10 Cairan Pembersih Mesin Motor Bagian Dalam Terbaik & Recommended

Bagi yang ingin mengganti oli dengan kandungan yang berbeda, mungkin kamu perlu cairan pembersih mesin motor bagian dalam.

Perlu diketahui, bahwa setiap oli mengandung zat yang menempel pada bagian mesin motor. Kandungan zat tiap merk oli pun berbeda-beda.

Sedangkan oli motor biasanya diganti setiap beberapa bulan sekali. Tentu beberapa kandungan oli mengendap di bagian mesin motor.

Itu sebabnya, kamu perlu cairan pembersih mesin motor bagian dalam sebelum mengganti jenis oli. Fungsinya, untuk membersihkan zat-zat tersebut.

cairan pembersih mesin motor bagian dalam
Cairan pembersih mesin motor bagian dalam

Cairan pembersih sisa-sisa oli disebut juga cairan engine flush. Cara menggunakannya dengan memasukkan cairan tersebut ke dalam tempat oli yang masih tersisa oli di dalamnya. Dipanaskan 10-15 menit.

Hasilnya, kerja oli mesin baru yang berbeda merk akan lebih maksimal. Pada kesempatan kali ini kami akan merekomendasikan beberapa cairan engine flush untuk motor kamu, simak!

Rekomendasi Cairan Pembersih Motor Bagian Dalam (Engine Flush)

Berikut adalah rekomendasi engine flush yang dapat kamu coba ketika ingin membersihkan bagian dalam mesin motor.

1. Autofit Engine Flush

Cairan pembersih ini merupakan keluaran dari Autofit, yang berdasarkan spesifikasinya produk ini dapat menghilangkan endapan karbon dari sisa pembakaran.

Autofit Engine Flush dapat digunakan untuk motor atau mobil. Kemasan 50ml dari cairan pembersih ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp.15.000 – Rp.17.000 di e-commerce.

2. EVO Motor Engine Flush

Evo Motor merupakan produk untuk membersihkan endapan kerak pada permukaan mesin. Meskipun sifatnya membersihkan, tapi Evo Motor akan melindungi lapisan film yang dihasilkan oli.

Agar komponen mesin motor kamu tetap awet, gunakan 1 tutup botol saat ingin mengganti oli. Harga dari Evo Motor Engine Flush ini dibanderol sekitar Rp. 20.000 – Rp. 27.000 untuk kemasan 80ml.

Baca Juga:  5 Perbedaan Aki Kering dan Basah pada Kendaraan Bermotor

3. Liqui Moly Engine Flush

Liqui Moly merupakan engine flush yang didesain untuk mobil. Namun, bisa digunakan juga untuk motor. Semua jenis residu dan endapan lemur akan dibersihkan oleh cairan pembersih ini.

Karena ini untuk mobil, maka jumlah yang dipakai lebih banyak. Pada penggunaan untuk mesin motor, pakailah sedikit-sedikit. Untuk kemasan 300ml, harga yang dipatok berkisar Rp. 130.000.

4. STP Engine Flush

STP Engine Flush
STP Engine Flush

Produk Amerika Serikat yang satu ini dapat berfungsi sebagai penguras bagian dalam mesin. Seperti membersihkan kerak, lumpur, mengurangi aus, dan mengoptimalkan daya lindung dan pelumas dari oli baru.

STP cocok untuk mesin bensin dan diesel. Jadi, bisa digunakan baik untuk mobil dan motor. Isi 450ml dari produk ini dibanderol dengan harga Rp. 49.000.

5. SL99 Engine Flush Motor

SL99 merupakan penguras mesin khusus motor. Cairan ini dapat melarutkan lumpur dan kerak dalam mesin dengan cepat. Namun, tidak membuat aus mesin dalam motor sehingga usia pakai lebih panjang.

Pada penggunaannya, SL99 dapat membuat kompresi motor lebih optimal sehingga tarikan lebih enteng. Harga dari kemasan 60ml dari produk ini dibanderol sekitar Rp.18.500.

6. Prestone Engine Motor Flush

Prestone Engine Motor Flush
Prestone Engine Motor Flush

Cairan Prestone berfungsi melarutkan, membersihkan dan mengangkat endapan kotoran dari komponen mesin bagian dalam. Prestone dapat digunakan untuk mesin dengan bahan bakar bensin atau diesel.

Dengan satu kaleng yang berisi 443ml cairan, Prestone dapat dibeli di e-commerce dengan harga sekitar Rp.33.000.

7. BG EPR Engine Flush

BG EPR Engine Flush
BG EPR Engine Flush

BG EPR Engine Flush diklaim dapat merestorasi kompresi mesin hanya dalam waktu 15 menit. Caranya dengan melarutkan kerak yang terdapat pada piston dan hal tersebut akan memulihkan kompresi mesin sehingga tarikan lebih enteng.

Baca Juga:  3 Cara Memperbaiki Injektor Motor yang Rusak, Tergantung Kerusakan!

Kemasan 325ml dari produk BG EPR Engine Flush dibanderol dengan harga Rp.80.000. Engine flush ini juga dapat digunakan untuk mobil dan motor.

8. Ozchem Germany Tech

Produk asal Jerman ini dapat digunakan untuk membersihkan mesin mobil atau motor. Cara penggunaannya cukup tuangkan satu tutup botol pada ruang oli. Kemudian panaskan selama 10-15 menit.

Hasilnya, bagian dalam mesin motor kamu akan lebih bersih tanpa lumpur dan kerak oli yang menempel. Kamu dapat beli Ozchem Engine Flush kemasan 150ml dengan harga Rp.18.000 di online shop.

9. CRC Fast Motor Flush 5-Minute Engine Cleaner

CRC Fast Motor Flush akan membantu kamu dalam membersihkan mesin sebelum melakukan penggantian oli. Hanya dalam 5 menit lumpur dan karat dalam mesin akan bersih seperti baru.

Cairan pembersih ini cocok untuk motor, mobil, truk, atau kendaraan dengan bahan bakar diesel dan bensin. Untuk kemasan 887gr dapat kamu beli dengan harga Rp. 189.000 di official store CRC.

10. AMR Engine Flush Matic

Untuk kamu yang menggunakan motor matic, ada cairan pembersih yang didesain khusus untuk mesin motor tersebut. Pemakaian sehari-hari tentu akan menimbulkan kerak pada mesin. Terutama bagi yang menggunakan bensin dengan oktan rendah.

Cairan ini akan membantu kamu dalam membersihkan kerak, karat, dan lumpur pada mesin. AMR Engine Flush ini dijual dalam kemasan 50ml dengan harga Rp.18.000.

Itulah beberapa rekomendasi cairan pembersih mesin motor bagian dalam yang dapat kamu coba sewaktu-waktu ingin mengganti oli atau servis rutin. Semoga dapat membantu dan sampai jumpa di artikel-artikel lainnya.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment