Cara Menghitung Rangkaian Resistor Campuran yang Benar

Pada rangkaian resistor salah satu yang menjadi topik bahasannya adalah tentang rangkaian resistor campuran. Rangkaian campuran ini adalah gabungan dari rangkaian seri dan paralel.

Untuk menghitung besar hambatan resistor dari rangkaian campuran tersebut, tentu rumus perhitungannya berbeda dari rangkaian paralel dan seri. Namun secara keseluruhan untuk menghitung hambatan rangkaian tersebut tidaklah terlalu sulit.

Lantas seperti apakah cara perhitungan hambatan dari resistor campuran ini? Untuk Anda yang penasaran dan ingin tahu bagaimana cara menghitungnya, segera saja simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Apa yang Dimaksud Rangkaian Campuran

Cara Menghitung Rangkaian Resistor Campuran yang Benar

Sebelum membahas tentang cara menghitung dari rangkaian campuran resistor ini, akan lebih baik jika Anda mengenal lebih dekat resistor campuran. Dengan begitu, untuk selanjutnya Anda dapat lebih mudah lagi dalam memahami penjelasannya.

Secara umum, rangkaian campuran ini merupakan suatu rangkaian listrik yang tersusun dari dua macam jenis rangkaian, yakni rangkaian paralel dan juga seri. Sementara untuk variasi rangkaian ini tentunya ada banyak sekali macamnya.

Dilihat dari penggunaannya, tentu jenis rangkaian ini juga mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Jadi, kembali lagi untuk pemakaian jenis rangkaian campuran ini bisa disesuaikan dengan keperluan Anda.

Keunggulan dan Kelemahan Rangkaian Resistor Campuran

Seperti dikatakan sebelumnya, setiap jenis rangkaian pasti mempunyai keunggulan dan kelemahannya masing-masing termasuk juga pada resistor campuran. Untuk mengetahui tentang hal tersebut, Anda bisa menyimak pada penjelasan berikut ini.

1. Kelebihan Rangkaian Campuran

Berikut ini adalah berbagai macam keunggulan pada rangkaian campuran yang dapat Anda simak:

  • Dikarenakan merupakan rangkaian campuran seri dan paralel, maka pada rangkaian ini juga mempunyai kelebihan dari komponen penyusunnya.
  • Rangkaian campuran dapat menghindarkan Anda dari rangkaian yang kompleks. Hal tersebut berlaku dalam hal perhitungan arus, tegangan, desain, dan juga hambatan.
  • Pada saat terjadi kesalahan pada instalasi rangkaian, penanganannya bisa dengan mudah dilakukan secepat mungkin.
Baca Juga:  Jenis-Jenis Skematik Power Supply, serta Komponen Utama

2. Kelemahan Rangkaian Campuran

Selain kelebihan tentu rangkaian ini juga punya kelemahan. Berikut adalah beberapa kelemahan yang dimiliki oleh rangkaian campuran:

  • Instalasi dari rangkaian ini cukup rumit karena merupakan gabungan dari rangkaian seri dan paralel
  • Biaya instalasi lumayan besar
  • Energi yang dikeluarkan termasuk boros

Dengan memahami keunggulan dan kelemahan dari rangkaian ini, tentu Anda dapat lebih bijak lagi dalam pemakaiannya. Nantinya, penerapan rangkaian campuran ini bisa disesuaikan dengan keperluan dan kebutuhan Anda.

Cara Membuat Rangkaian Resistor Campuran

Berikutnya akan dijelaskan secara umum bagaimana cara untuk membuat jenis rangkaian campuran. Sebagai gambaran pembuatan rangkaian tersebut, Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan berikut ini.

  • Pertama, siapkanlah peralatan dan bahan yang diperlukan seperti lampu, isolasi, kabel, baterai dan barang lainnya. Sediakan saja hal ini sesuai kebutuhan pembuatan rangkaian.
  • Selanjutnya, persiapkan baterai dan susunlah menyesuaikan dengan kutubnya
  • Lalu, Anda bisa buat rangkaian seri dulu dan langsung saja sambungkan ke stop kontak
  • Jika sudah, lanjut buat rangkaian paralel sesuai berapa lampu yang dipakai.
  • Setelah itu, pastikan sambungan kabel rangkaian terpasang dengan kuat.
  • Berikutnya, rangkaian bisa diuji coba untuk dinyalakan.
  • Jika pembuatan rangkaian berhasil, maka lampu yang dipasang di rangkaian akan menyala
  • Selesai

Kurang lebih seperti itu aja alur bagaimana untuk membuat rangkaian campuran ini. Perhatikanlah langkah demi langkah dengan teliti agar tidak terdapat kesalahan dalam proses penghubungan antar rangkaian.

Selain itu pastikan lampu dan juga baterai pada pembuatan rangkaian ini semuanya kondisinya bagus. Jika tidak, maka bisa saja saat rangkaian campuran dihubungkan ke arus listrik, lampu yang digunakan tidak menyala.

Rumus Rangkaian Resistor Campuran

Pada tiap jenis rangkaian, terdapat rumus standar yang dapat digunakan untuk mengukur besaran hambatannya. Khusus untuk rangkaian campuran, rumus yang digunakan adalah gabungan dari rumus paralel dan seri.

Baca Juga:  Cara Menggunakan Multimeter Analog tanpa Ribet

Artinya untuk menghitung hambatan total, akan dihitung dulu berapa hambatan pada rangkaian seri dan rangkaian paralel. Setelah itu, hasil perhitungan tersebut akan dijumlahkan untuk mendapatkan besar hambatan dari rangkaian campuran.

Untuk lebih jelasnya berikut adalah rumus perhitungannya:

Rtotal    = Rs + Rp

 

Keterangan:

Rtotal    = Besar Hambatan Total Rangkaian Campuran

Rs           = Besar Hambatan pada rangkaian seri

Rp           = Besar Hambatan pada rangkaian paralel

Dengan kata lain, untuk dapat menghitung hambatan pada rangkaian gabungan ini Anda harus paham betul tentang rumus pada rangkaian paralel dan seri. Setelah itu, perhitungan tersebut tentu dapat dilakukan dengan lebih mudah lagi.

Cara Menghitung Rangkaian Campuran

Sekadar memahami rumus perhitungan saja tentu rasanya kurang lengkap. Nah, untuk lebih paham lagi, Anda bisa memperhatikan beberapa contoh cara menghitung hambatan total pada rangkaian campuran di bawah ini.

  1. Terdapat instalasi rangkaian listrik yang dipasang secara paralel. Pada rangkaian tersebut ada tahanan dengan besar 6 Ohm dan 4 Ohm. Lalu, ada juga tahanan yang dihubungkan secara seri dengan hambatannya sebesar 5 Ohm. Berapakah total hambatan rangkaian tersebut?

Diketahui:

R1           = 6 Ohm

R2           = 4 Ohm

Rs           = 5 Ohm

Ditanyakan:

Berapakah Jumlah Total Hambatan Pada Rangkaian?

Jawab:

Berdasarkan soal tersebut, maka akan dihitung terlebih dahulu untuk rangkaian paralel-nya. Berikut adalah perhitungannya.

1/Rp      = 1/R1 + 1/R2 + …. + 1/Rn

1/Rp      = 1/6 + 1/ 4

1/Rp      = (2 + 3)/12

1/Rp      = 6/12

Rp           = 12/6 = 2 Ohm

Setelah itu, akan dihitung jumlah total hambatan dengan rumus rangkaian campuran sebagai berikut:

Rtotal    = Rp + Rs

Rtotal    = 2 Ohm + 5 Ohm

Rtotal    = 7 Ohm

Jadi, dari hasil perhitungan di atas dapat diketahui bahwa jumlah total hambatan campuran pada rangkaian tersebut adalah sebesar 7 Ohm.

  1. Ada dua resistor yang disusun seri dengan masing-masing hambatannya adalah 7 Ohm dan 3 Ohm. Selanjutnya, rangkaian tersebut digabungkan dengan rangkaian paralel dengan hambatan 4 Ohm dan 5 Ohm. Hitunglah berapa besar total hambatannya.
Baca Juga:  6 Cara Masuk Sermod TV Sharp, Gak Pake Ribet!

Diketahui:

R1           = 7 Ohm

R2           = 3 Ohm

R3           = 4 Ohm

R4           = 5 Ohm

Ditanyakan:

Hitunglah total besaran hambatan rangkaian

Jawaban:

Pertama akan digunakan cara menghitung rangkaian seri pada bagian rangkaian seri. Berikut adalah perhitungannya:

Rs           = R1 + R2 + R3 + …. + Rn

Rs           = R1 + R2

Rs           = 7 Ohm + 3 Ohm

Rs           = 10 Ohm

Dari perhitungan di atas didapatkan bahwa besar total hambatan pada rangkaian seri adalah 10 Ohm. Selanjutnya berikut ini adalah perhitungan untuk rangkaian yang paralel.

1/Rp      = 1/R1 + 1/R2 + 1/R3 + …. + 1/Rn

1/Rp      = 1/R3 + 1/R4

1/Rp      = 1/4 + 1/5

1/Rp      = (5 + 4)/ 20

1/Rp      = 9/20

Rp           = 20/9

Rp           = 2,22 Ohm

Untuk mendapatkan hambatan pada rangkaian campuran ini, berikut adalah perhitungannya:

Rtotal    = Rs + Rp

Rtotal    = 10 Ohm + 2,22 Ohm

Rtotal    = 12,22 Ohm

Jadi total hambatan pada rangkaian tersebut adalah 12,22 Ohm

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang rangkaian resistor campuran yang bisa Anda pelajari. Semoga semua informasi di atas dapat membantu Anda untuk dapat memahami materi tentang perhitungan resistor campuran.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment