12 Penyebab dan Cara Memperbaiki Kulkas Sharp Tidak Dingin

Untuk memperbaiki kulkas Sharp tidak dingin, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Namun semua itu tergantung dari apa penyebabnya.

Kulkas yang tidak dingin memang kerap menjadi masalah beberapa orang. Selain lama dalam mendinginkan makanan atau minuman, hal tersebut akan membuat konsumsi listrik menjadi lebih besar sehingga biaya listrik semakin boros.

Akan tetapi Anda tidak perlu terlalu khawatir dan segera membawa ke tempat servis. Apabila masalah tidak terlalu serius, Anda pun bisa mengatasinya secara mandiri seperti yang akan dijelaskan pada kali ini.

Penyebab Kulkas Sharp Tidak Dingin

cara memperbaiki kulkas tidak dingin

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, sebelum membahas tentang cara memperbaiki kulkas Sharp tidak dingin, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa penyebabnya. Hal tersebut dikarenakan setiap kasus memiliki solusi yang berbeda-beda.

1. Kulkas kehabisan freon

Freon merupakan zat yang digunakan untuk berbagai peralatan elektronik untuk menciptakan suhu dingin seperti AC dan juga kulkas. Apabila freon habis, maka kulkas akan menjadi tidak dingin. Jika hal tersebut terjadi, cara satu-satunya yang bisa dilakukan adalah dengan mengisi freon kembali.

Untuk memeriksa apakah freon masih ada atau habis, Anda bisa mencoba memegang bagian belakang kulkas. Silakan rasakan bagian di dekat grill dan apabila terasa hangat berarti freon telah habis.

2. Tertutup bunga es

Kulkas yang menyala terlalu lama dapat memicu munculnya bunga es. Bunga es tersebut kemungkinan akan menutupi lubang angin sehingga udara dingin tidak dapat bersirkulasi secara maksimal. Kasus ini kerap sekali terjadi di bagian freezer atau pembuat es batu pada kulkas Sharp 1 pintu.

Sebenarnya cara membersihkan bunga es kulkas Sharp 1 pintu cukup mudah. Anda bisa mematikan kulkas atau menetapkan suhu nol derajat dan tunggu hingga bunga es mencair. Cara ini kurang lebih akan memakan waktu sekitar 1 jam.

Baca Juga:  Kulkas Sharp Berapa Watt? Inilah Jawabannya!

Setelah bunga es mencair, silakan buang air tersebut dan lap menggunakan kain sampai bersih. Karena bunga es akan terus muncul, usahakan untuk melakukan ini secara rutin minimal satu bulan sekali.

3. Suhu belum diatur

Penyebab kulkas Sharp tidak dingin yang berikutnya adalah suhu yang belum diatur. Biasanya hal ini terjadi ketika Anda membeli kulkas dalam kondisi baru. Pada umumnya, suhu memang akan berada di angka nol pada kondisi baru.

4. Terdapat barang elektronik di sekitar

Selanjutnya, kulkas yang tidak dingin juga bisa disebabkan adanya barang elektronik di sekitar yang menghasilkan suhu panas. Beberapa contoh peralatan tersebut adalah oven listrik, pembakar roti, rice cooker, atau kompor gas.

Beberapa orang memang kerap melakukan kesalahan ini seperti meletakkan kulkas di dekat rice cooker atau kompor dengan alasan agar lebih praktis. Padahal, sebenarnya hal tersebut tidak terlalu baik karena dapat mempengaruhi suhu kulkas sehingga tidak dingin.

5. Menyimpan bahan makanan atau minuman panas

Jika Anda memiliki kebiasaan menyimpan makanan atau minuman panas di dalam kulkas, maka sebaiknya mulai sekarang segera hentikan hal tersebut. Pasalnya, suhu yang panas akan mempengaruhi temperatur di dalam ruangan menjadi naik.

Apabila ingin menyimpan makanan atau minuman panas, akan lebih baik jika Anda menyejukkannya terlebih dahulu di luar kulkas. Setelah suhu sudah mulai dingin atau tidak terlalu panas, maka barulah masukkan bahan makanan tersebut.

6. Pintu tidak tertutup rapat

Sering mengalami masalah kulkas Sharp 2 pintu tidak dingin? Bisa jadi hal tersebut dikarenakan Anda tidak menutup pintunya secara rapat.

Pintu yang tidak tertutup rapat akan mengakibatkan udara dingin bocor ke luar ruangan sehingga di dalam kulkas akan menjadi kurang dingin. Biasanya kasus ini terjadi ketika Anda terburu-buru mengambil sesuatu di dalam kulkas dan tidak menutupnya dengan baik, baik itu pintu atas maupun bawah.

Baca Juga:  Spesifikasi Kelebihan Nokia G21 Secara Lengkap

Selain itu, adanya kerusakan pada karet pintu juga bisa menjadi penyebab kulkas Sharp 2 pintu bagian bawah tidak dingin, baik itu pintu atas maupun bawah. Agar tidak terlalu lama menimbulkan masalah, sebaiknya segera ganti karet pintu dengan yang baru.

7. Kabel tidak tercolok seutuhnya

Meskipun terbilang sepele, namun pada kenyataannya kabel yang tidak tercolok dengan sempurna juga bisa menyebabkan kinerja kulkas tidak maksimal. Hal tersebut mengakibatkan suhu yang dihasilkan tidak maksimal dan cenderung tidak dingin.

Biasanya kasus ini merupakan penyebab kulkas Sharp tidak dingin tapi lampu menyala. Aliran listrik yang tidak sempurna akan mengakibatkan beberapa fungsi menjadi terganggu meskipun dapat dilihat bahwa lampu menyala.

Cara Memperbaiki Kulkas Sharp Tidak Dingin

Setelah memahami apa saja yang dapat menyebabkan kulkas tidak dingin, Anda akan mendapatkan gambaran bagaimana cara mengatasinya. Untuk lebih jelas, silakan simak seluruh pembahasan di bagian berikut ini.

1. Mengatur suhu dengan tepat

Jika Anda membeli kulkas dalam kondisi baru, biasanya suhu akan diatur ke paling bawah sehingga ketika dinyalakan pun tidak akan menghasilkan suhu dingin. Oleh karena itu, silakan periksa saat pertama kali menggunakan.

Pastikan suhu pada kulkas sudah diatur ke yang paling dingin untuk mendapatkan suhu ideal secara cepat. Setelah dirasa cukup, maka Anda bisa menggeser panel pengatur suhu ke arah tengah agar tidak terlalu boros listrik atau cepat menghasilkan bunga es.

2. Pastikan daya mencukupi

Cara mengatasi kulkas tidak dingin yang berikutnya adalah dengan memastikan bahwa daya mencukupi. Silakan periksa apakah kabel listrik sudah tertancap secara sempurna atau masih agak longgar. Daya yang kurang biasanya dapat menyebabkan kerja kulkas tidak maksimal.

Baca Juga:  Pengertian Induksi Elektromagnetik, Konsep, dan Penerapannya

Untuk mengetahui apakah daya sudah mencukupi untuk operasional kulkas, Anda bisa membuka pintunya. Setelah itu, perhatikan apakah lampu masih menyala. Apabila menyala, maka bisa dipastikan daya sudah mencukupi.

3. Mengisi freon

Cara mengatasi kulkas yang tidak dingin yang berikutnya adalah mengisi freon. Seperti telah dijelaskan di bagian sebelumnya, freon yang habis dapat membuat kulkas menjadi tidak dingin. Oleh karena itu, apabila sudah dipastikan freon habis, maka segera isi di tempat servis AC atau kulkas terdekat.

4. Bersihkan bagian kumparan kondensor

Ada kemungkinan kulkas yang tidak dingin disebabkan oleh kotornya kumparan kondensor. Oleh karena itu, cara memperbaiki kulkas Sharp tidak dingin yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan bagian kumparan tersebut.

Untuk memperbaikinya, Anda bisa menggunakan penyedot debu. Namun, pastikan untuk membersihkan secara hati-hari supaya kumparan tidak rusak atau tertekuk. Apabila ragu dalam melakukannya, Anda bisa memanggil tukang servis kulkas terdekat.

5. Mengganti karet pintu

Cara memperbaiki kulkas tidak dingin yang terakhir adalah mengganti bagian karet pintu apabila terdapat kerusakan seperti sobek atau berlubang. Kondisi tersebut memang akan membuat udara dingin bocor keluar sehingga kulkas menjadi tidak dingin.

Rangkuman

Kulkas yang tidak dingin memiliki berbagai macam penyebab, mulai dari pintu tidak tertutup rapat, freon habis, hingga adanya kerusakan pada komponen tertentu. Setelah mengetahui penyebabnya, Anda akan jauh lebih mudah untuk menangani.

Jadi hal penting yang perlu diperhatikan dalam memperbaiki kulkas Sharp tidak dingin adalah dengan mengidentifikasi penyebabnya terlebih dahulu. Untuk penanganannya, Anda bisa memperbaiki secara mandiri atau menggunakan bantuan servis perangkat elektronik terdekat.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment