Cara Mencari Sinyal TV Digital Via Set Top box dengan Mudah

Bagaimana cara mencari sinyal TV digital via set top box? Sebagian besar dari masyarakat memang belum mengetahui bagaimana cara memperoleh siaran TV digital tersebut. Seperti sudah diketahui bahwa pemerintah sudah menonaktifkan sinyal analog agar beralih ke digital.

Dengan menggunakan siaran digital inilah ternyata akan menawarkan gambar dengan kualitas sangat bagus dibandingkan dengan TV analog. Tentu saja ini akan memanjakan mata agar bisa menikmati berbagai macam siaran acara di televisi.

Tetapi memang sebagian besar dari penggunanya akan menemukan permasalahan, termasuk juga kesulitan dalam mencari sinyal siaran digital tersebut. Jangan khawatir karena kami sudah menyiapkan cara mencari siaran digital tersebut dengan mudah.

Agar dapat menikmati siaran jenis ini, maka Anda membutuhkan alat bernama set top box (STB) terutama kalau televisi Anda belum mendukung siaran digital secara otomatis. Dengan menggunakan alat inilah dapat digunakan untuk menangkap sinyal digital bagi pengguna TV analog.

Cara Mencari Sinyal TV Digital Dengan STB 2023

Cara Mencari Sinyal TV Digital Dengan STB 2023

Sebenarnya untuk mencari siaran TV digital tidaklah sulit untuk dilakukan bahkan terbilang sangat mudah lho. Disinilah, Anda bisa memanfaatkan keberadaan dari set top box yang akan membantu buat menangkap siaran digital, walaupun menggunakan TV dengan siaran analog.

Tetapi memang terkadang mungkin Anda menemukan masalah dimana kesulitan dalam mencari sinyal bukan? Jangan khawatir berlebihan karena kami sudah menyiapkan cara mencari siaran TV digital set top box dengan mudah dibawah ini.

  • Pastikan perangkat STB sudah terhubung dengan TV analog yang Anda miliki
  • Hidupkan televisi dan atur menjadi mode AV
  • Sesuaikan mode AV dengan jaringan yang terdapat pada STB yang digunakan seperti AV1, AV2 dan lain sebagainya
  • Jika mode AV sudah ditentukan, maka dapat menyalakan set top box
  • Tekan pilihan menu pada remot set top box dan pilihlah pencarian channel atau saluran
  • Maka layar akan langsung melakukan pencarian secara otomatis dan klik pada pilihan pencarian otomatis
  • Tunggu hingga proses pemindaian siaran TV yang hilang berhasil ditemukan
  • Setelah itu, klik simpan
  • Dan siaran TV digital tersebut sudah dapat dilihat nantinya
Baca Juga:  Apa Saja Yang Membuat Kulkas Cepat Rusak? Ini Jawabannya!

Cara Cek Jangkauan Sinyal TV Digital

Cara Cek Jangkauan Sinyal TV Digital

Apabila cara diatas dapat dilakukan untuk mengatur channel, maka Anda juga perlu memahami juga bagaimana Cara cari sinyal tv digital terutama terkait dengan jangkauannya. Hal tersebut cukup penting agar Anda dapat mengetahui kuat atau tidaknya signal di daerah tempat tinggal.

Untuk melakukan pengecekan jangkauan sinyal itulah ternyata juga sangat mudah dan simple dimana dapat menggunakan aplikasi bernama SinyalTV digital. Aplikasi inilah dapat diunduh secara gratis hanya melalui App Store dan Google Playstore.

Dengan begitu, maka Anda bisa dengan mudah mengecek signal hanya melalui HP saja. Setelah itu, pengguna dapat mengikuti panduan yang ada dibawah ini.

  • Setelah aplikasi SinyalTVdigital berhasil terinstall, maka Anda dapat membuka aplikasinya
  • Jangan lupa memberikan izin untuk mengakses lokasi
  • Cek warna jangkauan di titik lokasi dari tempat tinggal. Apabila warnanya merah atau oranye maka artinya sinyal TV digital tersebut kuat, tetapi kalau berwarna hijau dan kuning maka signal sedang, sementara warna biru dan abu-abu maka sinyal lemah
  • Anda dapat meneruskan dengan mengklik simbol pemancar untuk mengetahui siaran TV apa sajakah yang tersedia di Kawasan tempat tinggal
  • Silahkan input lokasi pada kolom cari lokasi. Tujuannya adalah buat melihat jangkauan sinyal TV digital di daerah lainnya dan juga dapat mengklik cari nantinya

Penyebab Sinyal Digital Hilang

Penyebab Sinyal Digital Hilang

Adapun cara mencari siaran tv digital matrix memang sangat mudah bukan? walaupun keberadaan dari siaran inilah memberikan banyak keuntungan, tetapi tidak sedikit dari penggunanya mengeluhkan masalah dimana sinyal tiba-tiba hilang begitu saja.

Dimana saat sedang menyalakan TV maka akan muncul tulisan tidak ada sinyal maka secara otomatis televisi tidak dapat menayangkan program yang terdapat didalamnya. Sebenarnya terdapat sejumlah penyebab dimana mengakibatkan sinyal tersebut tidak bisa muncul.

Baca Juga:  Cara Menghitung Rangkaian Resistor Paralel dan Seri

Maka dari itu, selain Anda memahami cara mencari siaran TV digital, maka perlu untuk mengetahui penyebab kenapa sinyal tidak muncul berikut ini.

Antena Yang Mempunyai Kualitas Buruk

Walaupun Anda sudah menerapkan cara mencari siaran TV digital tetapi apabila ternyata kualitas antenanya buruk ternyata juga sama saja. Sebab kondisi tersebut dapat menyebabkan tayangan nantinya tiba-tiba hilang begitu saja.

Adapun kualitas yang dimaksud disini adalah berkaitan dengan kemampuan dari antenna dalam menangkap sinyal digital secara maksimal. Oleh sebab itulah, Anda memang perlu memperbaiki antenna sekaligus pemasangan kabel harus tepat juga.

Kabel Antena Sudah Rusak dan Mengalami Masalah

Penyebab lainnya kenapa sinyal pada tv digital tersebut hilang ternyata juga dapat berkaitan dengan kabel antenanya sendiri. Dimana bisa jadi kabelnya telah rapuh sekaligus usang sehingga kesulitan dalam menangkap siaran.

Biasanya hal tersebut karena walaupun TV telah digital, tetapi masih membutuhkan kabel antenna tambahan untuk tujuan menangkap sinyal digital tersebut dengan baik.

Kesalahan Arah Antena

Memasang antenna juga bisa menjadi salah satu cara mencari sinyal tv digital set top box dengan baik. Tetapi Anda juga harus memperhatikan arah dari antenna tersebut dengan benar karena juga dapat menyebabkan sinyal hilang atau tidak ada.

Karena itulah bisa jadi penyebab dari tv tidak bisa menayangkan siaran digital adalah karena arah antenanya kurang tepat. Kami sarankan juga agar menaruh arah antenna tersebut pada lokasi tinggi.

Adanya Gangguan Sinyal Di Wilayah Tertentu

Ternyata tempat tinggal Anda juga akan mempengaruhi tertangkap atau tidaknya sinyal pada televisi digital. Sebab dataran tinggi serta perkotaan biasanya lebih kesulitan dalam memperoleh sinyal.

Biasanya hal tersebut disebabkan karena jaringan yang terlalu rendah ataupun kurang bagus. Maka dari itu, Ada baiknya juga memperhatikan tempat tinggal Anda tersebut dengan baik.

Baca Juga:  Kode Remot TV Votre dan Cara Settingnya

Kelebihan Siaran TV Digital Yang Perlu Diketahui

Cara mencari sinyal set top box matrix apple dan merk lainnya memang sangat mudah dilakukan bukan? kehadiran dari siaran inilah ternyata juga menawarkan sejumlah kelebihan bagi para penggunanya diantaranya adalah.

Kualitas Gambarnya Jauh Lebih Bagus

Keuntungan pertama yang bisa didapatkan oleh pengguna adalah tersedianya kualitas gambar jauh lebih bagus dibandingkan dengan analog. Bahkan resolusinya tinggi, suara jernih sekaligus dibekali oleh sejumlah teknologi canggih.

Menawarkan Banyak Channel

Apabila Anda takut apabila channel kesayangan hilang setelah beralih ke layanan ini, maka jangan khawatir karena ternyata siaran ini akan menawarkan banyak channel nantinya. Caranya cukup mudah tinggal cari siaran tv digital maka ada banyak pilihan nantinya.

Tahan Terhadap Cuaca Buruk

Perlu diingat juga bahwa kelebihan dari layanan ini adalah dapat tahan terhadap cuaca buruk sekaligus. Jangan khawatir saat hujan turun, maka kualitasnya tidak akan menurun dan tidak dipenuhi oleh semut.

Keberadaan dari siaran inilah ternyata menawarkan sejumlah kelebihan tersendiri bagi para penggunanya. Tetapi pastikan Anda mengetahui bagaimana cara mencari sinyal TV digital agar bisa menikmatinya dengan puas.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment