Kapan Perlu Servis AC Mobil? Ini Jawabannya!

MADENGINER.COM – Tahukah kalian, kapan perlu servis AC mobil? Simak artikel ini sampai habis karena kami akan bahas tuntas serta perawatan seputar AC mobil!

AC mobil merupakan salah satu komponen yang perlu diperhatikan perawatannya. Sebab, AC mobil selalu digunakan saat berkendara.

Komponen ini memiliki usia pakai, di mana saat mencapai batas waktu tertentu AC mobil perlu diberi perawatan rutin agar tetap bekerja dengan baik.

Sebagai tambahan, perawatan AC pada mobil yang berusia 5 tahun ke atas juga perlu lebih diperhatikan. Maka, kapan waktu servis AC mobil yang tepat?

Kapan Perlu Service AC Mobil?

Kapan Perlu Servis AC Mobil
Ilustrasi Servis AC Mobil

AC mobil perlu diberi servis rutin setiap mobil telah menempuh jarak sekitar 10.000 kilometer. Jadi, perlu dicatat setiap kelipatan 10.000 kilometer setelah servis sebelumnya AC mobil perlu diservis kembali.

Servis AC mobil terdiri dua jenis, yaitu servis kecil dan servis besar. Servis kecil meliputi pembersihan dari debu dan kotoran yang sewaktu-waktu dapat kalian lakukan sendiri.

Sedangkan servis besar meliputi pengecekan komponen-komponen penting dalam sistem AC pada mobil. Sebaiknya, servis besar ini dilakukan setelah mobil menempuh jarak dalam kelipatan 20.000 kilometer.

Perbedaannya keduanya terletak pada servis besar yang lebih mendetail dan perlu dilakukan oleh teknisi ahli.

Selain dua bentuk servis tersebut, komponen-komponen pada sistem AC mobil juga ada yang perlu diganti, yaitu filter kabin dan evaporator. Kedua komponen ini sebaiknya diganti ketika pemakaian mobil telah mencapai 8-12 bulan lamanya.

Dengan melakukan servis rutin, tidak hanya menjaga AC mobil tetap dingin. Namun juga merawat komponen agar tidak terjadi kerusakan yang menimbulkan pembengkakan pada biaya servis.

Mengapa AC Mobil Perlu Diservis Rutin?

Alasan yang pertama adalah tentu untuk menjaga AC agar tetap dingin dan pengalaman berkendara tetap nyaman.

Kemudian yang kedua adalah menghindari kerusakan pada komponen yang akan menimbulkan biaya perbaikan yang lebih besar.

Maka dari itu, AC mobil juga perlu dibersihkan agar terhindar dari debu dan kotoran yang menempel.

Berapa Biaya Servis AC Mobil? 

Dikutip dari laman Otospector.co.id, inilah beberapa biaya untuk servis AC mobil.

  • Biaya Cuci atau Pembersihan Ringan AC Mobil

Untuk mobil pabrikan Jepang, biaya cuci AC mobil kurang lebih berada di angka Rp 300.000. Sedangkan untuk pabrikan Eropa berada di angka Rp 1.200.000 – Rp 1.400.000. Hal ini tentu juga dipengaruhi oleh sistem dan komponen yang berbeda antara mobil Eropa dan Jepang.

  • Biaya Servis Besar AC Mobil

Servis besar meliputi pengecekan keseluruhan komponen AC mobil beserta penggantiannya. Tergantung komponen yang diganti, biaya yang perlu dikeluarkan untuk servis besar adalah sekitar Rp 250.000 – Rp 850.000

Kemudian untuk servis kondensor biaya yang dibutuhkan adalah sekitar Rp 100.000 hingga Rp 200.000. Jika perlu dikuras, maka biaya yang dibutuhkan sekitar Rp 175.000. Terakhir adalah harga komponen kondensor yang berada di kisaran Rp 500.000

  • Harga Komponen AC Mobil

Ada beberapa komponen yang biasanya perlu diganti ketika melakukan servis AC mobil. Karena komponen ini rawan untuk termakan usia pakai. Diantaranya adalah magnetic clutch di harga Rp 350.000 – Rp. 500.000.

Kemudian ada receiver dryer dan expansion valve yang berada di kisaran Rp 450.000 – Rp 500.000. Terakhir ada evaporator yang harganya berada di kisaran Rp 800.000 – Rp 1.300.000.

Oh ya, sedikit tips bagi kalian yang ingin membeli mobil bekas. Sebaiknya, lakukan servis besar secara menyeluruh termasuk pengecekan dan penggantian komponen pada AC mobil. Khususnya untuk kalian yang membeli mobil berusia 5 tahun ke atas.

Baca Juga:  Cara Memperbaiki Kulkas Mati Total dan Penyebabnya

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar kapan perlu servis AC mobil, semoga dapat bermanfaat dan sampai jumpa di artikel lainnya.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment