Fungsi Elco dan Pengertian Secara Lengkap dan Detail

Sebenarnya apa fungsi elco? Bagi yang masih awam peralatan elektronik, mungkin akan bertanya-tanya, sebenarnya apa itu elco dan elco fungsi atau fungsi elco. Apakah anda juga sedang mencari informasi seputar elco fungsinya untuk apa atau kegunaan elco?

Pada penjelasan kali ini memang akan memberikan informasi seputar elco, seperti fungsi elco di berbagai alat elektronik, jadi silakan langsung saja simak ulasan berikut ini.

Pengertian Elco

Fungsi Elco dan Pengertian Secara Lengkap dan Detail

Electrolytic Condenser atau yang mungkin lebih dikenal dengan sebutan elco memiliki bentuk dengan dua kaki Terminal dengan dibalut oleh isolator. Pada dua kaki di alat tersebut memiliki fungsi sebagai kutub elco, satu kaki adalah terminal positif dan kaki lainnya adalah terminal negatif.

Perlu diketahui juga jika elco memiliki kapasitas, jenis, dan ukuran yang bermacam. Biasanya di tubuh elco sudah tertulis juga tentang nilai tegangan maksimal yang dapat diterima oleh elco. Karena memiliki nilai tegangan yang dapat diterima, maka jika melebihi batas, alat ini dapat mengalami kerusakan.

Jenis elco berdasarkan klasifikasinya antara lain ada Kondensator Keramik, Kondensator Polyester, Kondensator Mika, lalu adw Kondensator Elektrolit, Kondensator Paper, Kondensator Tantalum, VARCO (Variabel Condensator), dan Trimmer.

Untuk itu perlu sekali mengetahui tentang nilai tegangan yang dapat diterima oleh elco pada elco yang anda gunakan, agar aman dan tidak terjadi kerusakan. Lalu sebenarnya apa fungsi elco?

Fungsi Elco

Fungsi Elco pada rangkaian elektronika akan menjadi rangkaian elektronika pasif dengan fungsi menyimpan muatan listrik dalam waktu tertentu. Tapi tentunya fungsinya bukan hanya itu saja, berikut ini adalah fungsi dari elco yang penting juga untuk diketahui.

1. Digunakan Sebagai Filter

Selain digunakan untuk menyimpan tenaga listrik sementara waktu, elco pun digunakan untuk penyaring sekaligus sebagai penghambat. Ini digunakan untuk menyaring dan menghambat berbagai faktor yang datang dari luar agar tidak memperngaruhi rangkaian elektronikanya.

Baca Juga:  TV Analog: Pengertian, Bagian-bagian, dan Sistem

Fungsi elco sebagai filter dapat ditemukan pada rangkaian power supply, lalu elco TV atau di TV, amplifier, dan sebagainya.

2. Untuk Pembangkit Frekuensi

Selanjutnya memiliki fungsi sebagai pembangkit frekuensi. Anda dapat menemukan elco untuk pembangkit frekuensi pada rangkaian antena atau osilator.

3. Untuk Kopling

Elco pun dapat dihubungi sebagai kopling. Kopling ini sering disebut juga dengan penghubung. Anda dapat menemukan elco sebagai penghubung dalam rangkaian amplifier, elco nantinya akan difungsikan sebagai media penghubung.

4. Digunakan Untuk Konduktor dan Isolator

Selanjutnya digunakan sebagai konduktor yang berguna untuk melewatkan arus AC. Lalu jika digunakan untuk isolator, elco memiliki fungsi sebagai penghambat arus DC.

5. Menghemat Listrik

Fungsi selanjutnya dapat digunakan untuk menghemat listrik. Elco sebagai kondensator bisa digunakan menyimpan arus serta tegangan listrik.

Itulah fungsi dari elco yang perlu untuk anda ketahui. Nah, seperti yang diketahui jika elco ini dapat anda temukan di berbagai perlengkapan elektronik seperti di lampu LED, power supply dan sebagainya.

Untuk mengetahui fungsi elco pada lampu LED, dan termasuk fungsi elco pada power supply, maka bisa langsung saja untuk simak ulasan berikut ini.

1. Fungsi Elco Pada Lampu LED

Elco dapat anda temukan di rangkaian lampu LED. Sebenarnya apa fungsi elco untuk lampu LED? Fungsi Elco pun bergantung juga dengan tujuan penempatannya, salah satunya elco bisa ditempatkan pada lampu LED.

Nah, untuk fungsi elco pada lampu led adalah digunakan untuk menghaluskan arus DC yang digunakan untuk memberikan tegangan pada lampu LED. Dengan elco ini, akan membuat tegangan supply DC menjadi lebih stabil.

Ukuran elco LED pun beragam, salah satunya adalah 47uf/50V, menggunakan elco dengan ukuran tersebut akan aman, tapi jika 1 led putus maka elco akan meledak, hal ini karena tegangan dapat naik sampai 270V DC. Untuk daya lebih besar diatas 9W, maka umumnya bisa menggunakan ukuran elco 47uf/100V

Baca Juga:  7 Alasan Kenapa Lampu Kulkas Mati dan Tips Memperbaikinya

2. Fungsi Elco Pada Power Supply

Selain di LED, elco juga dimanfaatkan pada power supply. Nah, pada power supply atau adaptor, menjadi salah satu komponen yang wajib. Pada power supply ini, elco berfungsi untuk meredam munculnya riak yang ada pada gelombang AC di arus listrik DC yang dihasilkan fari sistem penyearah pada arus DC.

Kenapa riak harus dihilangkan? Hal ini karena riak yang muncul pada gelombang AC pada arus DC bisa menyebabkan gangguan sinyal. Gangguan ini akan terjadi pada rangkaian penguat audio yang menghasilkan suara dengungan.

3. Fungsi Elco Pada Aki Motor

Selanjutnya adalah pada aki motor, untuk fungsi elco pada aki motor digunakan sebagai kapasitor penampung energi listrik dan membuat di sirkuit Kelistrikan motor. Dengan elco, aki motor menjadi tidak mudah rusak, hal ini dikarenakan kebutuhan energi listrik yang mendadak pada saat motor dinyalakan atau distarter.

Lalu berapa ukuran elco pada aki motor? Nah, biasanya aki pada motor memiliki daya 12,4v bergantung dengan jenis motornya. Jika daya aki kurang dari 12,4 V, maka akan kesulitan dalam menghidupkan elektrik starter di motor.

4. Fungsi Elco Pada Amplifier

Amplifier merupakan rangkaian dengan fungsi untuk menguatkan sinyal pada listrik, sehingga sinyal bisa menjadi beberapa kali lipat dari sinyal aslinya.

Di rangkaian amplifier, Elco memiliki fungsi sebagai berikut ini.

Digunakan untuk couple antar blok penguat. Elco dalam amplifier dapat digunakan untuk penghubung antara 2 blok penguat sinyal.

Selanjutnya digunakan by pass yang dipasang pada jalur power supply, ini memiliki fungsi untuk meredam riak gelombang AC yang tidak diinginkan.

5. Fungsi Elco Pada Speaker

Elco non polar menjadi jenis elco yang dapat digunakan pada speaker. Untuk jenis elco ini memiliki fungsi pada speaker sebagai penyaring frekuensi audio yang diinginkan.

Baca Juga:  Pengaturan Suhu Kulkas yang Tepat dan Benar

Untuk karakteristik dapat elco atau kapasitor ini adalah mampu melewatkan sinyal AC yang dipengaruhi oleh nilai kapasitas elco.

Itulah beberapa fungsi elco secara lebih spesifik untuk berada peralatan elektronik. Jadi apakah anda sudah paham dengan fungsi dari elco?

Satuan Elco

Seperti sudah dijelaskan jika elco dapat digunakan untuk menyimpan tenaga listrik. Kapasitas tenaga ya disimpan dapat dihitung dengan satuan.

Farad menjadi satuan elco secara global. Untuk konversi satuan farad dalam elco adalah sebagai berikut.

  • 1 farad = 1000.000 mikro farad (1µF)
  • 1µF = 1000 nF (nano farad)
  • 1µF = 1000.000 pF (piko farad)
  • 1nF = 1000 pF (piko farad)

Untuk simbol dari elco, dapat lihat saja gambar berikut ini.

simbol elco

Nah itu adalah penjelasan dari suatu dan gambar untuk simbol Elco yang perlu juga untuk diketahui.

Penutup

Sekian dulu ulasan kali ini mengenai fungsi elco dan penjelasan lainnya seputar elco. Diharapkan agar penjelasan kali ini dapat memberikan manfaat kepada setiap pembaca, terima kasih dan sampai bertemu kembali!

Bagikan Postingan:

Leave a Comment