Jenis-Jenis Lambang Kapasitor dan Fungsinya

Saat ini tersedia banyak lambang kapasitor yang sering dijumpai pada sistem elektronika. Seperti halnya simbol kapasitor polar dan nonpolar.

Kapasitor merupakan komponen yang terdapat pada sistem elektronik dan mempunyai kapasitas mikro untuk digunakan dalam penyimpanan muatan listrik. Adanya kapasitor tersebut masuk dalam salah satu komponen pada elektronik pasif yang bisa digunakan untuk menyimpan energi pada medan listrik di bagian sepasang konduktor.

Kapasitor ini menjadi komponen yang dapat dimanfaatkan dalam menyimpan ataupun mengalirkan listrik melalui reaksi kimia. Di dalam kapasitor ini juga terdapat komponen lain yaitu cell sekunder, cell penyimpanan, akumulator serta kondensor.

Lambang Pada Kapasitor

Kapasitor yang sering ditemui di sejumlah rangkaian elektronik ini memiliki lambang utama untuk memberikan kemudahan dalam pemasangannya. Pada proses pemasangan kapasitor biasanya juga harus melihat jenis-jenis dari kapasitor itu sendiri.

Hal ini dikarenakan, setiap jenis kapasitor mempunyai lambang yang berbeda sehingga harus disesuaikan dalam proses pemasangannya. Dengan begitu, tidak akan menimbulkan kesalahan yang bisa menyebabkan rangkaian elektronik mengalami kebocoran atau bahkan terbakar.

Lambang pada umumnya kapasitor memiliki dua garis paralel dengan bentuknya tegak lurus dan terdapat sambungan kabel. Pada lambang yang digunakan untuk kapasitor ini menunjukkan bahwasanya kapasitor dibentuk dari dua pelat logam secara terpisah oleh isolator dan kapasitor memiliki lambang huruf C.

Jenis Lambang Pada Kapasitor

Kapasitor Polar Elekrolit

Pada kapasitor polar yang satu ini mempunyai elektrolit yang fungsinya menjadi elektrodanya sehingga dapat mengubah polarisasi. Kapasitor ini memiliki simbol berupa kutub positif serta di bagian bawah yaitu kutub negatif.

Penggunaan kapasitor ini lebih sering ditemukan di bagian mesin TV, amplifier dan beberapa komponen yang menggunakan kapasitas ukuran besar. Anoda kapasitor jenis ini menggunakan bahan logam yang telah ditutup lapisan teroksidasi yang berperan sebagai dielektrik.

Baca Juga:  Kapan Komputer Ditemukan dan Sejarahnya Hingga Kini

Kapasitor elektronik memiliki polaritas kutub positif dan negatif sehingga untuk pemasangannya sendiri harus diperhatikan supaya tidak terbalik. Kapasitor elektrolit tantalum dan aluminium lebih sering digunakan di Inggris, sementara itu untuk simbol kapasitor elektrolit niobium dan aluminium digunakan di AS.

Kapasitor Bipolar

Kapasitor ini tidak terdapat kutub positif serta negatif yang dikenal dengan kapasitor nonpolar. Dari kedua bagian kaki kapasitor dapat langsung tersambung ke PCB ataupun rangkaian elektronik dengan pemasangan acak dan tidak perlu khawatir menyebabkan bocor atau terbakar.

Simbol yang digunakan tentunya berbeda dengan kapasitor polar dan jarang ditemukan di bagian rangkaian elektronik karena kapasitasnya cenderung lebih kecil daripada kapasitor polar. Akan tetapi, kapasitor ini memiliki kelebihan pada arah tegangan dan dapat berperan sebagai pengganti kapasitor polar ketika spesifikasi dan kapasitasnya memang memenuhi.

Meskipun kapasitasnya lebih kecil daripada kapasitor polar, untuk kapasitor bipolar sangat cocok diaplikasikan di beberapa project elektronik. Memiliki kapasitor bipolar ini tentunya sangat menguntungkan karena penawaran harganya cenderung lebih murah dan tidak khawatir pemasangannya terbalik.

Keunggulan lain dari kapasitor bipolar ini bisa bertahan lebih lama pada rangkaian elektronik. Terdapat beberapa jenis kapasitor bipolar seperti halnya kapasitor kaca, polyester, keramik, teflon dan polycarbonate.

Kapasitor Variabel Varco

Pada lambang jenis kapasitor variabel varco ini cenderung lebih unik dan dari dua kapasitor sebelumnya. Kapasitor variabel varco mempunyai kapasitas yang dapat dilakukan pengaturan sendiri untuk kisaran tertentu.

Pada saat tangkai pengaturnya langsung diputar akan menjadikan kapasitas yang dimilikinya mengalami perubahan. Biasanya dalam penggunaan kapasitor ini lebih sering diaplikasikan pada rangkaian amplifier, audio, frekuensi dan lainnya.

Kapasitor Keramik

lambang kapasitor

Penggunaan kapasitor keramik lebih mudah ditemui di rangkaian elektronika. Desain yang ditampilkan kapasitor ini cenderung lebih sederhana dengan penawaran jual harganya yang sangat murah.

Jenis kapasitor keramik hanya dapat memasok muatan listrik yang lebih rendah. Hal ini termasuk dalam jenis kapasitor non polar dengan bahan pembuatannya dari lapisan logam serta keramik.

Material keramik tersebut memiliki peranan yang penting sebagai dielektrik dan logam menjadi elektroda. Simbol yang digunakan tidak sama dengan kapasitor nonpolar pada umumnya.

Biasanya terdapat 3 digit kode yang telah dicetak di bagian badan kapasitor keramik. Kode yang digunakan itulah memiliki jumlah kapasitas dengan menggunakan satuan pico farad dan dua digit pertama merupakan nilai kapasitor.

Kapasitor Variabel Trimmer

Kapasitor Variabel Trimmer

Dalam menggunakan kapasitor variabel trimmer ini dapat menyesuaikan frekuensi atau nilai latensi ketika memanfaatkan rangkaian. Apabila penggunaannya sudah berlangsung lama biasanya di bagian tangkai pengatur kapasitor akan mengalami kerusakan dan harus diganti ataupun di kalibrasi secara ulang jika kondisinya masih bagus.

Kapasitor variabel trimmer ini memiliki dua jenis yaitu kapasitor trimmer biasa serta keramik. Simbol kapasitor trimmer ini masih tergolong dari kapasitor variabel dengan sistem kapasitasnya dapat dilakukan pengaturan sendiri.

Akan tetapi, pengguna juga akan membutuhkan obeng apabila ingin melakukan pemutaran tangkai dari pengatur kapasitas tersebut. Prinsip kinerja dari kapasitor variabel trimmer sangat sederhana saat sekrup logam di kapasitor telah diputar supaya dapat menyesuaikan kapasitansinya.

Dari kedua pelat logam saling bertumpang tindih dan menghasilkan nilai yang mengalami perubahan. Penggunaan kapasitor variabel trimmer lebih sering diaplikasikan dalam menyesuaikan nilai dari frekuensi osilator serta variabel lain di sebuah suara rangkaian elektronik.

Kapasitor Split Stator

Kapasitor jenis ini dipasangkan dua kapasitor variabel dengan porosnya yang masih sama. Jenis kapasitor split starter biasanya didukung dengan penggunaan dua kapasitor yang memiliki nilai sama.

Baca Juga:  Mengenal Rangkaian Kapasitor Bank, Pengertian dan Fungsinya

Selain itu, untuk sistem pengaturan bagian poros juga cenderung sama. Kapasitor split stator juga memiliki simbol tersendiri dalam rangkaian elektronik.

Kapasitor Variabel Dual Ganged

Kapasitor Variabel Dual Ganged

Pada jenis kapasitor variabel dual ganged merupakan sebuah kombinasi dengan menggunakan dua kapasitor variabel. Dengan demikian, untuk simbol dari kapasitor ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kapasitor variabel trimmer.

Meskipun sebagai jenis kapasitor yang menggunakan gabungan dua kapasitor variabel. Akan tetapi, penggunaan jenis kapasitor ini lebih mudah dalam pengaturannya dengan memanfaatkan tangkai dari pengatur tunggal.

Kapasitor Generik

Adanya kapasitor generik memiliki lambang yang berbeda dari beberapa kapasitor lainnya. Pilihan dari kapasitor generik masuk dalam jenis kapasitor polar yang telah mempunyai kapasitansi tetap.

Sehingga dengan menggunakan kapasitor generik ini akan merasakan keunggulan karena bisa melakukan penyimpanan muatan listrik yang ada di dalamnya. Pada penggunaan kapasitor generik menggunakan lambang tersendiri dengan simbol kapasitor bipolar atau nonpolar dari model lama.

Fungsi Simbol Kapasitor

Simbol yang terdapat pada kapasitor di papan PCB tentunya memiliki fungsi untuk memberikan kemudahan ketika dilakukan pemasangan kapasitor. Khususnya dalam menentukan kapasitor polar yang telah memiliki kutub negatif dan positif supaya tidak terbalik dalam pemasangannya yang nantinya akan menimbulkan bahaya.

Simbol di bagian kapasitor juga berguna dalam mengetahui jenis-jenis kapasitor yang harus dipasangkan di papan PCB. Seperti halnya terdapat simbol kapasitor trimer, maka untuk pemasangannya harus sesuai dengan lambang kapasitor tersebut.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment