7 Keyboard Mechanical Terbaik 2024, Andalan Para Gamer dan Programer

Keyboard mechanical memberikan pengalaman mengetik yang lebih baik dari keyboard kubah karet standar. Oleh karena itu, banyak gamer dan programer beralih ke perangkat keras jenis ini. Sekarang Kamu bisa dengan mudah menemukan keyboard mechanical terbaik di toko offline maupun online.

Namun, tidak semua keyboard mechanical yang beredar di pasaran memiliki performa baik. Simak ulasan berikut ini untuk mendapatkan keyboard mechanical dengan kinerja lebih baik dan tahan lama.

Mengenal Keyboard Mechanical dan Kegunaannya

Seperti namanya, keyboard mechanical adalah keyboard dengan komponen mekanis berupa switch yang terhubung dengan keycaps. Selain itu, keyboard ini memiliki sensasi klik berbeda dari perangkat sejenisnya.

Layout keyboard mechanical terdapat dua pilihan, diantaranya full keys dan t en key less (TKL).

Full keys merupakan jenis keyboard yang dilengkapi dengan tombol numeric pad. Jenis ini cocok untuk pekerja kantor atau pengolah data.

Sedangkan TKL, keyboard yang tidak memiliki tombol numeric pad. Biasanya, jenis ini digunakan oleh para gamer.

7 Rekomendasi Keyboard Mechanical yang Wajib Dicoba

Berikut ini daftar keyboard mechanical terbaik di tahun 2023.

Corsair K100

Tidak banyak yang mampu menandingi keunggulan keyboard mechanical Corsair. Diluncurkan pada tahun 2018, keyboard gaming ini hadir dengan optical switch dengan responsivitas sekaligus ketahanan lebih baik.

Belum lama ini, diluncurkan seri terbaru yang dinamai Corsair K100. Dilihat dari namanya, jelas bahwa ini akan masuk dalam deretan perangkat kasta tertinggi. Performa jauh lebih responsif dari sebelumnya, yaitu4000 Hz.

Corsair mengklaim bahwa optical switch K100 tahan hingga 150 juta klik. Sama seperti K95, seri ini juga dilengkapi dengan enam tombol macro di sisi kiri. Sedangkan ciri khas tombol multimedia beserta knop pengatur volume yang sudah menjadi ciri khas tetap dipertahankan pada perangkat baru tersebut.

Baca Juga:  9 Kelebihan dan Kekurangan Kulkas Aqua AQR D181

Fnatic Streak 65

Fnatic Streak 65 merupakan salah satu keyboard mechanical terbaik yang digemari oleh para gamer. Memiliki ukuran kecil sehingga tidak memakan tempat untuk mouse dan perangkat lainnya. Seri ini mengutamakan performa tanpa mengorbankan estetika.

Selain bentuk yang praktis, Fnatic Streak 65 memiliki banyak keunggulan, seperti memori onboard, pencahayaan RGB yang memanjakan mata, dan saklar tercepat di pasaran Fnatic Speed Kailh Choc V2.

Fnatic Streak 65 tersedia dalam varian warna hitam dan putih. Sekilas memang tampak biasa saja, tapi dilihat lebih dekat detailnya sangat memukau.

NuPhy Air 75

NuPhy Air 75 merupakan unit mekanis yang ringkas ringkas dengan kualitas build luar biasa. Selain itu, keyboard mechanical terbaik ini memiliki desain ramping tanpa sandaran tangan sehingga pengguna nyaman selama mengetik. Perangkat tersebut kompatibel dengan smartphone dan laptop.

Pilihan konektivitasnya, Kamu bisa menggunakan kabel USB atau bluetooth. NuPhy Air 75 bisa disambungkan dengan tiga perangkat sekaligus.

Fitur saklar Gateron Low-Profile Brown menawarkan pengalaman mengetik yang ringan dan nyaman di ujung jari.

Logitech G610

Logitech G610 hadir dengan bentuk dan desain yang sangat sederhana. Meskipun demikian, keyboard mechanical terbaik ini dilengkapi dengan fitur canggih, seperti fingerprint masking matte dan menggunakan switch cherry MX.

Ketika Kamu menggunakan Logitech G610, tidak akan ada suara berisik karena dilengkapi dengan tactile bump yang mampu meredam suara suara saat mengetik.

Menariknya, keyboard ini juga dapat melakukan pergerakan komplek yang akurat. Pengguna bisa kontrol video maupun musik tanpa menutup tampilan layar.

Gamen Titan II

Gamen Titan II merupakan salah satu keyboard mechanical yang nyaman untuk mengetik maupun bermain game. Keunggulan yang dimiliki perangkat ini, diantaranya body kompak, halus, tahan korosi, dan tahan lama.

Baca Juga:  Grounding Adalah: Pengertian, Sistem, dan Fungsinya

Gamen Titan II diklaim memiliki ketahan hingga 50 juta klik karena dilengkapi dengan Outemu Blue Switch kualitas A+. Meskipun dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, keyboard ini dapat menekan 104 tombol secara bersamaan anti ghosting sehingga performa saat mengetik atau bermain game tidak terganggu.

Amaggeddon MKA-61C

Amaggeddon MKA-61C adalah keyboard 60% yang memiliki desain kompak berdimensi 29,8 × 103,3 × 34,5 mm. Jenis keyboard ini cocok untuk pemula yang baru ingin mencoba keyboard mechanical karena harganya relatif murah.

Amaggeddon MKA-61C dilengkapi 61 tombol dengan masa pakai 50 juta kali klik. Selain itu, keyboard ini juga memiliki fitur Kevlar Tech, yaitu tahan pudar seumur hidup.

Tombol pada Amaggeddon MKA-61C sudah anti-ghosting dan 18 variasi lampu backlight yang dapat disesuaikan oleh keinginan pengguna. Sedangkan konektornya menggunakan kabel USB tipe C ukuran 1,5 meter.

ReDragon Dragonborn K630RGB

ReDragon Dragonborn K630RGB memiliki brown switch yang responsif dan nyaman saat digunakan saat mengetik atau bermain game. Keyboard mechanical ini dilengkapi panel host swappable, dimana pengguna dapat menukar keycaps apabila menginginkan suasana berbeda.

Brown switch pada keyboard responsif dan ringan karena jarak tempuh pendek dan gaya aktuasi yang rendah. Selain itu, lampu latar RGB penuh dan sudah menggunakan kabel USB type C.

Pastikan mencari tahu informasi mendalam mengenai perangkat elektronik sebelum membeli. Daftar keyboard mechanical terbaik yang disebutkan diatas terbukti paling bagus dan telah digunakan oleh pelajar, gamer, pekerja, dan programer. Semoga bisa membantu Kamu dalam memilih keyboard yang diinginkan.

Tips Memilih Keyboard Mechanical Menurut Pakar

Agar mendapatkan perangkat yang sesuai dengan kebutuhan, simak tips memilih keyboard mechanical berikut ini.

Baca Juga:  5 Merk Skuter Listrik untuk Dewasa dan Anak-anak (Terbaik)

Mengetahui Karakteristik Switch

Hal paling penting dalam memilih keyboard mechanical adalah mengetahui perbedaan jenis tombol switch. Setiap jenis tombol switch memberikan sensasi penekanan berbeda.

Berikut jenis tombol switch yang harus diketahui:

  • Red switch, sangat  cocok untuk pemula karena menghasilkan suara ketikan yang lebih tenang.
  • Blue switch, suara tombol memberikan efek tenang pada pemakainya.
  • Brown switch, tombol keyboard mechanical level menengah yang dapat digunakan oleh semua kalangan.
  • Black switch, cocok untuk pengguna yang ingin mengetik dengan cepat.
  • Original switch, diproduksi khusus untuk kalangan tertentu, salah satunya gamer.

Mempertimbangkan Fitur yang Paling Dibutuhkan

Berikut ini fitur unggulan yang hanya ada pada keyboard mechanical terbaik.

  • Anti-ghosting, fitur yang membantu mengetik cepat dan meminimalisir  kesalahan ketik.
  • Rollover, tombol yang memiliki fungsi khusus ketika ditekan bersamaan.
  • Macro, meningkatkan efisiensi dengan sangat baik saat digunakan untuk bekerja maupun bermain game.

Utamakan Tombol yang Familiar dengan Jari

Apabila terbiasa menggunakan membrane keyboard, Kamu perlu beradaptasi menggunakan keyboard mechanical. Pilih tekanan tombol yang hampir sama dengan keyboard sebelumnya.

Gunakan Keyboard dengan Konektor Kabel

Dalam menentukan jenis koneksi keyboard mechanical perhatikan tempat perangkat tersebut akan digunakan. Pertimbangkan juga device yang akan digunakan.

Apabila Kamu tidak ingin delay saat memencet tombol, sebaiknya pilih keyboard dengan konektor kabel. Namun, jika ingin menggunakan mengoperasikan jarak jauh dengan monitor, gunakan keyboard wireless yang kompatibel dengan semua device.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment