Fungsi Water Separator pada Mobil Diesel dan Harganya

MADENGINER.COM – Tahukah Anda apa fungsi water separator yang ada pada mobil bertenaga diesel?

Mobil diesel memiliki bahan bakar yang berbeda dari mobil lain, maka salah satu yang perlu Anda perhatikan adalah penggunaan bahan bakar kendaraan beserta komponen pendukungnya.

Bahan bakar mesin diesel adalah solar. Solar bisa terkontaminasi oleh air dan kotoran lainnya yang dapat mengganggu sistem kerja kendaraan.

Oleh karena itu, biasanya pada mesin diesel terdapat komponen khusus yang berfungsi untuk menjaga kualitas bahan bakar sebelum masuk ke ruang pembakaran.

Komponen yang berfungsi untuk menjaga kualitas bahan bakar tersebut adalah filter solar dan water separator untuk mesin diesel.

Lantas, apa perbedaan filter solar dan water separator pada mobil diesel? Di bawah ini akan kami kupas tuntas dengan fungsi-fungsinya.

Perbedaan Water Separator dan Filter Solar pada Mesin Diesel

Fungsi water separator pada mobil diesel.
Water Separator pada Mobil Diesel

Kedua komponen ini baik water separator maupun filter solar memiliki fungsi yang serupa, yaitu untuk menyaring kotoran dan kandungan air yang ada pada bahan bakar sebelum masuk ke ruang bakar.

Perbedaan keduanya ada di kemampuan memisahkan bahan bakar diesel dengan kotoran atau air yang ada.

Diesel mengandung banyak sulfur dan air. Jadi memerlukan filter solar yang pasti ada di setiap mobil berbahan bakar diesel.

Beda dengan water separator yang berfungsi sebagai komponen tambahan. Karena, filter solar hanya bisa menyerap dan bukan benar-benar memisahkan antara air dengan bahan bakar.

Water separator juga sering dipakai untuk kendaraan komersial untuk memangkas ongkos bahan bakar. 

Karena semakin mahal bahan bakar diesel, kandungan sulfur dan air yang ada di dalamnya juga semakin sedikit.

Meskipun keduanya memiliki perbedaan dalam kemampuan, tapi dua-duanya memiliki manfaat yang sama bagi kendaraan dengan mesin diesel.

Baca Juga:  3 Cara Memperbaiki Injektor Motor yang Rusak, Tergantung Kerusakan!

Baca Juga: Inilah Penyebab Oli Motor Cepat Habis

Fungsi Water Separator

Kembali ke topik utama, lantas apa fungsi water separator dan manfaatnya bagi kendaraan diesel? Berikut adalah fungsi water separator yang perlu Anda ketahui.

1. Menyaring Kandungan Air dan Kotoran pada Solar

Biasanya, water separator dapat ditemukan pada kendaraan besar seperti truk, bus, atau pick up, dan mobil bermesin diesel lainnya.

Bahan bakar mesin diesel pun ada dua jenis, yaitu solar dan Dex yang perbedaannya terletak pada perbedaan cetane number.

Sayangnya, solar murah dengan kualitas rendah memiliki kandungan air dan kotoran yang cukup tinggi. 

Maka dari itu, diperlukan komponen dalam mesin diesel yang berfungsi untuk memisahkan kandungan air dan kotoran di dalam bahan bakar secara efektif. Komponen tersebut adalah water separator.

Di dalam water separator terdapat saringan khusus yang berfungsi untuk memisahkan dan menyerap kandungan air dan kotoran dalam solar sebelum masuk ke ruang pembakaran.

2. Menjaga Mesin Tetap Aman dan Awet

Penggunaan bahan bakar berkualitas rendah memiliki pengaruh pada performa mesin kendaraan, terutama pada mobil diesel.

Biasanya, solar kualitas rendah mudah terpapar air, sulfur, dan kotoran yang berasal dari SPBU, korosi tangki, atau uap air dari udara yang mengembun pada dinding tangki.

Air dan kotoran yang ada pada solar jika tidak disaring berpotensi untuk merusak mesin mobil atau membuat saluran bahan bakar ke dalam mesin tersumbat.

Hasilnya tentu kinerja mobil tidak akan maksimal dan jangka panjangnya dapat membuat mobil turun mesin atau mengganti komponen yang rusak.

Dengan water separator, masalah tersebut bisa dikurangi karena water separator berfungsi untuk memisahkan air dan kotoran dengan bahan bakar.

Baca Juga:  Apa itu Sensor Akselerometer dan Fungsinya?

Memang, cara untuk menjaga mesin mobil agar tetap aman dan awet memiliki banyak cara. Salah satunya adalah dengan memperhatikan konsumsi bahan bakar yang baik.

3. Menghemat Pengeluaran pada Kendaraan Komersial

Water separator sangat berguna bagi kendaraan yang diperuntukkan untuk usaha atau komersial karena jarang menggunakan bahan bakar diesel kualitas bagus. 

Karena, jika menggunakan bahan bakar kualitas baik setiap harinya, ongkos bahan bakar untuk kendaraan bisa membengkak.

Jadi, kendaraan komersial dapat mengakalinya dengan menggunakan water separator agar tetap bisa menggunakan bahan bakar murah dan mesin tetap aman dan awet.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jamur Pada Kaca Mobil Yang Ampuh

Harga Water Separator untuk Mobil Diesel

Dengan keuntungan yang ditawarkan, berapa harga water separator untuk mobil diesel? 

Dilansir dari beberapa e-commerce harganya berbeda-beda tergantung jenis mobil dan seberapa besar kapasitas mesin dan tangkinya.

Berikut adalah beberapa water separator yang dapat Anda beli di e-commerce beserta harga-harganya, simak!

Merk Harga
Mitsubishi Canter Water Separator Assy ME121646M  Rp 359.000
Komatsu PC300-8 Water Separator Rp 250.000
Water Separator Filter Solar PS100 PS120  Rp 197.000
Water Separator Assy Filter Solar Bawah Canter PS125 PS110 Rp 581.000
Donaldson J8620561 Fuel Filter-Water Separator Rp 681.000

Melalui tabel di atas, dapat kita ketahui harga water separator biasanya sudah sepaket dengan fuel filter di dalamnya. Harganya berkisar mulai dari 100 ribuan hingga 600 ribuan.

Jadi, kesimpulannya adalah water separator berfungsi untuk memisahkan air dan kotoran dari bakar sebelum sampai ke ruang pembakaran. Yang mana membuat kinerja mesin jadi lebih optimal dan awet.

Baca Juga: Apa Itu Quick Shifter Dan Fungsinya Pada Motor?

Baca Juga:  11 Kelebihan dan Kekurangan Kulkas Polytron Belleza 1 Pintu

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar fungsi water separator pada mobil diesel. Semoga dapat membantu sebagai pertimbangan bagi Anda yang ingin menambahkan water separator pada mobil Anda.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment