Mengetahui Ukuran PK AC dan Ukuran Ruangan yang Ideal

Untuk kamu yang ingin memasang AC di rumah, perlu menjadi perhatian bahwa ukuran pk ac sangat penting agar dijadikan bahan pertimbangan. Apalagi jika ingin digunakan pada ruang tamu maupun ruang kamar, sebab berbeda pk ac akan memberikan perubahan suhu ruang yang signifikan.

Hal tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu dirumah. AC sendiri merupakan air conditioner yang sering digunakan untuk menyejukkan udara, dan membuat udara menjadi lebih sehat. Pada daerah tropis seperti Negara Indonesia, alat yang satu ini sangat banyak dibutuhkan oleh masyarakat.

Pada daerah tertentu, sangat sering terjadi cuaca panas yang sangat ekstrim sehingga tidak cukup jika hanya dibantu dengan kipas angin saja. Perlu menjadi catatan, penggunaan AC dengan PK yang besar dan tidak sesuai dengan kebutuhan akan membuat kamu boros energi dan listrik.

PK merupakan singkatan dari paard krach atau daya kuda. Dalam konteks air conditioner sendiri, pk merupakan besaran tenaga yang dibutuhkan oleh sebuah AC agar dapat menghasilkan udara dingin. Besaran tersebut tergantung dari kebutuhan suatu ruangan. Kamu juga wajib mengetahui ruangan ideal.

Mode Fan Pada AC

Ukuran PK AC yang Wajib Diketahui

Sebelum membeli sebuah air conditioner, kamu bisa memperhatikan ukuran ruangannya terlebih dahulu, agar dapat disesuaikan dengan ukuran pada PK yang dibutuhkan. Terdapat lima jenis PK yang umumnya digunakan pada ruangan di dalam rumah.

  • 0,5 PK = 5000 Btu/h, biasanya digunakan untuk ruangan dengan luas 10 m2.
  • 0,75 PK = 7000 Btu/h, digunakan pada ruangan seluas 14 m2.
  • 1 PK = 9000 Btu/h, biasa digunakan pada ruangan dengan luas 18 m2
  • 1,5 PK = 12000 Btu/h, untuk ruangan dengan luas 24 m2
  • 2 PK = 18000 Btu/h, digunakan pada ruangan dengan luas 36 m2.
Baca Juga:  Kulkas Sharp Berapa Watt? Inilah Jawabannya!

Perhitungan tersebut diperkirakan dari sebuah AC yang mendinginkan sebuah ruangan dalam kurun waktu satu jam. Pada pendingin ruangan yang memiliki pk kecil tentu saja dapat mendinginkan ruangan dengan kapasitas lebih besar, namun membutuhkan waktu yang lebih lama.

Di pendingin ruangan 1 pk umumnya digunakan untuk ruangan 36 m2, namun, membutuhkan waktu lebih agar udara bisa tersebar dengan rata. Berbeda jika menggunakan AC dengan daya kecil, maka akan lebih terasa sejuk dengan lebih cepat sesuai dengan ketentuannya.

Jika mencari yang lebih efisien, kamu bisa menyesuaikan dengan ukuran PK dan ukuran ruangan pada umumnya. Risikonya terdapat pada listrik dan tenaga yang dibutuhkan. Hal ini wajib menjadi perhatian, apalagi jika menggunakan air conditioner lebih dari satu di berbagai ruangan dalam rumah.

Daftar Kode AC Daikin

Mengenal Jenis AC yang Wajib Dipahami

Selain membahas mengenai ukuran pk ac, kamu juga harus memahami mengenai jenis ac yang banyak tersedia dan ditawarkan oleh toko elektronik. Hal tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan besarnya ruangan. Penggunaan ac di rumah, dan di kantor menjadi dua hal yang sangat berbeda.

Split Wall

Jenis yang pertama adalah split wall atau AC standart yang memiliki daya listrik kurang dari 800 watt biasanya digunakan pada rumah, atau kantor pada daerah tempat umum. Perawatannya juga cukup mudah dilakukan, jadi tidak membutuhkan biaya tambahan yang mahal.

Jenis yang satu ini juga terbagi menjadi dua, yaitu outdoor dan indoor, bagian yang biasa mengeluarkan hawa dingin pada AC tersebut adalah indoor, sementara pada bagian outdoor menjadi tempat di mana mesin pada AC tersebut berada. Pada bagian outdoor sengaja diletakkan di luar ruangan.

Baca Juga:  Kabel Type C: Fitur, Kelebihan, dan Jenis HP yang Kompatibel

Sentral

Lanjut dengan sentral yang menjadi salah satu jenis ac yang biasa digunakan pada bangunan besar seperti mall, hotel dan lainnya. Jenis ac sentral mampu bekerja dengan cepat pada ruangan cooling plant yang biasa berasal dari luar. Jadi, ruangan besar akan dingin secara merata.

Udara yang sudah dingin akan dialirkan dengan mudah kembali ke dalam bangunan atau ruangan tersebut. Untuk ac jenis sentral memiliki harga yang lebih mahal, karena biasa digunakan pada berbagai mall bahkan hotel di Indonesia dan Negara lainnya.

Standing Floor

Jenis berikutnya adalah standing floor, yang dapat dibilang cukup unik, jenis ac yang satu ini memiliki bentuk unit indoor berdiri, sehingga mudah dipindahkan pada berbagai tempat sesuai keinginan dan kebutuhan kamu. Jenis standing floor mempunyai sistem pendingin yang letaknya pada bagian bawah.

Mesinnya terdapat di bagian bawah, hal ini yang membuat standing floor dapat mengeluarkan panas melewati ventilasi yang ada pada dinding terluar. Memiliki kapasitas 1 hingga 5 pk, jenis ac standing floor sering digunakan pada acara besar seperti pameran, pernikahan atau ulang tahun.

Inverter

AC inverter sendiri merupakan salah satu inovasi jenis ac yang hadir lebih terjangkau. Hal tersebut karena kelengkapan komponennya untuk mengatur kinerja pada sebuah kompresor sesuai dengan kebutuhan kamu. Maka dari itu, tidak heran jika jenis inverter dijual dengan harga yang lebih tinggi.

AC tersebut biasa bekerja dengan mengubah arus pada listrik menjadi DC. Lanjut dengan kembali diubah menjadi AC dengan otomatis, maka frekuensinya biasa diatur oleh suhu yang tengahnya tersedia di dalamnya. Pada suhu ruangan sendiri yang sudah dingin, sensor pintar akan mengatur arus listriknya.

Baca Juga:  Fungsi Thermostat Kulkas dan Cara Kerjanya Lengkap

VRV

Lanjut dengan jenis VRV atau variable refrigerant volume yang merupakan sebuah teknologi yang sudah dilengkapi oleh CPU dan juga sebuah kompresor inverter. Jenis yang satu ini sudah terbukti handal, dan memiliki efisiensi energi yang lebih baik, dibandingkan jenis lainnya.

Pada sistem VRV sendiri, satu outdoor bisa digunakan untuk dua indoor bahkan lebih, dan mampu mengatur jadwal serta temperatur sesuai kebutuhan dan keinginan. Hal ini menjadikan keunggulan tersendiri bagi jenis VRV. Biasa digunakan pada ruangan rumah maupun yang ada di dalam mall.

Keunggulan Menggunakan Air Conditioner

Terdapat berbagai keunggulan yang bisa didapatkan, jika kamu memilih menggunakan ac dibandingkan kipas angin. Pertama, mampu mendinginkan ruangan yang besar sesuai pk yang ditentukan. Biasanya, pengukuran bisa disesuaikan dengan besaran ruangan. Jenis yang digunakan juga akan berbeda.

Kedua, ac lebih aman digunakan untuk anak-anak. Didesain berbentuk kotak dan lebih tertutup, sehingga tidak membahayakan anak-anak. Hal tersebut menjadi kelebihan pada pengguna ac. Selain itu, alat pendingin yang satu ini akan memberikan kesejukan yang lebih dibandingkan dengan kipas angin.

Ketiga, dengan menggunakan air conditioner, tentu saja tidak akan menghasilkan debu yang bisa bertebrangan dan menganggu pernapasan. Hal tersebut didukung dengan komponen ac yang dirancang menjadi dua, yaitu terdapat pada area indoor dan outdoor.

Ukuran PK AC sangat penting untuk diperhatikan. Pastikan, mengukur ruangannya terlebih dahulu agar tidak keliru dalam memilih ac yang cocok. Apalagi, jika digunakan pada area kantor, maupun bangunan yang lebih besar dari ukuran rumah. Listrik dan tenaga nya juga wajib dipertimbangkan.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment