7 Cara Menggunakan Mesin Cuci Sharp 1 dan 2 Tabung, Mudah!

Cara menggunakan mesin cuci sharp sebenarnya tidak rumit dan malah cenderung simpel. Cara penggunaannya pun juga tidak terlalu beda dengan mesin cuci merk lain. Hanya saja mungkin ada sedikit penyesuaian dengan fitur yang berbeda.

Seperti yang kita tahu, mesin cuci secara garis besar dibagi 2 yaitu mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung, tak terkecuali sharp. Untuk mesin cuci sharp 1 tabung yang biasa dipakai adalah yang seri ES-F800T-BL. Lalu yang untuk 2 tabung yang biasa dipakai adalah yang Sharp super aquamagic.

Nah pada kesempatan kali ini, kami akan membahas cara menggunakan mesin cuci sharp baik yang 2 maupun 1 tabung. Namun sebelum itu, kita harus mengetahui dulu cara menggunakan mesin cuci secara umum.

Panduan Menggunakan Mesin Cuci Sharp

Mesin Cuci Sharp
Mesin Cuci Sharp

Pada dasarnya, cara menggunakan mesin cuci untuk hampir semua jenis itu sama. Karena semua mesin cuci akan mencuci secara otomatis pakaian anda yang sudah dicampur deterjen dan pewangi begitu anda menekan tombol start.

Biasanya yang membedakan mesin cuci itu adalah fitur dan kecanggihan setiap jenis merknya. Lalu yang membedakan mesin cuci 2 tabung dengan 1 tabung terletak pada proses pengeringannya, yang akan kita bahas juga langkah-langkahnya nanti.

Nah, sekarang kita akan membahas terlebih dahulu langkah-langkah cara menggunakan mesin cuci secara umum:

  • Isi dan campur air. Anda harus mengisi mesin cuci terlebih dahulu dengan air lalu mencampurkannya dengan deterjen. Pada beberapa merk mesin cuci, air yang diisi akan diukur secara otomatis.
  • Nyalakan mesin cuci. Setelah mesin cuci dinyalakan, mesin akan berputar membolak-balikkan pakaian agar nodanya terlepas. Setelah itu, air yang tercampur deterjen pada mesin cuci akan keluar melalui selang. Lalu, mesin cuci akan mengisi kembali tabungnya dengan air bersih untuk membilas pakaian.
  • Proses Pengeringan. Pada tahap akhir ini, mesin cuci akan berputar dengan cepat untuk memeras pakaian yang basah. Lalu, pakaian yang basah tadi akan dikeringkan pada tabung dengan suhu tertentu.
Baca Juga:  Inilah Pengertian dan Rumus Ohm Beserta Contoh Soalnya

Cara Menggunakan Mesin Cuci Sharp 2 Tabung

Mesin cuci Sharp 2 tabung kini yang paling banyak digunakan ialah jenis super aquamagic dan puremagic. Perbedaan antara keduanya hanya pada harga, konsumsi daya, dan sedikit kecanggihan teknologinya. Namun untuk cara penggunaannya hampir tidak ada bedanya.

Nah, berikut ini adalah cara menggunakan mesin sharp 2 tabung baik yang aquamagic atau puremagic dengan benar:

1. Isi Tabung Cuci Dengan Air dan Deterjen

Isi Tabung Cuci Dengan Air dan Deterjen
Isi Tabung Cuci Dengan Air dan Deterjen

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah mengisi tabung cuci dengan air dengan takaran pada huruf  “M” seperti tertera pada gambar. Setelah itu, kalian bisa masukkan deterjen sesuai takarannya. Untuk satu tabung penuh, kira-kira takaran deterjennya sekitar 2 genggaman.

Jika sudah, maka langkah selanjutnya adalah putar tombol wash sedikit saja. Hal itu dilakukan agar air dan deterjen bisa bercampur merata terlebih dahulu, sehingga noda pakaian yang terlepas akan lebih banyak.

2. Masukkan Pakaian

Masukkan Pakaian
Masukkan Pakaian

Jika air dan deterjen sudah tercampur merata, maka anda bisa langsung memasukkan pakaian. Setelah pakaian dimasukkan, putar konfigurasi “wash timer” ke angka 24 dan mesin cuci akan mulai berputar.

Setelah beberapa saat, putaran mesin akan melambat sampai akhirnya mesin berhenti berputar. Jika mesin sudah berhenti berputar kalian bisa memutar bagian “cycle selector” ke posisi drain. Setelah itu, anda bisa lanjut untuk mengeringkan pakaian.

3. Keringkan Pakaian

Keringkan Pakaian
Keringkan Pakaian

Nah di sinilah letak perbedaan antara mesin cuci 2 tabung dengan 1 tabung. Pada mesin cuci 2 tabung, anda harus memindahkan pakaiannya terlebih dahulu dari tabung cuci ke tabung pengeringan disampingnya yang lebih kecil.

Setelah pakaian dimasukkan ke dalam tabung pengering, putar bagian “spin dry timer” ke angka 2 dan mesin akan mulai mengeringkan pakaian. Saat pengeringan sudah selesai, putar kembali “cycle selector” ke bagian heavy/soft.

Baca Juga:  Jenis dan Rumus Sumber Energi, Pembahasannya Lengkap

4. Bilas Pakaian dan Keringkan Kembali

Bilas Pakaian dan Keringkan Kembali
Bilas Pakaian dan Keringkan Kembali

Jika pakaian sudah dikeringkan, isi kembali tabung cuci dengan air lalu masukkan pakaian untuk dibilas dengan mesin cuci dengan memutar wash timer sedikit saja. Kalian juga bisa menambahkan pewangi pada tahap ini.

Setelah pakaian selesai dibilas, keringkan lagi pakaiannya dengan mengikuti cara di nomor 3. Jika sudah, pakaian sudah bisa diangkat untuk dijemur.

Cara Menggunakan Mesin Cuci Sharp 1 Tabung

Banyak seri mesin cuci sharp 1 tabung yang bagus seperti ES-FL862, ES-M905, ES-F1408X-SL, ES-F950GY, dan masih banyak lagi. Namun, hampir semuanya memiliki cara penggunaan yang sama. Nah, berikut ini adalah cara menggunakan mesin cuci Sharp 1 tabung dengan benar:

1. Masukkan Pakaian dan Deterjen

Masukkan Pakaian dan Deterjen
Masukkan Pakaian dan Deterjen

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memasukkan pakaian lalu mencampurkannya langsung dengan deterjen secukupnya. Anda juga bisa menambahkan softener pada lubang softener yang ada pada tabung.

Oh iya, pastikan semua barang yang ada di pakaian anda sudah dikeluarkan. Selain itu, pisahkan pakaian yang mudah luntur dan masukkan pakaian secukupnya. Jangan pula masukkan pakaian yang anti air seperti jas hujan karena dapat merusak mesin cuci.

2. Nyalakan dan Konfigurasikan Mesin Cuci

Nyalakan dan Konfigurasikan Mesin Cuci
Nyalakan dan Konfigurasikan Mesin Cuci

Setelah anda menyalakan mesin cucinya, anda bisa mengofigurasikan mesin cuci. Ada 4 konfigurasi pada mesin cuci Sharp 1 tabung: level air, waktu, proses, dan mode. Untuk lebih lengkapnya kira-kira seperti berikut:

  • Level air: Bagian ini akan mengatur banyaknya air yang akan diisi ke mesin cuci dengan selang dari level 1-8. Anda bisa mengaturnya pada level sedang seperti 3 atau 4.
  • Waktu: Bagian ini mengatur lamanya pencucian pakaian. Biasanya, waktu yang paling ideal adalah 27 menit.
  • Proses: Proses ini mengatur apakah pakaian ingin dicuci, dibilas, atau dikeringkan. Kalian bisa langsung mengaktifkan ketiga-tiganya secara bersamaan. Namun, kalian juga tetap bisa untuk menggunakan salah satunya saja.
  • Mode: Mode ini terbagi jadi 4 yaitu: mode mencuci normal,, sedang, selimut, dan lembut. Untuk mencuci pakaian biasa, anda bisa pilih mode normal.
Baca Juga:  Pengertian Amperemeter serta Fungsi dan Jenisnya, Wajib Diketahui!

3. Mulai Mencuci dan Tunggu Sampai Selesai

Mulai Mencuci dan Tunggu Sampai Selesai
Mulai Mencuci dan Tunggu Sampai Selesai

Setelah anda mengonfigurasi mesin cuci, anda bisa menekan tombol mulai. Air akan mulai terisi sesuai dengan level yang ditentukan, lalu mesin akan mencuci secara otomatis. Pada tahap ini, anda tinggal menunggu saja sampai selesai karena mesin sudah diset akan mencuci, membilas, dan mengeringkan pakaian secara otomatis sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Nah, demikian cara menggunakan mesin cuci sharp dengan benar. Jika dilihat-lihat, mesin cuci sharp 1 tabung memang lebih efisien karena semua proses dan konfigurasinya bisa dilakukan sekali saja. Kami harap artikel ini bisa bermanfaat bagi pembaca.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment