Cara Setting Remote TV Universal Tanpa Kode untuk Semua Tipe

Televisi menjadi sarana hiburan untuk masyarakat di semua kalangan dimana bisa menonton berbagai tayangan dengan ragam channel. Agar dapat mengganti saluran, maka dapat mengetahui cara setting remote tv universal tanpa kode yang mana cocok untuk semua tipe TV.

Saat ini, ada banyak sekali tipe dan merk dari televisi mulai dari tabung, LED, bahkan Smart TV. Semua jenis tersebut akan membutuhkan peralatan yang bernama remote untuk memudahkan proses setting, mengganti channel, mengubah volume, dan lain sebagainya.

Pada beberapa kasus, tidak jarang pengguna mengalami masalah kerusakan pada remote TV sehingga bisa menggunakan tipe universal. Jenis remote tv universal dirancang untuk bisa digunakan di semua jenis atau tipe televisi.

Apa Itu Remote TV Universal?

Cara Setting Remote TV Universal Tanpa Kode

Keberadaan remote menjadi sangat penting dimana menjadi pasangan yang tidak dapat dipisahkan dengan televisi. Sebelum mengetahui lebih jauh tentang bagaimana cara setting remote tv universal, maka perlu mengenal apa itu remote TV Universal terlebih dahulu.

Kata ‘Universal’ pada perangkat ini mengacu pada penggunaannya yang umum atau bisa dipakai di televisi berbagai merk atau brand. Dengan demikian, tidak terpaku dengan satu merk TV saja serta bisa disetting tanpa perlu memakai kode.

Penggunaan remot Universal biasanya dilakukan karena perangkat sebelumnya mengalami kerusakan atau hilang. Apabila harus membeli dengan brand dan tipe yang sama, terkadang terdapat kendala atau kesulitan, sebab perusahaan tidak memproduksinya lagi serta alasan lainnya.

Sebagai solusi yang praktis, Anda bisa memilih untuk membeli dan menggunakan remote televisi dengan jenis Universal satu ini. Produk ini juga dapat ditemukan dengan mudah dimana terdapat berbagai opsi merk di pasaran.

Harga dari alat pengganti channel televisi ini juga terjangkau alias ramah di kantong. Dengan demikian, bisa menggantinya secara mudah apabila terjadi kerusakan pada remote TV Anda dan melakukan cara set remote tv universal dengan praktis dimana bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan teknisi.

Baca Juga:  Cara Menyambungkan Set Top Box ke Wifi dengan dan Tanpa Menggunakan Dongle Wifi

Setting Remote TV Universal Menggunakan Tombol Volume

Setting Remote TV Universal Menggunakan Tombol Volume

Cara pertama untuk bisa melakukan setting remote universal adalah dengan menggunakan tombol volume. Ini merupakan metode yang paling umum dikenal oleh masyarakat dimana sangat mudah karena tidak perlu mencari dan mengingat kode tertentu.

Cara satu ini memerlukan tombol set pada remote tv, sehingga pastikan tombolnya berfungsi dengan baik. Adapun proses pengaturan selengkapnya dapat Anda simak pada tutorial di bawah ini.

  • Nyalakan televisi
  • Ambil remote Universal dan arahkan ke lampu indikator TV
  • Tekan tombol set yang ada di remot
  • Tahan tombol set tersebut sampai lampu indikator remote TV menyala
  • Tekan tombol volume + berkali-kali secara terus menerus sampai muncul informasi volume di layar TV
  • Jika informasi sudah muncul, maka tekan tombol volume –
  • Apabila volume berhasil berkurang, maka remot sudah berhasil disetting dan dapat digunakan
  • Jika belum berhasil, maka perlu mengulangi langkah sebelumnya

Setting Tanpa Menggunakan Tombol Set

Pada beberapa kasus, pengguna tidak bisa menemukan tombol set di remot tv barunya. Namun, tenang saja, terdapat cara setting remote tv tidak ada tombol set dimana hanya perlu melakukan sedikit trik seperti pada panduan di bawah ini.

  • Arahkan remote ke televisi dengan memperhatikan letak lampu indikatornya
  • Pastikan menggunakan brand remote yang sama dengan TV agar cara ini berhasil
  • Apabila Anda menggunakan merk Sharp, tekan tombol power dan angka 4 secara bersamaan
  • Apabila Anda menggunakan merk Samsung, tekan tombol power dan angka 1 secara bersamaan
  • Tunggu sampai beberapa detik
  • Tekan tombol apa saja di remote
  • Jika bisa, maka berhasil dan remot bisa dipakai

Untuk cara setting remote tv universal tanpa kode diatas harus menggunakan brand remote yang sama dengan TV. Pada beberapa merk, tersedia panduan secara lengkap di belakang remot-nya, seperti TV C-Vision.

Baca Juga:  Cara Menghitung Kapasitor dan Tabel dari Kapasitor

Setting Menggunakan Aplikasi Bantuan

Pada opsi berikutnya, pengguna bisa melakukan set remote tv universal dengan memakai aplikasi bantuan dimana perlu diinstall di smartphone Android Anda. Melalui cara satu ini, tentu saja membutuhkan smartphone, Play Store, dan jaringan internet yang bagus.

Ikuti langkah-langkah setting remote Universal dengan aplikasi selengkapnya berikut ini.

  • Siapkan smartphone
  • Masuk ke Play Store
  • Ketikkan kata kunci Peel Smart Remote di kolom pencarian
  • Unduh dan pasang aplikasinya
  • Jalankan aplikasi yang sudah terinstall
  • Ikuti perintah yang ada di interface
  • Cari merk dari remot TV Universal yang Anda miliki
  • Ambil remo tersebut
  • Tekan tombol power sampai televisi berhasil menyala
  • Selesai

Setting Tanpa Menggunakan Remote

Setting Remote TV Universal Praktis dan Cepat

Metode setting berikutnya berkaitan pada cara sebelumnya dimana Anda tidak perlu menggunakan remote tersebut. Dalam hal ini, pengguna dapat memakai bantuan aplikasi lain seperti pada rekomendasi di bawah ini.

1. Universal TV Remote Control

Rekomendasi pertama jatuh pada Universal TV Remote Control dimana memudahkan dalam cara setting remote tv universal tanpa tombol set. Anda bisa unduh secara gratis melalui Play Store dimana ini juga kompatibel untuk jenis televisi LCD, LED, sampai Smart TV.

2. Mi Remote

Seperti namanya, Mi Remote dirancang oleh developer smartphone ternama Xiaomi. Namun, app ini bisa digunakan untuk semua jenis remote, televisi, bahkan berbagai peralatan elektronik lain, seperti AC, CD, kipas angin, hingga projector.

3. Roku Remote

Roku Remote kompatibel untuk smartphone Android dan iOS sehingga tersedia di Play Store dan App Store. App satu ini akan sangat membantu dalam mengontrol televisi dengan sistem interface yang didesain sangat mirip seperti remot.

Mengapa Tidak Bisa Setting Remote TV Universal?

Jenis remote Universal bisa dengan mudah ditemukan dan banyak digunakan sebab kompatibel untuk semua tipe televisi. Dalam penggunaannya, terkadang sering menemui kendala sehingga gagal ketika akan melakukan setting.

Baca Juga:  9 Kelebihan dan Kekurangan Kulkas Sharp SJ-237

1. Baterai Habis atau Tidak Cocok

Tipe remote Universal membutuhkan baterai sebagai dayanya sehingga apabila tidak bisa melakukan setting, bisa terjadi masalah pada baterai tersebut. Apabila Anda membeli dalam kondisi baru, pastikan jenisnya sudah sesuai dengan aturan yang ada.

2. Kerusakan pada Sensor

Kerusakan di bagian sensor sering tidak disadari pengguna sehingga membuat proses set remote televisi menjadi terkendala. Lakukan pengecekan di bagian receiver TV dan memastikan tidak terdapat halangan seperti benda tertentu.

3. Kerusakan Komponen di Dalamnya

Masalah yang bisa menyebabkan gagalnya proses set remote satu ini adalah karena adanya kerusakan pada komponen tertentu. Sebagai contoh, tombol set pada remote yang tidak bisa berfungsi sebab sudah rusak sehingga perlu mengganti baru atau memperbaiknya ke teknisi ahli.

Itu dia informasi tentang cara setting remote tv universal tanpa kode yang sangat praktis sehingga tidak perlu kesusahan menghafalkan angka-angkanya. Anda bisa menggunakan metode dengan memakai tombol set atau memakai bantuan aplikasi yang dipasang di smartphone.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment