Kenapa TV Tiba-tiba Mati Sendiri? Cari Tahu Penyebabnya di Sini!

Televisi menjadi salah satu sarana hiburan di rumah. Kenapa TV tiba tiba mati sendiri tanpa sebab yang jelas? Hal tersebut tentu menjengkelkan, terlebih ketika tengah asyik menonton tayangan favorit bersama keluarga.

Bahkan tak jarang kasus TV tiba tiba mati ketika pertama kali dinyalakan dan tidak diketahui penyebab pastinya, atau televisi yang mati standby. Lantas apakah bisa diperbaiki sendiri di rumah?

Untuk mengatasi permasalahan ini, terlebih dahulu pemilik harus mencari tahu apa penyebab televisi tiba tiba mati dengan sendirinya. Untuk penjelasan lengkapnya, simak dalam artikel di bawah ini.

Penyebab TV Mati Sendiri karena Masalah Transistor Horizontal

Kenapa TV tiba tiba mati sendiri

Penyebab pertama yang mungkin terjadi pada televisi yang mati dengan sendirinya adalah terdapat permasalahan pada transistor horizontal. Pasalnya ketika transistor horizontal mengalami masalah, akan memengaruhi tampilan pada layar TV.

Cara mengetahui kondisi TV apabila terjadi masalah pada transistor horizontal pun cukup mudah, karena Anda hanya perlu mengecek bagian bodi televisi. Periksa apakah kondisi fisik TV panas atau terlihat terbakar ketika Anda sentuh.

Apabila terlihat bekas terbakar, kemungkinan besar bagian tersebut memang sudah mengalami kerusakan. Namun ketika terasa sangat panas ketika disentuh, maka transistor horizontal sudah drop dan perlu segera diganti dengan yang baru agar tidak merambat ke komponen lainnya.

Penyebab TV Mati Sendiri karena Komponen Tidak Terpasang dengan Baik

Kenapa tv tiba tiba mati? Penyebab selanjutnya yang mungkin terjadi adalah karena terdapat komponen yang tidak terpasang dengan baik. Umumnya terdapat permasalahan pada timah yang sudah tidak dapat menempel, sehingga harus diperiksa apakah ada retakan pada timah.

Pasalnya jika tidak terpasang dengan baik, komponen tentu tidak akan berfungsi secara optimal sehingga dapat menyebabkan TV mati sendiri. Jika hal ini terjadi, segera bawa TV ke tempat servis khusus TV agar bisa segera ditangani.

Baca Juga:  Jenis Potensiometer Dan Pengertian, Fungsi, Cara Kerjanya

Hal ini tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang, terlebih jika tidak benar-benar memahami komponen elektronik. Karena perlu adanya pembongkaran televisi untuk mengecek komponen satu persatu, apakah ada retakan atau komponen yang mengalami kelonggaran.

Penyebab TV Mati Sendiri karena Masalah Komponen Elco

Coba perhatikan bodi televisi, apakah kondisi fisiknya mengalami keretakan, menggelembung, serta terlihat bekas terbakar? Jika iya, mungkin penyebab TV mati sendiri di rumah Anda adalah karena permasalahan pada komponen elco.

Kerusakan pada komponen elco televisi ini juga dapat menjadi salah satu penyebab. Apabila ciri-ciri di atas ada pada TV Anda, maka disarankan untuk memeriksa komponen yang berhubungan dengan layar dan mengganti sesuai dengan ukurannya.

Penyebab TV Mati Sendiri karena Sambungan Listrik Terputus

Penyebab selanjutnya adalah karena sambungan listrik terputus atau kabel daya TV copot dari stop kontak. Meskipun sepele, namun hal ini kerap terjadi karena kabel daya televisi terletak di belakang dan umumnya tidak terlihat.

Cara untuk memastikan apakah kabel daya TV copot dari stop kontak adalah dengan melihat pada lampu indikator TV. Apabila televisi tiba tiba mati namun lampu power hidup, berarti masih tersambung ke arus listrik dan permasalahan bukan pada kabel daya.

Sebaliknya apabila TV tiba tiba mati lampu power mati, kemungkinan besar hal tersebut disebabkan karena kabel daya TV yang copot dari stop kontak sehingga perlu dipasang kembali.

Penyebab TV Mati Sendiri karena Tersambar Petir

Tersambar petir

Ketika cuaca di luar sedang hujan deras disertai petir dan tiba tiba TV mati, kemungkinan besar penyebabnya adalah antena TV tersambar petir. Terlebih antena TV di rumah Anda adalah antena outdoor atau dipasang di luar rumah.

Baca Juga:  5+ Cara Membuat TV Bisa Jernih Tanpa Menggunakan Booster, Sudah Coba?

Sambaran petir dapat mengalirkan arus listrik yang merembet melalui kabel antena TV outdoor, sehingga bisa menyebabkan kerusakan pada perangkat televisi. Lantas apa ciri ciri TV LED tiba tiba mati karena tersambar petir?

  • Televisi tiba tiba tidak bisa dinyalakan, padahal sebelumnya tidak ada permasalahan dan dapat dinyalakan dengan normal.
  • Ketika casing televisi dibuka, di bagian jalur grounding tampak komponen di jalur PCB yang fisiknya terbakar atau hangus dan tercium bau gosong.

Jika hal ini terjadi, solusinya adalah dengan melakukan penggantian di komponen yang mengalami kerusakan. Umumnya komponen yang perlu dilakukan penggantian ketika terjadi masalah tersambar petir adalah :

  • IC transistor, karena pecah dan berdampak pada naiknya tegangan arus listrik.
  • Elco capacitor, karena meletus akibat dari arus listrik dari sambaran petir.
  • IC memory EEPROM, menjadi sensitif karena terjadi error data korup.

Penyebab TV Mati Sendiri karena Regulator Tidak Bekerja

Kenapa tv tiba tiba mati? Salah satu permasalahan yang juga kerap dialami adalah regulator pada televisi yang sudah tidak bekerja. Regulator sendiri adalah salah satu bagian sirkuit televisi yang fungsinya menyediakan tegangan pada rangkaian mesin.

Sehingga ketika komponen ini tidak bekerja dengan optimal, maka dapat berdampak pada televisi yang tiba tiba mati dengan sendirinya tanpa ada tanda tanda. Regulator TV dapat rusak karena mengalami overheating atau terjadi hubungan singkat pada sirkuit.

Komponen yang kerap mengalami kerusakan pada sirkuit regulator adalah FET atau transistor, dimana komponen tersebut menjadi komponen penting agar sirkuit regulator dapat terkendali dengan baik.

Cara untuk memeriksa komponen ini adalah dengan menggunakan alat multimeter. Apabila kondisinya rusak atau jebol, maka dapat diganti dengan komponen baru yang sejenis dengan sebelumnya.

Baca Juga:  Mengenal Warna Resistor 10k serta Kisaran Harga Terbaru 2024

Penyebab TV Mati Sendiri tapi Lampu Power Hidup

Selain permasalahan di atas, kerap ditemui televisi yang mati sendiri namun lampu power masih menyala. Lantas apa penyebab dari permasalahan ini? Berikut penjelasan lengkapnya :

Masalah pada Komponen Elco

Sama seperti sebelumnya, permasalahan pada komponen elco juga bisa menyebabkan TV mati namun lampu power hidup. Kondisi ini juga kerap disebut dengan istilah mati standby.

Tegangan Regulator Drop

Penyebab selanjutnya adalah tegangan regulator yang mengalami drop, karena hal ini dapat menyebabkan beberapa permasalahan pada TV seperti mati standby, gambar TV hilang, dan lain-lain.

Masalah pada Horizontal Flyback

Selain itu sirkuit horizontal yang mengalami permasalahan dan tidak bekerja dengan optimal juga dapat menjadi penyebab mengapa TV mati dalam kondisi standby atau power hidup.

Solusi mengatasi TV yang mati namun lampu power hidup adalah dengan melakukan soft reset. Caranya mudah, pertama-tama cabut stop kontak TV lalu tunggu selama kurang lebih 30 detik.

Setelah itu masukkan kembali steker ke stop kontak lalu hidupkan televisi. Tunggu beberapa saat hingga TV melakukan proses kalibrasi, hal ini dapat membantu televisi agar bisa kembali bekerja secara normal.

Demikianlah penyebab kenapa TV tiba tiba mati yang harus diketahui. Televisi yang mati tiba tiba bisa disebabkan karena faktor sepele seperti kabel daya yang terlepas dari stop kontak hingga masalah lainnya.

Contohnya permasalahan pada transistor horizontal, komponen tidak terpasang dengan baik, permasalahan pada komponen elco, antena tersambar petir, hingga regulator TV tidak bekerja. Agar dapat memperbaiki kerusakan, terlebih dahulu ketahui apa penyebabnya sehingga bisa ditangani sesuai permasalahan.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment