Cara Mengunci Jaringan 4G di Semua Merek HP

Jaringan internet pada HP saat ini paling cepat tentu adalah jaringan 4G. Namun apakah Anda sudah tahu bagaimana cara mengunci jaringan 4G di HP agar saat digunakan jaringan tidak berganti-ganti?

Apabila belum tahu, rasanya hal tersebut wajib untuk Anda ketahui. Pasalnya, dengan mengunci jaringan tersebut, sinyal yang muncul di HP akan menjadi selalu 4G dan tidak berubah-ubah ke jaringan lain.

Untuk melakukan kunci jaringan tersebut caranya tentu tidaklah terlalu sulit. Nah, bagi Anda yang belum mengetahui tentang hal tersebut, maka langsung saja cari tahu pada ulasan di bawah ini.

Mengapa Harus Mengunci Jaringan 4G?

Cara Mengunci Jaringan 4G di Semua Merek HP

Mengetahui tentang cara mengunci jaringan 4G HP VIVO, Samsung, OPPO dan lain sebagainya tentu ada keuntungannya. Terlebih lagi jika Anda merupakan pengguna yang menginginkan koneksi internet HP yang cepat dan juga stabil.

Seperti diketahui, pada umumnya sinyal jaringan internet yang muncul di HP selalu berubah-ubah tergantung kekuatan sinyal yang didapatkan. Terkadang, saat digunakan sinyal yang muncul 4G, 3G, atau bahkan 2G saat berada di daerah terpencil.

Apabila kondisinya seperti itu, tentu kualitas dari jaringan internet HP Anda tidak akan maksimal. Nah, untuk mengatasi kondisi tersebut, melakukan lock jaringan internet 4G di HP menjadi salah satu solusi yang terbaik.

Pasalnya, saat lock jaringan dilakukan, maka otomatis sinyal yang tertangkap di HP akan menjadi 4G terus. Dengan begitu, kecepatan dan kualitas internet yang didapatkan juga akan lebih cepat serta pastinya stabil saat digunakan.

Cara Mengunci Jaringan 4G Tanpa Aplikasi

Apabila membahas tentang cara mengunci jaringan 4G HP Samsung, OPPO, VIVO, ataupun merek lainnya, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang cara-cara untuk mengunci jaringan sinyal 4G di HP.

Baca Juga:  2 Cara Mengganti Font di HP Oppo Dengan dan Tanpa Aplikasi

1. Mengunci Dengan Kode Dial

Pada saat sinyal jaringan di HP terkena beberapa gangguan, pastinya akan membuat HP tidak bisa digunakan secara maksimal. Apalagi saat Anda sedang melakukan aktivitas seperti streaming ataupun download, tentu prosesnya dapat terganggu.

Untuk itu, jika hal tersebut sedang terjadi pada HP Anda, maka bisa segera melakukan lock jaringan 4G menggunakan kode dial. Berikut ini adalah langkah-langkah mengunci sinyal 4G lewat menu dial up di HP.

  • Pertama, bukalah menu panggilan di HP
  • Setelah itu, ketik kode mengunci jaringan 4G berikut *#*#4636#*#*
  • Berikutnya, akan muncul pilihan menu informasi tentang HP
  • Pilihlah informasi HP yang kartu SIM-nya ingin dikunci jaringan 4G
  • Lalu, setelah masuk ke menu tersebut, carilah pada pengaturan jenis jaringan
  • Pilih menu jaringan “LTE Only”
  • Jika sudah, keluar dari pengaturan tersebut.
  • Selesai

Setelah menerapkan pengaturan seperti di atas, otomatis sinyal yang akan ditangkap oleh HP adalah 4G. Bagaimana? Sangat mudah sekali bukan untuk melakukan kunci jaringan 4G di HP lewat menu dial up?

Langkah-langkah di atas bisa dijadikan sebagai cara mengunci sinyal 4G Samsung ataupun berbagai merek HP lainnya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir tentang merek HP apa yang digunakan.

2. Mengunci Lewat Pengaturan HP

Selanjutnya, proses mengunci sinyal 4G di HP juga dapat dilakukan melalui pengaturan yang ada di HP. Berikut ini adalah penjelasan tentang langkah-langkah untuk mengunci sinyal jaringan 4G di semua merek HP lewat pengaturan.

  • Pertama, masuklah ke bagian pengaturan atau settings HP
  • Setelah itu, cari dan pilihlah menu “Jaringan Seluler”
  • Selanjutnya, pilih pada bagian menu “Mode Jaringan”. Pada menu ini akan ditampilkan beberapa pilihan menu jaringan.
  • Pilihlah menu “LTE Only” atau “4G Only”
  • Selesai
Baca Juga:  Kumpulan Bio WA Cuek Keren Aesthetic Terkini 2024

Kurang lebih hanya seperti itu cara kunci jaringan 4G di HP lewat menu pengaturan. Hal yang perlu diperhatikan pada cara ini adalah untuk lock lewat menu yang ada di pengaturan, kondisi sinyal jaringan masih bisa berubah-ubah.

Artinya, pengaturan tersebut hanya akan memprioritaskan jaringan 4G untuk diambil. Namun, ketika 4G tidak dapat ditemukan, maka otomatis sistem akan mengubah jaringan internet ke 3G ataupun 2G.

Cara Mengunci Jaringan 4G Dengan Bantuan Aplikasi

Pada bagian sebelumnya telah dijelaskan tentang cara mengunci sinyal 4G tanpa memerlukan aplikasi bantuan. Nah, untuk berikutnya akan dijelaskan juga bagaimana cara lock 4G dengan memanfaatkan aplikasi tambahan.

Berikut ini adalah penjelasan tentang cara menggunakan aplikasi 4g LTE only untuk mengunci sinyal 4G di HP.

1. Aplikasi Forced LTE Only

Aplikasi pertama yang bisa digunakan untuk lock sinyal 4G di HP Anda adalah Forced LTE. Aplikasi tersebut dapat dijalankan tanpa harus melakukan root pada HP terlebih dahulu.

Selain itu, aplikasi Forced LTE Only juga umumnya bisa dipakai pada berbagai merek HP. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah penjelasan tentang cara pemakaian dari aplikasi pengunci jaringan 4G tersebut.

  • Langkah pertama, download dan instal aplikasi Forced LTE Only di HP
  • Jika sudah selesai, segera buka aplikasi dan masuk ke menu utama
  • Pada menu utama, pilihlah menu “SIM 1 LTE/3G/2G Settings”
  • Setelah itu, pilih menu “Select Phone Index” dan pilihlah SIM Card mana yang akan dikunci jaringan 4G-nya
  • Selanjutnya, pilih “Set Preferred Network Type” dan pilihlah untuk pengaturan “LTE Only”
  • Jaringan 4G sudah berhasil dikunci

2. Aplikasi 4G Switcher

Aplikasi berikutnya yang bisa dimanfaatkan untuk mengunci sinyal 4G di HP adalah aplikasi 4G Switcher. Untuk penggunaan dari aplikasi tersebut secara lengkap, Anda bisa menyimaknya pada penjelasan di bawah ini.

  • Pertama, download dan instal terlebih dahulu aplikasi 4G Switcher di HP Anda.
  • Kemudian, jika sudah terinstal segera buka aplikasi tersebut
  • Selanjutnya, tinggal aktifkan saja 4G Switcher untuk mengunci sinyal
  • Selesai
Baca Juga:  Cara Setting TV Digital Polytron Otomatis atau Pakai Set Top Box, Anda Pilih yang Mana?

Hal yang perlu diketahui tentang aplikasi ini adalah pengunci jaringan 4G ini hanya bekerja pada SIM Card 1 saja. Selain itu, pada saat aplikasi 4G Switcher ini di buka ulang, maka pengaturan yang ada di aplikasi tersebut akan kembali seperti semula.

Kondisi ini mengharuskan Anda untuk melakukan pengaturan ulang saat ingin menggunakan aplikasi tersebut. Meskipun terkesan sedikit tidak praktis, namun aplikasi ini tetap dapat melakukan lock sinyal dengan baik.

Kekurangan Mengunci Sinyal 4G di HP

Pada saat jaringan 4G HP telah dikunci, terdapat beberapa risiko ataupun kekurangan yang terjadi. Hal ini tentu merupakan hal wajar mengingat tindakan lock sinyal ini terkait dengan sistem penangkap sinyal yang ada di HP.

Berdasarkan hal tersebut, tentunya Anda harus memperhatikan kekurangan tersebut sebelum melakukan lock sinyal. Nah, supaya lebih paham tentang mengenai lock sinyal 4G, Anda bisa melihat beberapa kekurangannya berikut ini.

  • HP jadi tidak bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon
  • Tidak bisa mengakses kode USSD seperti untuk cek pulsa dan lain sebagainya
  • Baterai HP bisa lebih cepat habis dan panas karena posisi HP terus mencari sinyal 4G
  • Sinyal hilang saat berada di daerah yang belum terjangkau 4G

Itulah penjelasan lengkap tentang cara mengunci jaringan 4G di HP beserta kelebihan dan kekurangannya. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda untuk dapat memperoleh kualitas sinyal jaringan 4G yang lebih stabil.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment