Mengenal Apa Itu Kabel Listrik NYY

Mencari tahu tentang kabel listrik NYY merupakan hal penting saat Anda ingin mempelajari tentang instalasi listrik. Kabel tersebut bisa dibilang sebagai kabel serbaguna dan paling sering digunakan di Indonesia.

Komponen tersebut biasanya ditemui pada pembuatan instalasi listrik di berbagai bangunan seperti rumah, pabrik, gedung, dan lain sebagainya. NYY kabel dibuat menggunakan material PVC (Polyvinyl Chloride) yang mempunyai ketahanan bagus.

Melihat fungsi dari komponen ini, tentu tidak ada salahnya Anda untuk mencari tahu tentang kegunaan sampai dengan spesifikasinya. Berikut adalah berbagai informasi penting terkait kabel NYY yang perlu Anda ketahui.

Apa Itu Kabel Listrik NYY?

fungsi kabel NYY

Seperti dijelaskan di awal, kabel listrik NYY merupakan jenis komponen yang sering dipakai pada instalasi listrik berbagai macam bangunan. Komponen listrik ini umumnya tersusun atas konduktor tembaga berlapis isolasi PVC dan dilindungi PVC di bagian luar.

Komponen ini bisa dipakai untuk jenis tegangan rendah sampai dengan menengah dengan kekuatan arusnya mencapai 1000 V. Komponen tersebut difungsikan sebagai penghubung peralatan listrik seperti stop kontak, lampu, dan juga saklar.

Kabel ini juga bisa dipakai dalam instalasi listrik di dalam dinding ataupun pipa. Tidak hanya itu, kekuatan serta ketahanan dari bahan ini sangatlah baik terhadap paparan cuaca ekstrem seperti terik sinar matahari ataupun hujan.

Sementara untuk ukuran dari kabelnya, umumnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan daya listrik alatnya. Secara umum, semakin besar daya listrik yang diperlukan, maka dibutuhkan juga ukuran kabel NYY yang lebih besar lagi.

Peranan dari kabel N Y Y sangatlah penting terutama dalam pemasangan listrik karena berperan memastikan keselamatan dan kinerja dari sistem listriknya. Oleh karena itu, selalu perhatikan dan gunakan NYY yang tepat dengan keperluan pemasangan listrik Anda.

Baca Juga:  Pengertian E-bisnis: Komponen, Dampak, Contoh Serta Kelebihannya

Fungsi Kabel NYY

Secara umum, fungsi kabel N Y Y adalah untuk mengalirkan arus listrik di daya rendah sampai dengan menengah. Pemakaian dari jenis tersebut biasanya untuk pemasangan listrik pada industri, rumah, ataupun gedung lainnya.

Terkait dengan fungsinya, NYY ini memiliki fungsi menghubungkan peralatan listrik ke sumber listrik yang terdapat di luar alatnya tersebut. Jenis kabel ini mempunyai beberapa kelebihan seperti kuat dan tahan terdapat bahan kimia, suhu dingin, dan suhu panas.

Tidak cuma itu saja, komponen ini juga mempunyai prosedur pemasangan mudah dan juga dapat dipakai untuk jarak yang jauh. Pada instalasi, kabel ini sangat penting keberadaannya guna menjaga keandalan serta keamanan listrik bangunan.

Untuk bisa mendapatkan manfaat dan fungsi dari kabel ini dengan optimal, Anda harus memastikan bahwa kabelnya sudah sesuai standar. Selain itu, pastikan juga kapasitas listriknya sesuai dengan kebutuhan.

Mengenal Bagian Kabel NYY

Setelah mengenal pengertian beserta fungsinya, berikutnya akan dijelaskan juga tentang komponen atau bagian penyusun dari kabelnya. Hal tersebut tentu cukup penting supaya Anda dapat lebih paham lagi tentang komponen tersebut.

Berikut adalah berbagai macam bagian yang terdapat di dalam NYY:

1. Konduktor

Bagian NYY pertama adalah konduktor yang merupakan bagian penting untuk suatu instalasi listrik. Pasalnya, konduktor tersebut mempunyai fungsi untuk menghantarkan arus dari sumber listrik menuju ke beban listriknya.

Konduktor yang dipakai untuk kebutuhan kabel NYY umumnya menggunakan bahan dari aluminium ataupun tembaga. Bahan tersebut dipilih karena dinilai mempunyai sifat konduktivitas lebih baik dibandingkan bahan-bahan lainnya.

2. Isolasi PVC

Selanjutnya ada juga bagian dari NYY yang disebut dengan isolasi PVC. Sesuai namanya isolasi tersebut terbuat dari bahan Polyvinyl Chloride (PVC) yang mempunyai sifat tahan pada suhu tinggi serta mempunyai daya isolasi sangat baik.

Baca Juga:  Pengertian Analisis Deskriptif, Jenis dan Kelebihannya dalam Penelitian

Selain itu, bagian ini juga mempunyai kemampuan baik terhadap paparan bahan kimia. Hal tersebut membuat NYY sangat bagus dipakai pada lingkungan dengan risiko korosi atau dampak tindakan kima.

3. Selubung Luar dan Dalam

Bagian penyusun terakhir dari NYY adalah selubung luar dan selubung dalam. Selubung luar dibuat menggunakan bahan PVC yang memiliki ketahanan bagus pada panas, tekanan, dan sinar UV.

Sementara itu, selubung dalam merupakan komponen yang terbuat dari PVC kualitas tinggi. Bahan tersebut dapat memberikan perlindungan penghantar dari berbagai ancaman seperti gesekan ataupun kerusakan mekanis.

Berbagai Jenis Kabel NYY

Untuk dapat mengenal jenisnya, secara umum NYY dapat dibagi ke dalam 4 jenis berdasarkan intinya. Jenis yang sering dipakai oleh masyarakat sampai saat ini adalah jenis berikut:

  • NYY 1 inti.
  • NYY 2 inti.
  • NYY 3 inti.
  • NYY 4 inti.

Berbagai macam jenis tersebut paling banyak digunakan karena memang sesuai dengan kebutuhan dari instalasi listrik bangunan. Nantinya, pemilihan dari jenis tersebut dapat disesuaikan lagi dengan berbagai kebutuhan listrik bangunan Anda.

Kelebihan Dan Kekurangan NYY

kabel listrik NYY

Pada bagian awal mungkin telah disampaikan sedikit tentang kelebihan dari kabel ini. Namun, akan lebih baik lagi jika Anda mengetahui lebih lanjut lagi tentang apa saja kelebihan dan kelemahan dari komponen NYY tersebut.

Berikut adalah berbagai macam kelebihan serta kekurangannya.

1. Kelebihan

Kelebihan dari NYY adalah sebagai berikut:

  • Mempunyai keamanan tingkat tinggi, aman dan kuat dari serangan serangga pengerat, serta dapat dipakai di tempat-tempat ekstrem.
  • Isolasi komponen dapat memberikan perlindungan terhadap kabel dari adanya kebocoran listrik yang dapat menimbulkan bahaya kepada para penggunanya.
  • NYY tahan terhadap berbagai kondisi panas dan kelembapan sehingga bisa dipakai untuk berbagai macam kondisi lingkungan keras.
Baca Juga:  Dioda: Pengertian, Fungsi, Prinsip Cara Kerja dan Jenisnya

Berbagai macam kelebihan tersebut membuat NYY banyak dipilih dan digunakan oleh masyarakat pada umumnya. Namun, tentu selain memahami kelebihannya, Anda juga perlu mengetahui kekurangannya sebagai tambahan bahan pertimbangan.

2. Kekurangan

Selain kelebihan, tentunya ada juga kekurangan yang dimiliki oleh komponen NYY. Salah satu kekurangan tersebut adalah harganya tergolong mahal apabila dibandingkan dengan berbagai macam kabel instalasi listrik lainnya.

Hal tersebut sebenarnya sangat wajar mengingat bahan isolator yang digunakan sangat berkualitas dan punya ketahanan bagus. Jadi, tidak heran apabila dari pabrikannya membanderol komponen tersebut dengan harga lebih mahal.

Kekurangan lainnya adalah teksturnya lebih kaku jika dibandingkan dengan jenis lainnya seperti NYM. Namun, tekstur kaku tersebut sebenarnya malah bis memberikan perlindungan sangat baik, akan tetapi tentu dapat menghambat dalam proses pemasangannya.

Kurang lebih seperti itu kelebihan serta kekurangan dari N Y Y yang perlu Anda ketahui. Pertimbangkan kedua hal tersebut secara matang agar Anda lebih mantap saat memilih kabel tersebut ketika membuat instalasi listrik bangunan.

Dari penjelasan di atas, kini Anda dapat mengetahui pengertian, fungsi, kelebihan, dan kekurangan kabel listrik NYY. Informasi tersebut tentu akan sangat membantu terutama bagi Anda yang ingin menggunakannya untuk instalasi kelistrikan bangunan.

Namun, dalam memilih kabelnya, Anda tetap harus sesuaikan dengan kebutuhan listriknya. Perhatikan juga tentang ukuran, kapasitas, serta standar kualitas dan keamanannya supaya pemasangan listrik dapat berjalan lancar tanpa kendala.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment