Cara Setting AC LG Biar Dingin tapi Tetap Hemat Listrik

Jika kamu punya AC merek LG yang terasa kurang dingin maka kamu bisa menggunakan beberapa cara setting AC LG biar dingin yang ada di halaman ini. Tidak perlu khawatir akan kesulitan karena cara-cara yang diberikan dijamin mudah dipahami bahkan oleh kamu yang buta soal mesin AC.

Kenapa harus pilih AC LG?

Sebagai salah satu raksasa elektronik dunia tentu produk-produk buatan LG sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Namun, kenapa kamu perlu mempertimbangkan untuk menggunakan AC dari perusahaan tersebut? Berikut adalah pertimbangnnya.

Kelebihan dan Kekurangan AC LG New Hercules ½ PK

Hemat listrik

Masalah konsumsi listrik selalu menjadi pertimbangan utama konsumen Indonesia. Produk AC dari LG terkenal hemat listrik dibandingkan dengan produk dari merek lain terutama setelah diperkenalkannya teknologi inverter yang membuat konsumsi listrik semakin rendah namun tetap menghasilkan performa maksimal.

Fitur sterilisasi

Fitur ini memang tidak terdapat di semua tipe AC dari LG alias hanya beberapa tipe saja yang memilikinya. Dengan fitur ini udara di ruangan akan lebih bersih karena fitur ini mampu membasmi sebagian besar bakteri jahat sekaligus menghilangkan bau tidak sedap.

Fitur semacam ini akan sangat berguna jika AC digunakan dalam ruangan yang digunakan secara bersama-sama. Dengan fitur ini maka bau seperti keringat dan sebagainya bisa disamarkan sehingga tidak mengganggu orang sekitar.

Masa garansi yang panjang

Masa garansi produk-produk AC dari LG lumayan lama yaitu bisa mencapai 10 tahun. Hal ini jarang ditemukan pada merek-merek lain bahkan merek besar sekalipun. Dengan masa garansi yang panjang maka kamu tidak perlu khawatir jika AC LG milikmu mengalami kerusakan.

Tutorial mudah agar AC cepat dingin

Sebenarnya ada banyak cara untuk membuat AC LG milikmu cepat dingin. Namun, hanya beberapa cara saja yang umum digunakan dan bisa digunakan untuk hampir semua tipe AC LG. Apa saja caranya? Berikut adalah tutorial singkatnya.

Baca Juga:  Mode Arti Lambang pada Remote AC LG: Apa yang Harus Kamu Tahu

Mengaktifkan swing mode

Mode swing akan membuat ruangan ruangan dingin lebih merata. Hal ini disebabkan karena ketika kamu mengaktifkan mode swing maka ‘kipas’ akan bergerak dinamis ke atas dan ke bawah sehingga udara dingin yang dikeluarkan AC akan lebih tersebar merata mengikuti arah kipas.

Untuk mengaktifkan mode swing kamu cukup menekan tombol Swing di remot AC kemudian pilih tombol dengan gambar panah atas bawah. Cara ini rata-rata berlaku untuk semua jenis AC dengan merek apapun dan tidak terbatas hanya pada merek LG saja.

Mengaktifkan fan mode

Jika swing mode adalah fitur untuk mengatur arah hembusan AC maka mode fan merupakan fitur yang mengatur kecepatan hembusan AC dalam kondisi kompresor tidak bekerja. Dengan begitu, ruangan akan lebih cepat dingin tapi tetap hemat listrik.

Kamu cukup menekan tombol Power kemudian tekan tombol Mode beberapa kali lalu pilih Fan. Pilih opsi Fan Speed dan sesuaikan kecepatan kipas hembusan AC sesuai keinginanmu.

Atur di cool mode

Cool mode atau mode dingin akan membuat AC cepat dingin. Dalam mode ini kompresor AC akan bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan dan kipas AC akan mengedarkan udara dingin tersebut secara merata ke seluruh ruangan.

Ketika suhu ruangan sudah mencapai titik yang diinginkan maka secara otomatis kompresor akan berhenti namun kipas akan tetap bekerja sehingga ruangan akan tetap dingin. Kamu cukup menekan tombol Power di remote AC kemudian atur suhu yang diinginkan menggunakan tombol yang tersedia. Klik Mode beberapa kali lalu pilih Cool untuk menyesuaikan  kecepatan kipas.

Mengaktifkan jet mode

Beberapa AC LG memiliki Jet Mode yang bisa mempercepat pendinginan ruangan sehingga tidak perlu menunggu lama. Fitur ini merupakan fitur khusus yang hanya dimiliki oleh AC LG dan tidak bisa kamu temukan di merek lain.

Baca Juga:  Ukuran Kulkas LG Paling Populer dan Tips Memilih Kulkas

Mengaktifkan energy saver mode

Mode ini sangat membantu untuk menghemat listrik. Ketika mode ini diaktifkan maka sirkulasi kipas AC akan mati. Khusus untuk AC dari LG, kipas dan kompresor akan menyala dan mati secara otomatis  sesuai dengan kebutuhan ruangan.

Kamu cukup menekan tombol Power kemudian tekan tombol untuk mengatur suhu sesuai keinginan. Tekan tombol Mode beberapa kali lalu pilih energy saver mode.

Mengaktifkan dry mode

Fitur ini memungkinkan ruangan menjadi lebih cepat dingin karena kehilangan kelembaban. Ketika suhu diatur maka kompresor dan kipas akan mati secara otomatis namun kipas exhaust akan tetap bekerja.

Kamu cukup menekan tombol Power kemudian tekan tombol untuk mengatur suhu sesuai keinginan. Tekan tombol Mode beberapa kali lalu pilih Dry.

Perlu diingatkan jika kamu menggunakan mode ini maka ruangan akan menjadi dingin tapi juga kering sehingga kulit kamu akan lebih cepat kering. Oleh karena itu, kamu perlu berhati-hati ketika mengaktifkan fitur ini terutama jika kamu menggunakan AC dalam waktu lama.

Efek dari dry mode ini mungkin terlihat sepele namun jika kamu sering berada dalam ruangan AC dalam jangka panjang hal ini bisa mempengaruhi kondisi kulit terutama jika kamu punya kulit sensitif. Kulit kering akan pecah-pecah dan jika sudah parah bahkan bisa berdarah.

Atur temperatur secara bertahap

Turunkan suhu ruangan secara bertahap jika kamu merasa suhunya tidak juga dingin. Jangan langsung menurunkan suhu ke suhu paling rendah karena hal tersebut hanya akan membuat kompresor bekerja lebih berat.

Sebaiknya atur suhu ruangan pada 16-18°C agar AC bisa bekerja lebih maksimal. Setelah beberapa lama baru kamu bisa menurunkan suhunya secara bertahap sampai menemukan temperatur yang sesuai dengan keinginan.

Baca Juga:  Pengertian Rangkaian Inverter, Jenis, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Pastikan ruangan selalu tertutup

Ruangan yang dipasang AC memang harus selalu tertutup. Bahkan jika mmeungkinkan minim cahaya dari luar agar suhu di dalam ruangan tetap dingin. Bila dirasa perlu kamu bisa menambal sela-sela pintu atau jendela agar udara dingin dari ruang tidak keluar.

Jangan lupakan service rutin

Kamu harus sadar jika semua perangkat elektronik termasuk AC perlu pemeriksaan rutin. Kamu juga perlu membersihkannya secara menyeluruh agar AC tidak kotor dan menjadi sarang penyakit. Tidak hanya itu, AC yang jarang dibersihkan juga membuatnya tidak cepat dingin.

Hal ini dikarenakan filter AC penuh dengan debu dan kotoran sehingga jika tidak dibersihkan secara rutin akan mengganggu kinerja AC. Membuat AC tidak cepat dingin meski sudah dihidupkan sejak lama. Ketika AC milikmu tidak cepat dingin maka konsumsi listriknya bisa lumayan boros.

Untuk service rutin, pastikan kamu memilih jasa yang terpercaya. Bila perlu minta rekomendasi dari pihak toko yang menjualnya. Kamu juga bisa bertanya cara merawat dan membersihkan AC yang benar kepada penjaga toko.

Berikut merupakan beberapa cara setting AC LG biar dingin maksimal namun tetap hemat listrik. Perlu kamu ketahui jika meski masih satu merek tapi tidak semua tipe AC LG memiliki pengaturan yang sama sehingga ada baiknya untuk membaca panduannya lebih dahulu.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment