Kode Remote TV Sony dan Cara Menggunakannya

Jika saat ini Anda sedang mencari kode remote TV Sony, maka pembahasan berikut bisa menjadi solusinya. Tidak bisa dipungkiri bahwa Sony merupakan salah satu merek TV yang paling populer.

Akan tetapi tidak jarang juga penggunanya mengalami masalah tertentu, seperti remote yang rusak dan hilang. Salah satu solusi yang bisa digunakan untuk masalah tersebut adalah menggunakan remote universal.

Oleh karena itu pada kali ini akan diberikan beberapa kode remote yang bisa Anda gunakan, baik itu Sony maupun merek TV lainnya. Jadi silakan simak semuanya hingga selesai.

Daftar Kode Remote TV Sony

Kode Remote TV Sony dan Cara Menggunakannya

Pada dasarnya ada beberapa jenis TV Sony dengan kode yang berbeda-beda. Oleh karena itu Anda bisa memperhatikan kode berdasarkan jenisnya berikut ini.

1. TV LCD dan LED

Jenis yang pertama adalah LCD dan LED. Apabila memiliki televisi jenis ini, Anda dapat menggunakan kode remot Sony 135 ataupun 023.

Salah satu dari kode tersebut dapat Anda gunakan saat melakukan pengaturan remote universal. Apabila satu kode tidak berhasil, silakan coba kode yang berikutnya.

2. Kode remot Sony tabung

Berikutnya adalah TV tabung. Meskipun sudah banyak produk TV LED dan LCD, namun tidak sedikit pula yang masih menggunakan jenis TV tabung.

Jika Anda memiliki TV ini, Anda bisa menggunakan kode remot TV Sony tabung 240, 041, 239, 237, 148, 106, 094, 005, dan 049. Silakan pilih salah satu dari kode di atas.

Jumlah kode TV Sony tabung memang lebih banyak dibandingkan TV LED ataupun LCD. Dengan begitu, Anda akan memiliki beberapa alternatif apabila terdapat kode yang tidak bisa digunakan.

Cara Menggunakan Kode Remote TV Sony

Setelah mengetahui beberapa kode remot TV Sony di atas, Anda bisa melihat panduan melakukan setting berikut ini. Meskipun setiap remote universal memiliki cara yang berbeda, namun pada dasarnya cara kerja alat tersebut masih sama.

Baca Juga:  Cara Program TV Polytron Tabung dan LED

1. Siapkan remote

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan remote universal terlebih dahulu. Pastikan Anda membeli dalam kondisi baru dan baik seperti baterai lengkap atau sebagainya.

2. Nyalakan TV

Selanjutnya, silakan nyalakan TV Sony yang Anda miliki, baik itu jenis LCD, LED, maupun tabung. Setelah itu, arahkan remote ke TV tersebut.

3. Menekan dan menahan tombol

Biasanya pada remote universal terdapat tombol SET yang berfungsi untuk mengunci merek TV. Silakan tekan dan tahan tombol tersebut selama beberapa detik hingga lampu indikator mulai menyala.

4. Masukkan kode

Apabila lampu indikator telah menyala, langkah berikutnya adalah masukkan kode sesuai yang sudah diberikan di bagian sebelumnya. Apabila berhasil, maka lampu indikator akan langsung mati.

Akan tetapi, apabila kode gagal, Anda perlu mengulang dari langkah sebelumnya dan memasukkan kode lainnya. Coba beberapa kode sampai berhasil.

5. Mengunci setting

Langkah terakhir adalah mengunci pengaturan yang dilakukan. Caranya sangat mudah, yakni saat lampu indikator telah mati, silakan tekan tombol SET.

Cara Mencari Kode TV Berbagai Merek

Seperti Anda ketahui, setiap TV pasti memiliki kode yang berbeda-beda. Lalu, sebenarnya bagaimana cara mengetahui dan mencari kode tersebut?

1. Melihat di box remote

Cara ini merupakan yang paling mudah untuk dilakukan. Ketika membeli baru, Anda bisa melihat kode remote universal di bagian box sehingga tidak perlu repot-repot mencarinya.

2. Mencari di internet

Berikutnya adalah mencari lewat internet. Cara ini dapat Anda lakukan apabila di box tidak terdapat kode ataupun membeli remote universal bekas.

Anda bisa mencari di Google maupun YouTube dengan mengetikkan merek dan jenis TV tersebut. Setelah itu, Anda akan mendapatkan beberapa daftar kode yang siap digunakan.

Baca Juga:  Contoh Rangkaian Relay Sederhana dan Cara Kerjanya

3. Melihat dari TV langsung

Cara ini mungkin tidak berlaku untuk semua jenis TV namun tetap layak untuk dicoba. Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan dan Anda harus menggunakan tombol dari TV langsung karena remote tidak bisa digunakan.

  • Nyalakan TV
  • Pilih menu Program
  • Pilih Pengaturan Umum
  • Pilih opsi Tentang TV Ini
  • Pilih Informasi TV
  • Kode TV akan muncul

Kode Remote TV Samsung

Selain Sony, TV Samsung juga memiliki pengguna yang cukup banyak. Berikut ini adalah beberapa kode yang bisa digunakan apabila Anda menggunakan TV tersebut.

1. Kode remot Samsung LED dan LCD

Seperti halnya merek lainnya, untuk jenis TV LED biasanya kodenya cenderung lebih sedikit. Anda bisa menggunakan kode 005 dan 024.

2. Kode remot Joker TV Samsung tabung

Untuk jenis TV tabung, ada banyak kode yang bisa digunakan seperti 123, 113, 039, 024, 021, 008, 011, 376, 375, 037, dan 033. Apabila terdapat satu kode yang tidak bisa, maka silakan gunakan kode lainnya.

Daftar Kode Remote TV Lainnya

Berikut ini adalah beberapa daftar kode untuk Remote merek TV lainnya. Silakan pilih sesuai dengan TV yang Anda gunakan.

1. Kode Remote TV LG LED 32 Inch

TV LG 32 inch memang menjadi salah satu favorit banyak orang karena ukurannya sangat ideal untuk keluarga. Apabila ini adalah TV yang Anda miliki, gunakan kode 140 atau 024.

2. Kode remot TV LG tabung Joker

Sementara itu, untuk jenis TV tabung LG, Anda bisa menggunakan kode 103, 043, 261, 260, 259, 043, 040, 024, dan 140. Silakan coba satu per satu sampai menemukan kode yang tepat.

Baca Juga:  8 Cara Memilih Microwave yang Bagus, Perhatikan Hal-Hal Berikut!

3. Kode TV Polytron tabung

Jika Anda memiliki TV Polytron tabung, silakan gunakan kode remot TV universal 151, 053, 385, 150, 147, 017, 253, 043. Apabila satu kode tidak berhasil, Anda bisa menggunakan kode yang lainnya.

4. Kode Remote TV Sharp tabung 21 Inch

Meskipun banyak yang mulai meninggalkan TV ini, nyatanya penggunanya masih ada. Beberapa kode yang bisa digunakan antara lain 137, 136, 135, 025, 016, 018, dan 003.

5. Kode Rekome TV Sharp LED

Sementara itu, apabila Anda menggunakan TV Sharp LED, silakan gunakan kode 136, 135, 003, 018, atau 137. Beberapa kode mungkin tidak berhasil tergantung dari jenis remote universal yang digunakan.

Kenapa Remote Universal Tidak Bisa Digunakan?

Meskipun sudah memiliki kode di atas, namun tidak jarang juga remote universal masih tidak bisa digunakan. Hal tersebut biasanya diakibatkan oleh beberapa hal, yakni sebagai berikut.

1. Salah memasukkan kode

Penyebab yang paling umum terjadi adalah kesalahan saat memasukkan kode. Guna memastikan kode yang dimasukkan sudah benar, Anda bisa memastikan dengan mengecek terlebih dahulu.

Selain itu, mungkin saja kode yang dimasukkan tidak cocok untuk TV tersebut. Itulah sebabnya ada beberapa alternatif kode lain setiap jenis TV.

2. Baterai remote lemah

Hal ini kerap terjadi ketika membeli remote universal kondisi bekas. Biasanya penjual akan menyertakan baterai yang mungkin sudah lemah.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mencoba mengganti dengan baterai baru. Setelah itu, silakan coba kembali remote tersebut.

Jadi itulah tadi beberapa kode remote TV Sony dan juga merek-merek lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment