Daftar Transponder dan Frekuensi K Vision Ku Band

Jika ingin mencari transponder K Vision Ku Band tentunya harus memahami secara detail terkait pengaturan frekuensi secara tepat supaya tayangan dari televisi tetap terlihat jernih dengan kualitas yang baik. Secara keseluruhan untuk saluran TV yang dimiliki oleh MNC Vision Networks ini telah didukung dengan penggunaan 2 unit transponder yang nantinya akan mentransmisikan adanya frekuensi siaran menuju ke seluruh wilayah di Indonesia.

Selain tersedianya layanan yang mampu menjangkau di seluruh wilayah Indonesia tentunya K-Vision juga menyediakan berbagai siaran televisi lokal hingga internasional yang bisa dilihat oleh para pengguna. Tayangan hingga serial TV yang dapat diakses melalui layanan K-Vision diantaranya box office program khusus untuk anak-anak, olahraga, dan lainnya.

Jika dilihat dari segi kualitas sinyalnya tentunya K-Vision ini terbilang sangat bagus sehingga lebih mudah untuk diterima antena parabola dengan ukuran mini kisaran 45 cm. K-Vision adalah saluran TV yang memberikan keuntungan bagi setiap pengguna untuk melihat tayangan TV dengan kualitas tinggi.

transponder k vision ku band

Frekuensi K-Vision Ku Band

Pada awal mulai peluncurannya, K-Vision ini telah dipancarkan dengan dukungan 2 satelit yaitu Measat 3A dan Satelit Palapa D. Akan tetapi, per tanggal 1 Juli 2020 untuk layanan TV yang didirikan di tanggal 18 April 2014 ini telah dipancarkan pada Satelit Telkom 4 pada siaran C Band Parabola.

Namun, untuk siaran C-Band pada Satelit Palapa D ini telah sepenuhnya sudah berakhir sejak 1 Oktober 2020. Hal ini tentunya membuat siaran K-Vision C-Band telah dialihkan menuju Satelit Telkom 4.

Sementara itu, pada siaran K-Vision Ku Band ini masih tetap mengudara dengan menggunakan Measat 3A, satelit berasal dari Malaysia. Seperti yang diketahui bahwasanya layanan K-Vision siaran Ku Band ini telah memanfaatkan dua transponder dengan memiliki polarisasi bentuk horizontal.

Frekuensi untuk K-Vision Ku Band dari setiap masing-masingnya memiliki pilihan untuk frekuensi 12396 dan 12436 yang dari keduanya tersebut sudah mempunyai symbol rate 31000. Sehingga dengan adanya frekuensi tersebut bisa membantu setiap pengguna dalam melihat tayangan televisi sesuai dengan keinginan para penonton.

Baca Juga:  Resistor Shunt untuk Cara Kerja dan Jenis-jenisnya Lengkap

Daftar Frekuensi K-Vision Ku Band

Tidak hanya tersedia frekuensi siaran Ku Band, akan tetapi K-Vision juga telah menyediakan siaran pada frekuensi C band berada di Satelit Telkom 4. Dengan dukungan dua transponder yang digunakan oleh K-Vision tentunya untuk setiapnya juga mempunyai frekuensi serta susunan channelnya yang berbeda-beda.

Terdapat beberapa channel yang nantinya bisa kamu nikmati dengan layanan secara gratis melalui transponder dari K-Vision Ku Band. Selain itu, juga terdapat pilihan paket premium dan nantinya kamu diharuskan untuk berlangganan supaya bisa mendapat aksesnya dengan mudah.

Adapun untuk daftar dari nomor frekuensi K-Vision Ku Band dengan dukungan satelit Measat 3A yang dapat dicari supaya bisa mengakses saluran TV K-Vision sebagai berikut:

Transponder K-Vision 12396 H 31000

Pada frekuensi transponder K-Vision ini menyesuaikan dengan namanya karena mempunyai frekuensi 1 2 3 9 6 yang didukung terhadap polaritas H sebagai petunjuk horizontal. Dengan artian bahwasanya terdapat pancaran sinyal yang membujur mulai dari arah timur ke barat.

Setelah itu, pada kecepatan sinyal yang sudah dimiliki sebesar 31000 dengan dukungan sistem yang menggunakan DVB-S2. Tipe frekuensi yang digunakan yaitu tipe Ku Band yang didukung dengan frekuensi universal.

Jika kamu ingin menggunakan frekuensi untuk transponder ini tentunya Channel K-Vision terbaru tetap bisa kamu dapatkan berupa National Geographic, Fox Indonesia, Kids TV, Fox Movies, Fox Live, Fox Crime Asia, Fox Sport Asia, National Geo Wild dan Channel Fox lainnya.

Selain itu juga terdapat channel Zee Bioskop, Nick Jr, Nickelodeon, Zoo Moo Asia, Celestial Classic, MTV, MTV Live, My Family, Soccer Channel, Rock Extreme, Vision Prime, My Kidz, Rock Entertainment, My Cinema, Fight Sport, RCTI, On Channel dan Bein Sport 1.

Baca Juga:  Mode Arti Lambang pada Remote AC LG: Apa yang Harus Kamu Tahu

Frekuensi transponder K-Vision 12436 H 31000

Pada penggunaan frekuensi K-Vision Ku Band pada transponder yang satu ini mempunyai frekuensi 12436. Selain itu, untuk dukungan polaritasnya tetap sama dengan menggunakan frekuensi sebelumnya yakni horizontal.

Pada frekuensi ini memiliki kecepatan sinyal serta sistem yang telah digunakan pada transponder serupa dengan frekuensi sebelumnya yaitu 31000 serta DVB-S2. Perbedaan antara keduanya tentunya di bagian channel yang bisa dihadirkan pada televisi K-Vision.

Penggunaan frekuensi transponder yang satu ini memiliki channel yang telah disediakan dengan siaran lokal biasa tersedia di Indonesia seperti Trans7, TransTV, SCTV, Indosiar, Kompas TV, ANTV, Net TV, Rajawali TV, TV One, Bali TV, RCTI, MNCTV, INew, GTV, MNC Sport, Cinemax, Muslim TV, IDX Channel, Metro TV, TVRI, JTV, TV MU, Reformed TB, HBO Hits, HBO Asia, M Shop, Life TV, dan Music Information.

Arah Penggunaan Satelit K-Vision Ku Band

Sekarang ini untuk arah dari satelit K-Vision ataupun garis bujur K-Vision Ku Band berada pada garis bujur 91.4°E. Sementara itu, untuk letak koordinatnya berada di sebelah barat dari pulau Sumatera.

Sehingga kamu harus mengarahkannya antera parabola tersebut menuju arah barat supaya nantinya tetap bisa memperoleh frekuensi dalam menggunakan K-Vision Ku Band. Pada sudut kemiringan ataupun elevasi dari disk antena parabola untuk setiap daerah ini tentunya memiliki perbedaan yang masing-masing.

Hal ini juga tergantung dari peletakan di daerah tersebut. Di mana jika semakin ke arah timur posisi daerah yang kamu tinggali tentunya maka sudut elevasi disk antena parabola juga akan semakin kecil.

Sebab, tidak terdapat patokan secara pasti atas penggunaan sudut kemiringan antena untuk parabola di setiap lokasi. Sehingga kamu harus memperhatikan arah yang tepat untuk penggunaan satelit K-Vision Ku Band terbaru.

Baca Juga:  Diagram Batang: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Cara Membuatnya

Cara Tracking Frekuensi K-Vision Ku Band

1. Memasang aplikasi satfinder

Langkah pertama yang perlu dilakukan cukup dengan mencari sinyal K-Vision dengan menggunakan alat bantu khusus supaya lebih akurat dan cepat. Caranya dengan menyiapkan smartphone dan instal aplikasi terlebih dahulu untuk penentuan posisi dari antena parabola.

Setelah itu, aplikasi menggunakan GPS guna penentuan posisi serta arah dari satelit. Tanpa menggunakan aplikasi tentunya akan sulit dalam mencari sinyal K-Vision.

2. Pemasangan antena parabola mini

Jika sudah berhasil dalam mengetahui arah antena cukup dengan pemasangan parabola mini. Lanjutkan dengan memilih lokasi datar serta memastikan supaya tidak terhalang pohon ataupun tembok.

Kemudian memasang tiang dengan posisi tegak lurus untuk memberikan kemudahan dalam proses tracking sinyal. Pastikan dari posisi antena tidak goyang karena akan berpengaruh terhadap kualitas dalam menerima frekuensi satelit.

3. Input parameter Ku Band

Sebelum memulai tracking pada sinyal satelit tentunya harus input parameter K-Vision Ku Band pada receiver. Pastikan dalam proses melakukan input dari seluruh parameter tersebut telah disesuaikan dengan frekuensi K-Vision Ku Band terbaru.

4. Mengarahkan parabola ke K-Vision

Pada langkah terakhir ketika Parabola mini telah dipasangkan serta parameter receiver di input langsung ke proses tracking. Kamu cukup meminta bantuan orang yang telah berpengalaman untuk memutar antena yang berada di luar dan lihatlah pergerakan dari sinyal pada layar televisi.

Dengan mengetahui transponder K Vision Ku Band tentunya memberikan kemudahan dalam mendapatkan sinyal dan channel televisi. K-Vision telah menyediakan unit transponder untuk memberikan kemudahan dalam melihat serial tayangan televisi dengan channel yang banyak.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment