8 Kelebihan dan Kekurangan AC Inverter, Wajib Tahu!

MADENGINER.COM – Apakah kamu punya rencana untuk membeli AC inverter? Sebelum membelinya, simak kelebihan dan kekurangan AC inverter yang akan kami bahas di bawah ini, ya!

AC adalah salah satu alat yang digunakan untuk mendinginkan suatu ruangan. Dengan menghembuskan udara dingin, ruangan akan lebih sejuk dan nyaman untuk ditempati.

Pada masa sekarang, perkembangan teknologi AC sudah berkembang pesat begitu juga dengan fitur-fiturnya. Salah satu fitur unggulan pada AC masa kini adalah inverter.

Teknologi inverter dipercaya menghemat lebih banyak konsumsi daya pada alat elektronik seperti AC dan kulkas. Cara kerjanya adalah dengan mengontrol suhu ruangan sesuai yang kita inginkan. 

Ketika suhu sudah sesuai maka mesin AC tidak mati, melainkan memperlambat laju pendingin pada AC. AC inverter memiliki sejumlah kelebihan namun juga tidak luput dari kekurangan.

Tanpa berlama-lama, simak kelebihan dan kekurangan AC inverter di bawah ini, cekidot!

Kelebihan dan Kekurangan AC Inverter

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah kelebihan dan kekurangan AC inverter yang perlu kamu ketahui.

Kelebihan 

Berbicara tentang kelebihan atau keunggulan, inilah rangkuman kelebihan dari AC inverter.

1. Lebih Hemat Listrik

Salah satu pertimbangan utama untuk orang-orang membeli AC inverter adalah lebih hemat konsumsi daya atau listrik dibanding AC standar. 

Mengapa demikian? Ternyata, kompresor AC inverter . Kompresor hanya menyala ketika pengguna menghidupkan sistem HVAC. Sehingga konsumsi listrik lebih hemat.

Sedangkan pada AC biasa, kompresor akan terus menerus menyala dan mengonsumsi listrik dengan jumlah yang lebih banyak.

2. Minim Suara Bising

Ketika menggunakan AC standar, mungkin kalian akan lebih sering mendengar suara bising atau mendengung akibat dari mesin AC tersebut.

Baca Juga:  Mengenal Jenis-Jenis Resistor dan Fungsinya Secara Lengkap

Tapi beda halnya ketika menggunakan AC inverter, yang mana pengoperasiannya lebih kedap suara karena kompresor tidak hidup dan mati secara teratur.

Karena, ketika evaporator lebih dingin dari suhu ruangan yang diinginkan, kompresor akan diperlambat atau dihentikan. Meskipun begitu, ruangan akan tetap dingin karena kipas dalam ruangan tetap menyala.

3. Pendinginan Lebih Merata dan Efisien

Untuk mendapatkan suhu dingin yang lebih merata, kamu juga bisa menggunakan AC inverter, tidak peduli seberapa besar ruangan atau kamarnya.

Karena, AC akan terus mendinginkan ruangan sampai suhu tertentu, kemudian AC hanya akan menghembuskan angin yang lebih rendah.

Dengan begitu, ruangan akan lebih dingin secara merata dan juga lebih hemat energi.

4. Dapat Digunakan dengan Tenaga Surya

Banyak AC tipe non-inverter yang tidak dapat beroperasi dengan tenaga surya atau tenaga sinar matahari. Maka dari itu, AC inverter kerap dipilih sebagai pilihan untuk AC para pengguna tenaga surya di rumahnya.

5. Ramah Lingkungan

AC inverter perlu menggunakan freon jenis R32. Freon R32 merupakan jenis freon yang ramah lingkungan dan lebih rendah potensinya untuk menghasilkan pemanasan global. 

Begitu juga dengan indexnya yang paling tinggi dibandingkan tipe-tipe lainnya, yaitu sebesar 160. Freon jenis ini juga tidak mudah terbakar seperti freon jenis lainnya.

Baca Juga: 11 Cara Menghemat Penggunaan Listrik Dari AC Agar Tidak Boros

Kekurangan

Setiap produk elektronik bersama dengan fiturnya pasti memiliki sejumlah kekurangan, seperti kekurangan pada AC inverter di bawah ini.

1. Harga Relatif Lebih Tinggi

Jika dibandingkan dengan AC split atau window, AC jenis inverter memiliki harga yang relatif lebih mahal. Namun, dengan berbagai macam fitur dan keunggulan yang ada, kamu dapat menjadikan AC ini lebih sebagai investasi.

Baca Juga:  Apa Itu Dongle, Fungsi, dan Jenisnya. Simak Disini 

2. Harga Servis yang Mahal

Biaya perbaikan ketika terjadi kerusakan pada AC inverter juga tergolong cukup tinggi. Freon yang digunakan pun lebih mahal karena lebih ramah lingkungan dan memiliki sejumlah kelebihan yang tidak kamu dapatkan pada AC biasa.

3. Servis yang Lebih Rumit

Mungkin saat terjadi kerusakan atau ingin sekedar membersihkan AC biasa, kamu dapat melakukannya seorang diri. Namun pada AC inverter, rasanya perlu teknisi ahli untuk menservis AC ini.

Salah satu alasannya adalah karena struktur dan komponen AC inverter yang lebih kompleks. Sehingga membutuhkan teknisi HVAC yang ahli untuk memperbaikinya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar kelebihan dan kekurangan AC inverter. Semoga bisa menjadi informasi tambahan ketika kamu ingin membelinya. Sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya!

Baca Juga: Prinsip Kerja Generator AC Dan Perbedaannya Dengan Generator DC

Bagikan Postingan:

Leave a Comment