Penyebab Freezer Tidak Beku dan Cara untuk Mengatasinya

kulkas menjadi salah satu barang kebutuhan rumah tangga yang berguna untuk menyimpan berbagai jenis makanan supaya lebih tahan lama dan segar. Bagian dari kulkas, yakni freezer kerap mengalami masalah berupa freezer tidak beku sehingga tidak dapat bekerja maksimal.

Lemari pendingin mempunyai fungsi yang sangat banyak selain untuk menjaga kesegaran dan ketahanan makanan. Komponen freezer menjadi salah satu yang paling penting dimana dapat dipakai membuat es batu sehingga pengaturan dan sistem suhu di dalamnya berbeda.

Dengan pemakaian yang sudah cukup lama dan beberapa alasan lainnya, menyebabkan terjadinya kerusakan pada bagian freezer sehingga tidak dapat menjaga makanan dalam kondisi baik dan awet. Namun, Anda tidak perlu khawatir, sebab terdapat cara untuk mengatasinya.

Penyebab Freezer Tidak Beku dengan Sempurna

Penyebab Freezer Tidak Bisa Beku dengan Sempurna

Bagian dari lemari pendingin satu ini memiliki peran penting sehingga apabila terjadi kerusakan, perlu segera melakukan pengecekan. Ada beberapa penyebab mengapa freezer menjadi tidak beku dengan sempurna.

1. Kondisi Coil Condensor yang Rusak

Penyebab pertama yang mungkin terjadi pada kulkas Anda adalah adanya kondisi pada bagian coil kondesor yang kotor sehingga kinerja komponen untuk membekukan makanan menjadi berkurang. Dengan demikian, meskipun sudah lama menunggu, tetap tidak bisa menjadi beku.

2. Terjadi Kerusakan pada Freon

Masalah berikutnya adalah terjadinya kerusakan di bagian Freon dimana menjadi komponen penting untuk bisa memberikan tenaga pembekuan yang optimal. Jika kondisinya bocor, tentu saja tidak dapat mendukung proses pengawetan makanan atau membekukan dengan sempurna.

3. Kerusakan pada Start Relay

Start relay yang mengalami kerusakan tidak akan bisa menjaga kondisi makanan dengan maksimal atau menjadi salah satu penyebab es batu lama beku dengan kondisi bagus. Fungsi start relay sendiri yaitu menyalurkan daya ke kompresor sehingga jika rusak, maka tidak dapat bekerja secara normal.

Baca Juga:  Kode Error Mesin Cuci Sanyo EA, EC, E1, E2, U4, U5 & Solusinya

4. Sering Membuka Pintu Kulkas

Tahukah Anda bahwa sering membuka kulkas bisa menyebabkan kondisinya menurun, termasuk menurunkan performa kerja freezer. Dengan demikian, proses pembekuan dan menjaga berbagai jenis bahan makanan menjadi terkendala.

Cara Mengatasi Freezer yang Tidak Bisa Beku

Dengan melihat beberapa penyebab seperti sebelumnya, maka dapat mengetahui bagaimana cara untuk mengatasi masalah tersebut. Adapun solusi yang dapat Anda terapkan dapat disimak pada pembahasan di bawah ini.

1. Membersihkan Kondensor Coil dengan Rutin

Mengatasi kondisi freezer kulkas tidak beku apabila kondensor Coil sudah sangat kotor, maka harus segera dilakukan pembersihan. Anda bisa memanggil jasa yang kompeten atau ahli dalam hal ini sehingga tidak akan terjadi kesalahan.

2. Mengecek Kondisi Freon

Fungsi Freon yang sangat penting untuk menjadi sumber kekuatan untuk proses pembekuan sehingga jika freezer tidak dingin, kemungkinan Freon mengalami masalah. Lakukan pengecekan kondisinya dan segera melakukan perbaikan.

3. Memperbaiki Start Relay yang Rusak

Kerusakan di bagian start relay tidak boleh dibiarkan dalam jangka waktu lama karena dampaknya dapat menjadikan kulkas semakin menurun performanya. Oleh sebab itu, segera lakukan perbaikan pada komponen tersebut dengan menggunakan jasa servis berpengalaman.

4. Menghindari Kebiasaan Sering Membuka Kulkas

Solusi selanjutnya berkaitan dengan kebiasaan penggunaan sehari-hari yang sering sekali membuka tutup kulkas. Hindari kebiasaan tersebut sehingga menjadikan lemari pendingin berfungsi secara optimal, termasuk untuk membekukan.

Komponen-Komponen pada Kulkas yang Sering Rusak Sehingga Membuat Freezer Tidak Beku Maksimal

Terdapat beberapa komponen di dalam kulkas yang bisa menjadi penyebab freezer tidak beku sehingga membuat makanan cepat basi atau es batu tidak bisa membeku sempurna. Kenali beberapa komponen untuk selalu diperhatikan sebagai berikut.

Baca Juga:  8 Rice Cooker Digital Terbaik untuk Nasi Tanak dan Enak

1. Evaporator

Fungsi dari bagian evaporator dalam lemari pendingin adalah menyerap panas sehingga semua jenis makanan atau minuman yang Anda masukkan akan menjadi dingin sehingga terjaga kesegaran dan keawetannya. Apabila terjadi kerusakan, masa akan mengganggu proses pembekuan.

2. Thermostat

Thermostat juga sering disebut sebagai pengontrol suhu atau temperature control dimana mempunyai peran untuk mencegah terjadinya pembekuan kipas evaporator. Pengguna bebas mengatur suhu secara manual atau setting secara otomatis.

3. Kondensor

Komponen berikutnya disebut dengan kondensor dimana berguna untuk mengubah gas refrigerant tekanan tinggi menjadi cairan dengan melakukan penghilangan suhu panas. Kondensor terdiri dari dua bagian yaitu coil dan fan dimana sering sekali kotor sehingga harus dibersihkan secara rutin.

4. Kompresor

Kompresor mempunyai fungsi untuk memompa bahan pendingin ke seluruh bagian dalam lemari es sekaligus memiliki peran sebagai penghisap gas. Inilah yang membuat seluruh bagian dari kulkas menjadi dingin.

Bagaimana Membuat Freezer Box Menghasilkan Es Batu

Mengatasi Masalah Freezer yang Dingin Tapi Tidak Bisa Beku Maksimal

Freezer box merupakan bagian di dalam kulkas yang bisa menghasilkan es batu, namun apakah freezer box bisa membuat es batu apabila kondisi lemari pendingin mengalami masalah? Ikuti cara mengatur suhu agar es batu jadi secara sempurna seperti berikut.

1. Jangan Menumpuk Barang Terlalu Banyak

Salah satu cara membuat es batu di freezer box cepat beku adalah tidak menumpuk berbagai jenis makanan atau minuman dengan jumlah besar. Biasanya untuk kebutuhan pembekuan, suhu dingin harus menyebar merata sehingga jangan sampai penuh sesak.

2. Jauhkan dari Paparan Panas

Hal yang menjadi penyebab kulkas dingin tapi tidak beku adalah meletakkan perabotan ini dekat dengan sumber panas sehingga membuat kinerja dari mesin akan terganggu. Contoh sumber panas antara lain kompor dimana sering dipakai sehari-hari.

Baca Juga:  8 Kelebihan dan Kekurangan AC Inverter, Wajib Tahu!

3. Sesuaikan Jenis Makanan yang Dimasukkan

Supaya freezer mampu menghasilkan makanan atau minuman beku secara optimal, pastikan memasukkan bahan-bahan sesuai jenisnya. Jika bahan-bahan terlalu bermacam-macam, maka proses pendinginan dan pembekuan menjadi terhambat bahkan mempengaruhi satu sama lain.

Tips Membekukan Makanan/Minuman ke Dalam Freezer untuk Hasil Maksimal

Freezer sering digunakan untuk simpan makanan frozen, es krim, buat es batu, dan lain sebagainya. Supaya bagian dari lemari pendingin bisa menjaga makanan atau minuman secara maksimal, ikuti sejumlah tips sebagai berikut.

1. Membersihkan Bunga Es secara Rutin

Hal yang bisa memungkinkan menjadi penyebab kulkas 1 pintu dingin tapi tidak beku adalah banyaknya bunga es di dalam freezer. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk melakukan pembersihan secara rutin.

2. Jangan Masukkan Makanan dan Minuman dalam Kondisi Panas

Tips berikutnya adalah jangan memasukkan berbagai jenis makanan atau minuman ke dalam lemari pendingin saat kondisinya panas. Inilah kenapa freezer kulkas tidak beku dengan merata dimana membuat suhu panas justru mempercepat terjadinya bunga es.

3. Letakkan Kulkas Jauh dari Sumber Panas

Jangan lupa untuk meletakkan kulkas jauh dari sumber panas, termasuk dari kompor dan terlalu dekat tembok sebab dapat memerangkap udara panas. Jika ini terjadi, kinerja freezer terganggu.

Itu dia ulasan tentang penyebab freezer tidak beku serta cara untuk mengatasi masalah tersebut. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semuanya.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment