Kode Error Mesin Cuci Sanyo EA, EC, E1, E2, U4, U5 & Solusinya

Apakah muncul sebuah kode di layar digital mesin cuci Sanyo dan Anda bingung harus berbuat apa? Tidak perlu bingung! Tulisan yang muncul di layar digital adalah kode error mesin cuci. Baca kode error mesin cuci Sanyo tersebut, lalu coba cari tahu apa maksudnya.

Untuk mengetahui maksudnya, Anda bisa mencari tahu dengan membaca manual mesin cuci. Jika merasa bahwa tindakan tersebut merepotkan, cari tahu saja dengan menyimak daftar kode error yang sudah kami rangkum di artikel ini!

Apa itu Kode Error Mesin Cuci?

Kode Error Lain

Pada tiap mesin cuci model terbaru, terdapat layar yang menunjukkan situasi mesin saat ini. Salah satu informasi situasi yang ditunjukkan oleh layar digital ini adalah situasi error. Situasi ini terjadi ketika mesin cuci sedang tidak bekerja dengan baik dan diduga terdapat masalah di bagian tertentu.

Sayangnya, ukuran layar ini tidak besar dan hanya terdiri dari beberapa pixel saja. Hal tersebut tentunya menyulitkan untuk menampilkan informasi error dengan spesifik, terutama untuk menyampaikan informasi yang terdiri dari beberapa kata.

Supaya informasi muat untuk ditampilkan di layar digital ini, maka informasi ditampilkan dalam bentuk kode singkat. Arti dari masing-masing kode umumnya dijelaskan di manual mesin cuci.

Tidak hanya di mesin cuci Sanyo, hal ini juga dilakukan di mesin cuci Beko, Samsung, Electrolux, dan merk ternama lainnya.

Sehingga, ketika mesin cuci Sanyo tidak bisa bekerja dan muncul kode tertentu di layar digital, segera cari tahu apa makna dari kode tersebut dan lakukan perbaikan yang sesuai.

Kode Error Mesin Cuci Sanyo

Kode Error Mesin Cuci Sanyo

Kami berhasil merangkum sebanyak 10 kode error pada mesin cuci Sanyo. 10 kode tersebut, antara lain:

1. EA

Kode error EA mesin cuci Sanyo merupakan singkatan dari Error Amplifier. Artinya, jika kode error ini muncul, maka sedang ada masalah pada unit penguat daya dan sinyal yang digunakan di mesin cuci.

Baca Juga:  Fungsi Cara Kerja Resistor NTC dan Keunggulannya

Ketika kode ini muncul, maka teknisi perlu untuk memeriksa inlet air masuk, sensor water level, IC penguat sinyal water level, aksesoris IC penguat, grounding IC penguat, dan micom IC penguat.

2. EC

Kode EC mesin cuci Sanyo menandakan bahwa sedang terjadi error pada IC pembaca kondisi motor. Pada kasus ini, IC tidak bisa mendeteksi apakah motor mesin cuci berputar atau tidak. Penyebabnya bisa jadi terjadi kerusakan pada motor, sambungan antara IC dan motor, atau IC.

Ketika memperbaiki kode EC, teknisi perlu memeriksa ketiga bagian tersebut, khususnya pada IC optocoupler.

3. EH1, EH2, dan EH3

Kode error EH1, EH2, dan EH3 sama-sama memberitahukan bahwa ada gangguan pada bagian unit power supply atau PCB. Kami belum menemukan informasi yang baik mengenai masalah PCU dan PCB apa yang dimaksud oleh masing-masing kode.

Biasanya kemunculan kode error ini cukup banyak terjadi ketika tegangan listrik sedang tidak normal. Cara paling sederhana untuk mengatasi EH1, EH2, dan EH3 adalah dengan menunggu supaya tegangan kembali normal.

Jika tegangan sudah normal kembali dan mesin tetap menunjukkan salah satu dari ketiga kode tersebut, maka segera panggil teknisi langganan.

4. E1

Kode error mesin cuci Sanyo selanjutnya adalah E1 yang menandakan adanya kendala ketika mengisi air ke dalam mesin. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari lupa membuka kran air, selang yang tidak terpasang dengan baik, dan terjadinya penyumbatan pada bagian inlet.

Sehingga, cara untuk mengatasi masalah kode error E1 adalah dengan memastikan bagian inlet air bekerja dengan baik.

5. E2

Berhubung namanya mirip dengan E1, Anda pasti menduga bahwa kode E2 merupakan tanda terjadinya masalah yang mirip. E2 merupakan tanda bahwa sedang terjadi gangguan pada bagian pembuangan air mesin cuci. Ada kemungkinan bahwa air tidak dapat dialirkan keluar dari outlet.

Baca Juga:  Jenis, Cara Kerja, dan Fungsi Dioda pada Rangkaian Elektronik

Penyebabnya ada beraneka macam, mulai dari tersumbatnya selang pembuangan, posisi selang pembuangan yang terlalu tinggi, atau selang tidak dipasang dengan baik. Untuk menghilangkan kode E2, pastikan supaya air dapat lancar keluar dari mesin cuci.

Ketika merasa selang sudah tidak tersumbat, coba uji dengan memasukkan air ke mesin cuci Sanyo, lalu tekan tombol Drain untuk mengeluarkannya.

6. U3

U3 merupakan kode error mesin cuci Sanyo yang mengindikasikan adanya gangguan pada perputaran motor mesin cuci. Umumnya, penyebab dari error ini adalah posisi mesin cuci yang miring.

Dudukan atau lantai yang tidak rata menyebabkan mesin cuci miring dan proses pencucian tidak bisa berlangsung dengan baik. Cara untuk mengatasi masalah ini tentu saja dengan meratakan bagian bawah mesin cuci. Usahakan supaya lantai atau dudukan yang digunakan tidak miring ke arah tertentu.

Jika mesin cuci diletakkan di lantai dan lantai yang digunakan tidak rata, beri pengganjal di bagian yang rendah.

7. U4

Kode U4 pada mesin cuci Sanyo menandakan bahwa pintu mesin kurang rapat atau tidak terdeteksi adanya pintu. Jadi, untuk mengatasi masalah ini, Anda hanya perlu memastikan bahwa pintu mesin cuci tertutup dengan baik sebelum menekan tombol mulai.

Jika pintu sudah rapat dan mesin cuci Sanyo masih menampilkan kode error U4, kemungkinan ada gangguan di sensor pendeteksi pintu. Masalah sensor pintu ini merupakan masalah yang hanya bisa diselesaikan dengan menggunakan jasa profesional.

8. U5

Kode error terakhir di daftar ini adalah kode error U5. Kode ini menandakan bahwa mesin tidak bisa memulai proses pencucian. Kemungkinan, fitur Child Mode yang dimiliki oleh mesin cuci Sanyo sedang aktif. Nonaktifkan mode ini, lalu coba nyalakan kembali mesin cuci.

Baca Juga:  Cara Menghidupkan Kompresor Kulkas Tanpa Relay dengan Mudah

Jika mode ini sudah dinonaktifkan dan mesin tetap memunculkan kode U5, maka ada penyebab lain yang membuat mesin tidak bisa memulai proses pencucian.

Tips Mesin Cuci Sanyo Awet

Tips Mesin Cuci Sanyo Awet

Supaya mesin cuci merk Sanyo awet, ada sejumlah tips yang bisa dimanfaatkan, antara lain:

  • Usahakan selang masuk dan selang keluar dipasang dengan baik. Hal ini akan membuat aliran air masuk dan keluar dari mesin cuci dengan baik.
  • Tempatkan mesin cuci di lantai atau dudukan yang rata. Ini dilakukan supaya proses pencucian tidak miring ke arah tertentu.
  • Hindari menggunakan deterjen terlalu banyak. Penggunaan deterjen yang terlalu banyak akan menghasilkan busa yang banyak juga. Hal ini akan berpengaruh pada proses pembuangan air yang dilakukan oleh mesin cuci.
  • Gunakan deterjen khusus mesin cuci. Deterjen jenis ini dirancang khusus untuk digunakan pada mesin cuci, sehingga akan membantu mesin cuci menjadi lebih awet.
  • Jangan mencuci melebihi kapasitas maksimal. Jika memasukkan pakaian kotor lebih berat dari bobot maksimal, maka kinerja dari mesin cuci menjadi tidak baik. Jika sering mencuci melebihi kapasitas maksimal, mesin menjadi lebih cepat untuk rusak.

Di akhir artikel ini, Anda sudah mempelajari apa saja kode error mesin cuci Sanyo dan bagaimana cara untuk mengatasi tiap masalahnya.

Sebenarnya ada satu lagi kode yang cukup banyak dicari maknanya, yaitu E5. Sayangnya, hinggi kini kami belum menemukan makna dan cara mengatasi kode E5.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment