Cara Memilih Jasa Pasang Antena TV Digital

Penayangan TV analog di daerah Cirebon saat ini telah dihentikan dan diganti siaran digital. Jadi untuk menonton siaran TV, bisa segera cari jasa pasang antena TV digital Cirebon dan sekitarnya.

Seperti diketahui, peralihan tv analog ke digital ini memang telah sejak lama digaungkan oleh pemerintah. Jadi, mau tidak mau masyarakat harus mengubah siaran tv ke digital agar bisa menonton tv.

Lalu, sebenarnya apakah yang dimaksud dengan siaran tv digital itu? Dan apakah siaran tersebut lebih baik dari tv analog? Untuk mengetahuinya, silakan simak pada penjelasan yang ada di bawah ini.

Tentang Siaran TV Digital

Cara Memilih Jasa Pasang Antena TV Digital

Melihat kebutuhan dan urgensi, peralihan tv analog ke tv digital memang perlu segera dilakukan. Secara perlahan, pemerintah telah mulai mematikan tv analog dari satu daerah ke daerah lainnya di Indonesia.

Bagi yang belum tahu, siaran tv digital ini merupakan siaran televisi yang memakai modulasi sinyal digital serta sistem kompresi. Oleh karena itu, siaran tv yang dihasilkan nantinya bisa memiliki kualitas gambar dan suara yang jernih.

Selain itu, pada siaran digital ini telah digunakan berbagai teknologi canggih yang membuat kualitas siaran jadi lebih berkualitas. Otomatis, jika siaran tv menjadi lebih berkualitas, maka penonton dapat lebih nyaman dalam menikmati siaran.

Gangguan TV analog seperti muncul semut, patah-patah, hilang sinyal, dan berbagai gangguan lain tidak akan dialami pada siaran digital. Oleh karena hal itulah, mengapa saat ini Indonesia sudah harus mulai beralih ke siaran TV digital.

Sementara untuk menangkap sinyal siaran digital, Anda hanya perlu menambahkan Set Top Box (STB) saja. Selain itu, jika tidak ingin repot, maka bisa juga untuk menggunakan jasa pemasangan antena digital untuk menyediakan siaran digital.

Cara Memilih Jasa Pasang Antena TV Digital

Pada saat masa peralihan siaran digital ini, mungkin saja Anda belum terlalu mengerti bagaimana cara untuk pemasangannya. Jika memang seperti itu, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk menggunakan saja bantuan dari jasa pasang antena tv digital terdekat.

Baca Juga:  Sistem Bilangan Oktal: Pengertian dan Cara Konversi Bilangan Oktal

Biasanya, jasa tersebut telah memberikan penawaran paket lengkap mulai dari STB sampai dengan pemasangannya. Namun, dalam mencari jasa tersebut, pastikan Anda menggunakan cara memilih jasa pemasangan antena tv digital berikut ini.

1. Pilih yang Berpengalaman

Cara pertama dalam memilih jasa ini adalah dengan pilih yang telah berpengalaman. Seperti diketahui, siaran digital ini terbilang masih baru diterapkan di Indonesia, sehingga belum banyak yang memahami sistemnya.

Untuk itu, agar tidak terjadi masalah saat pemasangan, Anda bisa pilih jasa yang berpengalaman. Dengan begitu, proses pemasangan yang dilakukan pastinya sudah menggunakan SOP yang benar.

2. Profil Jasa Jelas

Selanjutnya, pilihlah jasa yang mempunyai profil perusahaan yang jelas. Hal ini sangat penting diperhatikan untuk menjamin kredibilitas dari jasa tersebut dan menghindarkan Anda dari tindakan penipuan.

3. Pilih Jasa Dengan Harga Wajar

Dikarenakan kepanikan masyarakat yang kurang siap dalam menyambut era tv digital, tidak jarang ada oknum jasa yang memanfaatkannya. Hal itu bisa dilihat dengan adanya kenaikan harga jasa yang tidak wajar kepada pelanggan.

Sebagai pengguna jasa yang cerdas, sebaiknya Anda menghindari jasa pemasangan antena TV siaran digital yang seperti itu. Pilihlah jasa yang memberikan penawaran harga penanganan sesuai dengan standar yang ada di pasaran.

Kelebihan Menggunakan Jasa Pasang Antena TV Digital

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa tidak semua orang paham dengan pemasangan antena digital. Oleh karena itu, tidak jarang yang memilih menggunakan jasa pemasangan agar tetap bisa menikmati siaran tv.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan memasang antena siaran tv digital cirebon ataupun daerah lainnya dengan bantuan jasa:

1. Pekerja Profesional

Kelebihan pertama tentu pemasangan antena akan dilakukan oleh orang yang profesional. Artinya, orang tersebut memang berkompeten sehingga hasil pemasangan antena juga dapat dilakukan dengan baik.

Baca Juga:  8 Cara Memilih Microwave yang Bagus, Perhatikan Hal-Hal Berikut!

2. Lebih Cepat

Pengalaman yang dimiliki oleh pihak jasa tentu membuatnya dapat memasang antena dan set top box lebih cepat. Hal itu tentu dapat menghemat waktu dibandingkan Anda harus memasangnya sendiri di rumah.

Manfaat Beralih Ke Siaran TV Digital

Berdasarkan penjelasan dari Kominfo, terdapat berbagai manfaat berpindah ke siaran digital. Berikut ini adalah manfaat apa saja yang bisa didapatkan dengan beralih ke siaran tv digital.

1. Hemat Pita Frekuensi

Perlu diketahui, pada penayangan siaran tv digital ini akan digunakan frekuensi sebesar 700 Mhz. Spektrum atau panjang gelombang tersebut mempunyai sifat yang terbatas sehingga bisa lebih menghemat penggunaan pita frekuensi.

2. Support Jaringan 5G

Penghematan frekuensi pada siaran digital ini bisa dialokasikan untuk keperluan penting lainnya. Salah satu alokasi dari frekuensi tersebut adalah untuk mendukung digunakannya jaringan internet generasi kelima atau biasa dikenal sebagai 5G.

3. Gratis Selamanya

Meskipun tampilan gambar dan suara pada siaran jadi lebih jernih, bukan berarti harus ada biaya yang dikeluarkan. Pasalnya, siaran sinyal digital ini sifatnya dapat digunakan secara gratis untuk selamanya.

Untuk penerapan siaran ini, biaya yang dikeluarkan mungkin hanya untuk jasa pasang antena tv digital atau membeli STB saja. Selebihnya, Anda bisa menikmati semua siaran yang terdapat di tv digital secara gratis.

4. Siaran Jernih

Tidak seperti siaran tv analog yang kerap kali mengalami gangguan, pada siaran digital semua gambar yang ditampilkan jernih. Bahkan, pada beberapa channel ada yang mempunyai kualitas HD sehingga penonton bisa nyaman saat menonton tv.

5. Fitur Tambahan Beragam

Manfaat lain yang bisa dirasakan dengan beralih ke tv digital adalah Anda bisa menikmati beragam fitur tambahan. Salah satu fitur yang mungkin baru dirasakan adalah fitur Electronic Program Guide (EPG).

Baca Juga:  Data Pin IC LA76810A Pada Rangkaian Mesin TV Cina

Fitur tersebut mempunyai fungsi untuk melihat dan mengetahui acara yang sudah serta akan ditayangkan selanjutnya. Selain itu, ada juga fitur Early Warning System (EWS) untuk salah satu langkah mitigasi bencana.

6. Tidak Membutuhkan Antena Parabola atau Frekuensi Radio UHF/VHF

Terakhir untuk menikmati siaran digital ini tidak diperlukan untuk memasang antena parabola ataupun frekuensi radio UHF/VHF. Jadi cukup gunakan saja set top box dan antena UHF sebelumnya saja sudah bisa menangkap sinyal tv Digital.

Cara Cek TV Sudah Digital Atau Belum

Selain menggunakan jasa pasang antena tv atau STB, sebenarnya pada beberapa tv sudah terdapat fitur siaran digital bawaan. Nah, untuk mengecek apakah TV Anda sudah digital atau belum, maka bisa gunakan cara berikut ini.

  • Pertama, bukalah browser di HP atau PC
  • Setelah itu, buka website siarandigital.kominfo.go.id/
  • Jika sudah, pilihlah menu “Perangkat TV Digital”
  • Pilih kategori “Televisi”
  • Masukkan merek televisi Anda dan modelnya
  • Selanjutnya, lakukan pengecekan
  • Selesai

Jika tv yang Anda miliki sudah bisa digital, maka akan muncul pada hasil pencarian. Sementara apabila hasilnya berisi “Mohon maaf, perangkat belum terdaftar di database atau belum punya sertifikat perangkat”, maka artinya belum bisa digital.

Itulah tadi penjelasan tentang tv digital dan bagaimana cara memilih jasa pasang antena TV digital. Perubahan siaran ke tv digital ini tentu merupakan langkah yang baik agar masyarakat bisa mendapatkan siaran yang lebih berkualitas.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment