6 Merk Solderan Listrik yang Bagus dan Awet (Terbaik)

Bagi Anda yang senang membongkar dan merakit alat elektronik, tentu tidak asing lagi dengan solderan listrik. Alat ini berfungsi untuk merekatkan benda logam pada papan PCB atau printed circuit board. Dalam penggunaannya, solder membutuhkan timah sebagai bahan perekat.

Pada dasarnya, solder akan mengubah energi listrik yang mengalir menjadi energi panas. Suhu yang dihasilkan mulai dari 90° hingga 450° yang dapat melelehkan timah. Akibatnya, terbentuk lelehan timah tersebut dapat menempel pada benda logam lain yang sudah terpasang di PCB.

Solder listrik memiliki banyak bentuk, baik yang seperti pistol maupun yang lurus. Gagang alat ini didesain secara khusus agar tahan terhadap panas sehingga aman jika dipegang. Hampir semua solder memiliki prinsip kerja yang sama, namun ada yang memiliki fitur pengatur suhu tambahan.

Merk Solderan Listrik yang Bagus

Sebenarnya, solder listrik bukanlah alat yang harus dimiliki di rumah. Akan tetapi, jika Anda memiliki ilmu yang cukup di bidang elektronika, memiliki alat ini tentu adalah yang hal penting. Anda dengan mudah bisa memperbaiki berbagai barang elektronik yang rusak dengan bantuan solder.

Akan tetapi, dibutuhkan pertimbangan yang matang sebelum membeli solder. Alat ini memiliki beragam bentuk, harga, ukuran, serta fitur tambahan yang bisa disesuaikan dengan tujuan penggunaannya. Nah, berikut ini terdapat beberapa rekomendasi merk solder listrik yang bagus untuk dibeli.

1. Kenmaster Dual Heat Soldering Iron

Kenmaster Dual Heat Soldering Iron

 

Solder pertama yang cocok untuk merakit alat-alat elektronik yang ada di rumah adalah Kenmaster Dual Heat Soldering Iron. Merk ini termasuk dalam salah satu yang banyak dipercaya masyarakat dalam perkakas maupun perabotan rumah tangga. Produk Kenmaster dipercaya bewrkualitas bagus.

Kenmaster Dual Heat Soldering Iron dibuat dari material besi dan plastik unggulan. Desain solder ini dibuat berbentuk seperti pistol untuk memudahkan penggunaannya. Agar bisa menghantarkan panas dengan baik, bagian ujungnya dibuat dengan bentuk yang runcing.

Baca Juga:  1 Ampere Berapa Watt? Ini Penjelasan dan Contoh Soalnya

Cara menggunakannya pun cukup mudah, yaitu dengan menekan pada bagian pelatuk solder. Setelah itu, alat akan menghasilkan panas hingga 150°C yang dapat melelahkan barang-barang yang terbuat dari logam (metal). Bobotnya pun sangat ringan sehingga tidak sulit untuk diangkat atau digerakkan.

Setelah dihubungkan dengan arus listrik, solder tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menghantarkan panas. Jadi, Anda tidak perlu menunggu lama dan segera bisa memasang atau memperbaiki alat-alat elektronik yang telah rusak dengan mengganti komponennya.

2. Stanley 69-033B

Stanley 69-033B

Jika sebelumnya solder berbentuk pistol, maka merek Stanley 69-033B menawarkan bentuk yang lebih sederhana yaitu lurus. Bahan utama yang digunakan dalam membuat solder ini adalah logam dan plastik yang bagus. Stanley 69-033B cocok untuk menyolder kawat kasa ringan maupun logam tipis.

Umumnya, solder listrik ini dipakai untuk pekerjaan-pekerjaan elektronik yang ringan. Tegangan yang dimiliki Stanley 69-033B sebesar 200 volt dan daya sebesar 45 watt. Oleh karena itu, solder lebih cepat untuk menghasilkan panas yang merata ke bagian ujung yang berfungsi untuk melelehkan timah.

Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 2 menit sebelum menggunakan solderan listrik ini. Namun, perlu diketahui bahwa Stanley 69-033B hanya cocok untuk pekerjaan yang ringan dan kurang efektif jika digunakan untuk pekerjaan berat dalam memperbaiki elektronik.

Jadi, solder ini sangat pas untuk dimiliki di rumah karena tidak ada barang yang membutuhkan perbaikan yang berat. Adapun jika ada dan terasa sulit untuk diperbaiki, maka Anda sebaiknya membawanya terlebih dahulu ke tukang service sebagai orang yang memiliki keahlian yang cukup.

3. Nankai Solder 500W

Nankai Solder 500W

Sama dengan Stanley 69-033B, Nankai Solder 500W juga termasuk solder yang berbentuk lurus. Produk Nankai juga memiliki kualitas yang tidak diragukan lagi di masyarakat. Merk tersebut terkenal tahan lama dan bisa memberikan hasil yang maksimal saat digunakan.

Baca Juga:  Ketahui Pengertian Band Stop Filter, Karakter Serta Cara Kerjanya Berikut

Seperti namanya, Nankai Solder 500W memiliki daya yang cukup tinggi yaitu sebesar 500 watt. Alat ini dibuat dengan menggunakan bahan tembaga dan nikel yang didukun oleh gagang yang kuat dan anti panas. Meskipun demikian, bagian ujung solder Nankai Solder 500W akan cepat panas.

Cara menggunakan solder listrik ini adalah dengan memegang pada bagian gagang dan langsung menyentuh timah atau komponen elektronik yang ingin diperbaiki. Jangan khawatir, bobot Nankai Solder 500W yang cukup ringan membuat Anda lebih mudah untuk menggerakkannya.

Pada bagian dalam solder, terdapat elemen heating yang mendukung proses pengubahan energi listrik menjadi panas dengan lebih cepat. Hal ini bertujuan untuk memudahkan segala proses pengerjaan alat-alat elektronik yang dilakukan oleh tukang service maupun orang ahli lainnya.

4. Dekko DS40N

Dekko DS40N

Merk solderan listrik selanjutnya yang bisa dibeli adalah Dekko DS40N. Solder ini diproduksi untuk mengatasi keluhan orang-orang yang menggunakan solder karena memiliki tagihan listrik yang tinggi. Oleh karena itu, Dekko DS40N didesain secara khusus dengan daya yang kecil yaitu hanya 40 watt.

Adapun tegangan solder hanya 220-240 volt sehingga menggunakannya dalam waktu yang lama dan sering tanpa khawatir akan membayar listrik yang mahal. Dekko DS40N merupakan solder yang berbentuk lurus dengan desain simpel namun memiliki beberapa pilihan warna yang menarik.

Bentuknya yang lurus membuat solder ini lebih mudah dan nyaman untuk digunakan bahkan saat menyolder komponen yang sangat kecil. Bagian mata solder terbuat dari material tembaga dan ujungnya menggunakan material keramik yang tahan terhadap panas.

Oleh karena itu, kerak tidak akan mudah menempel pada ujung solder. Gagang atau handle Dekko DS40N dibuat dari plastik sehingga aman untuk disentuh dalam keadaan panas. Namun, Anda tetap berhati-hati agar jari tidak menyentuh bagian besi yang panas saat menyolder.

Baca Juga:  Kelebihan Receiver Nex Parabola, TV Berlangganan Pilihan Banyak Orang

5. Wipro SLK-200

Wipro SLK-200

Jika dilihat dari bentuknya, solder Wipro SLK-200 tergolong cukup berbeda jika dibandingkan dengan solder lain secara umum. Hal ini disebabkan karena ujung solder yang biasanya lurus sengaja dibuat bengkok dengan tujuan untuk memudahkan pengguna dalam melakukan penyolderan.

Bahan utama yang digunakan dalam pembuatan solder ini bagus dan berkualitas sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Seperti merknya, Wipro SLK-200 memiliki daya 200 watt, tegangan sebesar 220 volt, serta kuat arus yang mengalir dalam solder sebesar 50 Hz.

Pada bagian gagang, Wipro SLK-200 menggunakan material kayu yang tahan terhadap panas. Ukuran watt yang cukup besar dari solder ini bisa mempercepat pekerjaan namun juga membutuhkan listrik yang cukup besar. Jadi, penggunaan Wipro SLK-200 harus lebih bijak agar tidak boros listrik.

6. Tekiro EL-SD1772

Tekiro EL-SD1772

Merk solder listrik terakhir yang memiliki kualitas yang bagus adalah Tekiro EL-SD1772. Solder ini hemat listrik karena memiliki daya yang kecil yaitu 40 watt dan tegangan sebesar 220 volt. Meskipun demikian, solder tetap bisa menciptakan panas yang tinggi dan mampu merekatkan bahan logam.

Gagang solder terbuat dari material plastik yang bersifat isolator atau tidak menghantarkan listrik. Selain itu, juga terdapat lapisan tambahan berupa karet untuk meredam panas dan mencegah plastik untuk meleleh.

Solderan listrik bisa didapatkan di pasaran dengan mudah. Anda bisa membelinya jika merasa perlu dan mampu untuk memperbaiki berbagai perangkat elektronik yang bermasalah. Oleh karena itu, mengetahui merk solder yang terbaik penting agar tidak keliru saat membeli.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment