Mengenal Kapasitor Starting dan Fungsinya

Perangkat elektronik yang menggunakan dinamo atau motor sebagai komponen utamanya pasti memerlukan kapasitor starting, mulai dari kipas angin, mesin cuci, mesin pompa air, dan lain-lain.

Kapasitor starting berperan penting pada kinerja motor listrik satu fasa, karena tanpa kehadirannya motor listrik tidak dapat bekerja dengan optimal. Komponen ini juga tak jarang menjadi masalah kerusakan pada perangkat elektronik.

Karena komponen ini sangat penting pada serangkaian alat rumah tangga, untuk itu simak penjelasan lengkap terkait kapasitor starting, fungsi, serta perbedaannya dengan kapasitor running pada artikel di bawah ini.

Pengertian Kapasitor Starting

Pengertian Kapasitor Starting

Kapasitor starting merupakan komponen yang umumnya terdapat pada motor listrik satu fasa, dan berperan penting untuk membantu perputaran awal motor listrik agar lebih halus ketika pertama kali dinyalakan.

Pasalnya saat pertama kali kompresor dinyalakan memerlukan tenaga atau torsi yang cukup besar. Kapasitor starting berperan memanfaatkan simpanan muatan listrik untuk selanjutnya dialirkan ke kumparan, sehingga apabila motor sudah berputar maka peran dari komponen ini sudah berakhir.

Fungsi Kapasitor Starting

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, fungsi dari kapasitor starting adalah untuk membantu perputaran awal motor listrik agar lebih halus ketika pertama kali dinyalakan, dan sebagai tambahan daya listrik agar dapat menghasilkan medan magnet yang lebih kuat.

Sehingga tujuan pemasangan kapasitor pada motor kapasitor adalah untuk meningkatkan starting awal dan mengurangi konsumsi arus awal pada motor kapasitor, sehingga hanya berfungsi ketika motor pertama kali dinyalakan.

Terdapat dua jenis motor listrik AC, yakni tiga fasa dan satu fasa. Motor listrik AC tiga fasa memiliki sudut offset yang besar pada setiap fasanya, sehingga lebih handal, efisien, dan banyak digunakan pada mesin-mesin produksi di pabrik.

Baca Juga:  Cara Kerja Kulkas 2 Pintu dan Komponen Utama Didalamnya

Karena motor listrik AC tiga fasa dapat menghasilkan torsi yang lebih baik, maka tidak membutuhkan kapasitor tambahan untuk memberikan daya ekstra.

Hal tersebut berbeda dengan motor listrik AC satu fasa, yang memerlukan daya lebih besar agar torsi yang dihasilkan dapat memutar motor. Karena itulah diperlukan kapasitor tambahan untuk memberikan daya ekstra pada kumparan motor.

Sementara dinamo menjadi komponen yang dapat mengubah energi gerak menjadi energi listrik. Dalam menjalankan perannya, dinamo memerlukan kapasitor dan fungsi kapasitor dinamo pun beragam diantaranya :

  • Membantu perputaran awal dinamo.
  • Membuat perputaran dinamo menjadi lebih merata dan halus.
  • Menghemat konsumsi daya listrik karena kapasitor dapat memperbaiki faktor daya dari sumber PLN pada tegangan listrik.
  • Mengatur kecepatan perputaran dinamo.

Cara Pasang Kapasitor Starting

Jenis kapasitor ini umumnya ada pada motor listrik satu fasa, mulai dari kapasitor kulkas, kipas angin, mesin cuci, pompa air, dan perangkat elektronik lainnya. Berikut cara pemasangannya bagi setiap perangkat elektronik :

Cara Pasang Kapasitor Kompresor Angin

Kompresor angin atau air compressor merupakan mesin mekanik atau alat yang berfungsi meningkatkan tekanan udara. Mesin ini umumnya menggunakan tenaga yang didapat dari gerakan motor listrik, mesin bensin, atau mesin diesel agar dapat beroperasi.

Berikut cara pemasangan kapasitor pada mesin kompresor angin :

  • Lepaskan kabel, lepas kapasitor lama dari mesin kompresor angin.
  • Pasang kapasitor baru pada mesin kompresor angin dengan cara memutar kapasitor hingga kencang.
  • Pasang kabel.

Cara Memasang Kapasitor Mesin Cuci

Mesin cuci menjadi salah satu peralatan rumah tangga yang memanfaatkan motor dinamo kapasitor sebagai salah satu komponen penting untuk memutar wadah pengering dan pulsar. Berikut cara pasang kapasitor mesin cuci :

  1. Periksa berapa nilai kapasitor yang terdapat pada mesin cuci tersebut. Caranya adalah dengan membuka bagian belakang mesin cuci, lalu perhatikan bagian bawah dimana umumnya kapasitor disematkan menggunakan empat kabel.
  2. Setelah mengetahui nilai kapasitor, pasang kapasitor dengan nilai yang sama sesuai dengan kapasitor bawaan tersebut.
  3. Lepas kapasitor lalu ganti dengan kapasitor baru dengan mengikuti arah kabel.
  4. Perhatikan arah kabel. Nilai kabel kecil tersambung pada dinamo pengering, sementara kabel dengan nilai besar disambungkan ke dinamo pencuci.

Cara Pasang Kapasitor Kulkas

Kapasitor starting kulkas berguna untuk membantu pergerakan motor saat pertama kali motor dihidupkan, sehingga kapasitor ini hanya bekerja selama beberapa detik saja.

Ukuran kapasitor kulkas pun bermacam-macam sesuai dengan kebutuhan kulkas. Berikut cara pasang kapasitor starting di kompresor kulkas :

  1. Perhatikan lubang atau soket kapasitor, gunakan kapasitor dengan jumlah lubang yang sama dengan yang telah terpasang pada kapasitor sebelumnya.
  2. Awali dengan mengaplikasikan secara paralel atau secara seri dan kombinasikan dengan kumparan bantu.
  3. Apabila terdapat permasalahan kompresor macet, maka dapat memasang kapasitor tambahan dengan cara mengetahui relay plus.

Cara Pasang Kapasitor Motor

Kapasitor motor umumnya terletak pada bagian atas atau di dalam rangka motor tersebut. Kapasitor pada motor berguna untuk meningkatkan starting awal dan juga mengurangi konsumsi arus awal di motor kapasitor. Cara pemasangan kapasitor pada motor kapasitor yang benar adalah:

  1. Kapasitor starting untuk keperluan sirkuit motor listrik AC satu fasa adalah jenis non polar, yang bahan utamanya terbuat dari cairan elektrolit. Sehingga kabel kapasitor dapat bebas dipasang pada terminal tanpa perlu khawatir tertukar.
  2. Kedua terminal kapasitor starting dihubungkan pada terminal salah satu saklar dan sumber tegangan. Sistem wiring serta warna kabel kapasitor dari setiap mesin motor berbeda, sehingga dalam hal ini tidak dapat berpatok pada warna kabel saat memasang kapasitor.
  3. Cara pemasangan yang benar adalah dipasang dengan cara paralel, sehingga nantinya hambatan yang dihasilkan kecil serta dapat menghitung kapasitor terbesar yang dihasilkan.
Baca Juga:  3 Cara Mengukur Kapasitor dengan Mudah

Perbedaan Kapasitor Running dan Starting

Perbedaan Kapasitor Running dan Starting

Terdapat beberapa jenis kapasitor yang perlu diketahui, mulai dari kapasitor starting, kapasitor running, serta kapasitor start-running. Berikut penjelasan perbedaan dari setiap jenisnya :

Kapasitor Starting

Seperti telah dijelaskan di awal artikel, kapasitor starting berfungsi untuk membantu motor listrik menghasilkan putaran awal agar lebih halus ketika dinyalakan pertama kali. Sehingga ketika motor sudah berputar, tugas dari kapasitor ini pun telah selesai.

Kapasitor Running

Sementara kapasitor running bekerja saat dinamo telah berputar setelah perputaran awal, dan akan terus bekerja selama dinamo tersebut menyala. Peran dari jenis kapasitor ini adalah agar perputaran motor lebih merata dan halus.

Berkat jenis kapasitor running, kerja dari sebuah motor menjadi semakin optimal karena suaranya pun menjadi tenang dan tidak berisik. Selain itu secara tidak langsung kapasitor jenis ini juga dapat memperbaiki faktor daya tegangan listrik PLN.

Kapasitor Start-Running

Beralih ke jenis kapasitor start-running yang merupakan perpaduan dari kedua jenis kapasitor di atas. Jenis kapasitor ini umumnya berbentuk tabung serta memiliki empat buah kaki, dan umumnya digunakan untuk mesin cuci.

Fungsi dari kapasitor ini tak hanya ketika dinamo pertama kali dinyalakan, namun juga ketika dinamo bekerja atau dinyalakan. Komponen ini akan memberikan daya tambahan agar perputaran dinamo lebih merata dan juga halus.

Demikian penjelasan terkait kapasitor starting beserta fungsi dan cara pemasangannya. Semoga membantu.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment