Rekomendasi Merk Speaker Aktif Terbaik di Dunia 2023

Ingin mendengarkan musik dengan kualitas suara bagus dan jernih, tapi bingung memilih perangkat audio yang tepat.

Tidak perlu khawatir, artikel ini akan membahas mengenai keunggulan, jenis, dan merk speaker aktif terbaik di dunia. Simak penjelasannya sampai akhir agar tidak salah memilih speaker impian Kamu.

Keunggulan Speaker Aktif yang Perlu Diketahui

Speaker aktif merupakan salah satu jenis speaker yang paling banyak dicari karena penggunaannya lebih praktis dibanding speaker pasif.

Berikut ini kelebihan speaker aktif yang dapat digunakan sebagai tolok ukur sebelum membeli.

  • Tidak akan berurusan dengan banyak kabel karena bisa langsung digunakan tanpa tambahan amplifier.
  • Proses instalasi tidak rumit sehingga lebih hemat waktu.
  • Komponen penyusun speaker aktif lebih komplit dan canggih yang dapat menghasilkan suara lebih jernih dari speaker pasif.
  • Tersedia dalam beberapa ukuran dan bentuk yang menarik membuat jenis speaker ini bisa diletakkan dimana saja tanpa mengambil banyak tempat.
  • Di dalam speaker aktif terdapat komponen canggih yang terhubung dengan box speaker sehingga menghasilkan konektivitas sangat baik.

Selain kelebihannya, perlu juga mempertimbangkan kekurangannya untuk menentukan apakah speaker aktif tersebut sesuai dengan kebutuhan Kamu.

Meskipun memiliki banyak keunggulan, speaker aktif juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya:

  • Power menjadi satu dengan badan speaker sehingga lebih berat dibandingkan speaker pasif.
  • Dalam hal setting, speaker aktif membutuhkan dua kabel, yaitu kabel power dan kabel volume.
  • Apabila salah satu komponen bermasalah, kemungkinan terjadi kerusakan keseluruhan speaker sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik seperti semula.
  • Speaker aktif hanya cocok digunakan di dalam ruangan karena rentan terhadap panas matahari.
  • Seperti yang dijelaskan sebelumnya, power menjadi satu dengan speaker artinya terpisah dengan tombol volume dari ruang operator.

Jenis Speaker Aktif Beserta Fungsinya

Banyak yang tidak mengetahui fungsi speaker berdasarkan jenisnya, terutama para pemula dalam dunia audio. Oleh karena itu, jangan asal beli sebelum menyimak perbedaan jenis speaker aktif berikut ini.

Baca Juga:  Mengenal Ciri Trafo Step Up, Rumus, Dan juga Fungsi Penerapannya

Speaker Aktif Woofer

Perangkat audio ini memiliki suara rendah yang bekerja pada frekuensi 40 Hz sampai 1000 Hz. Dari segi ukuran, speaker aktif woofer tersedia mulai dari 4 inchi hingga 12 inchi. Untuk menghasilkan suara maksimal, Kamu harus menggabungkan woofer dengan tweeter dan mid range.

Speaker Aktif Subwoofer

Subwoofer memiliki frekuensi lebih rendah dari woofer, yaitu 20 Hz sampai 200 Hz. Jenis ini menghasilkan suara yang terdengar berat atau bass. Ukuran jenis ini paling besar dari speaker aktif lainnya, antara 12 inchi hingga 21 inchi.

Berikut spesifikasi yang perlu diperhatikan sebelum membeli speaker subwoofer:

  • SPL (Sound Pressure Level) untuk menentukan tingkat kenyaringan suara yang dihasilkan. Apabila diletakkan di dalam ruangan, SPL yang disarankan 90 dB. Sedangkan di luar ruangan, gunakan SPL di atas 90 dB.
  • Perhatikan respon frekuensi, jika semakin rendah angka yang dimiliki, maka bass yang dihasilkan semakin baik. Begitu pula sebaliknya, semakin tinggi angka yang dimiliki, maka treble akan semakin jelas.

Speaker Aktif Tweeter

Ukuran tweeter sekitar 4 inci saja, tapi menghasilkan suara yang sangat baik. Selain itu frekuensi juga cukup tinggi, antara 3500 Hz sampai 20 Hz. Oleh karena itu suara yang dihasilkan terdengar melengking.

Ciri-ciri speaker aktif tweeter yang bagus, antara lain:

  • Suara terdengar jernih, nyaring, serta tidak bindeng dan kasar
  • Transient response cukup cepat
  • Memiliki sensitivitas sekitar 91 dB

Speaker Aktif Mid Range

Mid range merupakan salah satu bagian dari sistem 3 way bersama dengan woofer dan tweeter. Speaker jenis ini menghasilkan suara yang jelas dan fokus. Namun, tidak bisa menghasilkan suara nada tinggi atau rendah karena fungsinya memang berada di tengah untuk menyempurnakan speaker-speaker yang lain.

Speaker Aktif Full Range

Full range mampu menghasilkan nada tinggi hingga rendah. Tingkat frekuensinya hampir sama dengan manusia, antara 20 Hz sampai 20000 Hz. Speaker jenis ini dapat mengeluarkan nada rendah piano dan nada tinggi biola dengan sangat jelas.

Merk Speaker Aktif dengan Kualitas Suara Terbaik

Berikut ini merk speaker aktif terbaik di dunia yang ramah dikantong.

Advance M-180BT

Advance M-180BT terdiri dari dua satelit dan satu woofer. Kamu bisa mendengarkan musik menggunakan flashdisk, memory MMC, atau memory SD melalui speaker stereo dan subwoofer yang terintegrasi. Selain itu, speaker ini juga dilengkapi dengan fitur radio FM.

Advance M-180BT hadir dengan Super Vibra Bass yang dapat menghasilkan suara kuat dan bertenaga. Teknologi tersebut bisa menjernihkan treble sehingga suara yang dihasilkan menjadi lebih enak didengar.

Seperti kebanyakan speaker aktif yang beredar di pasaran saat ini, Advance  menyematkan konektivitas bluetooth pada perangkat audio tersebut. Kamu bisa memutar menghubungkan dengan smartphone atau laptop. Daya listrik tidak terlalu banyak, hanya sekitar 35 watt saja.

Bareton Max 15

Bareton Max 15 merupakan seri tertinggi berukuran 15 inci dengan daya 800 watt. Keunggulan inilah yang menjadi alasan perangkat tersebut masuk dalam daftar speaker aktif terbaik di dunia. Suara yang dihasilkan cukup keras dengan bass jempola, tapi lembut ketika ditangkap telinga.

Tenaga Bareton Max 15 memang tidak dapat diragukan. Komponen bagian dalamnya dilengkapi dengan fitur anti air sehingga aman digunakan di luar ruangan. Namun, ukurannya lumayan besar sedikit memakan tempat jika diletakkan di dalam ruangan.

Yamaha DBR 15

Yamaha DBR 15 memiliki desain minimalis elegan, dan praktis dengan ukuran 15 inchi. Speaker aktif tersebut menghasilkan suara bass yang jelas dan jernih, tapi kurang powerfull dari segi tenaga. Perangkat audio ini diminati oleh pelaku usaha cafe dan studio musik.

Baca Juga:  10 Step Cara Agar TV Jernih Tanpa Booster, Nonton Sinetron Tanpa Gangguan Semut

Seperti seri DBR lainya, kabinet terbuat dari bahan plastik yang ringkas, ringan, dan tahan lama. Harga speaker aktif ini sangat sebanding dengan fitur dan spek tinggi yang ditawarkan.

Roadmaster PRO BEAT 12

Roadmaster PRO BEAT 12 memiliki fitur unggulan pengatur bass yang dinamakan Xbass. Selain itu, speaker aktif terbaik di dunia ini juga dilengkapi dengan pengaturan volume microphone. Untuk respon frekuensinya ada di antara angka 20 Hz sampai 20 kH.

Untuk memutar musik, disediakan beberapa pilihan, seperti flashdisk, kabel USB, atau kartu SD. Kamu juga bisa menghubungkan dengan perangkat lain karena Roadmaster PRO BEAT dilengkapi dengan fitur bluetooth.

Polytron BB 3501 RC

Polytron BB 30501 RC lengkap dengan speaker penuh, diantaranya subwoofer, dua surround speaker, dan dua satelit. Kombinasi teknologi yang sangat canggih ini menghasilkan suara menggelegar seperti dalam gedung bioskop. Selain mendengarkan musik, speaker aktif ini sangat cocok dipasangkan pada televisi.

Input Polytron BB 30501 RC juga beragam, mulai dari kabel USB, DVD, CD, MP3, hingga kartu SD. Perangkat ini juga dilengkapi dengan remote sehingga memudahkan navigasi menu.

Keunggulan yang ditawarkan Polytron memang tidak main-main, sehingga harga yang ditawarkan sudah pasti relatif mahal.

Itulah merk speaker aktif terbaik di dunia berdasarkan review dari pengguna. Pastikan memperhatikan beberapa hal sebelum membeli perangkat audio sesuai kebutuhan Kamu.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment