Cara Menggunakan HDMI Dongle Ke TV dengan Mudah

Kalau biasanya berinternet di TV dilakukan ketika TV terhubung dengan jaringan Wifi dengan perangkat khusus, ada juga cara baru nonton seru yaitu menampilkan layar HP ke TV dengan mudah. Yang harus Anda lakukan hanya menerapkan cara menggunakan HDMI dongle ke TV di rumah. Penasaran?

Di era digital sekarang semua bisa dilakukan pada satu perangkat saja. Misalnya streaming TV bisa dilakukan melalui HP, begitu juga dengan nonton melalui platform video. Namun jika ingin melihat tampilan HP melalui TV memang butuh tambahan alat khusus, tidak mahal kok namun multifungsi.

Apa itu HDMI Dongle

Cara Menggunakan HDMI Dongle Ke TV dengan Mudah

Sebelum mencoba cara menggunakan HDMI dongle, Anda perlu tahu dulu apa sebenarnya perangkat tersebut.

Jika diartikan dengan bahasa umum dongle adalah sebuah alat yang mirip dengan flash disk, punya kemampuan hebat untuk menampilkan halaman yang dilihat pada HP di TV. Sehingga menonton menjadi lebih menyenangkan dan puas.

Kebanyakan TV kekinian yang menggunakan teknologi LED dan sejenisnya, sudah memiliki port untuk pemasangan alat ini. Sehingga Anda tinggal membeli alatnya dan menghubungkan kedua perangkat dengan cepat dan mudah.

Cara Menggunakan HDMI Dongle Ke TV Tabung

Kalau Anda masih menggunakan televisi jadul dengan istilah TV tabung, jangan khawatir karena tetap bisa memanfaatkan alat ini untuk dapat menonton HP melalui TV. Bahkan bisa dipakai untuk berinternet tanpa mengharuskan TV terhubung langsung pada perangkat Wifi. Bagaimana caranya:

  • Siapkan kabel Radio Corporation of America (RCA) yang akan menjadi penghubung antara HDMI dengan perangkat TV Anda
  • Konektor pada bagian RCA dihubungkan pada HDMI dongle, kemudian manfaatkan port USB yang tersedia untuk mengaktifkannya
  • Aktifkan perangkat HP Anda, lalu instal aplikasi Miracast pada Google Play Store atau App Store.
  • Jika sudah diinstal, buka halaman utama aplikasi tersebut dan koneksikan untuk melihat daftar HDMI dongle yang terhubung
  • Pilih HDMI dongle yang terkoneksi pada TV dan pilih connect untuk menghubungkan kedua perangkat
  • Tunggu proses sinkronisasi dan Anda selanjutnya bisa menonton tampilan HP pada televisi tabung
Baca Juga:  Listrik Dinamis: Pengertian, Ciri-Ciri, Manfaat dan Contohnya

Cara Menggunakan HDMI Dongle Ke TV LED

Bagi yang sudah menggunakan TV LED, akan lebih mudah cara menggunakan HDMI dongle ke TV karena kebanyakan TV jenis tersebut sudah dilengkapi port HDMI. Berikut ini cara yang bisa dilakukan.

  • Aktifkan TV lalu masukkan dongle pada port HDMI yang tersedia
  • Lanjutkan dengan memasukkan charger pada bagian dongle, untuk menghubungkan sumber daya ke port USB yang ada pada TV
  • Pilih pengaturan saluran TV dan alihkan pada mode HDMI, kemudian aktifkan mode Miracast
  • Aktifkan HP kemudian instal aplikasi Miracast melalui Google Play Store dan buka aplikasi tersebut pada HP
  • Pilih tombol connect dan pilih dongle HDMI yang tersambung pada TV
  • Akan muncul daftar perangkat dongle yang terhubung dan pilih dongle TV Anda
  • Tunggu proses koneksi dan Anda sudah bisa menonton HP di layar TV

Keunggulan Pakai HDMI Dongle

Setelah mengetahui bagaimana cara menggunakan dongle, Anda juga perlu tahu apa saja sih keunggulan dari perangkat tersebut. Sehingga nantinya saat sudah dibeli dan dipakai, Anda langsung dapat merasakan keunggulannya tersebut.

Bisa Digunakan untuk Berbagai Perangkat

Bukan saja menghubungkan TV dengan HP, perangkat HDMI dongle ini juga dapat menghubungkan berbagai perangkat lainnya ke televisi. Seperti laptop dengan TV, ketika ingin melihat data dari internet dengan lebih jelas ketimbang hanya melalui kalar laptop yang terbatas.

Selanjutnya bisa juga menghubungkan antara infocus dengan HP ketika akan mempresentasikan data. Cara menggunakan HDMI dongle anycast ke TV akan relatif sama dengan koneksi dua perangkat ini, hanya saja mungkin port yang digunakan akan berbeda sesuai perangkat yang dipakai.

Baca Juga:  Ketahui Gambar Transitor dan Jenis-Jenisnya

Proses Koneksi Mudah

Untuk menghubungkan kedua perangkat tergolong mudah, karena didukung oleh alat-alat yang penggunaannya mudah dipahami. Oleh karena itu, siapapun bisa memakainya bahkan bagi yang baru pertama kali mencoba memanfaatkan dongle tersebut.

Apalagi jika ingin menghubungkan HP dengan TV LED, pada televisi jenis LED sudah dilengkapi banyak port yang mendukung koneksi tersebut.

Harga Lumayan Terjangkau

Boleh dibilang bahwa HDMI dongle adalah salah satu perangkat multifungsi yang harganya relatif murah. Akan sebanding harganya dengan fungsi yang ditawarkan, sehingga tidak akan kecewa membelinya baik langsung di toko elektronik maupun secara online.

Cukup Tahan Lama

Berdasarkan pengalaman sejumlah pengguna, alat ini termasuk tahan lama asalkan digunakan dengan cara yang benar. Bisa dalam hitungan bulan hingga tahunan, semakin jarang dipakai akan semakin awet.

Kekurangan Pakai HDMI Dongle

Selain keunggulan juga ada kelemahan HDMI dongle yang perlu diketahui, meskipun tidak bisa dihindari secara maksimal. Apa sajakah itu?

Jangkauan Jaringan Terbatas

Tampilan gambar HP atau laptop di televisi hanya akan bersih ketika kedua perangkat berada di tempat yang tidak terlalu jauh. Ketika HP atau laptop dipindahkan ke ruangan berbeda, maka koneksi akan terputus dan butuh waktu lagi untuk menghubungkannya kembali.

Jaringan ini dipengaruhi juga dengan letak port dongle pada televisi meskipun sudah menerapkan cara pasang HDMI ke TV, jika tersimpan di bagian belakang TV akan lebih sulit terkoneksi dalam jarak yang cukup jauh.

Boros Baterai

HP yang dijadikan sumber tampilan gambar akan lebih mudah boros baterai, karena penggunaan HP lebih diforsir dua kali lipat. Pertama untuk membuka halaman internet yang harus terhubung dengan jaringan internet, kedua adalah untuk koneksi HP dengan TV.

Baca Juga:  5 Cara Mematikan Timer AC Sharp, Mudah dan Cepat

Oleh karena itu, bisa mengakibatkan HP cepat bermasalah jika terlalu sering digunakan untuk koneksi dengan televisi. Apalagi biasanya ketika digunakan untuk koneksi ke televisi, pengguna akan menyambungkannya juga charger agar baterai senantiasa penuh.

Tampilan Hilang Ketika Perangkat Sumber Nonaktif

Tampilan gambar pada TV akan otomatis hilang ketika sumber koneksi dalam posisi tidak terhubung jaringan internet. Misalnya, saat harus menerima telepon maka layar TV akan menjadi hitam dan tidak bisa menampilkan halaman internet yang sudah dibuka pada perangkat HP.

Karena kegunaan dongle wifi untuk TV memang untuk memperbesar tampilan gambar di HP sesuai ukuran TV yang dipakai.

Pada Beberapa Situs Tidak Bisa Tampil Maksimal

Sejumlah pengguna produk dongle mengungkapkan kekecewaannya karena ketika sedang membuka situs tertentu, ternyata tidak dapat dibuka pada layar TV. Jadi, keinginan untuk nonton HP melalui TV tidak kesampaian.

Hal tersebut bisa saja disebabkan tidak tersedianya koneksi yang bagus antara HP dengan perangkat TV atau koneksi internet yang tidak stabil.

Halaman Terkunci di HP Tidak Dapat Diakses pada TV

Apakah Anda punya memiliki aplikasi pada ponsel yang dikunci dengan password tertentu? Jangan kaget jika ingin menampilkannya di TV ternyata tidak tersedia, meskipun sudah menggunakan cara menggunakan dongle wifi yang benar

Ternyata sangat mudah untuk bisa menghubungkan HP dengan TV agar tampilan halaman pada ponsel lebih besar dan nyaman dilihat. Anda tinggal menggunakan cara menggunakan HDMI dongle ke T di atas sesuai jenis TV yang dimiliki.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment