Cara Menghitung Skala Pada Peta, Rumus dan Contoh Soal

Cara menghitung skala merupakan materi pelajaran matematika dasar yang nantinya akan banyak digunakan dan diterapkan dalam membaca peta. Saat ini sudah banyak peta yang dibuat secara digital dan tetap menggunakan skala untuk menentukan jarak saat pembuatan peta.

Jika belum mengetahui secara jelas mengenai skala, simak pembahasan lengkapnya melalui artikel ini. Artikel ini akan membahas secara lengkap mengenai pengertian, rumus, dan pembahasan contoh soal dari perhitungan skala. Yuk, simak sampai akhir artikel!

Pengertian Skala

Pengertian Skala

 

Skala banyak digunakan untuk pembuatan peta. Skala adalah perbandingan jarak atau panjang secara mendatar antara dua titik pada peta terhadap jarak atau panjang secara mendatar di lapangan atau di aslinya.

Dengan menggunakan skala, orang dapat memperkirakan jarak asli titik satu ke titik lainnya hanya dengan melihat jarak dari peta. Ada beberapa orang menyebut skala dengan sebutan ‘kendar’.

Penggunaan Skala

Penggunaan Skala

Skala banyak digunakan pada peta. Biasanya skala pada peta bisa dilihat di peta konvensional atau peta manual bukan peta digital. Biasanya, skala yang ada pada peta cetak berbentuk perbandingan. Contohnya seperti:

  • Skala sebuah peta dengan perbandingan 1:25.000 memiliki arti yakni setiap 1 cm jarak pada peta, mewakili 250 m jarak di lapangan atau aslinya.
  • Skala sebuah peta dengan perbandingan 1:50.000 memiliki arti yakni setiap 1 cm jarak pada peta, mewakili 500 meter jarak di lapangan atau aslinya.

Rumus

Rumus

Banyak orang yang masih belum mengetahui mengenai bagaimana cara menghitung skala. Pada bagian ini akan dibahas secara lengkap mengenai rumus skala yang digunakan untuk membuat skala dalam peta.

Rumus skala pada peta = jarak pada peta : jarak di lapangan (asli).

Dari rumus tersebut maka bisa dipastikan apabila semakin kecil angka yang ada di belakang tanda bagi, maka akan semakin besar hasil dari perhitungan skala peta tersebut.

Baca Juga:  Logam yang Dapat Mencegah Korosi pada Bumper Mobil Adalah?

Jika angka yang terdapat pada bagian belakang tanda bagi, maka akan semakin kecil hasil dari perhitungan skala peta tersebut.

Namun, ada beberapa kasus yakni skala belum diketahui. Jika ada kasus atau soal demikian maka soal dapat diselesaikan dengan melakukan perbandingan dengan membandingkan data di peta lain yang sudah diketahui jarak dan skalanya.

Maka, untuk soal tersebut, persamaan rumus dibawah ini dapat digunakan:

P1 X J1 = P2 x J2

Keterangan:

P1 adalah penyebut skala pada peta 1

J1 adalah jarak pada peta 1

P2 adalah penyebut skala pada peta 2

J2 adalah jarak pada peta 2.

Contoh Soal Cara Menghitung Skala dan Pembahasannya

Contoh Soal Cara Menghitung Skala dan Pembahasannya

Berikut terdapat beberapa contoh soal mengenai skala pada peta dan pembahasannya. Contoh soal di bawah ini bisa dijadikan acuan pengerjaan jika Anda menghadapi soal dengan jenis yang sama. Simak pembahasan lengkapnya!

1. Mencari Jarak Sebenarnya

Diketahui skala pada sebuah peta adalah 1 : 20.000, Jika jarak dari kota A ke B yang ada pada peta adalah 5 cm. Maka berapa jarak sebenarnya dari kota A ke kota B?

Pembahasan:

Dari soal, diketahui bahwa skala pada peta adalah 1 : 20.000 dan jarak kota A ke kota B adalah 5 cm. Jadi, soal ini dapat diselesaikan dengan rumus:

Rumus skala pada peta = jarak pada peta : jarak di lapangan (asli).

1 : 20.000 = 5 : jarak di lapangan (asli)

Jarak di lapangan (asli) = 5/1 x 20.000 = 100.000 cm. Jadi, jarak sebenarnya kota A ke kota B adalah 100.000 cm atau sama dengan 1000 meter.

2. Mencari Luas Lapangan dengan Skala

Diketahui terdapat sebuah gambar dengan skala 1 : 500. Di gambar tersebut terdapat gambar lapangan yang berbentuk persegi panjang yang berukuran panjang 12,5 cm dan lebar 9 cm. Berapa luas lapangan tersebut aslinya?

Baca Juga:  Rumus Frekuensi Gelombang dalam Fisika dan Contoh Soalnya

Pembahasan:

Dari soal diketahui bahwa skala pada gambar adalah 1 : 500, panjang lapangan pada gambar adalah 12,5 cm dan lebar lapangan pada gambar adalah 9 cm. Jika menemui soal seperti ini, maka panjang dan lebar asli lapangan harus dihitung terlebih dahulu.

Panjang asli lapangan = 12,5/1 x 500 = 6.250 cm atau 62,5 meter.

Lebar asli lapangan = 9/1 x 500 = 4.500 cm atau 45 meter.

Kemudian, untuk menghitung luas asli lapangan maka perlu menggunakan rumus luas lapangan = P x L.

Luas asli lapangan = 62.5 m x 45 m = 2.812,5 meter persegi.

3. Mencari Skala pada Peta

Diketahui pada sebuah peta jarak antara kota A ke kota B adalah 3 cm. Kemudian, jarak sebenarnya antara kota A ke kota B adalah 120 km. Hitunglah skala pada peta tersebut dengan satuan cm!

Pembahasan:

Dari soal diketahui bahwa jarak pada peta, kota A ke kota B adalah 3 cm dan jarak sebenarnya kota A ke kota B adalah 120 km. Untuk menghitungnya bisa menggunakan rumus perhitungan skala yakni:

Rumus skala pada peta = jarak pada peta : jarak di lapangan (asli)

Rumus skala pada peta = 3 cm : 120 km

Rumus skala pada peta = 3 cm : 12.000.000 cm

Skala = 1 : 4.000.000.

Jadi skala yang digunakan pada peta untuk menggambarkan jarak sebenarnya dari kota A ke kota B adalah 1 : 4.000.000.

4. Menghitung Panjang dalam Gambar

Diketahui panjang sebuah rumah adalah 20 meter. Kemudian rumah tersebut akan digambar dengan menggunakan skala 1 : 500. Berapakah panjang rumah dalam gambar?

Pembahasan:

Diketahui dari soal bahwa ada sebuah rumah dengan panjang 20 meter akan digambar menggunakan skala 1 : 500 dan harus dicari panjang rumah pada gambar. Maka bisa menggunakan rumus cara menghitung skala yakni:

Rumus skala pada peta = panjang pada gambar : panjang di lapangan (asli).

Baca Juga:  5 Contoh Soal Fluida Statis dan Pembahasannya¬†

Panjang pada peta = skala x panjang di lapangan (asli).

Panjang pada peta = 1/500 x 2000 cm.

Panjang pada peta = 4 cm.

Jadi, panjang rumah pada gambar adalah 4 cm.

5. Menghitung Lebar pada Gambar

Diketahui terdapat sebuah mobil yang akan digambarkan dengan menggunakan skala 1 : 30. Apabila lebar mobil sebenarnya adalah 1,2 meter. Hitunglah lebar mobil pada gambar!

Pembahasan:

Diketahui dari soal bahwa sebuah mobil dengan lebar 1,2 meter akan digambar dengan menggunakan skala 1 : 30. Kemudian diminta untuk mencari lebar mobil pada gambar. Maka, bisa menggunakan rumus perhitungan skala.

Rumus skala pada peta = lebar pada gambar : lebar di lapangan (asli).

Lebar pada gambar = skala x lebar di lapangan (asli).

Lebar pada gambar = 1/30 x 120 cm.

Lebar pada gambar = 4 cm.

Jadi, mobil akan digambar dengan ukuran 4 cm.

Itulah pembahasan secara lengkap mengenai cara menghitung skala beserta dengan contoh soal dan pembahasannya. Beberapa contoh soal di atas bisa dijadikan acuan ketika Anda sedang mengerjakan soal dengan jenis yang sama.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment