Kode Remot TV Akira dan Cara Settingnya

Kode remot tv akira sangat penting untuk diketahui. Apalagi jika kamu ingin mengganti remot original ke remot universal, agar tetap bisa digunakan dalam mengganti berbagai siaran di dalam tv tersebut. akira merupakan salah satu merek televisi yang cukup menjadi idola banyak masyarakat Indonesia.

Harganya yang cukup terjangkau, tv merek Akira juga merupakan salah satu brand yang memberikan kualitas, sehingga tvnya cenderung bisa digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama. Perlu menjadi perhatian, kamu harus perhatikan penggunaanya, karena alat elektronik juga bisa rusak.

Salah satu kendali yang sering terjadi pada sebuah tv analog adalah kerusakan pada remot atau hilang. Sehingga kamu harus membeli remot baru yang universal agar tv bisa tetap digunakan untuk menonton berbagai siaran Indonesia maupun luar negeri. Jika sudah seperti itu, kamu butuh ganti remot.

Perlu menjadi perhatian, suatu remot tv bisa rusak karena beberapa hal. Biasanya diakibatkan oleh habisnya batre, atau ada kabel yang terputus di dalam, sehingga fungsinya tidak maksimal seperti yang seharusnya. Remot universal bisa digunakan pada semua jenis tv, kamu hanya perlu memasukkan kode.

Kode Remot TV Akira 21 in Tabung

Kode Remot Tv Akira dan Fungsi Kodenya

Setiap brand elektronik sebuah tv pasti mempunyai beberapa jenis. Contohnya tv led, lcd dan tabung. Pada masing-masing jenis tersebut mempunyai kode yang berbeda. Jadi, perlu diperhatikan, agar tidak keliru dengan kodenya. Sebab, jika salah kode maka remot tidak bisa berfungsi dengan baik.

Model TV Tabung

Pada tv tabung sendiri saat ini masih banyak digunakan. Apalagi pada daerah perkampungan, karena banyak brand yang mampu bertahan dengan kualitas terbaiknya. Jika remot rusak maupun hilang, kode akira jenis tabung yaitu 103, 213, 140, 015, 104, 182, 224, 016, 115, 178, 182, 124, 147, 151, 073, 103.

Baca Juga:  Listrik Kulkas Berapa Watt Beserta Cara Menghitung Biayanya

Model TV LED

Kode pada remot digital umumnya berjumlah kode tiga angka. Untuk model TV led akira sendiri terdapat kode yang berbeda. Hal tersebut bisa disesuaikan dengan wilayah tempat tinggal kamu. Kodenya 104, 181, 103, 213, 224, 013, 140, 115, 016, 178, 045, 224, 147, 02, dan juga 124.

Fungsi Kodenya

Kode remot yang biasa digunakan pada remot universal adalah untuk menghubungkan remot dengan televisi yang kamu gunakan. Angka serta kode remot akan sangat membantu kamu jika versi original sudah tidak berfungsi atau bahkan hilang dan rusak.

Cara Menggunakan Kode Remot

Setelah mengetahui beberapa kode untuk model tv tabung maupun tv led, kamu juga harus mengetahui cara menggunakan kode tersebut. terdapat berbagai metode yang bisa digunakan, seperti metode otomatis serta manual. Berikut mengenai penjelasan singkatnya.

Metode Otomatis

Pada metode otomatis hanya berlaku jika kode remot tv akira tidak ada yang cocok dengan versi tv yang ada di rumah kamu. Berikut langkah-langkahnya. Pertama, nyalakan terlebih dahulu televisinya, kemudiannya arahkan remot pada tv akira yang kamu miliki.

Kedua, tekan dan tahan tombot set yang tersedia pada remot hingga lampu indikator berwarna merah menyala, saat lampu sudah berhasil menyala, kamu bisa menekan CH+ dan juga CH- secara berulang hingga televisi merespon. Lanjut dengan menekan tombol set sekali lagi hingga lampu mati.

Metode Manual

Berbeda dengan metode otomatis, metode manual bisa kamu lakukan agar bisa dihubungkan dengan televisi merek akira. Pertama, tekan terlebih dahulu tombol set pada remot universal selama beberapa detik hingga lampu LED menyala, saat lampu sudah menyala masukkan 3 digit angka kodenya.

Baca Juga:  Data Pin dan Persamaan IC LA78141

Lanjut dengan lampu indikator di remot, biasanya akan otomatis mati, jika lampu tetap hidup, maka kamu bisa memasukkan kode yang lainnya untuk ketepatannya. Jika lampu sudah mati, maka metode sudah berhasil, dan remot dengan tv bisa terhubung dengan baik.

Penyebab Remot Universal Tidak Mampu Berfungsi

Perlu menjadi perhatian bahwa terdapat beberapa penyebab remot universal tidak mampu berfungsi seperti biasanya. Kamu perlu memahami penyebab remotnya tidak dapat terhubung dengan televisi yang digunakan untuk bisa menonton banyak serial televisi.

Baterai Tidak Berfungsi

Salah satu hal yang sering terjadi adalah baterai tidak berfungsi. Hal ini membuat remote tidak bisa berfungsi dengan baik. Terdapat tanda pada bagian lampu indikatornnya yaitu redup. Maka dari itu, kamu harus memastikan baterainya berfungsi dengan baik, agar remote juga bisa berfungsi dengan baik.

Ciri-ciri lain yang mungkin dapat terjadi pada remot yang tidak memiliki fungsi secara maksimal adalah tidak merespon perintah. Seringkali terdapat berbagai channel yang bisa ditandai oleh angka, jika kamu menekan angka 3 dan tv tidak bisa merespon dengan baik, maka bisa dicoba dengan ganti baterai.

Masalah pada Sensor Remot

Perlu diperhatikan, pada saat membeli remot universal, kamu harus memperhatikan beberapa faktor. Salah satunya adalah remot bisa berfungsi dengan baik. Salah satu alasan remote tidak bisa terhubung dengan televisi, seringkali terjadi pada sensor remotnya.

Beberapa toko memberikan garansi untuk kamu yang membeli remote dan tidak bisa berfungsi dengan baik pada waktu tertentu, maka kamu dapat menukarnya dengan yang baru. Jika remote sudah lama dan usang, kamu bisa menggantinya dengan yang baru dan beli di toko yang terpercaya.

Kode Remot Tidak Sesuai

Kode tidak sesuai. Perlu diingat bahwa setiap merk dan setiap wilayah mempunyai kode yang berbeda. Maka dari itu, kamu harus menyesuaikan kode sesuai dengan tipe dan wilayah tempat kamu berasa. Jika tidak mencocokkan kode tersebut maka remote dan juga televisi tidak dapat berfungsi dengan baik/

Baca Juga:  Cara Memilih Jasa Pasang Antena TV Digital

Kamu bisa mempraktekkan metode otomatis jika bingung dengan kode yang berbeda. Namun, jika sudah mencoba semuanya dan tidak jadi, bisa menggunakan metode manual agar tetap terhubung dengan televisinya. Jadi, remote bisa digunakan dengan baik.

Perbedaan Antara Remot Universal serta Non Universal

Perlu menjadi catatan bahwa terdapat perbedaan antara remot universal dengan ditandai dengan tombol set yang mempunyai warna merah. Tombol tersebut akan berfungsi agar masuk ke mode setting. Selain itu, remot universal akan dilengkapi dengan lampu indicator.

Hal tersebut mempunyai fungsi sebagai salah satu tanda mengenai remot sudah memasuki mode setup atau belum. Jika remot yang kamu beli mempunyai dua ciri tersebut, kemungkinan besar remot tersebut adalah universal, dimana bisa terhubung oleh semua jenis tv.

Namun, jika remote yang dibeli tidak mempunyai ciri-ciri tersebut maka berkemungkinan bukan remot universal. Sehingga harus dicoba terlebih dahulu, karena tidak semua remot non universal bisa digunakan pada tv dengan brand jadul, apalagi dengan tv jenis tabung.

Kode remot tv akira bisa dipelajari dan juga dipahami dengan baik. Kamu dapat menggunakan dua metode dan memperhatikan penyebab remote tidak jadi, ketika remote tidak dapat berfungsi dengan baik dan tidak mampu terhubung dengan televisi seperti yang kamu harapkan.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment