Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Word yang Perlu Kamu Ketahui

Nama Microsoft Word — atau yang biasa disingkat jadi Word saja — tentu sudah tak lagi asing buat kamu. Apalagi buat kamu yang berstatus pelajar, mahasiswa, atau karyawan kantoran yang sering harus diwajibkan untuk mengetik dokumen. Meskipun bisa dibilang software yang paling banyak digunakan di dunia, sebenarnya ada kelebihan dan kekurangan Microsoft Word yang perlu kamu ketahui, lho!

Di dalam artikel ini, kamu bisa temukan pembahasan tentang apa itu Microsoft Word buat kamu yang belum tahu, kelebihan, kekurangan, hingga software atau program alternatif lain yang bisa jadi pengganti Word. Selamat membaca!

Microsoft Word

Apa Itu Microsoft Word?

Microsoft Word merupakan program software pemroses kata (word processor) yang dibuat oleh Microsoft. Meskipun Word merupakan salah satu komponen dari Microsoft Office, kamu juga bisa membelinya sebagai produk yang terpisah. Word sendiri pertama kali dirilis pada tahun 1983 dan terus-menerus di-update sampai sekarang. Dan kamu bisa meng-install Word di perangkat dengan OS Windows maupun Apple.

Selain Word, di dalam Microsoft Office juga terdapat produk-produk berikut:

  • Excel (untuk membuat dan mengolah spreadsheet).
  • PowerPoint (untuk membuat presentasi).
  • OneNote (untuk membuat catatan dan mengumpulkan informasi dalam satu wadah).
  • Outlook (untuk mengelola akun email, kalender, dan buku alamat dalam satu wadah).
  • Publisher (untuk mendesain dan membuat dokumen seperti brosur dan newsletter).
  • Access (untuk sistem manajemen database).

Kelebihan Microsoft Word

Secara garis besar, Word memiliki fungsi utama untuk menghasilkan berbagai jenis dokumen, terutama yang dulunya dibuat secara manual (tradisional). Dengan begitu, Word bisa bantu mengurangi waktu dan biaya yang dibutuhkan untuk menghasilkan dokumen tersebut. Dan secara garis besar, berikut ini adalah kelebihan Microsoft Word yang selama ini sebenarnya sudah kamu rasakan.

  • Mudah didapatkan.
Baca Juga:  Jenis-Jenis dan Contoh Alat Ukur Massa

Bisa dibilang inilah salah satu alasan utama mengapa Microsoft Word jadi software pemroses kata yang paling banyak digunakan di dunia. Soalnya, software ini bisa kamu dapatkan dengan mudah, terutama karena tersedia untuk berbagai OS.

  • Interface yang simpel.

Ketika dulu kamu belajar menggunakan komputer, bisa dipastikan bahwa Microsoft Word pasti jadi salah satu software yang pertama kamu coba gunakan. Maka dari itu, interface atau tampilannya tentu sudah sangat familiar karena kamu maupun para pengguna lainnya di seluruh dunia sudah terbiasa. Bahkan ketika menggunakan software serupa selain Word, secara tak sadar kamu pasti membandingkan tampilannya dengan Word, kan?

  • Kolaborasi dengan file tunggal.

Kamu tak perlu harus repot-repot terus meng-update file dokumen dengan versi terbaru setiap kali ada revisi atau perubahan yang dibuat oleh guru, dosen, atau atasanmu di tempat kerja. Karena dengan Word, ada berbagai fitur editor untuk menambahkan perbaikan minor dan meng-update dokumen yang bisa dilihat semua pengguna.

  • Punya banyak pilihan template.

Kelebihan lainnya dari Microsoft Word adalah adanya berbagai pilihan template yang bisa kamu pakai. Jadi, kamu tidak perlu harus repot-repot membuat format dokumenmu sendiri. Misalnya ketika akan membuat invoice, surat dengan kop, CV, dan sebagainya. Mayoritas template di Word sangat mudah digunakan dan bisa di-custom sebebasnya, sehingga pasti bisa kamu sesuaikan dengan tujuan penggunaannya.

  • Ukuran file lebih ringkas.

Berkat kehadiran format DOCX sejak Word 2007 rilis, saat ini ukuran file dokumen Word sudah semakin ringkas sehingga tidak akan makan terlalu banyak ruang di memori perangkat. Bahkan, format DOCX saat ini sudah jadi format standar untuk dokumen, lho!

  • Tersedia versi aplikasi mobile.

Buat kamu yang belum tahu, ternyata sekarang Microsoft Word juga sudah punya versi aplikasi mobile, lho! Meskipun fiturnya masih belum selengkap versi desktop untuk PC atau laptop, versi aplikasi mobile-nya ini bisa jadi solusi cepat dan praktis kalau kamu butuh membuat dokumen baru atau mengedit dokumenmu secara instan.

Kekurangan Microsoft Word

Sebelum kamu memutuskan apakah Word adalah program yang cocok buat kamu, kamu juga perlu pertimbangkan kekurangan Microsoft Word. Lalu, apa saja ya kekurangannya?

  • (Sebenarnya) Word tidak tersedia secara gratis.

Kalau kamu belum tahu, sebenarnya Microsoft Word bukanlah software gratisan, lho. Baik Microsoft Word maupun Microsoft Office semuanya adalah software berbayar. Sebenarnya, sekarang kamu sudah bisa mendapatkan software ini secara langsung jika kamu membeli PC atau laptop baru, karena harganya juga sudah termasuk harga lisensi Microsoft Office sehingga kamu tidak perlu pakai versi bajakannya.

  • Terlalu banyak fitur.

Memang benar bahwa di Microsoft Word terdapat banyak fitur yang sebenarnya bisa mempermudah pengguna saat membuat dan mengolah dokumen teks. Hanya saja, fitur-fitur yang tersedia di Word sering kali dianggap terlalu banyak, sementara pengguna kemungkinan besar hanya menggunakan beberapa fitur saja. Maka dari itu, akhirnya ada terlalu banyak fitur yang justru malah tidak pernah digunakan.

Ditambah lagi, keberadaan Ribbon (daftar fitur yang muncul di bagian atas layar saat kamu menggunakan Word) juga tidak cukup intuitif. Hasilnya, pengguna sering kali harus mengklik-klik untuk menemukan fitur yang memang akan dan sering digunakan.

  • Tidak selalu bisa beroperasi secara intuitif.

Di samping kedua kekurangan tadi, kekurangan lainnya yang dimiliki Microsoft Word adalah penggunaannya yang tidak selalu intuitif, yang bisa kamu rasakan juga ketika menggunakan beberapa fitur. Misalnya ketika kamu menyisipkan atau insert gambar, kamu butuh waktu beberapa saat untuk menyesuaikan agar gambar tersebut bisa pas dan align dengan teks di dalam dokumenmu. Meskipun fitur yang tersedia memang menyediakan apa yang kamu butuhkan, hasil yang diperoleh masih butuh penyesuaian lagi.

Baca Juga:  TV Digital: Pengertian, Standar, dan Jenis-Jenisnya.

Alternatif Microsoft Word

Meskipun Microsoft Word merupakan program software pemroses kata yang paling populer di dunia, sebenarnya program ini bukan satu-satunya opsi yang kamu punya. Jika kamu tertarik mencoba program lain dengan fungsi yang sama, ada beberapa alternatif yang bisa kamu pertimbangkan:

  • Apache OpenOffice

Karena gratis, tak heran kalau OpenOffice sering dipilih para pengguna sebagai alternatif dari Microsoft Word. Bahkan, fitur-fiturnya pun tak kalah banyak meskipun tidak selengkap yang ditawarkan oleh Microsoft Word. Meski demikian, program ini sudah cukup andal terutama buat kamu yang sebatas butuh aplikasi untuk ngetik.

  • Google Docs

Alternatif berikutnya juga tak kalah populer, mengingat bahwa program ini dikembangkan oleh Google dan sudah sangat umum digunakan. Karena berbasis cloud, Google Docs menawarkan keunggulan kolaborasi yang lebih mudah dan seamless, terutama karena hanya butuh akun Google saja untuk menggunakannya.

  • LibreOffice Writer

Kemudian ada LibreOffice, yang merupakan program open source dan bisa jadi alternatif Microsoft Office. Bahkan ada banyak program yang mirip di dalamnya, termasuk LibreOffice Writer dengan fungsi serupa dengan Microsoft Word. Bahkan, layout-nya mirip dengan layout Word versi jadul.

Penutup

Itu tadi rangkuman penjelasan mengenai Word, termasuk kelebihan dan kekurangan Microsoft Word hingga program lain dengan fungsi serupa sebagai alternatif. Semoga informasi tadi bermanfaat buat kamu, ya!

Bagikan Postingan:

Leave a Comment