5+ Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Konek Wifi

Jaringan Wi-Fi menjadi salah satu solusi bagi Anda yang menginginkan koneksi internet lebih stabil. Namun hal yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana jika tiba-tiba HP tidak bisa konek Wifi tersebut?

Tentunya, apabila hal tersebut terjadi, maka aktivitas menggunakan HP Anda dapat menjadi terganggu. Untuk itu, agar dapat terhindar dari masalah seperti itu, Anda perlu mencari tahu solusi masalahnya.

HP tidak dapat terhubung ke Wifi umumnya bisa disebabkan oleh berbagai macam masalah. Nah, dari penyebab tersebut nantinya Anda dapat menentukan langkah apa yang dilakukan untuk kembali terhubung ke Wifi.

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Konek Wifi

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Konek Wifi

Dalam mengatasi masalah HP tiba-tiba tidak dapat dihubungkan ke Wifi, dapat dilakukan berdasarkan penyebabnya. Berikut ini adalah berbagai macam penyebab beserta dengan solusi dari permasalahan wifi tidak bisa tersambung ke jaringan ponsel.

1. Cek Fitur Koneksi Wifi di HP

Pada saat kondisi jaringan Wifi tidak dapat disambungkan ke HP, bisa saja fitur koneksi ke jaringan WiFi-nya belum Anda hidupkan. Hal ini cukup sering dialami terutama bagi orang-orang yang sudah terbiasa menggunakan internet Wi-Fi.

Apabila memang masalahnya karena fitur Wi-Fi belum dinyalakan, maka selanjutnya tinggal diaktifkan saja. Masalah sepele ini mungkin saja terjadi karena adanya ketidak sengajaan atau lupa dari si pemilik smartphone.

Selain itu, cek juga bagian fitur airplane pada bagian notifikasi. Pastikanlah bahwa fitur tersebut sudah dalam keadaan tidak aktif karena saat diaktifkan HP tidak dapat menerima sinyal jaringan kartu ataupun internet.

2. Cek Kata Sandi Wi-Fi

Selanjutnya, HP tidak bisa terhubung ke wifi dapat juga disebabkan karena adanya kesalahan dalam memasukkan kata sandi. Hal seperti ini merupakan hal yang wajar terjadi apabila kata sandi yang digunakan cukup rumit.

Baca Juga:  Cara Menyambungkan Set Top Box ke Wifi dengan dan Tanpa Menggunakan Dongle Wifi

Tidak ketinggalan juga, Anda dapat mengecek jaringan Wifi yang dihubungkan. Kesalahan memilih jaringan Wifi tersebut juga dapat membuat Anda tidak dapat menghubungkan Hand phone dengan jaringan internet.

Sebagai saran, saat menggunakan Wi-Fi milik orang lain atau hot spot, sebaiknya tanyakan kata sandinya terlebih dahulu. Pasalnya, meskipun sudah pernah memakainya, terdapat kemungkinan si pemilik melakukan update atau perubahan pada kata sandi jaringannya.

3. Restart Perangkat HP

Sistem pada HP yang mengalami crash umumnya dapat menyebabkan berbagai macam gangguan. Nah, gangguan tersebut termasuk juga pada saat Anda ingin menggunakan HP untuk menangkap sinyal Wifi.

Dikarenakan sistem crash, kemampuan HP untuk menjalankan fitur Wifi menjadi tidak optimal. Alhasil, perangkat akan menjadi sulit atau bahkan tidak dapat disambungkan dengan jaringan internet wifi yang diinginkan.

Untuk mengatasi permasalahan sistem crash seperti ini, solusinya sebenarnya cukup sederhana saja. Anda hanya perlu melakukan restart perangkat untuk memulihkan atau refresh sistem di dalam smartphone.

4. Manfaatkan Airplane Mode

Selain melakukan restart HP, terdapat cara lain yang lebih mudah untuk dapat memulihkan sistem yang crash. Caranya adalah dengan menggunakan fitur bawaan bernama air plane mode di perangkat Android Anda.

Untuk melakukannya, Anda hanya perlu mengaktifkan mode pesawat atau air plane mode tersebut selama 30 detikan saja. Setelah itu, matikanlah kembali fitur tersebut untuk memulihkan jaringan sinyal dan internet.

Setelah melakukan refresh menggunakan air plane mode tersebut, Anda bisa coba untuk sambungkan kembali HP ke Wi-Fi. Cara ini dapat efektif pada saat memang Wi-Fi terhalang oleh sinyal HP yang mengalami crash.

5. Reboot Router Wi-Fi

Hal lain yang menjadi penyebab HP tidak bisa konek Wifi adalah karena adanya masalah di router. Solusi dari masalah seperti ini adalah dengan melakukan reboot pada perangkat router internet Wi-Fi Anda.

Baca Juga:  Ukuran TV Polytron, Jenis, Harga dan Tips Membelinya

Caranya cukup mudah yakni dengan melepaskan router dari stop kontak listrik dan menunggu selama 30 detik. Setelah itu, Anda dapat mencoba kembali menyambungkan router tersebut dengan aliran listrik.

Router dapat kembali melakukan tugasnya paling tidak selama 1 sampai 2 menit setelah dihidupkan kembali. Jika sudah, maka router akan menyala dan bisa disambungkan kembali ke perangkat smartphone Anda.

6. Gunakan Fitur “Forget Network”

Saat suatu koneksi internet sudah pernah terhubung di HP, maka otomatis akan tersimpan di pengaturannya. Nah, apabila terjadi masalah seperti HP tidak bisa konek Wifi, maka salah satu solusinya adalah dengan menghapus history Wi-Fi tersebut.

Jadi, Anda dapat mencoba untuk menghapus atau forget network jaringan Wifi yang kesulitan untuk menghubungkan. Setelah itu, jaringan Wifi tersebut dapat Anda coba untuk dihubungkan kembali.

Setting dari Forget Network tersebut dapat ditemui pada pengaturan Wi-Fi. Langkah penghapusannya juga sangat mudah, yaitu tinggal pilih saja jaringannya dan pilih “Forget” untuk menghapus dari daftar.

7. Reset Pabrikan

Apabila berbagai langkah sebelumnya masih belum membuahkan hasil, maka Anda bisa mencoba cara yang lebih keras. Cara tersebut adalah dengan melakukan factory reset atau reset pabrikan.

Langkah reset pabrikan ini dapat membuat kondisi HP Anda kembali seperti ke setelan pabrik. Artinya, semua pengaturan, data, file, gambar, dan berbagai hal di HP akan dihapus untuk dikembalikan ke setelan pabrikan.

Pada saat kondisi sudah ke setelan pabrik, tentu permasalahan wifi tidak bisa terhubung ke HP juga dapat teratasi masalahnya. Dengan catatan, masalah tersebut memang disebabkan kesalahan pada perangkat HP.

Untuk reset factory ini tentu caranya sudah banyak diketahui oleh para pengguna smartphone. Anda hanya perlu masuk ke menu pengaturan dan cari saja pilihan untuk melakukan reset factory.

Baca Juga:  Urutan Kabel Straight Berdasarkan Warnanya dan Fungsinya

Perlu diperhatikan, pada saat proses ini dilakukan semua data akan dihapus. Jadi, pastikan Anda melakukan back up data-data penting terlebih dahulu sebelum melakukan factory reset ini.

8. Hapus Perangkat yang Terhubung ke Router

Alat router umumnya mempunyai batas dalam menyimpan perangkat yang terhubung ke jaringan internet. Oleh karena itu, pada saat jumlah penggunanya sudah mencapai batasnya, maka tidak akan bisa lagi menambahkan perangkat.

Nah, hal itu bisa jadi merupakan alasan mengapa HP Anda tidak dapat terhubung ke Wi-Fi. Cobalah untuk mengecek jumlah dari perangkat terhubung ke router dan jika memang sudah penuh bisa dihapus beberapa perangkat yang tidak dipakai lagi.

9. Cek Pada Jaringan Wi-Fi Lainnya

Untuk mengetahui sumber masalah HP Tidak bisa konek Wifi, Anda bisa mencoba menghubungkan ke jaringan yang berbeda. Hal ini bisa dilakukan untuk melihat apakah masalahnya ada pada Wi-Fi atau perangkat HP.

Cara melakukan hal ini adalah dengan mencoba sambungkan perangkat ke kedua sinyal Wifi tersebut bergantian. Apabila hanya bisa disambungkan ke salah satu saja, artinya terdapat sinyal Wifi yang bermasalah.

Apabila di rumah tidak mempunyai banyak koneksi Wifi, solusinya bisa mencoba ke tempat yang mempunyai fasilitas Wifi. Nah, ditempat tersebut, Anda bisa mencoba untuk melakukan cara ini.

Itulah tadi berbagai cara mengatasi HP tidak bisa konek Wifi dengan mudah. Carilah penyebabnya dulu dan kemudian Anda bisa melakukan cara penyelesaian masalahnya seperti yang telah dijelaskan pada pembahasan di atas.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment