Kode Warna Resistor 100k dan Cara Membacanya

Resistor merupakan komponen elektronik yang dapat menghambat arus listrik. Di pasaran anda dapat menemukan resistor 100k yang diproduksi dari dua jenis bahan konduktif yang berbeda dan dua jenis tersebut memiliki ciri warna resistor 100k yang berbeda.

Jika anda ingin lebih mengetahui tentang resistor 100k seperti resistor 100k warna apa, resistor 100 kilo atau R 100k dan sebagainya, maka dapat langsung saja simak penjelasan lengkapnya sebagai berikut ini.

Kode Warna Resistor 100k

Kode Warna Resistor 100k dan Cara Membacanya

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya jika ada dua jenis Resistor 100k yang dapat ditemukan di pasaran, yaitu yang pertama adalah resistor 100 K terbuat dari bahan karbon dengan nilai toleransi adalah sekitar 5%.

Untuk bahan karbon ini biasanya memiliki warna resistor 100k yaitu warna putih kecoklatan dengan empat gelang warna. Lalu jenis Resistor 100 kilo selanjutnya adalah jenis yang terbuat dari bahan metal film yang nilai toleransinya lebih rendah dari jenis sebelumnya yaitu sekitar 1%.

Untuk yang jenis ini memiliki warna badan biru dengan lima set warna gelang. Dari dua jenis R 100k atau Resistor 100 K yang ada di pasaran, jenis Resistor yang terbuat dari karbon lebih sering dipilih sehingga lebih banyak ditemui.

Hal ini karena memang jenis Resistor 100 K dari karbon memang memiliki harga yang lebih murah. Nah, agar lebih memahami tentang Resistor 100k ini, maka berikut ini adalah warna resistor 100k dari dua jenis Resistor yang ada.

1. Warna Resistor 100K dari Bahan Karbon

Jenis yang pertama adalah jenis dari bahan karbon. Seperti yang sudah dijelaskan jika untuk jenis ini memiliki warna dasar putih kecoklatan dengan empat gelang warna. Untuk empat gelang warna yang ada adalah gelang 1 berwarna coklat, gelang 2 berwarna hitam, lalu gelang 3 kuning, dan gelang 4 berwarna emas.

Baca Juga:  3 Cara Cek Saldo K Vision dan Metode Top Up Terbarunya

Itulah warna Resistor 100K untuk jenis yang terbuat dari bahan karbon. Tentunya sekarang anda sudah tahu Resistor 100k warna apa saja untuk jenis yang ini.

2. Warna Resistor 100K dari Bahan Metal Film

Jenis yang kedua adalah resistor yang terbuat dari metal film dengan warna dasar biru muda yang memiliki lima set gelang warna. Untuk warna lima set gelang dalam jenis ini adalah gelang 1 berwarna coklat, lalu gelang 2 memiliki warna hitam, gelang 3 juga berwarna hitam, gelang 4 berwarna oranye, dan untuk gelang 5 memiliki warna emas.

Nah, itulah warna Resistor 100K dari dua jenis yang ada. Silakan pilih jenis resistor yang memang anda butuhkan baik jenis karbon dengan toleransi 5%, atau jenis metal film dengan toleransi yang lebih rendah yaitu 1%.

Ciri-ciri Resistor 100k

Setelah mengetahui warna Resistor 100k maka tak ada salahnya untuk mengetahui tentang spesifikasi atau ciri-ciri Resistor 100k. Nah, ciri umum dari Resistor dengan nilai hambatan 100k ohm adalah seperti berikut ini.

  • Memiliki nilai hambat sebesar 100k Ohm
  • Lalu peringkat daya adalah 0.25 watt
  • Untuk toleransinya berdasarkan jenis, yaitu jenis yang terbuat dari karbon adalah 5%, dan untuk toleransi jenis dari metal film adalah 1%
  • Ada dua jenis yang ada di pasaran yaitu Karbon dan metal film
  • Suhu kerja dari resistor 100 adalah -55 sampai 150°C
  • Koefisien suhunya adalah 100ppm/ °C

Itulah spesifikasi dari Resistor 100k yang perlu diketahui.

Pengguna Resistor 100k

Resistor 100k bisa ditemukan dan digunakan untuk pada beragam perangkat elektronik. Mungkin anda pun pernah menemukan Resistor di berbagai barang elektronik di rumah, seperti di TV, dan sebagainya.

Tapi sebenarnya apa kegunaan dari Resistor? Untuk lebih spesifik dari pengguna Resistor 100 K maka berikut ini adalah beberapa kegunaannya.

  • Digunakan untuk sirkuit regulator di TV
  • Lalu digunakan untuk bias penguat transistor
  • Digunakan juga untuk penghambat alur listrik
  • Pembagian dan penurunan tegangan
  • Pembagian dan pembatas arus
  • Sebagai pengaman arus
  • Untuk rangkaian pada mainan anak-anak
  • Dan banyak lagi

Itulah beberapa kegunaan dari komponen elektronik yang satu ini. Jadi tak heran juga jika anda dapat menemukan resistor di berbagai alat elektronik di rumah.

Cara Membaca Kode Warna Resistor

Resistor tak hanya ada Resistor 100k, tapi ada juga Resistor 1k, dan 10k. Nah, biasanya membedakan Resistor 100k, 10k, dan 1k dapat dilakukan dengan melihat warna gelang dari Resistor tersebut.

Lalu bagaimana cara membaca kode warna Resistor sehingga dapat mengidentifikasi mana Resistor 100k, dan sebagainya? Langsung saja simak terlebih dahulu tabel berikut ini.

Lalu pahami juga cara membacanya. Berikut cara membaca resistor empat gelang.

  • Pada gelang yang pertama adalah gelang yang menunjukan sebenarnya besar nilai tahanan dari resistor
  • Kemudian untuk gelang kedua berguna sebagai petunjuk nilai tahanan yang kedua
  • Untuk gelang ketiga merupakan faktor pengali untuk gelang resistor ketiga
  • Selanjutnya gelang keempat atau terakhir adalah kode dari nilai toleransi resistor.

Cara Membaca Kode Warna Resistor 100k 4 Gelang

Lalu bagaimana cara menghitung kode warna? Ambil saja contohnya adalah tadi Resistor 100k empat gelang dengan warna Coklat, Hitam, Kuning, Emas, maka cara membaca kodenya adalah sebagai berikut.

Coklat adalah 1, lalu hitam adalah 0, kuning 4, dan emas memiliki toleransi 5%, sehingga 10 x 10⁴ hasilnya adalah 100.000 ± 5% atau bisa disingkat menjadi 100k ± 5% atau artinya Resistor empat gelang dengan kode warna coklat, hitam, kuning dan emas adalah Resistor 100k dengan toleransi 5%.

Baca Juga:  Warna Resistor 2k2 dan Spesifikasinya

Ya, kode warna dalam resistor dapat digunakan untuk mengetahui nilai hambatan pada resistor. Untuk itu agar mengetahui Resistor 5 gelang atau 6 gelang warna maka bisa lihat tebal kemudian dihitung seperti cara yang sudah dijelaskan di atas. Nah, untuk memudahkan membaca 5 gelang dan 6 gelang bisa dengan cara berikut.

Resistor 5 gelang

  • Untuk resistor dengan 5 gelang, maka nilai tahanan adalah dark gelang resistor yang pertama, kedua, dan ketiga
  • Kemudian gelang keempat adalah faktor pengali
  • Selanjutnya gelang kelima adalah menunjukan toleransi dari resistor tersebut

Resistor 6 gelang

  • Untuk jenis 6 gelang, nilai tahanan ditujukan dengan warna gelang pertama, kedua, dan ketiga
  • Untuk faktur pengali ditujukan oleh gelang keempat
  • Gelang kelima menunjukan toleransi dari resistor tersebut
  • Untuk gelang keenam berfungsi untuk menunjukan tingkat koefisien suhu

Sebenarnya ada tanpa harus mengetahui rincian kode warna gelang di Resistor, anda pun dapat membedakan mana Resistor 1k, 10k, dan 100k sebab biasanya memang sudah dicantumkan angka tersebut di Resistor, namun terkadang memang angkanya terlalu kecil.

Berbagai jenis resistor baik Resistor 100k, 10k, dan 1k dapat ditemukan dengan mudah di pasaran bahkan di toko online. Untuk harganya pun beragama sekitar Rp500,00 sampai Rp1.000,00.

Mungkin itu saja penjelasan kali ini mengenai Resistor 100k dengan beragam pembahasan termasuk warna Resistor 100k, semoga dapat bermanfaat.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment