Cara Menghilangkan Jamur Pada Kaca Mobil yang Ampuh

MADENGINER.COM – Jamur yang menempel pada kaca mobil dapat mengganggu kenyamanan dan pandangan saat dalam perjalanan. Maka, simak beberapa cara menghilangkan jamur pada kaca mobil yang mudah dan ampuh!

Di masa-masa sering hujan seperti saat ini, mobil tentu lebih sering dipakai untuk menghindari hujan. Namun masalahnya, kaca mobil yang terkena air hujan bisa menimbulkan bercak.

Bercak tersebut terlihat seperti kerak atau jamur yang menempel dan sangat susah dihilangkan sekalipun memakai air bersih. 

Kondisi kaca mobil yang berjamur tidak bisa dibiarkan terlalu lama. Selain mengganggu fokus dan pandangan, jamur yang menempel pada kaca mobil akan membuatnya cepat rusak.

Sebelum mengetahui cara menghilangkan jamur pada kaca mobil, sebaiknya simak terlebih dahulu yuk penyebab adanya jamur pada kaca mobil, cekidot!

Penyebab Timbulnya Jamur pada Kaca Mobil

Timbulnya jamur merupakan salah satu masalah yang paling umum ditemukan pada segala jenis kaca, baik kaca mobil maupun kaca pada bangunan. Lantas, apa saja penyebab timbulnya jamur pada kaca mobil? Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Air Hujan Pada Kaca yang Tidak Dibersihkan

Perlu diketahui, bahwa air hujan merupakan penyebab utama dari kaca mobil yang berjamur. Karena, air hujan mengandung berbagai zat yang dapat menyisakan jamur pada kaca mobil hingga korosi pada body mobil.

Tips menghilangkan jamur pada kaca mobil
Jamur pada Kaca Mobil (Dok. GridOto)

Sebaiknya di musim penghujan seperti saat ini, selalu bersihkan sampai kering mobil Anda setelah terkena hujan. Bisa juga dengan langsung mencucinya agar zat dari air hujan benar-benar hilang.

2. Kualitas Air yang Kurang Baik untuk Mencuci

Biasanya kualitas air yang buruk untuk mencuci adalah air yang memiliki kadar garam dan kapur cukup tinggi. Kandungan tersebut dapat menimbulkan bercak jamur atau kerak pada kaca mobil.

Perhatikan kualitas air dan sumber air yang digunakan untuk mencuci mobil. Kami sarankan lebih baik gunakan air PDAM atau air bersih untuk mencuci kendaraan kalian.

Baca Juga:  Tabel Chi Square dalam Statistika: Pengertian, Kegunaan & Contoh

3. Parkir di Tempat Lembab

Hindari parkir di tempat yang lembab dan gelap, karena membuat jamur akan lebih cepat tumbuh sekalipun tidak terpapar air hujan atau air garam.

Jika mobil jarang digunakan, setidaknya selalu rawat dan membersihkan mobil kalian dengan cara mencucinya ketika mobil sudah terlihat berdebu.

4. Tidak Dikeringkan Secara Menyeluruh

Setelah mencuci mobil selalu keringkan mobil Anda dengan sempurna. Bercak jamur bisa timbul karena air bersih yang telah dicuci bercampur dengan zat-zat yang ada di udara.

Jadi, selalu keringkan mobil kalian dengan benar setelah mencuci atau terkena air hujan, ya!

Setelah mengetahui penyebab dari timbulnya jamur pada kaca mobil, alangkah baiknya kalian mengetahui bagaimana cara melihat adakah jamur pada kaca mobil Anda.

Baca Juga: Logam Yang Dapat Mencegah Korosi Pada Bumper Mobil Adalah?

Cara Melihat Jamur pada Kaca Mobil

Cara melihat jamur pada kaca mobil sebenarnya cukup mudah dan bisa terlihat oleh mata telanjang. Salah satunya adalah dengan melihat dengan detail seluruh bagian pada kaca mobil.

Biasanya, jamur pada kaca mobil berbentuk seperti bercak putih yang sudah mengeras. Biasanya bercak putih ini terlihat pada ujung kaca mobil atau di bagian kaca yang sering terkena air.

Cara menghilangkan jamur pada kaca mobil yang ampuh
Ilustrasi Jamur pada Kaca Mobil

Jamur pada kaca timbul karena terdapat air yang terlalu lama berada di kaca tersebut, sehingga zat-zat pembawa jamur dengan mudah berkembang di area kaca.

Untuk membedakan jamur dan kotoran biasa pada kaca mobil, caranya cukup mudah. Coba untuk bersihkan kaca dengan air dan lap microfiber atau kanebo. Jika tidak hilang setelah digosok, artinya itu adalah jamur.

Nah, jamur ini sangat mengganggu terutama bagi pengemudi mobil karena dapat menghalangi pandangan dan mobil yang terlihat tidak bersih. Lantas, bagaimana cara menghilangkan jamur tersebut?

Baca Juga:  7 Modifikasi Honda Tiger 2000 Terbaik dan Tren 2024

Cara Menghilangkan Jamur pada Kaca Mobil dengan Mudah

Berikut adalah beberapa cara menghilangkan jamur pada kaca mobil dengan mudah. Tentunya cara-cara ini dapat Anda lakukan, namun memang butuh usaha lebih untuk menghilangkan jamur yang sudah lama hinggap pada kaca mobil.

Anda bisa menggunakan air soda, pasta gigi, pemutih pakaian, alkohol, cuka, air tembakau, baking soda, hingga cairan khusus untuk menghilangkan jamur.

1. Membersihkan Jamur pada Kaca Mobil dengan Soda

Cara pertama adalah dengan menggunakan air soda dan baking soda. Keduanya adalah zat tidak beracun yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan jamur pada kaca mobil.

Selain berfungsi untuk menghilangkan jamur, kandungan soda juga berfungsi untuk menyerap sisa kelembaban tempat tumbuhnya jamur.

Anda dapat menggunakan kedua bahan ini dengan cara disemprotkan pada bagian-bagian yang terkena jamur, diamkan sebentar kemudian bersihkan dengan lap microfiber atau lap kering sambil digosok-gosok.

2. Menggunakan Pemutih Pakaian

Selain dapat menghilangkan noda pakaian, pemutih yang biasa digunakan untuk mencuci baju juga dapat berfungsi sebagai penghilang jamur di kaca mobil.

Caranya adalah dengan membasahi kain lembut dengan pemutih pakaian tersebut. Kemudian gosok-gosokan pada bagian kaca yang terdapat jamur sampai bersih.

3. Dengan Alkohol

Cairan dengan kandungan alkohol murni di atas 60% juga dapat Anda gunakan sebagai penghilang jamur pada kaca mobil.

Sama seperti pemutih pakaian, gunakan kain lembut atau kapas yang telah dicelupkan ke dalam alkohol murni tersebut.

Kemudian, gosok secara perlahan sampai kaca yang terkena jamur bersih dengan sempurna.

4. Menggunakan Pasta Gigi

Cara keempat adalah dengan pasta gigi atau odol yang sering digunakan untuk membersihkan gigi manusia. Cara ini termasuk cara dengan bahan yang paling murah dan mudah untuk membersihkan jamur pada kaca mobil.

Untuk membersihkan kacanya, pertama lap permukaan kaca sampai benar-benar kering. Lalu, aplikasikan pasta gigi pada permukaan kaca yang berjamur dan diamkan beberapa saat sampai mengering.

Baca Juga:  Fluida Adalah: Pengertian, Sifat, Klasifikasi dan Contohnya

Kemudian, sikat lapisan odol tersebut dan bilas hingga bersih. Pastikan untuk menggunakan lap yang lembut ketika menggosok odol pada kaca mobil, ya.

5. Dengan Cuka Apel

Tahukah bahwa bahan dapur yang satu ini juga dapat menghilangkan jamur pada kaca mobil? Caranya adalah dengan mencampurkan 3 sendok makan cuka apel dengan 1 liter air.

Lalu, basahi kain menggunakan larutan tersebut dan gosok kaca mobil secara merata pada bagian yang terkena jamur. 

Setelah jamur digosok sampai hilang, segera keringkan kaca mobil dengan kertas koran atau lap kering.

6. Memakai Cairan Khusus Pembersih Jamur

Cairan khusus yang digunakan untuk membersihkan jamur pada berbagai bagian mobil dijual bebas di pasaran. Harganya juga relatif tidak terlalu mahal dan cara penggunaannya pun mudah.

Cairan pembersih kaca mobil dari jamur
Ilustrasi Membersihkan Kaca Mobil dari Jamur

Cara ini mungkin adalah cara paling efektif untuk membersihkan jamur pada kaca mobil tanpa membawanya ke salon mobil. Anda bisa mengkombinasikan cairan tersebut dengan lap atau scrub khusus untuk kaca mobil agar tidak baret atau lecet.

7. Selalu Keringkan dengan Sempurna Setelah Terkena Air Hujan dan Cucian

Untuk menghindari mobil dari jamur yang tumbuh pada kaca mobil, selalu keringkan dengan sempurna kaca mobil Anda. Terutama setelah terkena air hujan atau air cucian mobil.

Air adalah salah satu penyebab utama dari timbulnya jamur pada kaca mobil. Untuk menyerap air pada mobil, Anda dapat menggunakan kanebo. Setelah itu untuk menyerap bintik-bintik air, gunakan microfiber yang halus.

Baca Juga: Penyebab Mobil Overheat Dan Cara Mengatasinya

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar cara menghilangkan jamur pada kaca mobil. Semoga informasi ini dapat membantu dan sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment