Pengertian dan Perbedaan TV Analog Dan Digital, Yuk Caritahu Disini!

Sudah tahukah Anda beberapa perbedaan tv analog dan digital? Sebenarnya untuk mengetahui perbedaannya sangat mudah, tetapi beberapa orang mungkin masih belum mengetahuinya lebih lanjut termasuk juga Anda.

Pemerintah sendiri sudah secara resmi menonaktifkan siaran tv analog sejak November 2022 kemarin secara menyeluruh di Indonesia. Penonaktifan tersebut sebagai upaya agar masyarakat dapat segera beralih ke siaran digital dimana menawarkan sejumlah kelebihan bagi para penggunanya.

Masyarakat yang ingin bermigrasi ke siaran digital tetapi belum mempunyai televisi digital, maka tidak perlu khawatir karena dapat menggunakan set top box DVB. Kendati demikian, tidak sedikit dari masyarakat belum mengetahui perbedaan analog dan digital tv tersebut dengan baik.

Pengertian Televisi Analog dan Digital

Pengertian Televisi Analog dan Digital

Sebelum Anda mengetahui apa beda tv digital dan analog maka wajib mengetahui pengertian dari kedua jenis siaran televisi tersebut. Sebab tidak sedikit pula dari Anda masih bingung dengan pengertiannya sehingga sudah untuk membedakannya.

Pengertian tv analog sendiri merupakan sebuah perangkat televisi analog dengan kemampuan memberikan kode suatu informasi dalam bentuk gambar. Gambar tersebut akan dihadirkan dengan voltase sekaligus frekuensi bervariasi.

Agar dapat menikmati setiap siaran yang terdapat pada televisi satu ini, maka Anda membutuhkan namanya antena sebagai penangkat sinyal. Apabila tata letak dari antena berada di jarak jauh dari stasiun pemancar televisi ternyata dapat mengakibatkan sinyal yang diterima menjadi lebih lemah.

Ini tentu akan berpengaruh pada kualitas gambarnya dimana bisa jelek ataupun bagus. Untuk memahaminya lebih lanjut, ciri tv analog yang paling utamanya biasanya berbentuk tabung dan tidak terdapat fitur pencarian siaran digital atau DTV.

Sedangkan untuk pengertian tv digital merupakan siaran televisi yang sudah menggunakan sinyal dalam bentuk digital. Selain itu, juga memanfaatkan adanya sistem kompresi sehingga menyebabkan kualitas gambarnya jauh lebih bagus dibandingkan dengan tv analog.

Baca Juga:  3 Cara Menghitung Resistor Seri & Paralel Serta Contoh Soalnya

Perbedaan TV Analog dan Digital Yang Perlu Diketahui

Perbedaan TV Analog dan Digital Yang Perlu Diketahui

Untuk Anda yang ingin memahami lebih lanjut mengenai kedua jenis televisi ini, maka wajib tahu perbedaannya terlebih dahulu. Berikut ini telah kami rangkumkan sejumlah ulasan mengenai perbedaan tv analog dengan tv digital.

Ukurannya

Perbedaan pertama dapat dilihat dari segi ukurannya dimana pada televisi analog menggunakan tabung sinar katoda sehingga membuat bodynya jauh lebih besar. Tentu ini dapat mengakibatkan unit televisi akan memakan banyak ruang.

Sedangkan untuk satunya menggunakan layar dengan panel datar seperti LED, LCD serta plasma. Tentunya dengan ukuran yang lebih beragam sehingga konsumen diberikan kemudahan untuk menentukan ukuran sesuai kebutuhannya.

Penggunaan Sinyal

Selain dari segi ukuran, perbedaan tv analog dan tv digital dapat dilihat dari adanya penggunaan sinyalnya. Untuk analog biasanya akan menerima sinyal yang berasal dari antena UHF sehingga dapat memicu berbagai macam gangguan nantinya.

Hal tersebut berbanding terbalik dengan siaran televisi digital yang mempunyai sistem jauh lebih mudah dan simple didalam pemprosesan sinyal. Ini dapat meminimalisir terjadinya berbagai gangguan termasuk juga adanya noise.

Pemancar Tv

Untuk siaran analog biasanya akan sangat bergantung pada jarak antara stasiun pemancar televisi tersebut. Dengan begitu, semakin jauh jarak stasiun pemancarnya maka akan membuat kemampuan antena dalam menangkap sinyal juga akan semakin susah.

Lain halnya dengan televisi yang digunakan saat ini dimana tidak akan tergantung pada jauh dekatnya jarak dengan pemancar. Ini dapat menyebabkan pengguna dapat menikmati siaran jauh lebih banyak lho.

Kualitas Gambar Sekaligus Audio

Perbedaan digital dan analog tv selanjutnya dapat dilihat berdasarkan dengan kualitas gambar sekaligus audionya lho. Bahkan perbedaan inipun sangat menonjol sehingga berikan kemudahan untuk membedakannya.

Baca Juga:  Cara Cari Frekuensi TV Digital Secara Otomatis dan Manual

Pada televisi digital, Anda dijamin akan merasa puas dengan kualitas gambar sekaligus audionya. Lagi-lagi hal tersebut disebabkan karena siaran tersebut tidak akan bergantung pada jarak dengan stasiun pemancarnya.

Fitur

Masih ada perbedaan berikutnya yakni dapat dilihat dari fitur-fitur yang ditawarkan di dalamnya. Dimana Anda mungkin akan menemukan adanya fitur di siaran digital sangat terbatas sehingga akan terlihat cukup membosankan.

Namun berbanding terbalik pada jenis televisi satunya, dimana pengguna akan menemukan adanya banyak fitur canggih dengan tampilan interaktif. Bahkan Anda dapat menyambungkan smartphone ke televisi dengan mudah.

Resolusi Gambar pada Telvisi

Resolusi gambar juga menjadi perbedaan tv digital dan analog yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Tentu sebagai pengguna, Anda menginginkan siaran dengan resolusi yang tepat sehingga nantinya dapat leluasa dalam menikmati tayangan didalamnya.

Resolusi pada televisi digital sendiri adalah 480p hingga full hd 1080 p. Dengan resolusi itulah, maka pengguna dijamin akan merasa puas dan leluasa ketika menonton tayangan didalamnya.

TV Digital VS Analog, Lebih Bagus Mana?

Setelah Anda mengetahui perbedaan tv analog vs digital diatas, pastinya juga timbul pertanyaan lebih bagus yang mana bukan? dilihat berdasarkan dari perbedaan yang sudah disampaikan sebelumnya, tentu saja televisi digital mempunyai keunggulan jauh lebih banyak lho.

Terlebih lagi keberadaan dari siaran digital itulah mampu menghadirkan gambar dengan kualitas terbaik dan tidak ada noise sehingga akan berikan kepuasan. Hal tersebut berbanding terbalik ketika Anda menggunakan televisi analog dimana kualitas gambarnya mungkin berubah-ubah tergantung cuaca sekaligus jarak dengan stasiun pemancarnya.

Jangan khawatir juga karena ternyata penggunaan dari televisi dengan siaran baru inipun tidak berbayar alias gratis. Dengan begitu, Anda tidak perlu melakukan langganan setiap bulannya buat dapat menikmati tayangan-tayangan didalamnya.

Baca Juga:  Cara Mencari Channel TV Digital dengan Mudah

Kelebihan Siaran Digital Yang Wajib Diketahui

Kelebihan Siaran Digital Yang Wajib Diketahui

perbedaan tv analog dan digital memang dapat mudah dikenali oleh para penggunanya seperti sudah disinggung sebelumnya. Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa siaran digital ternyata jauh lebih bagus dan banyak fiturnya.

Jika Anda masih ragu buat bermigrasi ke televisi ini, maka wajib mengetahui beberapa kelebihannya dibawah ini.

Mempunyai Kualitas Siaran Jauh Lebih Bagus

Kalau berbicara mengenai kelebihan dari tayangan ini, tentu dapat dilihat dari kualitas siarannya yang lebih bagus. Sebab menghadirkan resolusi tinggi, suara jernih bahkan sudah dibekali dengan berbagai fitur berteknologi canggih.

Tahan Terhadap Cuaca Buruk

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa jenis televisi inilah ternyata lebih tahan terhadap cuaca buruk terutama hujan badai. Anda tidak perlu kesal dengan adanya efek semut setelah hujan lebat sekalipun tempat tinggal berada di pelosok.

Banyak Channel

Nikmati juga channel televisi lebih banyak dan lengkap dibandingkan dengan siaran analog. Bahkan beberapa channel tidak pernah ditemukan sebelumnya sehingga akan berikan kepuasan tersendiri ketika menggunakannya.

Kontennya Yang Mendidik dan Berkualitas

Karena lebih banyak channel yang ditampilkan maka akan membuat kontennya lebih berkualitas dan mendidik. Bahkan Anda dapat menemukan channel dimana khusus untuk belajar bagi anak-anak.

Anjuran untuk bermigrasi ke siaran digital sendiri sudah ada sejak tahun 2022 karena berbagai macam kelebihan yang ditawarkan. Dengan mengetahui perbedaan tv analog dan digital diatas, Anda tentu akan semakin yakin untuk segera pindah.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment