Fungsi Remote AC Sharp yang Wajib Diketahui Pengguna, Apa Saja?

AC Sharp merupakan merek alat pendingin ruangan yang memiliki berbagai macam mode. Setiap mode tersebut diatur dalam remote AC yang punya berbagai fungsi. Oleh karena itu, fungsi remote AC Sharp ini penting diketahui supaya Anda bisa menentukan mode AC Sharp yang akan digunakan.

Pada saat Anda membeli sebuah unit AC, Anda akan mendapatkan remote AC yang fungsinya untuk menghidupkan dan mematikan AC, mengontrol suhu, mengontrol kecepatan kipasnya bahkan ada beberapa merek AC yang menggunakan remote untuk mengecek kode error jika AC bekerja tidak normal.

Melalui artikel ini, akan dijabarkan perihal fungsi remote AC Sharp tersebut. Untuk itu, silakan baca artikel ini sampai selesai.

Fungsi Remote AC Sharp

Sama seperti kebanyakan simbol pada remote AC lainnya, pada remote AC Sharp ini hampir memiliki simbol atau tombol yang serupa, berikut tombol-tombol tersebut beserta fungsinya:

Timer On & Off

fungsi remote ac sharp

Tombol timer On & Off ini mungkin saat ini sudah hampir ada di berbagai remote AC merek apapun, termasuk AC dengan merek Sharp itu sendiri. Fungsinya tidak lain adalah untuk menghidupkan dan mematikan AC.

Temp

Untuk simbol pada tombol Temp/Temperatur sendiri berfungsi sebagai menampilkan suhu yang ada di dalam atau luar ruangan. Selain itu, tombol temp ini bisa juga untuk menaikkan atau menurunkan suhu yang diminta saat Anda menyalakan AC Sharp.

X-Fan

Fungsi remote AC Sharp dengan simbol ini yaitu sebagai pengatur kecepatan kipas supaya dapat disesuaikan dengan keadaan ruangan. Tentu pengguna nantinya pengguna AC Sharp bisa mengontrol suhu di dalam ruangan tersebut agar tidak terlalu dingin atau panas.

Clock

Simbol atau tombol Clock pada remote AC Sharp ini sendiri memiliki arti sebagai penunjuk waktu atau jam. Seperti jika Anda ingin bisa melihat jam di remote AC, atau sebagai penyetelan waktu saat Anda ingin menyalakan fitur otomatis AC-nya.

Baca Juga:  10 Rekomendasi Daftar Printer Epson Terbaik dan Termurah

Turbo

Simbol/tombol Turbo memiliki peran untuk mendinginkan udara maupun suhu di dalam ruangan dengan waktu yang cepat. Pada umumnya, apabila Anda menekan simbol ini akan muncul logo baling-baling di layar remote.

Sleep

Tombol sleep memiliki fungsi untuk meminimalisir suara yang ditimbulkan di dalam AC. Ketika penggunanya sedang tidur maka tidak akan merasa terganggu oleh suara bising mesin AC, sehingga waktu tidur akan menjadi lebih berkualitas dan nyenyak.

Light

Simbol atau tombol ini pada remote AC Sharp sendiri memiliki arti untuk menampilkan indikator lampu yang terdapat pada unit AC indoor. Ketika Anda menekan tombol light ini maka lampu AC indoor dengan sendirinya akan menyala.

Swing

Simbol swing menjadi simbol selanjutnya yang terdapat di remote AC Sharp, yang mana tombol swing memiliki arti untuk mengarahkan udara ke arah yang pengguna inginkan. Nantinya, Anda hanya perlu menekan tombol ini saja untuk dapat menggerakkannya.

Sekilas Mengenai AC Sharp

Sharp merupakan salah satu merek elektronik yang cukup populer dan menguasai pasar tanah air. Salah satu produknya yang laris di pasaran adalah Air Conditioner (AC).

Produk elektronik ini umum digunakan di daerah tertentu, seperti kantor, perkotaan, atau di daerah bersuhu panas. Dengan alat ini, suhu ruangan dapat diatur sesuai kebutuhan dan penggunanya pun bisa menikmati udara sejuk yang tersebar ke seluruh ruangan.

Produk AC Sharp termasuk merek AC yang selalu memberikan inovasi guna memudahkan penggunanya. Berdasarkan laman resminya, AC Sharp sudah menggunakan integrasi IoT dan AI.

Di samping itu, setiap AC Sharp jenis baru telah dilengkapi detektor gerak yang menentukan apakah seseorang ada di dalam ruangan atau tidak. Air Conditioner merek ini juga mampu bekerja melalui aplikasi Smart Control yang bisa dipasang di ponsel.

Baca Juga:  Fungsi Dioda Bridge, Kelebihan dan Kekurangan

Anda bisa mengontrol mode AC Sharp hanya melalui smartphone, bahkan saat berada jauh dari rumah. Dengan begitu, ketika masuk ke dalam rumah Anda bisa langsung menikmati udara sejuk karena sudah diatur sebelum tiba.

Mode AC Sharp

Mengutip laman how to tekno, secara umum, AC Sharp secara memiliki 5 mode yang bisa dioperasikan pengguna, di antaranya mode Cool, mode Auto, mode Dry, mode Fan, dan mode Heat.

Mode tersebut dapat diakses dengan menekan tombol pada remote maupun aplikasi Smart AC yang terpasang di telepon genggam. Supaya lebih memahami fungsi mode-mode di atas, simak fungsinya berikut ini.

Mode Cool

Berbeda dengan mode lainnya, Anda bisa mengatur suhu udara lebih dingin dari sebelumnya. Ketika mode ini diaktifkan, AC akan bekerja menyalakan kompresor untuk menyebarkan udara dingin ke dalam ruangan. Kompresor tersebut akan mati secara otomatis apabila suhu udara telah sesuai kebutuhan.

Mode Auto

Mode Auto ini berfungsi mengatur suhu secara otomatis sesuai kondisi ruangan. Bila ruangan sedang dalam kondisi panas, secara otomatis sistem akan mendinginkan ruangan tersebut.

Sayangnya, jika mode ini digunakan, Anda tidak bisa mengubah suhu udara sesuai keinginan karena sudah diatur secara otomatis oleh sistem AC.

Mode Dry

Mode Dry pada AC Sharp berfungsi untuk mengatur suhu ruangan agar tidak terlalu lembap. Saat mode ini diaktifkan, daya kipas AC Sharp akan menjadi berkurang.

Selain itu, ketika mode digunakan, kompresor akan menyala dan mati secara berulang dalam jeda waktu singkat. Tetapi, kipas angin AC akan bisa tetap berputar dengan kecepatan yang lebih rendah.

Mode Fan

Melalui mode ini, Anda bisa mengatur kecepatan kipas AC sesuai kebutuhan. Anda juga bisa menggunakan mode ini apabila suhu udara tidak terlalu panas. Di samping itu, mode Fan ini dinilai ampuh untuk mengurangi biaya tagihan listrik.

Baca Juga:  Cara Setting Frekuensi Indosiar 2024 untuk Mendapat Tayangan yang Jernih

Mode Heat

Mode Heat pada AC Sharp berfungsi untuk menaikkan suhu udara sehingga ruangan menjadi lebih hangat. Mode ini lebih cocok digunakan ketika sedang musim hujan atau pada ruangan dengan suhu udara yang terlampau ekstrem.

Cara Menyetel Remote AC Sharp Agar Cepat Dingin

Dalam penggunaan unit AC, tentu Anda ingin agar ruangan menjadi dingin lebih cepat. Di sini akan dijelaskan cara menyetel AC Sharp agar cepat dingin.

  • Saat unit AC dinyalakan, turunkan temperatur AC pada posisi terendah, yakni 16 – 20 derajat. Karena semakin rendah suhu AC maka hal ini membuat kinerja kompresor akan lebih maksimal sehingga ruangan akan lebih cepat terasa dingin.
  • Atur setting Fa pada posisi 3 (umumnya, di tampilan di remote berupa garis di bawah angka temperatur) sebab semakin kencang embusan blower fan, semakin cepat pula proses pendinginan di ruangan.
  • Nyalakan swing untuk mendinginkan ruangan secara merata ke setiap sudut ruangan.

Mungkin itulah yang dapat disampaikan untuk Anda semua mengenai fungsi remote AC Sharp. Di mana fungsi-fungsi tersebut hampir sama seperti kebanyakan remote AC merek lain.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment