagai hiburan.

Untuk itu agar TV 55 inch tersebut bisa terpasang dan tertata secara tepat, Anda harus tahu ukurannya dalam cm. Berikut ini adalah penjelasan tentang TV 55 inch dalam ukuran cm.

Ukuran TV 55 Inch Berapa Cm?

Ukuran TV 55 Inch Berapa Cm

Dalam pemaparan ukuran dari suatu TV biasanya akan dinyatakan dengan ukuran inch. Namun, ukuran inch tersebut tentu bukanlah merupakan panjang ataupun lebar dari TV tersebut.

Ukuran inch yang disampaikan pada produk TV tersebut merupakan panjang diagonal dari layarnya. Pada umumnya, panjang diagonal pada layar tersebut ukurannya lebih besar jika dibandingkan dengan lebar TV.

Lantas, berapakah sebenarnya TV 55 inch berapa cm? Berikut ini adalah penjelasan tentang ukuran dari TV 55 inch dengan rasio 4 : 3 dan juga rasio 16 : 9.

1. TV 55 Inch Rasio Layar 4 : 3

Menurut satuan pengukuran, 1 inch = 2,54 cm. Dengan mengetahui konversi ukuran tersebut, tentu Anda sudah dapat menentukan berapakah ukuran TV 55 inch. Berikut ini adalah dimensi TV 55 inch berasio 4 : 3 dalam satuan cm:

  • Lebar Layar TV = 111,8 cm
  • Tinggi Layar TV = 83,8 cm
  • Panjang Diagonal Layar TV = 139,7 cm

2. TV 55 Inch Rasio layar 16 : 9

Rasio layar 16 : 9 ini banyak dipakai pada produk TV 55 inci saat ini. Berikut adalah rincian dari panjang TV 55 inci dengan rasio 16 : 9 dalam satuan cm.

  • Lebar Layar TV = 121,8 cm
  • Tinggi Layar TV = 68,5 cm
  • Panjang Diagonal Layar TV = 139,7 cm
Baca Juga:  Kode Remote TV Toshiba Lengkap dan Cara Setting Terbarunya

Berdasarkan dari penjelasan tentang ukuran tv 55 inch dalam cm di atas, dapat dilihat bahwa panjang diagonal layar pada kedua aspek rasio tersebut tidaklah berbeda, yaitu 138,7 cm. Namun, untuk ukuran panjang dan lebar TV tersebut mempunyai perbedaan ukuran.

Kelebihan Pada TV 55 Inch

Setelah mengetahui tentang panjang TV 55 inci tersebut dalam satuan cm, tentunya tidak lengkap jika Anda tidak mencari tahu kelebihannya. Dibandingkan dengan TV ukuran lainnya, tentu TV 55 inch ini mempunyai berbagai macam kelebihan.

Berikut ini adalah berbagai macam kelebihan yang didapatkan saat Anda menggunakan TV 55 inch.

1. Resolusi Tinggi

Kelebihan selanjutnya dari TV berukuran 55 inch ini adalah resolusi layarnya tinggi. Hal tersebut karena memang rata-rata pada TV dengan layar besar teknologi layar yang digunakan paling tidak sudah Full HD sampai dengan resolusi UHD/4K.

Pemberian resolusi layar yang tinggi pada TV berukuran besar tentu kaitannya dengan jarak tonton ideal TV. TV besar yang sudah mempunyai teknologi layar resolusi tinggi tentunya dapat dinikmati dengan baik pada jarak tonton idealnya.

Supaya bisa lebih optimal dalam menikmati resolusi Full HD pada TV berukuran 55 inch ini, jarak tonton yang dianjurkan adalah kurang lebih 2,2 meter. Sementara untuk TV resolusi 4K, jarak ideal untuk menontonnya adalah sekitar 1 meter.

Kualitas resolusi layar yang tinggi tentu akan membuat tampilan gambar pada TV menjadi lebih jelas. Dengan begitu, TV tetap bisa dinikmati dengan baik meskipun ukuran layar yang dimilikinya cukup besar.

2. Tingkat Refresh Rate Tinggi

Selain mempunyai resolusi layar yang minimal sudah full HD, pada layar TV 55 inch ini juga mempunyai kelebihan lainnya, yakni di refresh rate. Pada umumnya, TV yang mempunyai layar besar sudah memiliki refresh rate yang tinggi.

Baca Juga:  Daftar TV Polytron yang Sudah Digital, Tanpa Perlu STB

Perlu diketahui, refresh rate ini memang tidak mesti ditampilkan pada spesifikasi TV. Namun, tentu tingkat refresh rate tersebut sangat memengaruhi pada kualitas gambar yang ditampilkan pada layar TV.

Terlebih lagi, pada gambar digital yang umumnya mengalami gambar patah atau blur saat menampilkan scene dengan gerakan cepat. Nah, kondisi tersebut salah satu yang memengaruhinya adalah tingkat refresh rate layar.

Namun, pada saat Anda menggunakan TV 55 inch, tentunya sudah tidak perlu khawatir lagi siaran patah-patah atau blur. Pasalnya, pada TV tersebut umumnya telah dibekali dengan spesifikasi refresh rate layar sekitar 120 Hz.

Refresh rate sebesar itu tentu sudah menjadi jaminan bahwa gambar pada TV akan lancar. Akan tetapi, untuk memastikan refresh rate dari TV 55 inci ini, Anda bisa melihat spesifikasi atau menanyakan langsung pada yang jual.

3. Cocok Untuk Pasang Home Theater

Apabila Anda berencana ingin membuat home theater, maka menggunakan TV dengan layar 55 inch merupakan salah satu pilihan tepat. Pasalnya, dengan ukuran layar sebesar itu, tentu TV tersebut bisa dijadikan sebagai pusat home theater.

Selain itu, pada TV 55 inci ini, telah terdapat berbagai macam port yang diperlukan untuk menghubungkan ke perangkat home theater lainnya. Dengan begitu, proses perangkaian home theater Anda bisa dilakukan dengan lebih mudah.

4. Sudah Smart TV

Kelebihan yang terakhir pada ukuran TV 55 inch adalah telah mempunyai status Smart TV. Jenis Smart TV ini dapat membuat fungsi yang terdapat pada TV dapat dimanfaatkan secara lebih optimal.

Smart TV ini mempunyai kemampuan untuk dapat menghubungkan ke jaringan internet. Dengan begitu, potensi hiburan yang bisa didapatkan dari Smart TV ini ada cukup banyak seperti bisa digunakan untuk browsing sampai dengan video streaming.

Baca Juga:  Mudahnya Sermod Tv Polytron, Solusi Manual Mengatasi TV yang Error

Tidak hanya itu saja, Smart TV biasanya juga dapat mengakses Google Play Store. Hal tersebut memungkinkan Anda untuk menginstal beberapa aplikasi yang kompatibel ke dalam TV 55 inci.

Ukuran Laptop 16 Inch Berapa Cm?

Selain pada TV ukuran layar juga kerap kali menjadi pertanyaan pada laptop. Namun setelah mengetahui konversi inch ke cm, tentu Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam menentukan ukuran layar dalam cm.

Lalu laptop 16 inch berapa cm? Untuk mengetahui ukuran pada layar laptop dalam cm, Anda bisa lihat daftar ukurannya di bawah ini.

  • 10 inch = 25,40 cm
  • 11 inch = 27,94 cm
  • 12 inch = 30,48 cm
  • 13 inch = 33,02 cm
  • 14 inch = 35,56 cm
  • 15 inch = 38,1 cm
  • 16 inch = 40,64 cm
  • 17 inch = 43,18 cm

Kurang lebih itulah konversi ukuran layar laptop ke dalam satuan cm. Dengan berbekal pengetahuan inch ke cm, Anda dapat dengan mudah mengonversi ukuran seperti 3 inch berapa cm dan lain sebagainya.

Itulah penjelasan tentang TV 55 inch berapa cm dan juga kelebihannya. Mengetahui informasi di atas tentunya sangat penting bagi Anda yang mungkin sedang berencana ingin membeli TV dengan ukuran layar 55 inch.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment