10 Kelebihan dan Kekurangan Kulkas Aqua AQR D261, Plus Spek!

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas ulasan beserta kelebihan dan kekurangan kulkas Aqua D261. Penasaran seperti apa? Cek yuk! Banyak dari kamu pasti sudah familiar dengan merk elektronik Aqua. Sedikit info, bahwa Aqua Japan tadinya merupakan merek yang biasa dikenal sebagai Sanyo.

Pada tahun 2015 tepatnya setelah diakuisisi oleh Haier, Sanyo mengganti namanya menjadi Aqua Japan. Penggantian nama ini bertujuan untuk meraih pasar yang lebih luas lagi. Tentunya, dengan melihat sepak terjang Aqua di Indonesia brand ini sudah mampu bersaing dengan brand seperti LG, Panasonic, dan Toshiba.

Nah, kami akan membahas salah satu kulkas keluaran Aqua yaitu Aqua AQR D261. Bagi kamu yang ingin membeli kulkas ini dan ingin mengetahui kelebihan dan kekurangannya, simak artikel ini sampai habis, ya.

Spesifikasi Kulkas Aqua AQR D261

Spesifikasi Kulkas Aqua AQR D261
Spesifikasi Kulkas Aqua AQR D261

Sebelum masuk ke segmen kelebihan dan kekurangan kulkas yang satu ini, kamu perlu tahu terlebih dahulu spesifikasi dari kulkas Aqua AQR D261 ini.

Melansir dari laman Aquajapan.com, inilah spesifikasi dari kulkas Aqua D261.

Spesifikasi Kulkas Aqua AQR-D261
Pintu 2 Pintu
Dimensi 54 x 60 x 153 cm
Berat 37.5 kg
Total Kapasitas 223L
Kapasitas Freezer 51l
Kapasitas Utama 187L
Bahan Tray Tempered Glass
Konsumsi Daya 53-100 Watt (tergantung mode pengaturan)
Warna Dark Silver dan Light Silver
Harga Rp.2.480.000-2.600.000

Kelebihan Kulkas Aqua D261

Berikut adalah kelebihan kulkas Aqua AQR D261 yang perlu kamu ketahui sebelum membeli kulkas ini.

1. Teknologi Full Insulation

Seperti pada umumnya produk dari Aqua memiliki teknologi unggulan bernama Full Insulation. Full Insulation berfungsi untuk mengisolasi udara dingin yang ada dalam kulkas. Sehingga bahan makanan dan minuman di dalam kulkas akan dingin lebih cepat.

Baca Juga:  9 Kelebihan dan Kekurangan Kulkas Aqua AQR D181

2. Anti Bacteria dan Nano Ferrite Deodorizer

Aqua D261 juga sudah mempunyai teknologi Anti Bacteria dan Nano Ferrite Deodorizer seperti saudaranya, kulkas Aqua D270. Fungsi dari fitur yang satu ini adalah agar bahan makanan tidak bercampur baunya karena bakteri dan bau tidak sedap sudah diserap oleh teknologi Anti Bacteria dan Nano Ferrite Deodorizer.

3. Box Sayur Lebih Besar dan Cosmetic and Medicine Box

Bagi kamu yang suka menyimpan sayur dan buah-buahan dalam jumlah banyak, jangan khawatir karena box sayur di kulkas Aqua D261 hadir lebih besar dari kulkas Aqua seri lama. Selain itu, terdapat juga box terpisah yang dibuat khusus untuk obat-obatan dan kosmetik. Jadi bau dari obat-obatan tentunya tidak akan bercampur dengan sayur yang kamu simpan.

4. Tempered Glass Tray

Pada kulkas Aqua D261, tray untuk menyimpan bahan makanan sudah berbahan dasar tempered glass. Keuntungannya, tray akan jauh lebih kuat dibandingkan tray berbahan dasar plastik biasa. Selain itu, tray dengan bahan kaca ini juga lebih mudah dibersihkan dibanding tray berbahan dasar plastik.

5. Hemat Energi

Meskipun Aqua D261 adalah kulkas dengan dua pintu dan memiliki segala fitur yang mendukung kinerjanya, kulkas ini termasuk salah satu yang hemat energi lho. Konsumsi daya dari kulkas Aqua D261 ini hanya 53 watt. Namun tentu saja, ini tergantung mode penggunaannya, ya.

6. Harga Terjangkau dan Garansi 7 Tahun

Saat dibandingkan dengan kompetitornya yang sama-sama berasal dari luar negeri seperti LG, Samsung, dan Panasonic, Aqua memiliki harga yang lebih terjangkau. Mulai dari harga 2.480.00 kamu sudah bisa mendapatkan kulkas ini. Bukan hanya itu, pembelian kulkas ini juga disertakan dengan 7 tahun garansi kompresor yang dapat kamu klaim saat kompresor mengalami malfungsi.

Baca Juga:  11 Komponen Kipas Angin dan Fungsinya Secara Detail

Kekurangan Kulkas Aqua D261

Kelebihan dan Kekurangan Kulkas Aqua D261
Kelebihan dan Kekurangan Kulkas Aqua D261

Di samping kelebihan dan fitur-fitur yang ditawarkan, kamu juga perlu memperhatikan beberapa kekurangan dari kulkas Aqua ini, simak!

1. Kompresor yang Berisik

Ini adalah masalah yang cukup umum ditemui pada kulkas keluaran Aqua. Keluhan dari beberapa pengguna adalah mesin dari kulkas Aqua ini dirasa cukup berisik. Namun ini adalah masalah wajar pada kulkas Aqua yang memiliki fitur Full Insulation. Karena saat awal dinyalakan, kulkas akan berusaha mendinginkan makanan sampai suhu tertentu.

2. Diperlukan Grounding Listrik yang Baik

Selain kompresor yang berisik, dalam beberapa kasus ditemukan bahwa kulkas Aqua D261 terasa menyetrum saat dipegang. Solusinya adalah diperlukan aliran listrik dari kulkas yang mengalir langsung ke dalam tanah. Tujuannya agar badan kita tidak menjadi konduktor antara kulkas dengan aliran listrik dalam tanah.

3. After Sales Kurang Baik

Pada tahun 2019-2021, Aqua Japan dikenal memiliki aftersales yang buruk. Ini dikarenakan customer service yang cukup lama dalam menjawab keluhan pada pembeli. Selain itu teknisi dari Aqua Japan dinilai tidak memiliki pemahaman pada produk Aqua itu sendiri. Diharapkan di 2022 ini, layanan aftersales dari Aqua Japan sudah semakin membaik berkat saran dari pada customer.

4. Belum Memiliki Teknologi Inverter

Meskipun kulkas Aqua D261 sudah termasuk kulkas yang hemat energi, namun tetap saja kehematan energi dari kulkas ini masih kalah dengan kulkas berspesifikasi sama yang sudah memiliki teknologi inverter. Tapi, bedanya tidak terlalu jauh kok, masih sama-sama hemat energi.

Demikian ulasan beserta kelebihan dan kekurangan kulkas Aqua D261. Semoga dapat menjadi pertimbangan sebelum kamu memilih kulkas ini, ya! Sampai jumpa di artikel ulasan kami lainnya.

Baca Juga:  10 Kelebihan dan Kekurangan Kulkas Aqua D275R
Bagikan Postingan:

Leave a Comment